Cara Mengatasi Masalah Layar Samsung Galaxy J3 yang Berkedip saat Baterai Melemah

Lama sudah tidak sumbang tips di blog karena disibukkan dengan mainan baru yaitu mata uang digital yang sering disebut dengan nama keren “cryptocurrency”. Mainan ini masih berbentuk peta buta karena masih baru dan regulasi sebagai patokan aturan mainnya pun masih belum tersedia sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang yang bisa melihat peluang untuk mendapatkan keuntungan. Dan “mainan” baru ini pun ternyata merasuk juga ke teknologi gadget atau smartphone, dan kali ini kita akan mencoba untuk memberikan solusi layar flicker pada Samsung Galaxy J3 saat baterai dalam kondisi low baterai.

Mengatasi Masalah Layar Berkedip Samsung Galaxy J3

Samsung menghadirkan Galaxy J3 sebagai pilihan bagi para pengguna awal android yang mulai beralih dari ponsel fitur ke ponsel pintar. Juga ponsel pintar Galaxy J3 bisa dijadikan pilihan sebagai smartphone cadangan untuk berjaga-jaga jika ponsel pintar utama mengalami sesuatu hal yang tidak diinginkan. Meskipun ponsel besutan Samsung ini memiliki kinerja yang cukup bagus, tetap saja ada beberapa masalah yang timbul dan  di tulisan selanjutnya kita akan mencoba memberikan solusi cara mengatasi beberapa masalah yang timbul pada layar Samsung Galaxy J3 yang flicker saat baterai mulai melemah.

Layar Galaxy J3 Flicker Saat Baterai Melemah

Kondisi ini terjadi pada saat baterai dalam kondisi dibawah 80% dan problemnya semakin memburuk seiring kondisi baterai yang semakin melemah. Bahkan di saat posisi baterai 60%, alih-alih ponsel pintar J3 dapat digunakan melainkan malah mati total. Solusi awal yang dilakukan untuk mengatasi layar yang flicker atau berkedip adalah dengan melakukan proses reboot secara berulang, masuk ke safe mode, membersihkan partisi cache dan melakukan factory reset. Tetapi langkah perbaikan di atas tidak mempan karena layar ponsel J3 tetap saj aberkedip.

Saat layar ponsel J3 berkedip terlihat ada semacam spot yang mengkilap pada layar yang muncul secara bersamaan ketika layar berkedip, dan saat soft reset kondisi baterai langsung drop ke level 18% dari level  sebelumnya di angka 75%. Dan layar akan berhenti berkedip saat ponsel di-charge.

Dari kondisi yang telah diterangkan di atas, kemungkinan besar masalah layar berkedip dikarenakan adanya kesalahan di baterai. Apalagi ponsel sudah dilakukan factory reset yang tentu saja di kondisi ini sudah tidak ada lagi aplikasi lain selain bawaan dari pabrik Samsung. Jadi solusi terbaik mengatasi layar Galaxy J3 berkedip saat kondisi baterai mulai melemah adalah dengan membawanya ke service center guna mendapatkan penggantian baterai. Lakukan hal ini sesegera mungkin terlebih status garansi ponsel pintar Galaxy J3 masih aktif.

Garis di Layar Galaxy J3

Selain masalah layar berkedip, Galaxy J3 juga dilaporkan mempunyai masalah dengan munculnya  garis halus pada layar dari sisi kanan layar ke sisi kiri. Kondisi ini terjadi setelah ponsel digunakan beberapa bulan. Pada awalnya sebelum kemunculan garis halus adalah adanya titik hijau yang sangat kecil dan melewati garis halus tersebut. Dan sepertinya garis halus di layar Galaxy J3 semakin memanjang dari kemunculan pertama kalinya.

Untuk mengatasinya, coba pastikan dan ingat-ingat aplikasi apa saja yang terinstall dan menyebabkan hal ini terjadi dengan mereboot ponsel ke mode safemode. Jika garis halus tidak muncul saat ponsel dalam kondisi safemode, maka kemungkinan besar adalah aplikasi yang didownload. Tinggal pastikan aplikasi mana yang menyebabkan hal tersebut, lalu segera hapus. Hanya saja jika di posisi Safe Mode masih muncul juga garis halus tersebut, lakukan segera proses factory reset dengan memback-up terlebih dahulu data penting di ponsel. Hal ini diperlukan guna mamastikan problem garis halus di Galaxy J3 apakah disebabkan cacat pada software.

Hanya saja jika solusi di atas gagal menyelesaikan masalah garis halus pada layar J3, kemungkinan besar modul layar telah rusak dan hal ini hanya dapat dilakukan dengan menggantinya dengan part yang baru dan bebas dari masalah di servis center terdekat. Sebelumnya tanyakan perkiraan harga penggantian layar ponsel J3, agar kita bisa memilih untuk membeli unit yang baru atau tetap lanjut dengan mengganti layar ponsel.

Layar Galaxy J3 menjadi Hitam setelah Terjatuh

Salah satu problem yang dilaporkan pengguna Galaxy J3 adalah layar bagian bawah menjadi hitam setelah ponsel terjatuh tetapi kerja ponsel tetap berjalan dengan baik. Namun setelah beberapa hari, keseluruhan layar menjadi hitam dan fitur touch screen sepertinya berhenti bekerja meskipun notifikasi LED tetap berjalan.

Kondisi seperti di atas tentunya memerlukan penggantian modul layar secara keseluruhan dan sangat disarankan dilakukan di service center yang memiliki kemampuan dan peralatan untuk melakukan proses penggantian layar Galaxy J3 layaknya ponsel yang baru keluar dari pabrik.

Semoga tips mengatasi masalah layar berkedip pada Samsung Galaxy J3 yang telah dikemukakan di atas bisa menjadi inspirasi ataupun solusi bagi yang mengalaminya. Dan selalu ingat, selalu amankan data jika ingin melakukan proses factory reset atau menitipkan ponsel ke tukang service untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Percayalah, di jaman uang digital sekarang ini, data dan privacy menjadi lebih penting dari ponsel pintar itu sendiri. Cheers!!

Cara Mengatasi Masalah Layar Samsung Galaxy J3 yang Berkedip saat Baterai Melemah |Edwin Geral |4.5 | dibaca 114 kali