Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi Mi A2 dan Mi A2 Lite

Xioami sebagai pabrikan ponsel terkemuka dari Tiongkok memiliki banyak lini ponsel android, dimana ada dua lini besarnya yaitu seri Mi dan Redmi. Dalam peluncuran ponselnya pun, Xiaomi menggunakan strategi yang agak unik akhir-akhir ini.

Pabrikan ponsel ini merilis satu tipe ponsel di suatu negara kemudian mereka ulang namanya menjadi seri yang benar-benar berbeda di negara lain. Praktek ini dilakukan oleh mereka pada Redmi Note 6 Pro, kemudian untuk melanjutkan dukungannya pada program Android One, Xiaomi meluncurkan dua ponsel yang hampir sama harganya tetapi memiliki desain dan hardware yang berbeda.

Contoh terbarunya adalah Xiaomi Mi A2 dan Mi A2 Lite. Mi A2 menggunakan processor Snapdragon 660 dengan baterai 3000mAH sedangkan spesifikasi Mi A2 Lite menggunakan Snapdragon 625 dengan kapasitas baterai yang sedikit lebih besar di 4000mAH.

unlock bootloader mi a2 dan mi a2 lite

Tentu saja ada perbedaan yang mencolok diantara keduanya, hanya saja sangat menarik melihat kerja engineer Xiaomi yang secara bersamaan mendisain kedua ponsel berbasis Android One ini.

Pabrikan ponsel dengan logo kelinci ini secara resmi merilis Mi A2 dan Mi A2 Lite di bulan July 2018 dan sebulan kemudian mereka merilis kode sumber kernel untuk kedua ponsel Android One.

Tentu saja hal ini sangat menggembirakan terlebih bagi para fans Android One, karena dengan dirilisnya kode sumber kernel suatu ponsel, maka akan terbuka lebar bagi para developer untuk memporting custom ROM, custom recovery seperti TWRP, custom kernel, dan modul lainnya seperti modul kamera yang kini sangat diidamkan yaitu modul kamera GCam.

Cara Unlock Bootloader Mi A2 dan Mi A2 Lite

Tentu saja untuk melakukan kesemua tersebut perlu dilakukan langkah awalnya yaitu Unlock Bootloader. Proses Unlock bootloader bagi ponsel Xiaomi bisa dilakukan dengan mudah, yaitu dengan mengikuti proses di bawah ini:

  1. Pastikan program ADB dan Fastboot serta driver USB Mi A2 dan Mi A2 Lite telah terinstall sempurna di PC atau laptop yang akan digunakan meng-unlock bootloader (disarankan menggunakan Windows 7/8/10 – 64bit). Silakan download di sini untuk mendapatkan semua file-nya, lalu install di PC atau laptop.
  2. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya lakukan backup data ponsel terlebih dahulu.
  3. Pastikan juga kondisi baterai di level 65%.
  4. Aktifkan opsi Developer atau pengembang yang ada di ponsel. Caranya dengan men-tap 7 kali Nomor Build. Silakan akses ke menu Setelan > Sistem > Tentang Ponsel.
  5. Masuk Ke opsi Pengambang atau Developer, lalu aktifkan opsi “Buka Kunci OEM dan Debugging USB”
  6. Kini buka program ADB dan Fastboot, biasanya terinstall di “C:/Program Files (x86)/ Minimal ADB and Fastboot/”, Jika anda dalam folder, silakan ketik “cmd” di address bar guna mendapatkan akses terminal
  7. Kini matikan ponsel dan masuk ke mode Fastboot dengan cara menekan dan tahan tombol Volume Down + Power secara bersamaan.
  8. Kini koneksikan ponsel ke PC atau laptop menggunakan kabel USB bawaan ponsel.
  9. Lalu ketikkan perintah “fastboot oem unlock” (tanpa tanda kutip), agar data di ponsel tidak terhapus jangan tekan tombol ENTER terlebih dahulu. Tekan dan tahan tombol Volume Down di ponsel, lalu tekan ENTER dan tahan hingga proses selesai.
  10. Kini lepaskan tombol Volume Down, lalu ketik perintah “fastboot reboot” untuk menyalakan ponsel kembali, saatnya lepas koneksi ponsel dari PC atau laptop.
  11. Sesaat setelah tombol ENTER ditekan, pesan konfirmasi akan muncul di layar ponsel. Jika Anda tetap ingin melanjutkan tap “Unlock the Bootloader”.

Tanda jika ponsel Mi A2 atau Mi A2 Lite sudah ter-unlock bootloadernya adalah saat proses boot-up, pada bagian bawah logo Android One terlihat tulisan “Unlocked” yang menandakan proses UBL telah sukses.

Hal ini sangat penting sebelum Anda melangkah lebih jauh ke proses lainnya, karena jika proses UBL gagal dan dilanjutkan ke proses flashing custom recovery atau ke custom ROM akan berakibat fatal, dimana ponsel akan menjadi softbrick. Tentu saja proses unbrick Mi A2 dan Mi A2 Lite akan lebih rumit.

Lalu bagaimana jika ingin melakukan LOCK Bootloader Mi A2 dan Mi A2 Lite lagi?, prosesnya cukup mudah dengan melakukan proses flash ulang ROM resmi menggunakan tool Mi Flash. Tool bisa di download dari sini sedangkan ROM resmi Mi A2 dapat diunduh di sini, Mi A2 Lite dari sini.

Kesimpulan

Proses Unlock Bootloader adalah proses paling awal yang harus dilakukan dan hasilnya harus BERHASIL. Keberhasilan ini sangat penting sebelum melangkah ke proses lainnya seperti meng-install custom recovery TWRP, upgrade ke versi Android di atasnya menggunakan custom ROM, Root, dan lain-lain.