Mengatasi Masalah yang Muncul pada Samsung Galaxy J3

Galaxy J3 merupakan salah satu hp android murah terbaik yang tersedia saat ini di pasaran namun ada beberapa masalah pada hp samsung j3 ini.

Semoga saja hal ini bukan pemecah fokus karena pabrikan Korea ini telah merilis seri Galaxy M20 untuk menantang hegemoni Xiaomi di kelas hp seharga 2jutaan. Kembali ke Galaxy J3, hp ini memiliki beberapa varian dengan versi tahun 2018 sebagai seri terbarunya.

harga samsung galaxy j3 pro bekas

Ponsel ini memiliki spesifikasi layar 5 inchi menggunakan processor Exynos yang dikombinasikan dengan RAM berkapasitas 2GB. Hp ini tidak seperti hp lainnya yang menggunakan baterai tanam, baterai copot pasang berkapasitas 2600 mAH menjadi sumber tenaga.

Penggunaan baterai removable memiliki kelebihan bagi kebanyakan pengguna ponsel android karena mereka akan dengan mudah mengganti dengan baterai lainnya, tidak seperti baterai tanam yang membutuhkan keahlian untuk melepas baterai lama dengan yang baru.

Baca juga: Cara memperbaiki Kamera Galaxy S10 Blur dan Tidak Fokus

Meskipun hp Samsung Galaxy J3 terlihat cukup solid dari segi performa, namun tetap saja ada masalah yang muncul saat digunakan. Salah satu masalah tersebut adalah hp ini dilaporkan hang saat proses download update software dilakukan. Untuk itu di artikel ini, tim penulis mencoba untuk memberikan solusi bagaimana mengatasi hp hang Samsung Galaxy J3.

Cara Mengatasi Hp Hang Samsung

Masalah hp hang saat download update software di galaxy J3 terjadi saat user menerima notifikasi adanya Update yang siap didownload. Saat update software didownload dengan men-tap menu update software, hp galaxy J3 macet yang hanya menampilkan pesan “downloading software update” selama berjam-jam tanpa henti. Saat baterai dilepas dan pasang kembali dan proses update dicoba kembali, hp ini tetap memberikan masalah yang sama meskipun cache partisi dibersihkan.

Yuk Baca: Cara Memperbaiki Fast Charging Galaxy S10

Sebelum melakukan prosedur mengatasi hp hang Samsung galaxy J3 saat proses update software, Anda harus memastikan hp sudah terkoneksi ke jaringan Internet yang cepat dan stabil. Masalah ini dikarenakan adanya glitch atau kesalahan software di ponsel galaxy J3. Untuk memperbaiki problem ini maka lakukan beberapa hal berikut ini:

Lakukan Soft Reset

Hampir sebagian besar masalah yang muncul di hp Samsung bisa diselesaikan dengan cara melakukan soft reset. Prosedur ini sudah menjadi hal yang wajib dilakukan jika hp mengalami masalah tidak respon ataupun macet. Namun sepertinya prosedur soft reset juga bisa dilakukan di kasus ini yang mana akan menyegarkan kembali software yang digunakan oleh ponsel. Caranya cukup mudah yaitu dengan melepas baterai dan menekan tombol Power setidaknya selama satu menit. Setelah itu pasang kembali baterai lalu hidupkan ponsel kembali. Periksa kembali apakah masalah ponsel macet saat proses software update masih terjadi atau tidak.

Cek Apakah Masalah Masih Muncul di Safe Mode

Jika langkah di atas masih terjadi, maka langkah kedua adalah dengan merestart hp galaxy J3 ke safe mode. Bisa jadi ada aplikasi yang sudah terinstal dan berasal dari pihak ketiga menyebabkan problem. Untuk memeriksanya, maka ponsel harus berjalan di safe mode. Safe Mode merupakan fitur yang disematkan oleh Samsung untuk memastikan hp saat menggunakan aplikasi bawaan saja tidak mempunyai masalah yang dikeluhkan. Cara masuk Safe Mode masih sama seperti saat masuk safe mode di Galaxy S10 Plus, yaitu:

  • Matikan ponsel
  • Kini tekan dan tahan tombol Power hingga muncul tulisan “SAMSUNG” di layar hp.
  • Saat itu terjadi, lepaskan tombol Power
  • Dengan cepat setelah melepas tombol Power, tekan dan tahan tombol Volume Down
  • Kini tetap tahan dan tekan tombol Volume Down hingga ponsel galaxy J3 selesai melakukan proses restart
  • Jika berhasil, maka tulisan “Safe Mode” akan muncul di pojok kiri latar
  • Kini lepaskan tombol Volume Down saat Anda melihat “Safe Mode”

Jika isu macetnya hp saat proses download software update tidak ada di safe mode, maka bisa dipastikan ada salah satu dari aplikasi yang dipasang dari pihak ketiga menjadi penyebabnya. Silakan remove dari ponsel dengan merestart kembali ponsel untuk masuk ke mode normal.

Cara Hapus Cache Partisi di Ponsel

Ada beberapa kasus dimana data sementara dari software hp rusak atau corrupt yang mana dapat menyebabkan masalah berulang di ponsel. Hal terbaik yang bisa dilakukan untuk mengatasi hp hang Samsung saat mendownload software update dengan menghapus cache partisi di ponsel melalui mode recovery, caranya adalah:

  • Matikan hp Galaxy J3 Anda
  • Tekan dan tahan tombol Volume Up dan Home
  • Tekan dan tahan tombol power hingga muncul getar, lepaskan. Dan pastikan tombol Volume Up dan Home tetap ditekan dan tahan
  • Saat Anda melihat layar recovery Android, kini lepaskan tombol Volume Up dan Home
  • Gunakan tombol Volume untuk meilih menu “Wipe cache partition”, lalu tekan tombol Power untuk mengkonfirmasi
  • Lalu gunakan tombol Volume untuk memilih opsi “Reboot system now”, lalu tekan tombol Power untuk memulai proses reboot.

Kini cek kembali ponsel Galaxy J3 apakah isu yang sama masih ada atau tidak. Jika hal ini masih terjadi maka langkah terakhir dengan melakukan factory reset sepertinya harus dilakukan.

Cara Factory Reset Galaxy J3

Langkah terakhir yang tersisa dan biasanya menjadi senjata pamungkas untuk menyelesaikan masalah software di hp android adalah dengan melakukan factory reset. Factory reset akan menghapus data di internal storage walupun juga terkadang memberikan opsi menghapus data di kartu memori. Prosedur ini akan mengembalikan kembali hp ke kondisi pengaturan awal pabrik. Sekali lagi, prosedur ini akan menghapus data di ponsel. Cara factory reset adalah dengan mengikuti prosedur di bawah ini:

  • Matikan ponsel
  • Tekan dan tahan tombol Volume Up dan Home, kemudian tekan dan tahan tombol Power
  • Ketika logo muncul di layar, lepaskan tombol Power.
  • Saat logo Android muncul, lepaskan semua tombol (pesan “Installing System Update” akan muncul sekitar 30 hingga 60 detik sebelum menampilkan menu recovery android)
  • Tekan tombol Volume Down beberapa kali untuk memilih “wipe data/factory reset”
  • Tekan tombol Power untuk mengkonfirmasi
  • Kini lakukan hal yang sama untuk masuk ke opsi “Yes — delete all user data” menggunakan tombol Volume Down
  • Kini tekan tombol Power untuk mengkonfirmasi dan memulai proses Fatory reset

Setelah proses factory reset dengan mereboot kembali ponsel dan menseting layaknya hp baru, segera lakukan proses pengecekan apakah masalah yang sama masih timbul atau sudah terselesaikan. Jika problem yang sama masih muncul dan bahkan menjadi lebih parah, maka bawa saja ponsel tersebut ke service center Samsung terdekat.

Mengatasi Masalah Layar Berkedip saat Baterai Melemah

Samsung menghadirkan Galaxy J3 sebagai pilihan bagi para pengguna awal android yang mulai beralih dari ponsel fitur ke ponsel pintar. Juga ponsel pintar Galaxy J3 bisa dijadikan pilihan sebagai smartphone cadangan untuk berjaga-jaga jika ponsel pintar utama mengalami sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Meskipun ponsel besutan Samsung ini memiliki kinerja yang cukup bagus, tetap saja ada beberapa masalah yang timbul dan  di tulisan selanjutnya kita akan mencoba memberikan solusi cara mengatasi beberapa masalah yang timbul pada layar Samsung Galaxy J3 yang flicker saat baterai mulai melemah.

harga samsung j3 2016

Layar Galaxy J3 Flicker Saat Baterai Melemah

Kondisi ini terjadi pada saat baterai dalam kondisi dibawah 80% dan problemnya semakin memburuk seiring kondisi baterai yang semakin melemah. Bahkan di saat posisi baterai 60%, alih-alih ponsel pintar J3 dapat digunakan melainkan malah mati total.

Solusi awal yang dilakukan untuk mengatasi layar yang flicker atau berkedip adalah dengan melakukan proses reboot secara berulang, masuk ke safe mode, membersihkan partisi cache dan melakukan factory reset. Tetapi langkah perbaikan di atas tidak mempan karena layar ponsel J3 tetap saj aberkedip.

Saat layar ponsel J3 berkedip terlihat ada semacam spot yang mengkilap pada layar yang muncul secara bersamaan ketika layar berkedip, dan saat soft reset kondisi baterai langsung drop ke level 18% dari level  sebelumnya di angka 75%. Dan layar akan berhenti berkedip saat ponsel di-charge.

Dari kondisi yang telah diterangkan di atas, kemungkinan besar masalah layar berkedip dikarenakan adanya kesalahan di baterai. Apalagi ponsel sudah dilakukan factory reset yang tentu saja di kondisi ini sudah tidak ada lagi aplikasi lain selain bawaan dari pabrik Samsung.

Jadi solusi terbaik mengatasi layar Galaxy J3 berkedip saat kondisi baterai mulai melemah adalah dengan membawanya ke service center guna mendapatkan penggantian baterai. Lakukan hal ini sesegera mungkin terlebih status garansi ponsel pintar Galaxy J3 masih aktif.

Garis di Layar Galaxy J3

Selain masalah layar berkedip, Galaxy J3 juga dilaporkan mempunyai masalah dengan munculnya  garis halus pada layar dari sisi kanan layar ke sisi kiri. Kondisi ini terjadi setelah ponsel digunakan beberapa bulan. Pada awalnya sebelum kemunculan garis halus adalah adanya titik hijau yang sangat kecil dan melewati garis halus tersebut. Dan sepertinya garis halus di layar Galaxy J3 semakin memanjang dari kemunculan pertama kalinya.

Untuk mengatasinya, coba pastikan dan ingat-ingat aplikasi apa saja yang terinstall dan menyebabkan hal ini terjadi dengan mereboot ponsel ke mode safemode. Jika garis halus tidak muncul saat ponsel dalam kondisi safemode, maka kemungkinan besar adalah aplikasi yang didownload.

Tinggal pastikan aplikasi mana yang menyebabkan hal tersebut, lalu segera hapus. Hanya saja jika di posisi Safe Mode masih muncul juga garis halus tersebut, lakukan segera proses factory reset dengan memback-up terlebih dahulu data penting di ponsel. Hal ini diperlukan guna mamastikan problem garis halus di Galaxy J3 apakah disebabkan cacat pada software.

Hanya saja jika solusi di atas gagal menyelesaikan masalah garis halus pada layar J3, kemungkinan besar modul layar telah rusak dan hal ini hanya dapat dilakukan dengan menggantinya dengan part yang baru dan bebas dari masalah di servis center terdekat. Sebelumnya tanyakan perkiraan harga penggantian layar ponsel J3, agar kita bisa memilih untuk membeli unit yang baru atau tetap lanjut dengan mengganti layar ponsel.

Layar Galaxy J3 menjadi Hitam setelah Terjatuh

Salah satu problem yang dilaporkan pengguna Galaxy J3 adalah layar bagian bawah menjadi hitam setelah ponsel terjatuh tetapi kerja ponsel tetap berjalan dengan baik. Namun setelah beberapa hari, keseluruhan layar menjadi hitam dan fitur touch screen sepertinya berhenti bekerja meskipun notifikasi LED tetap berjalan.

Kondisi seperti di atas tentunya memerlukan penggantian modul layar secara keseluruhan dan sangat disarankan dilakukan di service center yang memiliki kemampuan dan peralatan untuk melakukan proses penggantian layar Galaxy J3 layaknya ponsel yang baru keluar dari pabrik.

Semoga tips mengatasi masalah layar berkedip pada Samsung Galaxy J3 yang telah dikemukakan di atas bisa menjadi inspirasi ataupun solusi bagi yang mengalaminya. Dan selalu ingat, selalu amankan data jika ingin melakukan proses factory reset atau menitipkan ponsel ke tukang service untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Percayalah, di jaman uang digital sekarang ini, data dan privacy menjadi lebih penting dari ponsel pintar itu sendiri. Cheers!!

Kesimpulan

Mengatasi hp hang dan masalah layar berkedip pada Samsung Galaxy J3 bisa diselesaikan dengan melakukan prosedur soft reset, menghapus cache partisi, pengecekan di safe mode, dan yang terakhir dengan mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik dengan melakukan prosedur factory reset. Kesemua prosedur itu jika berkaitan dengan software, jika masih belum fix maka fokus diarahkan ke hardware hp itu sendiri.