Mode Recovery, Fastboot, Bootloader, Hard Reset, Unlock BL dan Root Xiaomi Mi 4c

Sebagai pengguna ponsel Xiaomi Mi4c yang kini sedang menjadi primadona banyak fans Mi, tentunya perlu dibekali dengan panduan dasar bagaimana melakukan hal-hal mendasar pada ponsel tersebut.

harga xiaomi mi 4c bekas

Hal ini perlu diketahui sebagai langkah awal jika mengalami kendala teknis, bootloop akibat upgrade atau ingin melakukan reset karena akanmenjual ponsel Mi4c-nya ke orang lain.

Panduan dasar ini cukup mudah dilakukan dan tentunya sangat perlu dimengerti untuk menunjang product knowledge akan ponsel Xiaomi Mi4c terlebih bagi kita yang baru kali pertama menggunakan ponsel keluaran Xiaomi terutama Mi4c.

Baca juga: Xiaomi Mi 4C, Custom ROM dan Android Oreo

Cara Masuk Mode Recovery Xiaomi Mi4c

Recovery sangat berguna jika kita ingin melakukan update package dengan file update.zip bahkan untuk proses upgrade firmware atau ROM bawaan dari Xiaomi, akan dilakukan flashing secara otomatis menggunakan fasilitas mode recovery. Lalu bagaimana cara masuk ke recovery mode Mi4c?.

  • Langkah pertama adalah dengan mematikan ponsel Mi4c
  • Kemudian tekan dan tahan tombol Volume Up + tombol power kurang lebih selama 10 detik
  • Saat logo Mi muncul, lepaskan tombol power saja sedangkan untuk tombol Volume Up tetap ditekan hingga menu recovery muncul
  • Pilih “English” menggunakan tombol Volume lalu tekan tombol Power sebagai pengganti enter untuk konfirmasinya

Cara Masuk Mode Fastboot di Ponsel Mi4c

Fastboot mode sering digunakan jika ingin melakukan flashing ulang secara bersih alias layaknya baru keluar dari pabrik. Untuk melakukan flashing menggunakan fastboot mode harus menggunakan versi ROM fastboot yang biasanya menggunakan ekstensi file tgz, dan perlu MiFlash tool untuk melakukan flashing ke ponsel. Lalu bagaimana cara masuk ke mode fastboot pada Mi4c?, ternyata cukup mudah dengan cara sebagai berikut

  • Kali pertama adalah dengan mematikan ponsel Mi4c
  • Kemudian dalam posisi ponsel mati, tekan dan tahan tombol Volume Down + tombol Power selama kurang lebih 10 detik
  • Lepas semua tombol saat mode Fastboot muncul yang ditandai dengan logo fasboot MIUI yang cukup unik

Cara Melakukan Hard Reset Xiaomi Mi4c

Hard Reset digunakan untuk menghapus semua data di ponsel, data yang terhapus adalah data yang ada di internal storage ponsel. Dikarenakan ponsel Xiaomi Mi4c tidak mempunya slot microSD yang artinya semua data ada di internal storage, maka kita harus sangat berhati-hati saat melakukan hard reset. Dengan kata lain, jika kita lakukan hal ini, maka semua data akan hilang. Jadi lakukan backup data sebelum hard reset dilakukan.
Hard Reset di Xiaomi Mi4c cukup mudah yaitu dengan cara masuk ke menu recovery seperti di atas lalu masuk kemenu wipe dan reset. Untuk lebih jelasnya kita simak tutorial hard reset Mi4c di bawah ini;

  • Pertama-tama masuk ke menu recovery seperti di atas
  • Pilih Wipe & Reset, lakukan konfirmasi dengan tombol Power
  • Kemudian pilih Wipe all data, dan lakukan konfirmasi dengan tombol Power
  • Pilih Yes, lalu konfirmasi kembali dengan menkan tombol Power

Kini ponsel akan tereset seperti kali pertama ponsel keluar dari pabrik Xiaomi. Hard Reset ini juga berguna saat kita ingin menjual ponsel Mi4c atau sebagai solusi awal jika ditemukan kendala lelet ketika ponsel Mi4c digunakan. Sekali lagi, pastikan data penting sudah ter-backup dengan baik karena data tidak akan bisa diambil kembali jika hard reset telah dilakukan.

Unlock Bootloader Mi4c tanpa Menunggu Unlock Code dari Xiaomi

Ponsel generasi terbaru Xiaomi telah menggunakan konsep lock bootloader untuk menambah keamanan pada perangkat ponsel. Namun bagi sebagian pengguna, hal ini sangat merepotkan terlebih bagi yang suka menggunakan custom ROM guna mendapatkan pengalaman ber-android yang lebih baik.

Mi4c merupakan salah satu dari sekian ponsel Xiaomi generasi terbaru yang menerapkan lock bootloader, hal ini tentunya membatasi gerak pengguna Mi4c saat ingin melakukan flash custom ROM. Meskipun kode unlock bootloader bisa didapatkan secara gratis ke Xiaomi, namun permintaan ini membutuhkan 2-3 minggu. Perlu menunggu, menyebalkan.

Di tutorial berikut, adalah cara unlock bootloader Mi4c tanpa perlu menunggu hasil verifikasi dari Xiaomi. Cukup dengan melakukan langkah-langkah berikut di bawah, maka ponsel Xiaomi Mi4c dapat di flash ke custom ROM yang kamu inginkan.

Prasyarat

Sebelum melakukan proses unlock bootloader di ponsel Mi4c , maka beberapa prasyarat di bawah in perlu dilakukan;

  1. Ponsel Mi4c tentunya
  2. Download file ADB driver untuk Mi4c, silakan download di sini, ekstrak di root direktori C atau D
  3. MiFlash tool terbaru, download di link ini.
  4. Mi4c image, download di sini dan pastikan extrack sampai folder images terlihat. Gunakan tool WinRAR dan 7zip.
  5. MI4c Fastboot image, download di sini, buat jaga-jaga kalo ingin balik ke ROM aslinya
  6. TWRP recovery terbaru, download di sini.
  7. Custom ROM Android Lollipop CyanogenMod 12, download di link ini.
  8. Drivers Qualcomm untuk Mi4c, Download versi 32-bit di sini, untuk versi 64-bit ada di sini.

Setelah prasyarat di atas terpenuhi, kini lanjut ke proses berikutnya yaitu langkah-langkah melakukan unlock bootloader Mi4c tanpa perlu menunggu kode unlock dari Xiaomi.

Unlock Bootloader

  • Langkah 1 – Install Qualcomm drivers untuk Mi4C, gunakan versi driver yang sesuai dengan versi windows yang kamu gunakan. Pastikan driver terinstall dengan baik di laptop/PC karena ini sangat menentukan keberhasilan proses unlock bootloader.
  • Langkah 2 – Masuk ke mode fastboot, caranya dengan mematikan terlebih dahulu ponsel, lalu dalam kondisi mati, tekan dan tahan tombol Volume down + Tombol power.
  • Langkah 3 – Hubungkan ponsel Mi4c ke laptop, lalu ketikkan perintah “fastboot devices” untuk memastikan ponsel Mi4C telah terdeteksi di laptop/PC.
fastboot Mi4C
  • Langkah 4 – Lalu ketikkan perintah “fastboot oem edl”, perintah ini akan membawa ponsel ke kondisi emergency recovery, output dari perintah ini hanya menampilkan layar hitam saja. Lanjutkan ke langkah selanjutnya.
Mi4C fastboot oem
  • Langkah 5 – Gunakan MiFlash tool untuk men-downgrade Mi4C ke versi ROM MIUI 6.1.7, pastikan direktori “images” yang dipilih lalu mulai flash. Gunakan tool WinRAR untuk meng-ekstrak file TGZ tersebut lalu hasil ekstrakan WinRAR diekstrak menggunakan tool 7zip sehingga nanti didapatkan folder “images” saja. Disarankan saat melakukan ekstrak menggunakan 7zip,letakkan direktori hasil ekstrak di root directory seperti di direktori D.
harga mi4c bekas
upgrade mi 4c
  • Langkah 6 – Reboot ponsel dan ikuti wizard yang ada hingga ponsel benar-benar komplit berjalan di posisi ROM MIUI 6.1.7. Pastikan juga dengan melihat versi ROM yang digunakan melalui menu “Settings” > “About phones”.
  • Langkah 7 – Matikan kembali ponsel Mi4C, lalu dengan menekan tombol Volume Down + Tombol Power untuk masuk ke mode fastboot.
  • Langkah 8 – Gunakan perintah “fastboot oem unlock” untuk meng-unlock bootloader Mi4C.
unlock bootloader mi 4c

Congratulation!!.

Kini ponsel Mi4C dalam posisi unlock bootloader. Dari kondisi ini bisa dilanjutkan dengan meng-install custom recovery yaitu TWRP recovery. Gunakan perintah “fastboot flash recovery twrp.img” dengan sebelumnya copy-kan file image TWRP yang telah di download dari link di atas ke folder dimana folder ADB berada.

Sebagai catatan saat instalasi TWRP recovery ke Mi4C, jangan biarkan ponsel booting ke stock ROM MIUI karena ponsel akan memaksa untuk melakukan install ulang stock Mi recovery, hal ini tentunya akan men-overwrite TWRP recovery yang sebelumnya diinstall. Untuk itu sesaat setelah TWRP recovery terinstall, langsung saja install custom ROM yang diinginkan melalui TWRP recovery. Untuk itu jangan lupa mendownload custom ROM CM12 di link di atas, lalu copykan ke ponsel Mi4C.

Root Xiaomi Mi4c

Xiaomi telah merilis ponsel terbaru seri Mi4 dengan nama Mi4c sebagai kelanjutan dari Mi4i yang telah dirilis beberapa waktu sebelumnya. Ponsel Mi4c telah banyak menyita perhatian banyak Mi fans dan sejak kali pertama dirilis telah memiliki basis user yang cukup lumayan seperti ponsel-ponsel Xiaomi lainnya.

Dengan spesifikasi yang lumayan gahar, menggunakan MIUI 7 dan Android 5.1.1 Lollipop telah menjadikan Xiaomi Mi4c sebagai ponsel Xiaomi yang patut dibeli, ibaratnya value for money. Namun dalam kesempatan ini penulis hanya ingin membagi bagaimana cara melakukan root pada Mi4c sebagai langkah awal guna mendapatkan hak akses ke system secara sepenuhnya yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan instalasi custom recovery.

harga bekas Xiaomi Mi4c

Proses root pada Xiaomi Mi4c cukup mudah yang dapat kita temukan dengan mengikuti langkah-langkah tutorialnya di bawah ini, namun tetap saja resiko atas proses root dan instalasi custom recovery menjadi tanggungan pengguna Mi4c masing-masing.

Trik Melakukan Root pada Xiaomi Mi4c

Sebelum melakukan root dan instalasi custom recovery, perlu dipenuhi prasyarat sebagai berikut:

  1. Xiaomi usb drivers
  2. Adb drivers
  3. File TWRP recovery 2.8.7.0 untuk Xiaomi Mi4c

Kini kita lakukan proses flashing custom recovery ke Mi4c. Langkahnya juga cukup mudah seperti instalasi custom recovery di ponsel Xiaomi Redmi 2 atau model ponsel Xiaomi lainnya. Pastikan driver USB Xiaomi telah terinstall dengan baik, gunakan software MiPhone yang pernah penulis bagikan juga di blog ini saat melakukan proses flashing dengan MiFlash.

Kini extract adb drivers di computer yang digunakan. Hal ini diperlukan karena proses instalasi custom recovery akan melalui terminal windows. Dan jangan lupa untuk meng-copy file recovery.img ke folder adb tools.

Kini saatnya mensetting ponsel Xiaomi Mi4c untukmasuk ke fastboot mode dengan cara mematikan ponsel terlebih dahulu kemudian tekan tombol volume down dan tombol power secara bersamaan kemudian lepas penekanan pada tombol power.

Lalu setelah masuk ke fastboot mode, koneksikan ponsel Xiaomi Mi4c ke computer menggunakan kabel data. Lalu masuk ke folder adb tools dan jalankan aplikasi terminal, caranya adalah dengan masuk ke adb tools folder =>tekan tombol shift => klik kanan => pilih “open cmd here !”.

Kini siap melakukan instalasi custom recovery dengan megetikan perintah “fastboot flash recovery recovery.img” (tanpa tanda kutip) kemudian tekan enter.
Setelah custom recovery terinstall dengan benar, lalu dilanjutkan dengan melakukan root di Mi4c dengan mengikuti perintah sebagai berikut:

  1. Download SuperSu.zip file dan jangan lupa untuk dicopy-kan ke SDcard
  2. Masuk ke menu recovery
  3. Pilih SuperSU.zip file
  4. Lakukan swipe untuk melakukan proses flashing
  5. Reboot ponsel Xiaomi Mi4c

Kini ponsel Xiaomi Mi4c telah rooted alias kita mendapatkan hak akses penuh ke system ponsel.

Wireless Charging pada Xiaomi Mi4

Wireless charging atau juga dikenal sebagai charging induksi menggunakan induksi near-field dimana digunakannya medan elektromagnet untuk mentransfer energi ke perangkat elektronik. Energi yang terkirim menggunakan semacam kopling induksi ke perangkat elektronik yang akhirnya energy tersebut bisa digunakan untuk melakukan charging ke baterai guna keperluan perangkat ponsel android.

Namun sampai sekarang ini Xiaomi belum merilis satupun ponsel yang memiliki fitur wireless charging, hanya saja hal ini tidak menyurutkan pengguna Mi4 untuk melakukan hacking pada ponsel tersebut untuk bisa melakukan wireless charging.

Ponsel Mi4 menggunakan non-removable battery yang artinya perlu usaha ekstra untuk melepas back cover perangkat tersebut sebelum melakukan penanaman kumparan elektromagnet yang nantinya dijadikan pengantar untuk melakukan charging melalui metode induksi.

Hanya saja, hal ini tidak disarankan terlebih bagi pengguna awam. Perlu kemampuan menyolder yang baik juga paham system elektronika dasar selain mengorbankan ponsel Mi4 untuk dibongkar sebagai bagian dari aktivitas melakukan wireless charging pada ponselXiaomi Mi4.

Untuk melakukan wireless charging di Mi4, perlu dipersiapkan beberapa bahan dan alat seperti, Qi charge, standard charging coil yang akan ditanamkan ke Mi4, solder, timah solder, multimeter, stiker anti panas, dan obeng.

Sekali lagi proses modifikasi Mi4 tidak disarankan untuk pengguna awam, meskipun demikian jika ada yang ingin memodifikasi Mi4 untuk bisa melakukan wireless charging bisa merujuk pada situs ini. Di situs tersebut dijelaskan secara langkah demi langkah bagaimana melakukan modifikasi wireless charing di Mi4.

Tentunya modifikasi ini bisa dilakukan juga pada perangkat ponsel Xiaomi yang non-removable lainnya seperti Mi4i yang menjadi ponsel andalan terbaru perusahaan ponsel nomer wahid di China tersebut.

Demikian tutorial lengkap bagaimana melakukan masuk ke mode Recovery, Fastboot, Bootloader, Hard Reset, Unlock BL dan Root Xiaomi Mi 4c. Selain itu juga kemungkinan fitur wireless charging diterapkan di hape ini. Semoga saja bermanfaat dan berguna.