Cara Memperbaiki Fast Charging Galaxy S10

2 min read

fast charging samsung galaxy s10

Fitur fast charging Galaxy S10 merupakan fitur yang sangat membantu mempercepat proses isi ulang daya ponsel. Fitur ini awalnya hanya tersedia untuk hp kelas atas dengan spesifikasi hardware dan harga yang cukup aduhai.

memperbaiki fast charging galaxy s10

Namun sekarang fitur ini sudah menjadi fitur standar meskipun dalam beberapa tipe ponsel dijumpai dengan istilah quick charging. Salah satu ponsel yang memiliki fitur keren ini adalah Galaxy S10 dari Samsung.

Tetapi seperti kata pepatah “tak ada gading yang tak retak”, meskipun ponsel ini dianggap yang terbaik ternyata memiliki masalah juga dengan fast charging. Di artikel ini, penulis mencoba untuk berbagi tips cara memperbaiki fast charging Galaxy S10.

Fast charging adalah metode untuk mempercepat proses pengisian daya. Metodenya bisa digambarkan sebagai berikut. Pertama-tama voltase charger akan dinaikkan, atau arus akan diset konstan. Voltase baterai secara perlahan meningkat dari dibawah 2 volt hingga mencapai puncaknya sekitar 4.2 volt saat pengisian daya.

Variasi nilai voltase atau tegangan juga bergantung pada kondisi baterai. Baterai akan mencapai arus tertinggi saat fase pengisian daya, yang mana tegangan akan mencapai tegangan puncaknya.

Disaat tegangan mencapai nilai yang konstan, lalu arus akan turun. Baterai yang di-charge melebihi titik ini akan mengalami pengisian daya lebih lambat. Hal inilah mengapa saat 50 atau 60 persen pertama pada proses charging akan bergerak lebih cepat.

Fast Charging Tidak Bekerja di Galaxy S10

Biasanya, hp Samsung Galaxy seperti Galaxy S10 tidak mengalami masalah fast charging. Hanya sedikit tipe hp ini yang dilaporkan mengalami masalah dan dikirim untuk diperbaiki walaupun banyak kasus juga dilaporkan bisa diperbaiki oleh penggunanya sendiri. Hanya saja informasi bagaimana mengatasi masalah slow charging perlu diketahui dengan mengikuti langkah di bawah ini.

Pastikan Fitur Fast Charging Telah Aktif

Pembelian hp Galaxy S10 pasti dilengkapi dengan kabel dan wireless charger yang sudah mendukung fitur fast charging. Untuk memastikannya, silakan masuk ke menu Settings ponsel, dan konfirmasi apakah opsi kabel fast dan wireless charging telah aktif di dalam menu Pengaturan.

Paksa Reboot

Jika Galaxy S10 saat diisi ulang dayanya tidak dalam mode fast charging, meskipun kabel dan wireless charger bawaan sudah digunakan. Maka kali pertama yang perlu dilakukan adalah mereboot hp. Beberapa kasus problem slow charging disebabkan oleh bug minor yang bisa diselesaikan dengan merestart ponsel. Tapi pastikan saat mereboot Galaxy S10 menggunakan prosedur “copot baterai” yang caranya bisa diikuti di bawah ini

  • Tekan dan tahan tombol Volume Down dan Power sekitar 10 detik. Perlu membiarkan beberapa detik untuk memunculkan Mode Maintenance Boot.
  • Dari mode Maintenance Boot, pilih Normal Boot. Untuk melakukannya gunakan tombol Volume yanga ada di hp dan butuh sekitar 90 detik agar proses reset benar-benar komplit.

Gunakan Aksesoris Resmi Samsung

Gunakan aksesoris resmi Samsung. Gunakan charging dan kabel bawaan dari paket pembelian hp Samsung Galaxy S10. Jika membelinya batangan atau hp bekas, segera saja ke gerai Samsung terdekat untuk membeli charger fast charging yang disarankan. Karena kadang kala kabel pihak ketiga dan juga adapter charger tidak kompatibel dengan hp Samsung Galaxy.

Matikan Galaxy S10 Saat Isi Ulang Daya

Di beberapa kasus, proses pengisian daya akan tampak lambat jika hp tidak mempunyai daya baterai lebih dari yang dibutuhkan. Hal ini biasanya dikarenakan glitch pada software, faktor baterai, atau terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background secara bersamaan. Untuk memastikan apakah problem galaxy S10 tidak bisa fast charging, cobalah dengan mematikan hp dan lihat bagaimana proses charging berlangsung. Jika fitur fast charging bekerja saat Galaxy S10 dimatikan, maka perlu dilakukan trouble shoot lanjutan untuk mengetahui problemnya dimana.

Lakukan Prosedur Trouble Shoot Galaxy S10

Jika kesemua langkah perbaikan di atas telah dilakukan namun hasilnya belum memuaskan. Maka perlu melakukan prosedur soft reset, master reset, safe mode, dan jika diperlukan mereset ulang hp Galaxy S10 ke pengaturan pabrik atau factory reset. Prosedur ini bisa dilakukan dengan mengikuti prosedur yang sama untuk Galaxy S10 Plus.

Kesimpulan

Ponsel flagship bukan berarti terbebas dari masalah melainkan membuat penggunanya untuk mengetahui prosedur awal bagaimana cara memperbaikinya sebelum menuju ke service center. Juga pastikan selalu menggunakan aksesoris resmi dan lakukan prosedur reoot setiap 2-3 hari sekali untuk menyegarkan hp.