Cara Soft Reset, Factory Reset, Masuk Safe Mode, dan Reset Network Setting Samsung Galaxy S10 Plus

5 min read

tips memperbaiki samsung galaxy s10 plus

Setiap ponsel Android dibekali dengan berbagai fitur untuk melakukan pengaturan ulang layaknya ponsel baru keluar daripabrik. Pengaturan ulang ini juga ada di ponsel andalan Samsung yang dinamakan Galaxy S10 Plus bahkan memiliki beberapa pengaturan ulang yang memiliki tujuan sendiri-sendiri. Hal ini sangat membantu Anda untuk mengembalikan ponsel ke pengaturan dan konfigurasi default termasuk untuk memperbaiki ponsel saat berhenti merespon. Selain itu juga ada jenis pengaturan untuk mengetahui apakah problem berkaitan dengan aplikasi pihak ketiga atau aplikasi bawaan.

Cara Melakukan Soft Reset, Factory Reset, Masuk Safe Mode, dan Reset Network Setting Samsung Galaxy S10 Plus

Lalu bagaimana jika yang problem terkait jaringan atau internet dan Anda harus segera menyelesaikan masalah itu, ternyata hal ini juga sudah diantisipasi dan diberikan penyetelan ulangnya di Galaxy S10 Plus. Juga jika ponsel Anda macet di logo, ternyata ada sistem reset untuk hal tersebut.

Dalam artikel singkat kali ini, tim penulis mencoba memberikan panduan untuk mengatur ulang ponsel yang Anda gunakan jika mengalami beberapa masalah. Tidak rumit kok jika Anda mau membaca tutorial singkat ini agar Anda tahu bagaimana melakukannya dan memahami tujuan dari proses reset tersebut.

Cara Melakukan Soft Reset Galaxy S10 Plus Jika Ponsel Tidak Respon

Ketika ponsel Galaxy S10 Plus mengalami masalah seperti berhenti merespon atau tidak mau dihidupkan, bisanya hal tersebut dikarenakan firmware yang crash, dengan catatan tidak ada tanda-tanda kerusakan fisik atau masuknya cairan ke ponsel. Hal ini mungkin tampak seperti masalah yang serius tetapi jangan khawatir dengan melakukan prosedur soft reset, ponsek galaxy S10 Plus Anda akan kembali bekerja dengan normal. Prosedur Soft Reset atau sering juga disebut dengan memaksa restart bisa dilakukan dengan cara seperti di bawah ini:

  • Tekan dan tahan tombol Volume down dan Power sekitar 10 detik atau lebih

Jika ponsel galaxy S10 Plus mau boot-up setelah proses soft reset di atas, artinya problem telah teratasi. Hal ini terjadi karena adanya masalah minor di firmware tapi tidak ada garansi hal ini tidak terjadi lagi di masa yang akan datang. Biasanya jika hal ini memang terkonfirmasi oleh Samsung, maka dalam waktu yang tidak lama aka nada patch software untuk memperbaiki masalah tersebut. Setidaknya untuk sekarang ini Anda sudah tahu bagaimana mencari solusi jika hak tersebut terjadi lagi. Namun, jika ponsel tidak merespon dengan solusi di atas, maka Anda perlu melakukan prosedur di bawah ini:

  • Tekan dan tahan tombol Volume down, jangan dilepaskan.
  • Saat menahan tekan tombol Volume down, tekan dan tahan juga tombol Power.
  • Usahakan kedua tombol di posisi tekan dan tahan selama 10 detik atau lebih

Pada dasarnya prosedur ini mirip dengan prosedur yang pertama, hanya saja saat Anda menakan tombol Volume down sebelum tombol Power tidak memberikan hasil yang sama. Untuk itu prosedur kedua ini sebagai perbaikan dari prosedur pertama yang nantinya akan menyelesaikan masalah Galaxy S10 Plus tidak respon.

Cara Factory Reset Galaxy S10 Plus

Factory reset akan diperlukan jika ponsel mengalami masalah yang berkaitan dengan software dan Anda tidak tahu harus memulai dari mana untuk menyelesaikannya. Factory reset akan menjadi solusi bagi sebagian besar masalah ponsel sepanjang bukan karena kerusakan fisik ataupun kemasukan cairan . Untuk melakukan factory reset, ponsel harus sukses boot-up ke sistem dan masuk ke menu pengaturan. Cara factory reset adalah:

  • Back-up terlebih dahulu data di ponsel, factory reset seperti namanya akan mengembalikan ponsel ke posisi layaknya ponsel baru keluar dari pabrik. Jika Anda juga mengaktifkan fitur anti malingmenggunakan akun Samsung, maka password Samsung juga diperlukan untuk melakukan master reset.
  • Dari Layar utama ponsel, swipe ke atas ke spot kosong yang ada di tray aplikasi.
  • Masuk ke menu Backup dan restore dengan acara men-tap menu Setting >Tap Settings > Accounts and backup > Backup and restore.
  • Lalu diikuti dengan men-tap pilihan selanjutnya untuk pengaturan
  • Back up my data, atau
  • Automatic restore
  • Tap soft key “Back” untuk kembali ke menu Setting.
  • Lalu tap menu General Management > Reset > Factory data reset.
  • Scroll ke bawah hingga menemukan menu RESET > DELETE ALL.
  • Jika lock screen aktif, naka masukkan password yang diminta
  • Jika ada pop-up pesan menanyakan untuk verifikasi akun Samsung, masukkan password untuk mengkonfirmasi
  • Kini tunggu ponsel untuk menyelesaikan proses FACTORY RESET

Setelah proses boot-up selesai, maka Anda perlu mengatur ulang Galaxy S10 Plus Anda layaknya ponsel baru.

Cara Master Reset Galaxy S10 Plus

Pada dasarnya Master Reset sama dengan Factory Reset, hanya saja berbeda dalam menjalankannya. Untuk melakukan proses Master Reset, Anda tidak membutuhkan ponsel boot-up ke mode normal layaknya ponsel tanpa ada masalah. Alih-alih ponsel boot-up ke mode normal, untuk melakukan master reset ponsel akan masuk ke mode recovery, caranya cukup mudah yaitu dengan mengikuti langkah berikut:

  • Pastikan backup data di ponsel. Jika Anda menggunakan akun Samsung untuk menggunakan fitur anti-maling, pastikan passwordnya masih Anda hapal untuk menyelesaikan proses master reset.
  • Kini matikan ponsel.
  • Tekan dan tahan tombol Volume Up dan Bixby, kemudian tekan dan tahan tombol Power
  • Saat logo Android muncul, lepaskan semua tombol (akan muncul pesan “installing system update” sekitar 30 hingga 60 detik sebelum masuk ke menu sistem recovery Android)
  • Tekan tombol volume sebagai pengarah ke menu “wipe data/factory reset”
  • Lalu tekan tombol Power untuk mengkonfirmasi pilihan
  • Kini tekan tombol Volume Down beberapa kali untuk masuk ke opsi pilihan“Yes — delete all user data”.
  • Sekali lagi tekan tombol Power untuk mengkonfirmasi  proses dimulainya master reset.
  • Saat proses master reset selesai, kini pilih menu “Reboot system now”, lalu diikuti dengan menekan tombol Power untuk mengkonfirmasi pilihan reboot.

Metode master reset dilakukan jika ponsel galxy S10 Plus Anda tidak boot-up dengan semestinya hingga ke layar Home. Setelah proses  ini, Anda akan diminta untuk melakukan pengaturan kembali ponsel dan pastikan untuk menggunakan data akun Google sebelumnya karena jika tidak ponsel akan terkunci.

Cara Reboot Galaxy S10 Plus ke Safe Mode

Samsung merilis ponsel andalan terbaru yang dinamakan Galaxy S10 Plus dengan beberapa peningkatan pada desain, hardware, dan kamera juga layar yang hampir sepenuhnya menyingkirkan bezel. Ponsel andalan ini merupakan pengganti Galaxy S9 yang digadang-gadang pabrikan ponsel asal Korea sebagai penantang ponsel iPhone dari Apple. Namun tidak ada ponsel yang sempurna, demikian juga dengan Galaxy S10 Plus dimana Anda harus tahu cara untuk mengatasinya yangs alah satunya adalah dengan cara mereboot Galaxy S10 Plus ke safe mode.

Saat ada masalah dengan Samsung Galaxy S10 Plus dan Anda menduga disebabkan oleh sebuah aplikasi, cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk memutuskan apakah aplikasi pihak ketiga atau aplikasi bawaan adalah dengan menjalankan ponsel galaxy S10 Plus ke safe mode. Safe mode akan menonaktifkan sementara semua aplikasi pihak ketiga. Hanya saja, jika problem masih muncul meskipun sudah jalan di safe mode, maka problemnya berasal dari aplikasi bawaan, jika sebaliknya, maka Anda harus mencari tahu aplikasi mana saja yang sudah Anda download yang menyebabkan problem.

Safe mode merupakan fitur yang diberikan oleh Samsung ke semua ponsel buatannya untuk mendeteksi apakah problem yang muncul di ponsel dikarenakan oleh aplikasi bawaan atau pihak ketiga. Hal ini tentu saja memudahkan Anda untuk melakukan diagnose terhadap ponsel. Proses reboot ponsel ke safe mode pun cukup mudah, demikian pula untuk reboot ke mode normal. Berikut adalah cara melakukan reboot Galaxy S10 Plus ke Safe Mode.

  • Tekan dan tahan tombol power hingga jendela atau pop-up untuk mengkonfirmasi proses Power off muncul.
  • Kini sentuh dan tekan tombol power hingga muncul Safe Mode lalu pelapskan
  • Untuk mengkonfirmasi, tap pilihan Safe Mode.
  • Proses Safe Mode akan dilakukan sekitar 30 detik hingga selesai.
  • Saat proses reboot selesai, di layar ponsel akan muncul tulisan “Safe mode”di pojok kiri layar ponsel.
  • Kini saatnya Anda memastikan apakah ponsel berjalan normal dengan kondisi safe mode yang hanya menggunakan aplikasi bawaan dari pabrik. Jika ada problem minor saat di normal mode, maka saat di safe mode Anda akan mersakan lebih lancer dan gegas kinerja ponsel. Jika hal ini terkonfirmasi, maka nanti saat di normal mode, segera aja untuk meremove aplikasi pihak ketiga hasil download dari Play Store
  • Untuk kembali ke mode normal, cukup dengan mereboot ponsel.

Cara Mereset Network Setting di Galaxy S10 Plus

Saat Anda mempunyai masalah yang berkaitan jaringan atau internet dengan ponsel baru Galaxy S10 Plus dan Anda masih belum bisa menyelesaikannya, maka prosedur reset pengaturan jaringan menjadi metode yang harus dijalankan. Prosedur ini akan mengembalikan pengaturan jaringan atau network setting ke pengaturan bawaan pabrik, dan tidak usah khawatir untuk pengaturan yang satu ini karena tidak akan menghapus data ponsel. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara mengikut tutorial singkat di bawah ini:

  • Dari Home screen, swipe ke atas untuk mendapatkan spot kosong untuk membuka tray aplikasi
  • Kini lanjutkan dengan men-tap Settings > General Management > reset > Reset network settings
  • Lalu lanjutkan dengan men-tap opsi RESET SETTINGS, jika ada PIN, maka Anda harus memasukkannya.
  • Setelah proses Reset Settings selesai maka akan ada pesan yang muncul di layar ponsel yang menandakan proses ini telah berjalan sukses.

Silakan untuk mengatur kembali pengaturan jaringan karena prosedur Reset Network akan menghapus semua jaringan Wi-Fi yang tersimpan, pairing perangkat Bluetooth, Sinkronisasi data secara background akan menyala, pengaturan data yang diijinkan di aplikasi yang dilakukan secara manual on/off juga direset ke pengaturan default, dan pengaturan jaringan akan diset secara otomatis. Intinya, jika Anda melakukan prosedur ini, maka perlu dicek kembali dan disesuaikan kebutuhan.

Semoga beberapa tips tutorial untuk galaxy S10 Plus ini bisa menjadi panduan bagi Anda para pengguna ponsel Samsung galaxy S10 Plus. Dan jika berkenan untuk berbagi ke teman, group atau siapapun yang memiliki problem yang sama. Terimakasih.

0