Cara memperbaiki Kamera Galaxy S10 Blur dan Tidak Fokus

4 min read

Cara memperbaiki Kamera galaxy S10 Blur

Tentunya akan sangat menjengkelkan jika kamera hp yang akan digunakan tampak blur dan tidak fokus. Bagi penyuka fotografi dengan kamera hp bisa berakibat fatal dan hal ini ternyata bisa juga terjadi pada ponsel flagship Galaxy S10 dari Samsung. Tapi jangan khawatir, ternyata di beberapa kasus, masalah ini akan pergi dengan sendirinya, atau bisa saja dikarenakan kamu tidak stabil memegangnya yang menyebabkan kamera hp tidak bisa fokus pada subyek yang akan difoto. Tapi jika memang bukan karena skill foto yang kamu punya, mari simak bagaimana cara memperbaiki kamera Galaxy S10 yang blur dan tidak fokus.

Cara Memperbaiki Kamera Galaxy S10

Galaxy S10 menggunakan fitur kamera sebagai kelebihan yang ditonjolkan untuk menggaet pembeli. Jadi bisa dimaklumi jika kamu kecewa dengan fitur andalan ini yang malah tidak bisa bekerja sesuai harapan. Tapi jangan bersedih dahulu, mari simak bagaimana memperbaikinya dengan tutorial singkat di bawah ini.

Ini Alasan kenapa Galaxy Note 9 harus dibeli

Belajar Bagaimana Menggunakan Fokus di Kamera

Pada dasarnya, Galaxy S10 merupakan sebuah computer mini dan sangat bagus dalam menangani kamera yang terpasang di dalamnya. Tetapi seperti yang kita tahu tentang computer, tidak semuanya bisa diantisipasi seperti gerakan saat mengambil poto. Meskipun di Galaxy S10 memiliki fitur autofocus yang mengagumkan, tetap saja seiring berjalannya kamera akan kehilangan kemampuan auto fokus secara perlahan jika adanya kerusakan akibat gerakan mengambil foto di dalam atau di luar dari layar viewfinder. Kamera Galaxy S10 akan terlihat lebih lebar dari yang terlihat di layar hp. Jika hal ini terjadi, maka tap pada bagian layar dimana kamu ingin hp fokus pada area yang kamu pilih. Perintah tap menjadi semacam perintah untuk melakukan fokus ulang pada area yang dipilih. Tetapi jika proses fokus uolang ini tidak berhasil, maka perlu melakukan langkah perbaikan selanjutnya.

Update semua Aplikasi

Ada 2 sumber dimana kamu bisa mendapatkan update untuk aplikasi yang ada di hp Galaxy S10. Satunya berasal dari Google Play Store dan yang kedua dari Galaxy App Store. Jika kamu hanya mendapatkan aplikasi dari Play Store, maka pastikan secara periodic melakukan pengecekan untuk mendapatkan update berkala. Sedangkan untuk aplikasi berasal dari galaxy App Store, akan secara otomatis melakukan update aplikasi tapi jika kamu sudah merubah pengaturan awalnya, maka pastikan update berkala sudah aktif.

Hal ini untuk memastikan aplikasi kamera mendapatkan update dari kedua sumber aplikasi tersebut. Karena update pada aplikais kamera pastinya membawa berbagai perbaikan bug dan peningkatan performa dan adanya fitur tambahan yang akan semakin memaksimalkan hardware kamera guna mendapatkan hasil poto yang bagus.

Update Firmware Ponsel

Beberapa aplikasi kamera yang mengandung bug hanya bisa diperbaiki dengan merubah beberapa baris kode. Jika kamera Galaxy S10 kamu blur dan tidak bisa fokus, mungkin disebabkan adanya bug di firmware hp yang sekarang kamu gunakan. Apalagi hp Galaxy S10 baru saja dirilis oleh Samsung, sehingga potensi adanya kesalahan minor di software bisa saja terjadi. Untuk itu selalu pastikan hp selalu menggunakan firmware terbaru karena biasanya memiliki potensi masalah yang lebih sedikit dibandingkan firmware lawas.

Bersihkan Cache Partition

Aplikasi yang kinerjanya buruk terkadang meng-create cache yang corrupt di sistem hp. Sedangkan cache di android digunakan untuk membuka aplikasi dengan cepat, untuk itu selalu gunakan versi aplikasi yang lebih baru dengan menjalankan update. Untuk menjaga agar cache system dalam kondisi baik, pastikan untuk membersihkan partisi cache. Metode ini cukup aman untuk dijalankan dan tidak akan menghapus data di hp. Caranya juga cukup mudah yaitu dengan mengikuti langkah berikut ini:

  • Matikan ponsel Galaxy S10
  • Tekan dan tahan tombol Volume Up dan Bixby, lalu tekan dan tahan tombol Power.
  • Saat logo Android hijau muncul, lepaskan semua tombol (pesan “Installing system update” akan terlihat sekitar 30 – 6- detik sebelum muncul menu recovery system Android).
  • Kini lanjutkan dengan menekan tombol Volume Down beberapa kali untuk diarahkan ke opsi “wipe cache partition”.
  • Tekan tombol Power sebagai konfirmasi untuk memilih.
  • Tekan tombol Volume Down beberapa kali hingga opsi “yes” terpilih lalu tekan tombol Power untuk memulai proses pembersihan partisi cache.

Setelah proses menghapus partisi cache selesai, pilih opsi “Reboot system now” yang dilanjutkan dengan menekan tombol Power untuk merestart hp Galaxy S10.

Bersihkan Cache dan Data Aplikasi Kamera

Membersihkan cache dan data pada aplikasi kamera biasanya mampu memperbaiki sebagian besar masalah aplikasi kamera pada perangkat Samsung Galaxy. Jadi tidak ada salahnya, prosedur yang sama juga diterapkan ke Galaxy S10 jika solusi di atas masih belum mampu memperbaiki masalah kamera blur dan tidak fokus.

Seperti sistem operasi, aplikasi kamera juga menggunakan cache untuk mempercepat kinerjanya. Namun terkadang cache aplikasi malah menjadi penyebab masalah. Jadi untuk memastikan apakah cache aplikasi kamera bermasalah atau tidak dengan membersihkan cache aplikasi yang ditunjukkan dari langkah berikut.

  • Buka aplikasi Settings.
  • Tap menu Aaplikasi dan temukan aplikasi kamera.
  • Kini tap Storage, lalu tap tombol Clear cache.
  • Sekarang restart hp galaxy S10 kemudian periksa apakah masalah kamera blur dan tidak fokus masih muncul atau tidak.

Jika masih juga muncul, maka lanjutkan dengan membersihkan data aplikasi kamera dengan tutor singkat di bawah ini.

  • Buka aplikasi Settings.
  • Tap menu Aplikasi (Apps) lalu temukan dan tap aplikasi kamera.
  • Kini tap Storage lalu tap tombol Clear Data.
  • Restart ponsel dan periksa apakah problem yang sama masih muncul atau tidak.

Periksa Aplikasi yang Bermasalah

Kemungkinan lain penyebab mengapa kamera blur dapat juga disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga. Untuk memastikannya adalah dengan menjalankan hp ke Safe Mode. Safe Mode merupakan fitur yang ada di semua ponsel Samsung yang hanya menjalankan aplikasi bawaan pabrik untuk memastikan apakah aplikasi pihak ketiga menjadi penyebab masalahnya atau tidak. Caranya juga cukup mudah yaitu dengan mengikuti langkah berikut.

  • Matikan ponsel.
  • Tekan dan tahan tombol Power.
  • Saat logo Samsung muncul di layar, lepaskan tombol Power yang kemudian segera dilanjutkan dengan menekan dan tahan tombol Volume Down hingga proses restart hp selesai.
  • Jika tulisan Safe Mode muncul di pojok kiri layar, artinya ponsel sedang jalan di Safe Mode dan jangan lupa untuk melepaskan tombol Volume Down.
  • Kini setelah di posisi Safe Mode, coba untuk mengisi daya hp sekitar 30 menit dan periksa apa yang terjadi. Jika di posisi Safe Mode kamera bisa bekerja dengan baik, tanpa blur dan bisa fokus, maka hapus aplikasi yang baru saja diinstall. Tapi jika tidak ingat, mau tidak mau remove semua aplikasi pihak ketiga kemudian pasang kembali satu persatu dengan memastikan kamera tetap bisa bekerja dengan semestinya.

Namun jika kesemua solusi di atas masih saja belum menanpakkan hasilnya dimana kamera Galaxy S10 blur dan tidak fokus, maka langkah pamungkas untuk memastikan problemnya bukan di hardware adalah dengan melakukan factory reset, caranya cukup mudah yaitu dengan mengikuti langkah berikut.

Udah tahu kenapa Fast Charging Galaxy S10 bermasalah ?

Factory reset

Factory reset atau sering juga disebut master reset merupakan prosedur terakhir yang dilakukan berkaitan dengan masalah yang berkaitan dengan software. Tetapi perlu diketahui dan selalu kami ulang-ulang, jika factory reset akan menghapus semua data di ponsel tanpa terkecuali. Prosedur ini akan mengembalikan kondisi ponsel layaknya baru keluar dari pabrik. Untuk itu pastikan data telah terback up dengan baik termasuk ingat dengan user dan password akun Google dan Samsung.

  • Matikan ponsel.
  • Tekan dan tahan tombol Volume dan Bixby, kemudian tekan dan tahan tombol Power.
  • Saat logo Android muncul, lepas semua tombol dan tunggu hingga meu sistem recovery muncul, jika ada pesan “Installing system update” biarkan saja. Pesan seperti ini akan muncul sekitar 30 hingga 60 detik.
  • Tekan tombol Volume Down beberapa kali untuk masuk ke opsi “wipe data / factory reset”.
  • Tekan tombol Power sebagai tanda untuk memilih, lalu tekan tombol Volume Down hingga ke opsi “Yes — delete all user data”.
  • Kini tekan tombol Power untuk memilih dan memulai proses master reset.
  • Setelah proses master reset selesai, kini pilih opsi “Reboot system now”, lalu tekan tombol Power untuk memulai proses restart hp galaxy S10.

Setelah proses restart ponsel selesai, setting hp Galaxy S10 seperti biasanya, tapi jangan install apapun aplikasi terlebih dahulu. Langsung saja buka aplikasi kamera dan periksa apakah masalah kamera blur dan tidak fokus masih muncul atau tidak. Jika masih muncul, sepertinya ada komponen rusak yang berkaitan dengan kamera atau modul kamera itu sendiri. Jika sudah seperti ini, mau tidak mau kamu harus datang ke service center untuk mendapatkan tindakan lanjutan. Jika ponsel masih bergaransi, langsung saja datang untuk mengklaim garansinya.

Kesimpulan

Masalah kamera yang muncul di hp Galaxy S10 bisa disebabkan oleh software dan hardware. Untuk masalah berkaitan dengan software bisa dilakukan dengan langkah di atas, dimulai dari update software dan firmware, update aplikasi, hingga proses reset. Jika kesemua solusi yang berkaitan dengan software sudah dijalankan dan hp masih memunculkan masalah yang sama, maka besar kemungkinan hardware ponsel sudah mengalami kerusakan.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *