Cara Memperbaiki Baterai Samsung Galaxy A6 tidak Mengisi Penuh

Samsung Galaxy A6 merupakan hp android kelas menengah yang menjadi alternatif yang terjangkau bagi mereka yang menginginkan ponsel dengan layar yang luar biasa. Hp ini memiliki layar 5.6 inch Super AMOLED dengan teknologi layar infinity yang sangat cocok untuk menampilkan berbagai konten multimedia. Ponsel besutan pabrikan Korea ini juga menggunakan processor Exynos 7870 octa core dengan kapasitas RAM sebesar 4GB yang memberikan kemampuan hp menjalankan berbagai aplikasi dengan mulus. Meskipun mempunyai performa yang solid, layaknya hp Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus, hp ini juga memiliki masalah yang muncul yang kami coba untuk memperbaikinya. Kali ini, kami akan memberikan solusi bagaimana memperbaiki baterai Galaxy A6 yang tidak mengisi penuh.

cara memperbaiki baterai galaxy a6 tidak bisa mengisi penuh

Cara Memperbaiki Baterai Galaxy A6 yang tidak bisa mengisi penuh

Samsung Galaxy A6 hanya bisa diisi ulang hingga 85%. Awalnya baterai bawaan terkuras cepat dan hanya bisa diisi ulang sekitar 75-80%. Kemudian baterai diganti dengan baterai original dari Service center, baterai baru bisa diisi penuh hingga 100%. Hanya saja ini hanya terjadi sekali saja, karena dalam pengisian berikutnya baterai hanya terisi 85%. Karena penasaran, ganti baterai dengan baterai original yang dibeli dari service center. Tetapi masalah yang sama tetap timbul, dimana baterai galaxy A6 hanya terisi 85%.

Cek kode rahasia untuk ngecek baterai hp android

Untuk mengatasi hal ini, maka kita bisa menyingkirkan baterai sebagai penyebabnya karena sudah dua kali pergantian baterai menggunakan baterai original. Tetapi sebelum melangkah lebih lanjut, pastikan hp Galaxy A6 sudah menggunakan software terbaru. Coba jalankan update software langsung dari ponsel, jika tersedia maka segera download dan install.

Selain itu pastikan port charging USB bersih, silakan untuk mengecek kembali kondisi actual port apakah ada debu atau material kecil lainnya yang menyebabkan proses charging terganggu. Lakukan juga dengan port USB charging dari charger. Jika kesemua solusi di atas sudah dilakukan tetapi masalah pengisian baterai tidak penuh masih terjadi, maka silakan ke langkah berikut di bawah ini.

Jalankan Ponsel di Safe Mode

Terkadang aplikasi yang baru saja di download dari Playstore atau install manual dengan file APK dapat menyebabkan masalah ini. Untuk memastikannya adalah dengan menjalankan ponsel di Safe Mode yang hanya menjalankan aplikasi bawaan dari pabrik. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara sebagai berikut:

  • Matikan hp Galaxy A6.
  • Tekan dan tahan tombol Power.
  • Saat logo Samsung muncul di layar, lepaskan tombol Power.
  • Segera setelah melepas tombol Power, tekan dan tahan tombol Volume Down hingga proses restart selesai.
  • Kini lepaskan tombol Volume Down saat tulisan “Safe Mode” tampil di layar ponsel

Silakan untuk mencoba kembali mengisi daya baterai Galaxy A6, jika baterai sukses terisi penuh maka bisa dipastikan ada aplikasi yang menyebabkan hal ini terjadi. Dan ingat-ingat kembali aplikasi apa saja yang menyebabkannya, jika tidak ingat maka mau tidak mau harus menghapus semua aplikasi yang telah didownload.

Bersihkan Partisi Cache di Galaxy A6

Banyak contoh yang menyebabkan sistem data sementara di hp mengalami corrupt atau rusak. Ketik ahal ini terjadi, ponsel mungkin mengalami masalah saat booting. Untuk memastikannya maka proses membersihkan cache di partisi hp harus dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Matikan hp Samsung Galaxy A6.
  • Tekan dan tahan tombol Volume Up dan Bixby, tekan dan tahan tombol Power.
  • Setelah logo Samsung, akan muncul logo Android, sekarang tap layar.
  • Setelah masuk menu Androdi recovery, tekan tombol Volume Down beberapa kali untuk masuk ke opsi “wipe cache partition”.
  • Tekan tombol Power untuk memilih pilihan “wipe cache partition”.
  • Setelah proses selesai, pilih opsi “Reboot system now” dan tekan tombol Power.

Cek kembali apakah masalah baterai Galaxy A6 tidak bisa diisi penuh masih muncul atau tidak. Jika masih, maka lakukan solusi berikutnya yaitu lakukan Factory reset.

Factory Reset Galaxy A6 menggunakan Tombol Hardware

Solusi terakhir untuk mengatasi baterai tidak bisa diisi penuh adalah dengan melakukan prosedur factory Reset. Prosedur ini akan menghapus semua data di ponsel, untuk itu pastikan data yang ada telah terback-up sebelum melakukan prosedur ini. Sekali lagi, tolong lakukan backup data terlebih dahulu.

  • Matikan hp Galaxy A6.
  • Tekan dan tahan tombol Volume Up dan Bixby, kemudian tekan dan tahan tombol Power.
  • Setelah logo Samsung, diikuti logo Android muncul di layar, sekarang tap layar.
  • Tekan tombol Volume Down beberapa kali untuk memilih opsi “wipe data / factory reset”.
  • Tekan tombol Power untuk memilihnya.
  • Tekan tombol Volume Down hingga terpilih opsi “Yes — delete all user data”.
  • Tekan tombol Power untuk memilihnya dan memulai proses master reset.
  • Setelah proses master reset selesai, opsi “Reboot system now” akan muncul.
  • Tekan tombol Power untuk merestart ponsel.

Saat proses restart selesai, jangan install aplikasi apapun. Yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa apakah baterai bisa terisi penuh atau tidak saat diharge. Untuk memastikan lakukan beberapa kali dengan menggunakan baterai, kepala charger, kabel USB yang lain. Jika problemnya masih muncul, maka kemungkinan adanya komponen hardware ponsel yang rusak, bisa jadi IC power. Dan sepertinya kali ini kamu harus kembali lagi ke Service Center untuk meminta mereka melakukan pengecekan.

Jangan lupa baca cara menghemat baterai ponsel android

Kesimpulan

Baterai Samsung Galaxy A6 tidak bisa terisi penuh saat di-charge bisa disebabkan oleh beberapa hal. Dugaan yang bisa dilakukan di level user adalah mengganti baterai, kepala charger, dan kabel USB. Jika hal tersebut sudah dilakukan maka proses berikutnya adalah masuk ke Safe Mode, bersihkan partisi cache dan master reset atau factory reset. Jika problem baterai ini masih berlanjut maka bisa dipastikan adanya komponen di hardware hp galaxy A6 yang rusak dan ini biasanya perlu ke service center untuk solusi terakhir.