Cara Pasang CWM Recovery dan Root pada Xiaomi Mi4

Berikut adalah cara mudah melakukan root pada ponsel Xiaomi Mi4 tanpa kehilangan hak klaim garansi.

Harga Xiaomi Mi 4 bekas

Jika dibandingkan dengan proses root lainnya, metode root Mi4 beriku ini sangat mudah dan sangat sederhana dan tanpa memerlukan bantuan PC atau laptop, alias cukup dengan ponsel Xiaomi Mi4 itu sendiri. Proses rooting sendiri merupakan proses mendapatkan hak akses root yang salah satu kegunaannya adalah melakukan flash custom ROM ke ponsel. Menarik bukan.

Baca juga: Kelebihan Xiaomi Mi 4i, Spek Tinggi Harga Rendah

Ponsel Mi4, yang kini akan dilanjutkan dengan Mi4, merupakan ponsel dengan spesifikasi yang cukup mantap karena mempunyai fitur layar ponsel 5 inch fullHD, ditenagai oleh processor quad-core Qualcomm Snapdragon 8.1 dengan clock di 2.5GHz, GPU Adreno 330, dan RAM 3GB. Sedangkan untuk internal storage memiliki 2 opsi yaitu versi 16GB dan versi 64GB.

Sebelum melanjutkan proses root Xiaomi Mi4, perlu diperhatikan beberapa hal sebagai berikut.
– Kondisi baterai di atas 70%
– Back-up data yang ada di ponsel Mi4

Cara Root Ponsel Xiaomi Mi4 tanpa PC atau Laptop

Kini kita lanjutkan ke prosedur cara root Xiaomi Mi4 tanpa menggunakan PC atau laptop.

  • Langkah 1 – Download ROM resmi versi developer dari link berikut ini. Bisa di download dlangsung dari ponsel, namun jika berkeberatan silakan download menggunakan laptop atau PC. Lalu transfer file ROM tersebut ke storage internal ponsel Xiaomi Mi4.
  • Langkah 2 – Kini masuk ke menu Settings >About Phone > tap pada “System Updates” > tap 3 titik yang ada di kanan atas layar untuk masuk ke opsi menu dan pilih “Choose update package”.
  • Langkah 3 – Kini arahkan ke file ROM resmi versi developer yang sudah di-transfer ke storage internal ponsel Mi4. Ponsel secara otomatis akan melakukan update. Tunggu hingga ada pesan pop-up “Reboot Now”. Tap pesan tersebut untuk memulai proses flashing.
  • Langkah 4 – Saat proses reboot, logo Mi boot akan tampil di layar, tunggu hingga benar-benar selesai. Kini setelah proses boot-up selesai masuk ke aplikasi Security kemudian pilih Permissions >Root Access. Dan kini silakan memperbolehkan akses root pada ponsel.

Proses root Xiaomi Mi4 sudah selesai dan siap digunakan untuk meng-instal custom recovery atau flash custom ROM Android 7 Nougat di ponsel Xiaomi Mi4. Oh ya, untuk mengkonfirmasi apakah akses root sudah benar-benar terinstal dengan sempurna lakukan dengan menggunakan aplikasi Root Checker yang bisa didownload langsung dari Play Store.

Pasang Custom Recovery CWM

Raksasa pabrikan ponsel dari China yang kita kenal dengan nama Xiaomi telah merilis banyak ponsel dengan berbagai tipe dan model. Salah satunya adalah Xiaomi Mi4. Ponsel ini secara resmi telah dirilis sejak bulan Juli tahun lalu dibarengin dengan versi ekonomisnya yaitu Mi4i. Dan kini dipercaya, Xiaomi akan merilis versi lanjutan Mi4 dengan nama Mi5.

Yuk baca: Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi Note

Dan kali ini, tim mencoba untuk menuliskan tutorial bagaimana meng-instal Custom Recovery CWM di ponsel Xiaomi Mi4. Langkah-langkahnya cukup mudah dan bahkan bisa dilakukan tanpa bantuan PC atau laptop.

Sebelum kita lanjut ke step-by-step tutorial cara install CWM Recovery di Xiaomi Mi4, perlu diperhatikan prasyarat sebagai berikut:

  • Download file CWM Recovery untuk Xiaomi Mi4 langsung dari ponsel di link ini.
  • Lakukan backup terutama pada file-file yang dianggap penting.
  • Dan pastikan ponsel Mi4 telah memiliki hak akses root.

Kini kita lanjutkan cara instal ClockWorkMod (CWM) Recovery pada ponsel Xiaomi Mi4, untuk melakukan proses instalasi CWM Recovery di Mi4 dapat menggunakan 2 metode.

Cara Instal CWM Recovery di Ponsel Xiaomi Mi4

Metode 1

  • Langkah 1 – Download aplikasi Rashr dari Google Play Store
  • Langkah 2 – Ekstrak file ZIP CWM Recovery, Copy-kan file “recovery.img” ke salah satu folder di storage internal ponsel.
  • Langkah 3 – Kini buka aplikasi Rashr, aplikasi ini akan meminta akses root, jika ponsel sudah root silakan tap OK untuk mengkonfirmasinya. Dan pastikan untuk membolehkan akses root yang ada di aplikasi Security.
  • Langkah 4 – Pilih opsi “Recovery from storage” pada aplikasi Rashr lalu arahkan ke file “recovery.img” yang telah disimpan di storage internal ponsel. Kini tap Confirm untuk memulai proses flashing recovery.
  • Langkah 5 – Setelah proses flash selesai, aplikasi akan meminta ponsel di-reboot ke CWM Recovery. Tap “Yes” untuk mengkonfirmasi ponsel masuk ke menu CWM recovery.
  • Ini artinya metode 1 sudah selesai dengan CWM recovery terinstal dengan baik di ponsel Xiaomi Mi4.

Metode 2

  • Langkah 1 – Kembali ke file CWM recovery yang telah di-download. Kini ganti nama filenya menjadi “update.zip” dan pastikan berada di storage internal ponsel Mi4.
  • Langkah 2 – Buka aplikasi Updater, lalu pilih 3 titik di kanan atas layar, Lalu pilih “Choose update package”, arahkan ke file “update.zip” dan secara otomatis ponsel akan melakukan reboot.
  • Langkah 3 – Tunggu hingga proses flashing CWM recovery selesai, setelah ponsel reboot kembali maka kini ponsel Xiaomi Mi4 telah menggunakan custom recovery CWM yang menggantikan recovery bawaan yaitu Mi recovery.

Demikian tutorial singkat cara install custom recovery CWM Recovery pada ponsel Xiaomi Mi4 tanpa menggunakan bantuan PC atau laptop. Dan mendapatkan hak akses root pada hp yang sama. Semoga bermanfaat.