Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi Note

Setiap hp memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini perlu diketahui terlebih dahulu sebelum meminangnya termasuk saat kamu ingin menggunakan Xiaomi Mi Note sebagai hp utama.

harga mi note pro second

Hanya saja dalam perkembangannya, apalagi yang dibeli adalah mi note bekas tentu kamu juga harus tahu bagaimana cara meng-upgrade hp ini ke versi android di atasnya walaupun menggunakan custom ROM.

Dan berikut adalah tips cara menginstall Android 5.1.1 Lollipop pada Xiaomi Mi Note dengan menggunakan recovery TWRP. Perlu dingat, proses upgrade ini tidak menggunakan ROM resmi dari Xiaomi melainkan sebuah custom ROM sehingga apa yang kita lakukan pada Mi Note akan mempunyai resiko tersendiri yaitu adanya resiko bootloop ataupun brick.

Mekipun demikian jika terjadi sesuatu dengan Mi Note misalnya bootloop dan soft brick bisa diselesaikan dengan melakukan flashing ulang menggunakan fastboot ROM Mi Note yang dirilis oleh Xiaomi menggunakan Mi Flash tool seperti yang pernah kita bahas di cara flash Redmi 2 dengan fastboot ROM.

Bug di Xiaomi Mi Note

Untuk yang ingin menggunakan Android 5.1.1 di Mi Note-nya, perlu untuk mempertimbangkan beberapa bug berikut yang sejauh ini berhasil diketahui sepanjang menggunakan ROM tersebut.

Bug 1 – Seperti yang kami tuliskan di atas, jika tidak ada respon koneksi data saat berpindah dari SIM stu ke SIM 2 dan sebaliknya, untuk solusinya adalah dengan melakukan swtich on/off pada mode airplane. Hal ini perlu dilakukan sebagai pancingan kepada Mi Note untuk melakukan koneksi ulang ke provider data yang digunakan. Merepotkan?, iya sih jika kita sering-sering pindah-pindah SIM untuk koneksi data.

Bug 2 – Untuk sekarang ini, pengambilan gambar saat merekam video di resolusi video 4k adalah hal yang tidak memungkinkan. Tetapi berhasil baik di resolusi 1080p.

Bug 3 – Untuk kali pertama phablet Mi Note tidak merespon saat system Android melakukan pengechekan sensor, solusinya?, reboot kembali Mi Note.

Lalu bagaimana caranya meng-upgrade Xiaomi Mi Note ke Android 5.1.1?, di artikel berikut akan kita bahas satu persatu, bagaimana proses flashing ROM Android 5.1.1 dengan TWP recovery dan CWM recovery.

Meskipun demikian, custom ROM Android 5.1.1 Lollipop menjanjikan banyak fitur baru seiring dengan fitur Android Lollipop itu tersendiri walalupun masih adanya beberapa bug tetapi bagi penulis bug tersebut tidaklah signifikan demi mendapatkan pengalaman menggunakan Android 5.1.1 Lollipop yang ringan dan cepat tanpa bloatware.

Cara Upgrade Mi Note ke Android 5.1.1 Lollipop

  • Step 1 – Lakukan backup data yang ada pada Mi Note, penting!!
  • Step 2 – Langkah ini hanya berlaku untuk MI Note BUKAN MI Note Pro.
  • Step 3 – Download TWRP Recovery Mi Note pada download link berikut
  • Step 4 – Download ROM Android 5.1.1 untuk Mi Note dari download link berikut, copy-kan ZIP file ROM tersebut ke memory Mi Note.
  • Step 4 – Pastikan fastboot tools sudah terinstall dengan baik di PC dan tentunya driver Mi Note terload dengan baik sehingga dikenali oleh PC.
  • Step 5 – Matikan Mi Note kemudian masuk ke fastboot mode dengan cara menekan tombol Volume Down dan Power secara bersamaan
  • Step 6 – Masuk ke direktori dimana fastboot tool terinstall di PC, lalu ketikkan perintah berikut di terminal PC.

fastboot flash recovery twrp-MiNote-2015-03-19-recovery.img

  • Mi Note akan masuk kembali ke recovery TWRP tanpa menampilkan apa-apa, tunggu hingga semua ter-loading. Hal ini dikarenakan TWRP recovery sedang melakukan flashing ke System 1 dan hanya System 1 ini yang bisa digunakan. Kemudian pilih System 1 sebelum melakukan reboot.
  • Step 7 – Reboot phablet Mi Note untuk masuk ke recovery
  • Step 8 – Pilih Wipe Data to clear all data. Jangan memilih Format Data in Advanced Option.
  • Step 9 – Kembali ke main menu recovery, pilih Installation ZIP lalu Flash.

Kini reboot Mi Note, diamkan dahulu sejenak sampai benar-benar selesai. Lalu setting Mi Note layaknya ponsel Android baru. Cek About Phone untuk melihat system Android 5.1.1 benar telah terinstall di Mi Note. Namun perlu diingat, menurut link resmi MIUI, Android 5.1.1 di Mi Note masih ada beberapa bug meskipun bukan hal yang mendasar.

Upgrade Mi Note ke Android 5.1.1 Lollipop

Android 4.4.4 KitKat hingga kini masih menjadi tumpuan utama phablet Xiaomi Mi Note, belum ada tanda-tanda Android 5.x Lollipop akan menjadi kado kejutan bagi pengguna Mi Note saat update ROM terjadi.

Alih-alih mendapatkan Lollipop versi awal, Xiaomi masih berkutat dengan KitKat meskipun update ROM telah hilir mudik diberikan ke phablet ini. Menurut catatan penulis, sudah tiga kali Xiaomi merilis update untuk phablet ini sejak kali pertama dirilis pada Januari 2015, dimulai dari ROM V6.4.4.0.KXECNCB, disusul V6.5.1.0.KXECNCB kemudian V6.5.3.0.KXECNCD dan kini terakhir di Rom V6.5.4.0.KXECNCD.

MIUI yang diinstall secara default oleh Xiaomi diberbagai perangkat ponsel keluarannya termasuk Redmi 2 dan Mi4i banyak mendapatkan kritikan karena performanya yang kurang gegas, banyaknya bloatware dan management RAM yang kurang bagus bagi sebagian pengguna meskipun menghadirkan pengalaman UI yang cukup menyenangkan.

Dan kini sepertinya hal tersebut akan sedikit terobati karena Xiaomi MI Note kini dapat diupgrade ke Android 5.1.1 Lollipop meskipun menggunakan custom ROM. Android 5.1.1 Lollipop yang digunakan sebagai ROM upgrade pada Xiaomi Mi Note hanya menggunakan versi dasar dari android, ditambah sedikit aplikasi tambahan, ringan dan tidak ada perubahan yang tidak diperlukan.

ROM ini memiliki dua cara instalasi, dimana untuk yang pertama menggunakan custom recovery TWRP sedangkan untuk yg berikutnya menggunakan CWM Recovery. Tidak ada perbedaan signifikan di hasil upgrade Mi Note ke Android 5.1.1 Lollipop dengan kedua recovery tersebut, hanya berbeda ditampilan saat kita melakukan flashing ROM keMi Note.

ROM Android 5.1.1 di Mi Note telah mensupport dual-sim meskipun beberapa penguna melaporkan adanya bug saat berpindah koneksi data dari SIM yang satu ke yang lainnya. Untuk sementara, isu ini bisa menggunakan solusi dengan berpindah terlebih dahulu ke airplane mode ke posisi on/off sebelum menggunakan koneksi data kembali.

Perbedaan antara TWRP dan CWM adalah, versi Android 5.1.1 dengan TWRP recovery masih menggunakan Bahasa china meskipun bisa kita raba-raba apa saja menu yang ada di TWRP recovery tersebut terlebih bagi kita yang familiar dengan recovery ini.

Sedangkan CWM menghadirkan versi Bahasa Inggris sehingga memudahkan kita dalam melakukan flashing ROM Android 5.1.1 ke phablet Xiaomi MI Note.

Cara Install TWRP Recovery di Mi Note 2

Xiaomi secara resmi telah merilis ponsel Mi Note 2 pada akhir tahun lalu dan sejak itu banyak pengguna melaporkan kepuasaan mereka atas ponsel ini. Ponsel Mi Note 2 memiliki layar yang mengagumkan, baterai yang tahan lama, kinerja ponsel yang kencang walaupun masih mempunyai kekurangan yaitu disisi kamera.

Meskipun demikian banyak pengguna Mi Note 2 percaya bahwa hal hal tersebut dikarenakan software kamera yang masih belum stabil alias belum matang sehingga perlu diinstal dengan file mod kamera seperti di Redmi Note 3 yang dipercaya mampu untuk meningkatkan hasil jepretan kamera Mi Note 2.

Tetapi untuk melakukan hal ini, ponsel Mi Note 2 harus terpasang custom recovery seperti TWRP karena nantinya file mod kamera tersebut harus diflash langsung melalui recovery, jika menggunakan recovery bawaan Mi recovery hal ini menjadi mustahil karena fitur yang ada sangatlah terbatas.

Cara Upgrade Mi Note 2

Berikut adalah cara melakukan instalasi TWRP recovery di ponsel Xiaomi Mi Note 2. Namun sebelum dilanjutkan ke langkah lanjutan, perlu dipersiapkan hal-hal sebagai berikut:

  • Ponsel sudah dalam kondisi unlock bootloader, silakan berkunjung ke link unlock berikut untuk meminta kode unlock secara langsung ke Xiaomi. Ikuti langkah-langkah lanjutannya, dan balasan dari Xiaomi sekitar seminggu sejak request dikirim.
  • Download file TWRP recovery versi twrp-3.1.0.0 di link berikut ini atau link alternative jika link pertama sudah over permintaan.
  • Download file minimal ADB & Fastboot terbaru di link ini

Kini setelah kode unlock bootloader untuk Mi Note 2 sudah diterima dan ponsel sudah dalam kondisi unlock, lanjutkan dengan melakukan instalasi program ADB Minimal dan Fastboot di PC atau laptop.

Proses flashing TWRP recovery menggunakan metode fastboot ini akan mengganti recovery bawaan yang dinamakan Mi recovery. TWRP recovery tentu mempunya fitur yang lebih banyak dibandingkan recovery bawaan meskipun dalam kasus update secara OTA, tetap diperlukan Mi recovery. Mari kita lanjutkan proses flashing TWRP recovery pada ponsel Mi Note 2.

Cara Install TWRP Recovery pada Mi Note 2

Install TWRP di hp Mi Note
  • Langkah 1. Pastikan ponsel sudah dalam kondisi unlock bootloader
  • Langkah 2. Pastikan program ADB Minimal & Fastboot terinstall dengan sempurna di laptop atau PC
  • Langkah 3. Copy-kan file TWRP yang sudah didownload ke folder hasil instalasi ADB Minimal dan Fastboot yang terletak di folder C:\Program Files (x86)\Minimal ADB and Fastboot>
  • Langkah 3. Buka folder hasil instalasi ADB Minimal dan Fastboot di folder C:\Program Files (x86)\Minimal ADB and Fastboot
  • Langkah 4. Di folder tersebut, tekan tombol SHIFT lalu klik kanan pada mouse hingga muncul menu lalu pilih “Open Command Window Here”.
  • Langkah 5. Kini ambil Mi Note 2, matikan ponsel tersebut sebelum masuk ke mode fastboot yang caranya sebagai berikut:
  • Tekan dan tahan tombol Volume Down lalu diikuti dengan menekan tombol power.
  • Tetap tekan tombol Volume Down hingga logo bunny dengan tulisan Fastboot warna hijau terlihat di layar ponsel.
harga bekas Mi Note 2
  • Langkah 6. Kini hubungkan Mi Note 2 ke PC atau laptop, saat terkoneksi PC atau laptop akan menginisiasi untuk melakukan proses instalasi driver, tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Langkah 7. Kembali ke layar PC atau laptop, pastikan ponsel telah dikenali dengan baik oleh PC atau laptop. Gunakan perintah sebagai berikut.
harga mi note bamboo second
  • Kini ponsel siap diflash dengan TWRP recovery
  • Langkah 8. Kini lanjutkan dengan perintah “fastboot flash recovery twrp-3.1.0-0-scorpio.img” (tanpa tada kutip) untuk melakukan flash image TWRP recovery ke ponsel Mi Note 2.
  • file twrp-3.1.0.0 adalah file TWRP recovery terbaru.
  • Langkah 9. Tunggu hingga proses flashing TWRP selesai, saat sudah selesai ketikkan perintah “fastboot boot” (tanpa tanda kutip) untuk memerintahkan ponsel melakukan reboot masuk ke mode recovery. Tentu kini tampilan recovery sudah berubah menjadi TWRP recovery.

Setelah proses flashing TWRP recovery biasanya dilanjutkan dengan proses root bagi yang ingin mendapatkan akses ke root system dari ponselnya. Demikian adalah proses flashing TWRP recovery pada ponsel Mi Note 2.

Jika diperhatikan, proses ini tidak jauh berbeda dengan proses flashing TWRP ataupun custom recovery seperti yang ada di Redmi 2 maupun Redmi 3. Yang membedakannya hanyalah file image TWRP recovery yang tentunya berbeda bagi tiap-tiap tipe dan model ponsel seri Redmi.

Namun demikian diperlukan kehati-hatian saat melakukan flashing image recovery, jangan sampai tertukar dengan file image recovery ponsel tipe lain karena akan berakibat softbrick.