Kelebihan Xiaomi Mi 4i, Spek Tinggi Harga Rendah

Secara resmi Xiaomi Mi 4i dirilis di Jakarta dan diawali dengan sebuah presentasi yang langsung dilakukan oleh Hugo Barra. Dalam presentasi itu selain menyebutkan spesifikasi Mi4i untuk Indonesia juga dirilis harga jual resminya yaitu Rp 2.799.000. Tentu saja sekarang harga bekasnya sudah semakin murah.

Dan untuk kali pertama penjualan perangkat ponsel Xiaomi dilakukan melalui mi.com meskipun dalam praktek pengirimannya masih menggunakan official partner store yang sebelumnya telah menjual secara online ponsel Redmi 1S, Redmi Note dan yang terakhir adalah Redmi 2.

Lalu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat kita ingin membeli ponsel Mi4i?, hal ini penting diketahui untuk menyelaraskan ekspektasi yang terlanjur dipengaruhi oleh perangkat mid-entry Xiaomi dengan jajaran Redmi-nya.

Yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Mi4i

Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli Mi4i

  1. Mi4i adalah ponsel flagship alias andalan dari Xiaomi, berbeda dengan jajaran ponsel seri Redmi seperti Redmi 1S, Redmi Note dan Redmi 2
  2. Mi4i hanya di jual secara resmi melalui mi.com
  3. Mi4i seperti ponsel flagship Xiaomi lainnya TIDAK MEMILIKI slot microSD
  4. Mi4i yang dijual di Indonesia hanya memiliki internal storage 16GB
  5. RAM yang ada di Mi4i adalah sebesar 2GB
  6. MIUI 6 dengan Android 5.0.2 Lollipop sudah secara standar menjadi operating sistemnya.
  7. Band LTE yang di support Mi4i di Indonesia hanya band 3 alias 1800Mhz, sehingga jika LTE di area kita masih 900MHz maka Mi4i tidak bisa menikmatinya.
  8. Mi4i masih sama dengan ponsel Xiaomi lainnya menggunakan Dual SIM dan juga Dual Standby dengan kedua slot SIM card mensupport konektivitas 2G/3G dan 4G
  9. Baterai yang digunakan Mi4i bertype NON-REMOVABLE Battery atau baterai yang digunakannya tidak bisa dilepas-lepas seperti pada Redmi 2. Kapasitas baterainya adalah 3120mAH dengan kemampuan quick charging.

Demikian adalah 9 poin utama yang harus diperhatikan oleh kita saat mempertimbangkan membeli Mi4i. Ada beberapa fitur yang bagi sebagian pengguna ponsel menjadi sebuah keharusan seperti harus adanya slot microSD yang ini bisa diatasi dengan OTG Flashdisk. Juga ada yang selalu menginginkan adanya removable battery sebagai antisipasi jika baterai ponsel kembung sehingga perlu diganti.

Selain poin-poin di atas, kita juga bisa merujuk ke spesifikasi Mi4i lainnya seperti penggunaan octa-core 1.6 Ghz sebagai otak dari ponsel flagship Mi4i dan adanya fitur selfie timer yang berguna bagi kita yang suka ber-selfie ria dengan kamera depan 5 Megapixel. Sedangkan kamera belakang dari Mi4i adalah 13 Megapixel.

Xiaomi Mi4i dengan Warna Dark Grey

Xiaomi merilis warna baru untuk Mi4i yaitu Dark Grey setelah sejak kali pertama hanya menghadirkan warna putih untuk dijual ke publik. Harga untuk menebus varian Mi4i Dark Grey masih sama dengan Mi4i warna putih dan secara eksklusif hanya tersedia di mi store. Hal ini tentunya bisa dimaklumi karena sebelumnya ponsel Mi4i saat kali pertama dirilis hanya bisa dipesan di mi store dengan format flash sale.

Tak ada yang baru di Mi4i edisi Dark Grey selain warna hitam yang menyelimuti seluruh bodi ponsel. Dengan edisi dark ini, terlihat Xiaomi semakin menampilkan kesan strong atau kuat sebagai penegasan dari desain unibody yang terintegrasi dengan tombol stainless steel yang berdesain dark juga.

kelebihan xiaomi mi 4i

Saat pertama kali hadir, Mi4i dengan warna Dark Grey hanya tersedia di mi store India, belum ada kabar apakah varian warna dark grey mi4i akan tersedia juga di mi store Indonesia. Tetapi seiring waktu, banyak ditemukan mi 4i warna abu-abu ini di lapak-lapak konter hp. Dan pastikan saja saat membelinya ponsel ini sudah menggunakan versi ROM di atasV6.5.5 secara default sehingga kita tidak perlu mengalami masalah abnormal storage seperti yang terjadi pada versi Mi4i yang melakukan upgrade ke versi ROM MIUI V6.5.5.

Desain Xiaomi Mi 4i dengan warna dark grey menghadirkan kesan tersendiri sehingga kehebatan dan tampilannya semakin terasa mewah. Pilihan warna dark grey seperti menyempurnakan desain unibody yang terintegrasi dan nyaman digenggaman.

Flash Mi4i dengan Fastboot ROM

Ponsel andalan terbaru Xiaomi yang dinamakan Mi4i mendapatkan update terbaru meskipun hanya minor update. Update terbaru ini hanya berupa optimalisasi fitur kamera dan perbaikan pada fitur Gallery, dibandingkan dengan versi update pada ROM sebelumnya yaitu versi 6.5.5.0, update terbaru ROM ini tidak begitu signifikan meskipun perlu.

Update dilakukan melalui OTA tetapi bagi yang ingin mendapatkan ponsel Mi4inya baru layaknya keluar dari pabrik, maka flash dengan metode Fastboot ROM adalah cara yang tepat.

Flash Mi4i dengan fastboot ROM merupakan satu-satunya cara untuk menghapus keseluruhan data yang ada di ponsel sebagai solusi dari beberapa isu yang muncul akibat bug yang ada. Meskipun demikian kita tetap memerlukan fastboot ROM yang stable dan sudah dipercaya dapat menyelesaikan masalah mendasar pada ponsel.

Xiaomi Mi 4i Fastboot ROM v6.5.6.0

Flash dengan fastboot ROM pada dasarnya adalah sama dengan flash menggunakan recovery ROM. Hanya metodenya saja yang berbeda. Jika menggunakan recovery ROM, flashing ROM menggunakan Mi recovery dan biasanya ini dilakukan secara OTA. Sedangkan jika dengan fastboot ROM, harus menggunakan Mi Flash tool selain fastboot ROM itu sendiri. Sehingga jika kita ingin melakukan flash pada ponsel, pastikan versi ROM yang digunakan cocok.

Cara Flash Mi4i dengan Metode Fastboot ROM V6.5.6.0

  • Step 1 – Download Fasboot Rom Mi4i V6.5.6.0 kemudian ekstrak ke folder di PC.
  • Step 2 – Download Driver for Fastboot ROM Mi4i lalu install driver tersebut.
  • Step 3 – Download Tool MiFlash Mi4i, install, lalu buka aplikasi tersebut, pastikan semua driver benar-benar terinstall dengan benar karena ini penting untuk memastikan proses fastboot berjalan dengan mulus.
  • Step 4 – Load file .bat di folder hasil ekstrak fastboot ROM.
  • Step 5 – Matikan ponsel, masuk ke menu fastboot dengan menekan tombol volume down+power.
  • Step 6 – Hubungkan ponsel ke PC dengan kabel bawaan Mi4i.
  • Step 7 – MiFlash kini akan mendeteksi adanya koneksi ponsel.
  • Step 8 – Tekan tombol flash pada aplikasi MiFlash, tunggu hingga benar-benar selesai.
  • Step 9 – Logo mi akan muncul untuk kali pertama, diamkan dulu. Jika logo mi muncul kedua kali disertai dengan tulisan “powered by android”, maka kabel usb bisa dicabut.

Kini proses boot-up akan berlanjut. Setelah ponsel selesai boot-up, kini ROM terbaru Mi4i di versi 6.5.6.0 telah terinstall. Silakan dilanjutkan kembali untuk melakukan setting pada ponsel yang diperlukan. Hanya saja untuk kali pertama, silakan masuk ke About Phone untuk melihat apakah ROM yang terinstall sesuai dengan yang diinginkan.

Baca juga: Perlu gak sih patch keamanan android ?

Selain digunakan untuk proses upgrade, metode flash menggunakan dengan metode Fastboot ROM juga bisa digunakan untuk memperbaiki softbrick atau melakukan unbrick Mi4i. Kejadian brick pada Mi4i biasanya dikarenakan flash dengan ROM yang tidak cocok, saat flash tetiba koneksi antara PC dan ponsel terputus, atau recovery ROM yang digunakan corrupted sehingga adanya ketidakstabilan system. Solusi dari itu semua adalah dengan melakukan flash menggunakan fastboot ROM.

Update Xiaomi Mi 4i dengan Global Stable ROM

Mi4i kembali menerima update OTA ke versi ROM V6.5.6.0.LXIMICD dengan membawa perbaikan fitu kamera dan bug fix pada Galerry. Meskipun update ini merupakan update minor tetapi tidak ada salahnya Mi4i yang kita gunakan selalu menggunakan versi ROM terakhir terlebih versi yang digunakan sudah stable.

Baca juga: Download Mi Flash terbaru

Tentunya update Mi4i ke MIUI V6.5.6.0 dilakukan secara OTA tetapi dengan catatan ponsel masih seperti settingan pabrik, belum diroot, belum diganti recoverynya dan menggunakan versi ROM stable sebelumnya.

Penulis sendiri mendapatkan Mi4i dengan ROM V6.4.6.0 kemudian bisa langsung loncat ke versi ROM terakhir di V6.5.6.0 tanpa harus diupgrade terlebih dahulu ke versi 6.5.5.0 yang membawa perbaikan yang sangat penting yaitu optimalisasi cooling system pada ponsel Mi4i.

Xiaomi Mi4i Notifikasi Update V6.5.6.0

Kali ini update ROM terbaru tidak membawa banyak perubahan seperti di V6.5.5.0. Versi ROM ini hanya meberikan optimalisasi pada fitur kamera dimana timer secara default disetting ke 5 detik. Selain itu Gallery juga ada perbaikan saat menggunakan layanan UniPlay yang terkadang muncul Force Close Error.

Dengan hanya adanya minor update, maka keinginan untuk menggunakan Mi4i dengan versi Android 5.1.1 sepertinya harus ditunda terlebih dahulu. Masih perlu ditunggu beberapa waktu lagi dan semoga Xiaomi tetap melirik ponsel andalannya ini untuk sukses digunakan di versi Android 5.1.1 atau mungkin loncat langsung ke versi Android M.

Solusi Perbaikan Storage yang Abnormal

Ponsel flagship Xiaomi Mi4i ternyata tidak luput dari bug dimana adanya ketidaknormalan besarnya storage ponsel. Storage yang terbaca oleh system ponsel Mi4i hanya berkisar 780MB dengan space tersisa yang tersedia berkisar 14MB. Tentunya hal ini sangat tidak normal karena seharusnya storage yang tersedia berkisar 11.49GB dengan total storage 12.90GB.

Ketidaknormalan ini terjadi setelah proses upgrade ke versi ROM terbarunya di V6.5.5.0. Untuk memperbaiki bug ini maka perlu dilakukan flash ulang dengan menggunakan fastboot ROM Mi4i. Proses perbaikan ini juga bisa digunakan jika ponsel mengalami bootloop atau softbrick dengan hanya menampilkan logo mi.

Untuk mengatasi masalah storage abnormal cukup mudah, yang perlu kita lakukan terlebih dahulu adalah mendownload tool yang tepat untuk melakukan flashing ulang Mi4i dengan fastboot ROM.

Masalah Storage di Xiaomi Mi 4i

Cara Flash Fastboot ROM Xiaomi Mi 4i

  • Step 1 – Download Fasboot Rom MIUI 6 Mi4i kemudian ekstrak ke folder di PC.
  • Step 2 – Download Driver for Fasboot ROM Mi4i lalu install driver tersebut.
  • Step 3 – Download Tool flash Mi Flash, install kemudian buka aplikasi Miphone, pastikan semua driver benar-benar terinstall dengan benar karena ini penting untuk memastikan proses fastboot berjalan dengan mulus.
  • Step 4 – Load file .bat di folder hasil ekstrak fastboot ROM.
  • Step 5 – Matikan ponsel, masuk ke menu fastboot dengan menekan tombol volume down+power.
  • Step 6 – Hubungkan ponsel ke PC dengan kabel bawaan Xiaomi Mi 4i.
  • Step 7 – Miphone kini akan mendeteksi adanya koneksi ponsel.
  • Step 8 – Tekan tombol flash pada aplikasi Miphone, tunggu hingga benar-benar selesai.
  • Step 9 – Logo mi akan muncul untuk kali pertama, diamkan dulu. Jika logo mi muncul kedua kali disertai dengan tulisan “powered by android”, maka kabel usb bisa dicabut.

Kini proses boot-up akan berlanjut. Setelah proses set-up selesai, maka segera masuk ke menu setting kembali untuk memastikan masalah storage abnormal terselesaikan.

Cara Mengaktifkan Fitur Double Tap to Wake Screen di Xiaomi Mi 4i

Perangkat genggam khususnya ponsel semakin memberikan kita kemudahan dalam berinteraksi dengan orang lain. Berbagai fiturpun hadir untuk memberikan sensasi pengalaman yang berbeda saat menggunakannya. Jika dulu untuk melakukan unlock keypad menggunakan kombinasi tombol menu dan *, kini di era modern ponsel berbasis android memiliki fitur yang sama tetapi dengan cara yang berbeda.

Fitur untuk meng-unlock keypad menggunakan sliding layar ke kanan atau ke kiri, atau menekan tombol power untuk menghidupkan kembali layar ponsel adalah hal yang lumrah dan sudah menjadi fitur standar di berbagai ponsel. Lalu bagaimana jika untuk menghidupkan layar atau Wake Screen cukup dengan melakukan sentuhan dua kali pada layar?, fitur ini dinamakan Double Tap to Wake Screen.

Fitur Double Tap to Wake Screen kini hadir di ponsel terbaru keluaran Xiaomi seri Mi4i dan Mi4c. Fitur ini merupakan jawaban dari banyaknya pertanyaan dari pengunaan tombol power yang jika semakin banyak ditekan akan mempercepat tombol tersebut aus, terlebih jika bahan material pembuatan tombol tersebut dibuat dari bahan sekedarnya dan desainnya kurang bagus sehingga banyak ditemukan ponsel android dengan tombol power yang bermasalah. Jika tombol power sudah tidak berfungsi, lalu bagaimana cara meng-unlock layar ponsel?.

Jawabannya ada di Mi4i dan Mi4c dengan cara mengaktifkan fitur Double Tap to Wake Screen. Lalu bagaimana cara mengkatifkannya?, berikut adalah trik cara mengaktifkan fitur Double Tap to Wake Screen di Mi4i dan Mi4c.

Cara Mengaktifkan Fitur Double Tap Screen to Wake

Double Tap Screen to Wake Xiaomi Mi4i

Caranya dalah dengan masuk ke menu setting >>Display >> Enable Double Tap Screen to wake. Cukup mudah bukan. Jika masih dirasa sulit bagaimana menemukan fitur ini di ponsel Xiaomi Mi 4i dan Mi4c kamu, cukup dengan cara mengikuti langkah demi langkah mengaktifkan fitur Double Tap Screen to wake menggunakan gambar di bawah ini.
 
Cukup mudah bukan. Lalu bagaimana menurutmu, apakah fitur ini sangat berguna dan membantu untuk meminimalisir kemungkinan kerusakan tombol power yang sering digunakan untuk meng-unlock layar atau display ponsel?.

Xiaomi Mi 4i merupakan hp android dengan spesifikasi yang cukup tinggi pada jamannya. Dan di jaman sekarang ini masih cukup bagus digunakan untuk menunjang aktifitas sehari-hari, terlebih dengan harga bekas mi4i yang semakin terjangkau bisa menjadi pilihan bagi kamu yang mempunyai budget terbatas.