Memperbaiki Masalah Xiaomi Redmi Note 3

Tanpa terasa usia Redmi Note 3 sudah tiga tahun sejak kemunculan pertama kalinya di tahun 2016. Meskipun sudah banyak seri hp Xiaomi dirilis dalam tiga tahun belakangan ini, ternyata hp yang satu ini masih memiliki penggemarnya sendiri.

Walaupun bisa dipastikan hp barunya sudah tidak tersedia, tetapi hp bekasnya masih cukup banyak dengan kondisi yang masih oke untuk digunakan sehari-hari.

Baca juga: Ini lho tips dan trik seputar smartphone Android

Seperti hp baru, hp Redmi Note 3 yang sudah berumur 3 tahun juga memiliki masalahnya sendiri. Mulai dari pengguna yang ingin melakukan unlock bootloader dan root untuk mengganti ROM MIUI dengan custom ROM, juga ada masalah WiFi yang perlu kamu ketahui. Untuk itu silakan simak kumpulan masalah Redmi Note 3 dan solusinya di bawah ini.

Unlock Bootloader dan Root

Ponsel Redmi Note 3 merupakan ponsel android keluaran terbaru dari Xiaomi yang dirilis kali pertama pada November 2015. Dengan mengusung spesifikasi yang gahar, ponsel ini telah menyita perhatian fans android terlebih dengan harga yang masuk akal dan kantong. Hp ini menggunakan layar 5.5 inch dengan resolusi 1080×1920 dan kerapatan pixels per inchnya di angka 403 yang tentunya sangat memanjakan mata.

Xiaomi-Redmi-Note-3

Dengan RAM 2GB dan processor octa-core Helio X10 dari Mediatek dipercaya akan meningkatkan kemampuan performa ponsel terbaru Xiaomi ini. Pilihan internal storage di 16GB dan 32GB akan menjadi sebuah pilihan yang sulit terlebih bagi penggemar ponsel ini karena tidak adanya slot microSD yang biasanya disertakan di jajaran ponsel Xiaomi seperti seri Redmi terdahulu.

Meskipun tanpa adanya slot microSD, permintaan akan smartphone ini ternyata tidak surut juga terlebih sebenarnya pengguna ponsel pintar sudah teredukasi dengan adanya ponsel serupa yang tanpa microSD seperti di iPhone dan lini ponsel Xiaomi lainnya yaitu seri Mi.

Hp ini menggunakan kamera belakang 13 megapixel dan ponsel depan yang bisa digunakan ber-selfie ria dengan kemampuan 5 megapixels yang tentunya cukup untuk mengambil gambar pemiliknya bahkan bisa menjadi lebih cantik tanpa perlu bersusah payah melakukan editing dengan adanya fitur beautify yang menjadi standar tool image di aplikasi kamera bawaan Redmi Note 3.

Hanya saja smartphone ini merupakan ponsel keluaran Xiaomi yang kali pertama menggunakan bootloader yang terkunci, lain dengan ponsel sebelumnya yang tanpa lock bootloader. Hal ini tentunya banyak menimbulkan pertanyaan bagi fans Xiaomi karena disinyalir ponsel keluaran pabrik ini akan mengikuti iPhone.

Melakukan segala daya dan upaya untuk memproteksi ponsel mereka karena seperti kita ketahui banyak beredar custom ROM untuk ponsel Redmi termasuk ponsel Redmi 2 yang penulis gunakan sudah menggunakan custom ROM Android 5.1.1 Lollipop.

Hanya saja ternyata di luar sana bahkan di forum Xiaomi sendiri banyak terdapat tutorial bagaimana cara meng-unlock bootloader Xiaomi Redmi Note 3 dan sekaligus mendapatkan akses root-nya.

Meskipun tidak semudah cara melakukan proses root pada Redmi 2, proses unlock bootloadernya cukup informatif karena disertakan juga gambar-gambar yang memudahkan pemilik hp melakukan unlock bootloader.

Proses ini tentunya tidak disarankan untuk pengguna awam atau yang tidak memiliki keperluan khusus pada smartphone karena resiko brick tentunya akan mengincar ponsel tersebut jika terdapat kesalahan dalam proses unlock bootloader.

Jika tetap ingin melanjutkan melakukan unlock bootloader, silakan merujuk ke link Cara Unlock Bootloader Redmi Note 3. Pastinya segala resiko yang terjadi pada ponsel menjadi tanggungan pribadi termasuk hard brick dan soft brick atau boot looping. Selamat mencoba.

Aktifkan Fitur Rekam Kamera 4K di MIUI 8

Fitur Perekaman Kamera 4K sedang menjadi trend tersendiri dan mulai tersedia di berbagai ponsel Android, demikian juga di jajaran ponsel Xiaomi yaitu Redmi Note 3 Pro yang dikenal dengan kode nama Kenzo.

Namun untuk mendapatkan fitur perekaman 4K di kamera Redmi Note 3 Pro harus melakukan sedikit trik yaitu dengan melakukan flash file zip melalui recovery karena secara bawaan dari pabrik fitur 4K recording camera dihilangkan.

Baca juga: Begini cara bikin video mu makin keren dan banyak yang nonton

File Zip yang berisi semacam activator 4K camera recording dapat digunakan untuk kedua versi Redmi Note 3 dengan processor Snapdragon, kedua versi ponsel ini mempunyai kode nama Kenzo dan Kate dan masih menggunakan Android Marshmallow.

Untuk diketahui meskipun fitur 4K camera recording berjalan dengan baik namun ada satu fitur yang belum berjalan sempurna yaitu, Exposure Time.

Lalu bagaimana caranya untuk mengaktifkan fitur perekaman kamera 4K di Redmi Note 3 Pro dan Special Edition?, berikut adalah tutorial singkatnya:

  • Langkah 1. Download File ZIP enable_4k-extended_cam_mods di link download ini.
  • Langkah 2. Download file ZIP uninstall_RN3_camera_mod_kenzo di link berikut ini, file ini sebagai uninstaller fitur 4K camera recording.
  • Langkah 3. Copy-kan kedua file tersebut di root folder storage ponsel.
  • Langkah 4. Buka aplikasi UPDATER yang biasanya ada di folder TOOLS, lalu tap tanda tiga titik yang ada di kanan atas layar ponsel.
  • Langkah 5. Pilih “Choose Update Package”, kemudian arahkan ke posisi dimana file ZIP enable_4k-extended_cam_mods. Ponsel akan reboot untuk melakukan proses flashing, tunggu hingga ponsel melakukan self reboot hingga selesai.

Setelah proses reboot selesai, maka fitur 4K di menu Camera Setting akan muncul dan siap digunakan di Redmi Note 3 Pro dan Redmi Note 3 Special Edition.

Jika fitur 4K camera masih dirasa kurang mulus, silahkan untuk melakukan proses uninstall dengan langkah yang sama seperti diatas, hanya saja gunakan file ZIP uninstall_RN3_camera_mod_kenzo untuk proses flashingnya, lalu tunggu hingga proses reboot selesai.

Memperbaiki Masalah WiFi

Smartphone ini dipercaya sebagai salah satu ponsel terpopuler dan terlaris dari Xiaomi. Kunci dari kepopuleranny adalah harga yang kompetitif dengan spesifikasi hardware ponsel yang tinggi.

fix-redmi-note-3-wifi

Namun, seperti ponsel android lainnya, tidak ada gading yang tak retak, hp ini pun dibumbui dengan beberapa masalah dan bug. Salah satu isu terbesar yang menjangkiti ponsel ini adalah, masalah koneksi WiFi.

Beberapa pengguna ponsel Xiaomi ini melaporkan adanya masalah saat menggunakan koneksi WiFi. Di artikel berikut di bawah, tim perintah dasar akan mencoba memberikan lima solusi sederhana bagaimana memperbaiki masalah WiFi pada Redmi Note 3.

Memperbaiki Masalah WiFi di Redmi Note 3

Solusi 1: Toggle WiFi

Solusi ini merupakan solusi terbaik yang bisa kita gunakan untuk memperbaiki masalah koneksi WiFi pada sebagian besar ponsel android. Solusi Toggle WiFi juga berguna pada masalah lambatnya koneksi WiFi dan juga bisa diaplikasikan saat ponsel android susah terkoneksi dengan jaringan WiFi.

Untuk melakukan Toggle di hp, cukup dengan menggeser ke bawah layar saat posisi jari di bar notifikasi, lalu cari ikon WiFi kemudian sentuh ikon tersebut untuk men-disable dan meng-enable nya. Tunggu satu hingga dua menit, kini pastikan men-tap kembali ikon WiFi ke posisi ON yang akan memberikan kesempatan perangkat ponsel android terkoneksi kembali dengan jaringan WiFi.

Untuk memastikan problem WiFi terselesaikan, perlu diverifikasi dengan browsing ke internet melalui aplikasi browser yang ada.

Baca juga: Cara pasang tema di Hp Android

Solusi 2: Lakukan Reboot

Bagi sebagian besar masalah di ponsel Android dapat ditanggulangi dengan melakukan proses reboot. Hal ini juga berlaku saat kita menemui problem koneksi WiFi. Jika di solusi pertama tidak membawa hasil, maka tidak ada salahnya untuk melakukan reboot.

Hal ini akan memberikan kesempatan ponsel kembali ke posisi terbaiknya karena kegagalan fungsi WiFi dapat disebabkan dari kegagalan beberapa proses atau aplikasi di smartphone yang bekerja secara background.

Solusi 3: Periksa Mode Power Saving

Kini, perangkat ponsel android mengadopsi fitur yang sangat penting seperti mode power saving atau mode hemat baterai yang tentunya berguna untuk meningkatkan kemampuan baterai di ponsel. Namun dalam prakteknya, ponsel akan mematikan fitur WiFi saat layar mati.

Hal ini tentunya akan memberikan impresi negatif dikarenakan tidak adanya koneksi saat layar ponsel mati. Kita perlu mensetting ulang Mode poser saving atau mode hemat baterai dengan mengeluarkan koneksi WiFi dari mode ini.

Solusi 4: Toggle Mode Pesawat

Tentunya akan sangat berguna saat ponsel Xiaomi Redmi Note 3 tidak terkoneksi ke jaringan WiFi meskipun kita mengetikkan password yang benar. Berikut adalah cara cepat untuk men-toggle mode pesawat untuk memperbaiki masalah WiFi.

– Geser ke bawah notifikasi yang ada di layar ponsel
– Matikan koneksi WiFi
– Enable Mode PEsawat dengan men-tap ikonnya
– Kini nyalakan WiFi dan koneksikan ke jaringan
– Matikan mode pesawat
– Pastikan masalah WiFi terselesaikan dengan melakukan browsing melalui browser yang tersedia

Solusi 5: Factory Reset

Ini merupakan solusi terakhir jika keempat solusi di atas benar-benar tidak dapat membantu terselesaikannya masalah WiFi. Lakukan soft/hard reset, hal ini akan mengembalikan semua seting yang ada di ponsel ke setingan awal pabrik, hal ini tentunya akan menghapus semua aplikasi yang telah ter-download termasuk semua file yang mana salah satunya mengakibatkan adanya problem di Redmi Note 3.

Factory reset yang paling ampuh adalah melalui recovery meskipun sering dijumpai cukup dengan melakukan soft reset dari menu yang tersedia di menu Setting.

Baca juga: Cara pasang tema Whatsapp di Android

Demikian lima solusi mudah yang bisa membantu kita untuk menyelesaikan masalah koneksi WiFi di ponsel Redmi Note 3. Dan jangan lupa gunakan ROM resmi dari Xiaomi dengan merujuk langsung ke situs resminya.

ROM MIUI 8 Global untuk Redmi Note 3 MTK

Sampai saat artikel ini diposting di blog perintahdasar, versi Global ROM MIUI 8 untuk ponsel ini dengan processor Mediatek alias MTK masih belum ada tanda-tanda akan segera dirilis oleh Xiaomi.

Yang terpampang disitus resminya masih versi ROM MIUI 8 China. Tentunya hal ini membuat pemilik Redmi Note 3 MTK sangat geregetan termasuk penulis karena ROM yang terpasang ternyata versi abal-abal alias bawaan distributor.

Flashing versi China ROM MIUI 8 ke Redmi Note 3 MTK sangat nanggung, sekalian aja capeknya dengan menggunakan versi ROM Global karena jika menggunakan versi China harus kerja dua kali, selain flash ROM juga harus install Google Apps.

Untungnya di forum MIUI ada yang berbaik hati menyediakan versi Global ROM MIUI 8 untuk Redmi Note 3 MTK. Tutorialnya cukup mudah diikuti namun perlu kecermatan saat dimana kabel USB menghubungkan laptop atau PC ke ponsel.

Di proses flashing ini, penulis menggunakan laptop dengan operating System Windows 10 64 bit dan tentunya mempunya akses Administrator karena sangat dibutuhkan saat instalasi driver Redmi Note 3 MTK.

Cara Install ROM MIUI 8 Global ke Redmi Note 3 MTK

Ada 2 cara untuk melakukan instalasi atau flashing ROM MIUI 8 Global ke ponsel Redmi Note 3 MTK. Cara pertama menggunakan metode SP Flash Tool, sedangkan cara kedua menggunakan metode custom recovery TWRP. Berhubung Redmi Note 3 MTK dalam kondisi LOCKED BOOTLOADER, maka metode yang paling tepat adalah dengan menggunakan tool SP Flash. Begini caranya;

install-miui-8-global-redmi-note-3-mtk
  • Langkah 1. Download SP-Flash-Tool ROM untuk Redmi Note 3 MTK di sini
  • Langkah 2. Ekstrak file ROM tersebut ke folder yang sudah kamu tentukan
  • Langkah 3. Install driver untuk Sistem Operasi Windows yang kamu gunakan dari subfolder Drivers
  • Langkah 4. Buka subfolder SP-Flash-Tool-v5.1532.00 hasil ekstrak file ROM yang telah didownload
  • Langkah 5. Jalankan sebagai Administrator file flash_tool.exe dengan meng-klik kanan terlebih dahulu file tersebut.
  • Langkah 6. Di posisi Tab “Download”, Klik tombol “Download Agent” lalu arahkan ke file “DA_SWSEC.bin” yang ada di folder yang sama.
  • Langkah 7. Kini klik tombol “scatter-loading” dan arahkan ke folder “Images” lalu pilih file MT6795_Android_scatter.txt
  • Langkah 8. Pastikan kolom “PRELOADER” dari tool SP-FLASH-TOOL di uncheck atau tidak dipilih, sehingga hanya menyisakan 3 kolom yang dipilih yaitu “system”, “userdata”, dan “boot”. “userdata” dipilih akan menyebabkan ponsel ter-clean install sehingga pastikan ponsel telah terbackup terlebih dahulu.
  • Langkah 9. Kini klik tombol “Download”
  • Langkah 10. Kini matikan ponsel Redmi Note 3, saat posisi off, tekan dan tahan tombol Volume Down lalu koneksikan kabel USB yang sudah siap di laptop/PC ke ponsel.
  • Langkah 11. Bar merah akan terlihat di SP-Flash-Tool, diamkan sebentar sekitar 5 detik lalu saat Bar berganti warna kuning baru lepaskan tombol Volume Down.
  • Langkah 12. Tunggu hingga benar-benar proses menjadi 100% yang akan ditandai dengan adanya logo CHECK warna hijau di layar laptop atau PC yang menandakan kesuksesan proses flashing ROM MIUI 8 Global ke Redmi Note 3 MTK.
  • Langkah 13. Lepaskan kabel USB dari ponsel, lalu nyalakan untuk mereboot ponsel. Proses booting kali pertama ini akan sedikit lebih lama dari biasanya. Tunggu hingga benar-benar selesai yang ditandai dengan adanya wizard untuk melakukan setting ponsel.

Kini ponsel Redmi Note 3 MTK telah menjalankan ROM MIUI 8 versi Global. Di versi Global kita tidak perlu lagi repot melakukan instalasi Google Apps karena secara default sudah ada, yang perlu dilakukan kini adalah login kea kun Google yang kita punya di ponsel dan melakukan proses update setiap aplikasi yang ada.

Untuk yang ingin tahu seperti apa tampilan ROM MIUI 8 Global di Redmi Note 3 MTK, silakan menonton video di bawah. Meskipun cukup singkat namun bisa memberikan informasi awal bagaimana kerja ponsel ini terutama Google Apps.

Restore IMEI Redmi Note 3 dengan Chipset Snapdragon

Berikut adalah cara mudah merestore IMEI yang hilang di ponsel Redmi Note 3. Hal ini sering terjadi ketika adanya kesalahan saat melakukan flash ROM ke ponsel, bisa karena file ROM yang digunakan corrupt saat download, kegagalan saat flash, atau ROM tidak cocok. Terlebih ponsel Redmi Note 3 memiliki dua versi, yaitu versi dengan chipset Mediatek dan chipset Snapdragon.

Hilangnya IMEI di ponsel Redmi Note 3 ditandai dengan gagal login ke website Mi dengan pesan error “unable to check find device status”, atau jika kita melihat status IMEI di ponsel maka yang tertera hanya angka 0. Untuk mengakses IMEI di Redmi Note 3 sama dengan ponsel lainnya yaitu melalui menu “Settings” =>”About phone” =>“Status” => “IMEI information” atau melalui kode “*#06#” yang diketikkan pada dialpad ponsel.

Agar ponsel bisa digunakan secara normal kembali, maka IMEI Redmi Note 3 harus di-restore namun untuk kali ini, cara merestore IMEI hanya berlaku pada Redmi Note 3 versi chipset Snapdragon. Tutorial ini juga bisa digunakan untuk ponsel lainnya sepanjang menggunakan chipset dari pabrikan yang sama, yaitu Qualcomm.

Sebelum memulai proses merestore IMEI di Redmi Note 3, perlu diperhatikan prasyarat sebagai berikut:

  • Tutorial ini hanya berlalu di Redmi Note 3 dengan chipset Qualcomm Snapdragon
  • Unlock Bootloader tidak diperlukan
  • Hanya merestore IMEI1

Kini kita akan menuju langkah-langkah menuju proses me-restore IMEI Redmi Note 3 dengan chipset Snapdragon.

Cara Restore IMEI Snapdragon

Langkah 1 – Pastikan ponsel Redmi Note 3 dalam kondisi root. Gunakan ROM yang telah menyertakan aplikasi SuperSU. Silahkan menggunakan ROM Sphinx yang berbasis MIUI 7.9.0 Global. Jika ROM yang digunakan masih belum root, maka perlu dicarikan cara untuk melakukan root pada ROM tersebut. Intinya pastikan ponsel Redmi Note 3 telah mempunyai akses root, gunakan aplikasi Root Checker yang ada di playstore untuk memverifikasinya.

Langkah 2 – Download Software IMEI Restore Tool , lalu ekstrak ke suatu folder. Hasil ekstrak akan menghasilkan tiga folder, yaitu: Qualcomm QPST Tool, IMEI Converter dan ADB files.

ekstrak IMEI Restore Tool

Langkah 3 – Lakukan instalasi Qualcomm QPST Tool, ini adalah tool yang akan melakukan penulisan IMEI kembali ke hp.

QPST-Installation

Langkah 4 – Pastikan status “USB Debugging” di ponsel dalam kondisi enabled. Kini hubungkan ponsel ke PC/laptop, lalu buka folder ADB hasil ekstrak file IMEI Restore Tool. Kemudian tekan dan tahan tombol “Shift” lalu klik kanan untuk memunculkan menu, pilih “Open command prompt window here”. Kini di terminal window tersebut ketik “adb shell” kemudian tekan ENTER.

open command window here

Ketik “su” untuk memastikan ponsel telah memiliki akses root, hal ini sangat penting sebagai syarat utama penulisan ulang IMEI ke smartphone. Lalu ketik “setprop sys.usb.config diag,adb”

Su terminal window adb shell

Secara otomatis ponsel akan masuk kondisi Diagnostic. Kini giliran software QPST tool  yang dijalankan, ini adalah tahap akhir proses restore IMEI.

Langkah 5 – Buka konfigurasi aplikasi QPST tool yang ada di “C:\Program Files (x86)\Qualcomm\QPST\bin” jika menggunakan Windows 7 64bit, sedangkan jika menggunakan Windows 7 32bit akan ada di folder “C:\Program Files\Qualcomm\QPST\bin”. Jika konfigurasi benar maka ponsel Redmi Note 3 dikenali oleh QPST dan berada di tab “Active phones”.

Active phones QPST

Langkah 6 – Klik tab “Start Clients”, kemudian tab “Software Download”

software download QPST

Langkah 7 – Klik tab “backup” untuk membuat file backup dalam format file QCN, simpan file backup QCN tersebut di folder yang kamu inginkan. Langkah ini sangat penting sekali untuk berjaga-jaga jika proses restore IMEI terkendala hal yang tidak diinginkan. Ingat BACKUP!!.

BAckup QCN File

Setelah file QCN terbackup, maka kita bisa melakukan proses restore IMEI Redmi NOte 3 selanjutnya.

Langkah 8 – Kini di folder yang sama di “C:\Program Files (x86)\Qualcomm\QPST\bin” untuk Windows 7 64 bit atau di “C:\Program Files\Qualcomm\QPST\bin” untuk Windows 32 bit, buka aplikasi “RF_NV_Manager”

RF_NV_Manager

Lalu koneksikan ponsel Redmi Note 3, di aplikasi RF_NV_Manager yang telah terbuka, klik “File” lalu klik tab “Read supported RF NV items”.

Read RF_NV_Manager

Cari variable parameter dengan keterangan nomer “550 NV_UE_IMEI_I”. Dimana akan terdapat sembilan kolom isian. Disinilah nantinya nomer IMEI ponsel diketikkan yang selanjutnya dituliskan oleh QPST tool ke ponsel. Lalu klik tombol “hex”.

550 RF_NV_Manager

Langkah 9 – selagi program QPST tool terbuka dan siap diisikan nomer IMEI Redmi Note 3, kini kita beralih ke tool IMEI converter yang tadi sudah didownload dan berada dalam satu file RAR IMEI Restore Tool untuk Redmi Note 3. Gunakan tool IMEI convertor untuk mengkonversi nomer IMEI ke bentuk format angka heksadesimal atau HEX. Pastikan nomer IMEI yang kamu masukkan sesuai dan benar.

imei converter

Kini nomer IMEI ponsel sudah terkonversi ke bentuk bilangan heksa desimal dan hasilnya siap dimasukkan ke sembilan kolom isian di opsi 550 yang ada di RV NV Manager. Format pengisiannya adalah dua karakter untuk setiap kolom isian.

Langkah 10 – Setelah semua kolom isian terisi dengan benar, maka kini saatnya menuliskan nomer IMEI ke ponsel dengan cara klik “File” kemudian pilih tombol “Write changed NV items to phone”.

write NV

Setelah proses penulisan NV ke ponsel Redmi Note 3 selesai, lakukan reboot pada ponsel. Setelah selesai proses booting, kini cek hasil restore IMEI dengan melakukan dial ke kode *#06# atau melalui menu Settings >About phones > Status. Kini Nomer IMEI akan tertera di ponsel Redmi Note 3 dan tentunya ponsel bisa digunakan kembali secara normal untuk login ke account Mi dan mendapatkan keuntungan dari semua fitur yang diberikan oleh Xiaomi yang mensyaratkan nomer IMEI.

PERINGATAN

Berhati-hatilah dalam melakukan flashing ROM ke ponsel, sebaiknya informasi penting, termasuk data di ponsel, selalu terbackup.

Memperbaiki Problem NVRAM WARNING: Err=0x10

NVRAM Redmi Note 3 – Pada perangkat ponsel android berbasis processor Mediatek seperti yang digunakan pada Redmi Note 3 dengan Mediatek MT6795 Helio X10 terkadang muncul masalah WiFi dimana terdapat SSID dengan nama NVRAM WARNING: Err=0x10 pada menu Wifi Settings. Hal ini biasanya terjadi ketika kita salah melakukan flashing atau melakukan proses root.

Error NVRAM WARNING: Err=0x10 tidak mempengaruhi performa atau kinerja dari ponsel Redmi Note 3 khususnya bagian WiFi hanya saja akan sedikit mengganggu saat kita mengakses menu setting WiFi dan untungnya hal ini dengan mudah diselesaikan secara permanen.

Cara Mudah Memperbaiki Masalah NVRAM WARNING

Berikut adalah cara mudah memperbaiki masalah NVRAM WARNING: Err=0x10 pada Redmi Note 3 secara permanen.

Langkah 1. Download program Mediatek SN Writer untuk Redmi Note 3 dari link download berikut, kemudian buka program tersebut, saat program dijalankan maka akan menanyakan driver yang dibutuhkan. Silakan ikuti wizard atau instruksi yang muncul di layar PC atau laptop, pastikan untuk memilih “Install this Driver Software Anyway” saat pop-up window muncul di layar, hal ini akan muncul beberapa kali karena akan melakukan instalasi beberapa driver yang dibutuhkan.

Mediatek SN Writer

Langkah 2. Saat Proses Instalasi program Mediatek SN Writer selesai, kita akan diminta untuk melakukan restart PC atau laptop. Lakukan restart, kemudian setelah selesai segera buka kembali program Mediatek SN Writer lalu klik tombol ‘System Config’ . Pastikan kotak opsi di bagian ‘Wifi Address’ dicentang atau dichecked lalu klik tombol ‘Save’ untuk kontinyu. Sedangkan di ponsel Redmi Note 3, masuk ke menu ‘Settings’ > ‘Wi-Fi’ dan pastikan Wi-Fi dinyalakan. Lalu masuk ke menu ‘Advanced settings’ lalu cari informasi ‘Mac address’ yang tertera di layar.

Mediatek-Config-WiFi-Writer
redmi note 3 harga bekas

Langkah 3. Kini tekan tombol ‘Start’ di program MediaTek SN Writer dan masukkan info MAC Address yang sudah didapatkan di langkah 2 pada kotak menu ‘WifiAddr’ yang muncul di layar lalu klik ‘OK’ untuk memulai penulisan MAC address ke NVRAM.

xiaomi redmi note 3 bekas
redmi note 3 mediatek bekas

Langkah 4. Dalam kondisi ponsel Redmi Note 3 OFF, tekan dan tahan tombol Volume Down dan koneksikan kabel microUSB dari ponsel ke laptop atau PC. Tunggu proses penulisan MAC address ke NVRAM selesai hingga muncul pesan ‘PASS’ berwarna hijau di layar program Mediatek SN Writer.

harga redmi note 3 mediatek

Kini pesan error NVRAM WARNING: Err=0x10 pada Redmi Note 3 di menu WiFi sudah terselesaikan secara permanen. Untuk memverifikasinya, silakan masuk ke menu Settings lalu masuk ke menu WiFi dan pastikan SSID dengan nama NVRAM WARNING: Err=0x10 tidak terlihat di layar ponsel Redmi Note 3.

Mengatasi Baterai Redmi Note 3 dan Redmi Note 4 yang Tidak Bisa Dicharge

Mengatasi Baterai Smartphone tidak mau dicharge – Smartphone Redmi Note 3 dan Redmi Note 4 merupakan salah satu tipe ponsel pintar dari Xiaomi yang paling sukses di kelas menengah. Kedua ponsel ini memiliki basis fans yang cukup banyak dan tentunya secara angka penjualan lebih menonjol dibandingkan tipe smartphone dengan MIUI 8 lainnya.

harga bekas redmi note 3

Redmi Note3 kali pertama dirilis pada akhir tahun 2016 sedangkan suksesornya yaitu Redmi Note menyusul dilempar ke publik pada tahun ini. Namun banyak pemilik kedua smartphone ini yang melaporkan adanya masalah pada saat mengisi daya baterai. Mereka kini tidak bisa men-charge kedua smartphone tersebut.

Baca Juga: Baterai Samsung Galaxy A6 tidak Bisa Charge Penuh

Solusi untuk mengatasi baterai smartphone yang tidak mau dicharge seperti yang terjadi di ponsel Redmi Note 3 dan Redmi Note 4 merupakan hal yang sering terjadi dibeberapa tipe dan merk smartphone android. Faktor penyebabnya cukup beragam, bisa dikarenakan kerusakan hardware atau juga perlunya upgrade ke firmware resmi. Untuk itu mari kita simak 4 tips cara mengatasi baterai smartphone Redmi Note 3 dan Redmi Note 4 yang tidak mau dicharge, solusi ini juga bisa diterapkan ke tipe dan merk ponsel android lainnya.

Mengatasi Masalah Charging di Hp Android

Seperti disebutkan di atas, banyak faktor yang memicu masalah charging pada Redmi Note 3 dan Redmi Note 4, semoga solusi di bawah ini dapat mengatasi masalah tersebut.

1. Reset Smartphone ke Settingan Pabrik

Reset smartphone ke factory setting sering menjadi solusi yang ampuh saat kita menemui berbagai masalah di ponsel android. Termasuk untuk masalah tidak mau dicharge-nya smartphone Redmi Note 3 dan Redmi Note 4. Dengan kembali ke settingan pabrik, maka semua aplikasi yang ter-install termasuk aplikasi yang menguras baterai akan terhapus. Selain menyelesaikan problem charging, factory reset juga dapat digunakan untuk mengatasi problem smartphone lainnya seperti masalah overheat, problem jaringan WiFi maupun jaringan operator termasuk konektivitas LTE 4G, ponsel lemot dan banyak lainnya.

Baca juga: Samsung Galaxy S10 tidak bisa fast charging

Untuk melakukan factory reset di Redmi Note 3/4 ternyata cukup mudah, caranya sebagai berikut, matikan ponsel kemudian masuk ke menu recovery Mi dengan menekan dan menahan tombol Volume Up + tombol Power secara bersamaan. Dari menu utama, pilih Wipe & Reset > Wipe All Data kemudian di-confirm. Kini smartphone akan memulai proses factory setting.

2. Install Aplikasi Penghemat Baterai

Terkadang apa yang kita anggap sebagai smartphone tidak bisa dicharge itu dikarenakan proses charging yang sangat lambat atau bahkan memang sama sekali tidak bisa dicharge. Hal ini bukan berarti charger atau baterai smartphone yang kamu punya sudah rusak. Untuk memastikan hal ini, maka sebaiknya menginstall aplikasi penghemat baterai untuk memastikan problem yang ada itu ditimbulkan oleh hardware atau bukan atau bisa juga menggunakan kode rahasia untuk mengecheck kondisi baterai ponsel android.

3. Flash ke Custom ROM atau Stock ROM

Jika solusi factory reset dan aplikasi penghemat baterai masih tidak bisa menyelesaikan masalah charging, solusi berikutnya yang patut dicoba adalah melakukan flash ROM ke versi custom ROM atau stock ROM. Hanya saja disarankan untuk menggunakan stock ROM, karena jika ingin menggunakan custom ROM agak sedikit repot terlebih jika ingin dilakukan pada ponsel Xiaomi generasi terbaru.

Lakukan flashing ROM dengan metode fastboot menggunakan stock ROM versi Global. Hal ini sangat perlu dilakukan karena sering penulis temui ponsel Xiaomi yang beredar di sini menggunakan ROM distributor yang mempunyai banyak bug, iklan dan lemot. Hal ini bisa saja terjadi di ponsel Redmi Note 3 dan Redmi Note 4, maka pastikan ROM yang terinstall adalah versi ROM yang resmi dari Xiaomi.

4. Service Center Xiaomi

Jika ketiga solusi di atas masih tidak mampu menyelesaikan masalah baterai smartphone Redmi Note 3 dan Redmi Note 4 yang tidak mau dicharge, maka jalan terakhir adalah dengan mengunjungi service center Xiaomi terdekat. Biasanya mereka akan mengganti paling minimal itu adalah port USB yang digunakan sebagai jalur untuk melakukan charging ke baterai. Jika smartphone masih dalam jangka waktu garansi, gunakan hal ini sebaik mungkin untuk mendapatkan layanan gratis dari mereka.
Jika smartphone yang kamu punya tidak memiliki garansi atau hanya sekedar garansi toko, maka kunjungi pusat layanan perbaikan smartphone yang terpercaya di kotamu.

Smartphone yang tidak mau dicharge, setelah solusi software dan firmware tidak bisa menyelesaikannya harus dilakukan solusi secara hardware. Biasanya port USB yang ada di smartphone menjadi salah satu faktor utama penyebab masalah ini. Port USB tersebut bisa jadi sudah patah, terkelupas bagian logamnya atau adanya koneksi yang tidak sempurna ke motherboard.

Demikian kumpulan masalah yang terjadi pada hp Redmi Note 3 dan rekomendasi solusi yang bisa kamu coba untuk memperbaikinya. Semoga berguna dan bermanfaat.