Manfaat Teh Hijau untuk Wajah Berjerawat

4 min read

Dalam berbagai kesempatan banyak dibincangkan ragam manfaat teh hijau bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satu manfaatnya dan jarang dikemukakan adalah kegunaan untuk wajah yang berjerawat dan tampak kusam.

Tentu saja hal ini cukup menggembirakan karena dibanyak artikel yang kita jumpai, manfaat teh hijau ini hanya berkisar untuk diet dan sebagai anti oksidan. Lalu seperti apakah manfaat teh hijau untuk wajah berjerawat?, anda bisa menyimaknya dengan membaca terus artikel ini.

Teh hijau memiliki kandungan zat aktif yang bisa digunakan untuk membantu proses pengobatan guna mengatasi wajah yang berjerawat, selain itu teh hijau juga mampu mengatasi wajah kering, kusam, dan dapat digunakan sebagai pelindung alami dari terpaan sinar matahari.

Teh hijau merupakan varian teh yang populer, hal ini dibuktikan dengan banyaknya penggemar teh di dunia yang merekomendasikan teh hijau dalam daftar minuman. Hal ini tentu sangat wajar, karena beradasarkan penelitian yang ada, teh hijau memiliki manfaat yang sangat tinggi seperti adanya zat antioksidan yang dapat menolak racun yang akan masuk ke tubuh kita. Teh hijau juga mengandung vitamin E dan vitamin C yang bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh, kesehatan kulit, dan kesehatan rambut.

Dalam teh Hijau kandungan senyawa polifenol yang sangat banyak berperan sebagai pelindung terhadap kanker. Polifenol tergolong dalam antioksidan yang sangat ampuh. Senyawa ini akan menetralkan radikal bebas yang menjadi penyebab kanker tersebut. Radikal bebas sendiri terbentuk secara alami dalam tubuh. Molekul ini dapat merusak sel-sel manusia. Orang menduga bahwa molekul inilah salah satu penyebab kanker, termasuk berbagai jenis penyakit lain seperti penyakit jantung dan penuaan.

Ini Dia 6 Manfaat Teh Hijau untuk Wajah Berjerawat

Kembali ke manfaat teh hijau untuk wajah berjerawat, dikarenakan mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi, teh hijau sangat cocok menjadi salah satu metode pengobatan jerawat secara alami. Hal ini tentu sangat berguna karena tanaman teh sangat mudah dijumpai di negeri ini dan tentu saja hal ini akan berimbas kepada biaya pengobatan wajah berjerawat. Dengan banyaknya ketersediaan teh hijau, maka harga pun menjadi murah. Lalu seperti apakah cara teh hijau mengobati wajah yang berjerawat?, mari kita simak satu persatu penjelasannya di bawah ini.

1. Manfaat teh hijau untuk wajah berjerawat
Manfaat teh hijau untuk wajah yang mengalami masalah jerawat sudah mulai dikenal dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya kaum muda yang memilih mengkonsumsi teh hijau dibandingkan minuman jenis lainnya terutama minuman bersoda atau beralkohol. Dan seperti kita tahu, jerawat pada umumnya muncul pada kalangan remaja karena meingkatnya produksi keringat yang jika tidak dibersihkan, terutama pada area wajah, dapat menyebabkan sebum dan peradangan pada komedo dan akhirnya berujung pada jerawat.

Dengan mengkonsumsi teh hijau, maka proses peradangan tersebut akan terhambat dikarenakan kandungan zat aktif anti inflamasi serta anti septik yang tinggi yang ada di dalam teh hijau mampu membersihkan bakteri penyebab jerawat. Jadi jika ada yang melarang konsumsi kacang karena bisa menyebabkan timbulnya jerawat adalah hal yang tidak benar. Jerawat disebabkan oleh bakteri, dan dengan teh hijau jerawat akan segera hilang. Caranya adalah dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Cara pertama dengan mencampurkan seduhan teh hijau kedalam telur yang sudah dikocok sebelumnya. Lalu aduk hingga rata, kemudian gunakan sebagai campuran ini sebagai masker wajah.
Cara yang kedua adalah dengan mencampurkan teh hijau dengan mayonaise, kemudian aduk hingga rata sebeum digunakan sebagai masker wajah.
Cara yang ketiga adalah dengan memanfaatkan ampas teh hijau sebagai media scrub pada kulit wajah.
Sedangkan untuk cara yang keempat adalah dengan menyeduh teh hijau lalu didiamkan selama semalam, kemudian pada keesokan harinya digunakan untuk mencuci muka.Alami

2. Melindungi dan mengobati kulit yang terbakar matahari
Manfaat teh hijau yang kedua adalah berguna sebagai sunblock alami. Manfaat yang satu ini sangat cocok dilakukan oleh anda yang suka berkegiatan di luar seperti traveling, jalan-jalan, dan bersepeda, atau juga bisa digunakan oleh anda yang suka melakukan tanning. Dengan menggunakan teh hijau ini, maka saat anda berada di daerah yang terpapar matahari langsung akan terhindar dari peristiwa kulit terbakar, mengelupas dan memerah yang dapat diredakan dengan menggunakan kompres teh hijau, caranya bagaimana?.

Caranya dengan mengkompres menggunakan teh hijau dingin pada sekitar area wajah maupun badan untuk membersihkannya dari bakteri-bakteri jahat penyebab jerawat. Hal ini disebabkan adanya kandungan zat aktif anti-septik pada teh hijau sehingga saat proses kompres, teh hijau juga mampu mendinginkan kulit secara lebih cepat dan lebih baik.

3. Mengurangi kantung mata
Kantung mata atau yang sering disebut juga dengan kondisi mata panda biasanya disebabkan oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah karena kurang tidur. Kondisi kurang tidur sendiri banyak faktor pencetusnya, seperti begadang belajar untuk ujian di keesokan harinya, atau begadang karena harus mengejar deadline proyek yang ketat.

Jika dibiarkan terus menerus, kantung mata akan mengurangi rasa percaya diri karena anda akan terlihat lebih tua dari umur yang sebenarnya. Tentu hal ini perlu dihindari bukan?, untuk mengatasi kondisi mata panda ini bisa dilakukan dengan menggunakan kompres teh hijau. Caranya pun cukup mudah dan bisa dilakukan disela-sela kesibukan, simak cara menghilangkan kantung mata dengan teh hijau berikut ini.

Caranya dengan mengambil kantung teh celup bekas teh hijau, lalu gunakan kantung teh hijau tersebut untuk mengompres daerah kantung mata, untuk mendapatkan efek terasa lebih sejuk di bagian yang akan dikompres, maka dinginkan kantung teh hijau terlebih dahulu. Lakukan hal ini setidaknya 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Menghilangkan Bau Mulut
Berbicara ke lawan bicara secara tatap muka tidak dapat terhindar dari terhirupnya aroma mulut anda. Tentu akan sangat memalukan jika lawan bicara anda merasa kurang sreg saat mendengarkan apa yang anda bicarakan jika disertai bau mulut yang menyengat. Dengan teh hijau, hal ini bisa diatasi dengan mudah dan mulutpun akan terasa lebih segar.

Caranya adalah dengan menyeduh satu cangkir teh hijau dengan air hangat, lalu gunakan seduhan teh hijau tersebut untuk kumur-kumur setiap pagi dan sre hari. Selain untuk kumur-kumur, gunakan juga teh hijau untuk diminum secara rutin dengan mengkonsumsi 1 kantung teh hijau hanya untuk 1 cangkir, dan jangan digunakan berulang kali karena efek yang akan anda rasakan kurang maksimal.

5. Pelindung Sinar UV Matahari Alami
Bagi anda yang sering beraktivitas di luar ruangan sangat disarankan mengkonsumsi teh hijau secara rutin. Hal ini dikarenakan zat aktif teh hijau akan membantu sistem kekebalan tubuh, salah satunya adalah dengan membuat kulit mempunyai kemampuan melindungi dirinya sendiri dari paparan sinar UV matahari. Sebagaimana kita ketahui, paparan sinar UV secara langsung dari matahari akan meningkatkan resiko terkena kanker kulit. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, gunakan ampas teh hijau sebagai scrub wajah.

6. Membantu Mengatasi Kulit Kering
Manfaat teh hijau lainnya adalah membantu mengatasi kulit kering dan kusam. Anda dapat menggunakan teh ini sebagai masker untuk membantu mengangkat sel sel kulit mati juga bisa digunakan pada bagian siku yang menghitam atau area ketiak.

Cara menggunakan teh hijau untuk mengatasi kulit kering adalah dengan menyeduh teh hijau kemudian ambil air seduhannya. Lalu campur air teh tersebut dengan oatmeal, jangan lupa tambahkan perasan air jeruk nipis. Aduk campuran semua bahan tersebut hingga membentuk pasta. Kini gunakan pasta tersebut sebagai masker pada wajah secara merata. Pijat secara memutar dan diamkan selama lebih kurang 15 menit
Bilas menggunakan air hangat kemudian bilas lagi dengan air dingin.

Cukup banyak bukan manfaat teh hijau bagi kesehatan tubuh kita, terutama pada kecantikan kulit wajah. Penggunaan teh hijau sebagai pengobatan wajah yang berjerawat merupakan salah satu cara mengatasi jerawat yang membandel secara alami.

Cek Kesehatan Lewat Wajah

Henry
3 min read

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Minyak Zaitun atau sering disebut dengan nama Olive Oil merupakan minyak yang dihasilkan dari buah Zaitun (nama latin: Olea Europea). Minyak ini memiliki beragam...
Henry
2 min read