Manfaat Bawang Putih Untuk Jerawat

4 min read

Sebagai salah satu bumbu dapur, ternyata bawang putih memiliki manfaat untuk mengobati jerawat secara alami. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki khasiat mencegah peradangan pada kulit, khasiat ini sangat baik digunakan pada jerawat yang meradang seperti untuk mengatasi jerawat pasir atau jerawat batu.

Cara memanfaatkannya pun cukup sederhana dan bisa dilakukan di rumah. Namun perlu diperhatikan adanya efek samping saat memanfaatkan bawang putih untuk jerawat.

Sebagai bahan bumbu yang digunakan di setiap masakan Indonesia, bawang putih tentunya sangat dikenal. Dengan nama latin Allium Sativum, bawang putih termasuk bumbu dapur yang juga sangat terkenal di benua Asia.

Bawang putih saat digunakan pada masakan, menimbulkan rasa harum yang khas yang menyebabkan bumbu dapur ini menjadi bumbu pokok pada sebagian masakan Indonesia. Dibalik rasa harumnya yang khas, ternyata bawang putih memiliki manfaat untuk mengobati dan menghilangkan jerawat.

Fungsi mencegah peradangan pada kulit yang ada di bawang putih disebabkan adanya sifat antibiotik dan antibakteri yang alami. Selain itu, bawang putih juga mengandung minyak astiri dan antibiotik alami. Kandungan minyak astiri yang tinggi pada bawang putih dapat mencegah munculnya jerawat pada kulit wajah Anda. Kuman dan bakteri penyebab munculnya jerawat juga dapat hilang dengan kandungan antibiotik alami pada bawang putih. Sehingga ramuan bawang putih juga dikenal sebagai obat herbal antijamur, anti inflamasi, dan sifat antioksidan.

Cara memanfaatkan Bawang Putih Untuk Jerawat
Seperti telah disebutkan di atas, memanfaatkan bawang putih untuk jerawat merupakan salah satu cara pengobatan alami yang bisa kamu lakukan sendiri dan tentunya murah. Berikut ini beberapa cara untuk mengobati dan menghilangkan jerawat dengan bawang putih:

1. Oleskan langsung pada jerawat
Manfaat bawang putih untuk jerawat bisa didapatkan dengan langsung mengoleskannya pada bagian wajah yang berjerawat. Hal ini perlu dilakukan agar bawang putih dapat segera bereaksi terhadap bakteri penyebab jerawat. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan menumbuk 2 siung bawang putih yang sudah dicuci bersih sampai halus. Lalu oleskan pada wajah yang berjerawat dan area disekitarnya. Kemudian diamkan 10-15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Lakukan metode perawatan ini secara teratur 1-2 kali seminggu agar mendapatkan manfaat bawangputih untuk jerawat secara maksimal. InshaAlloh, jerawat akan hilang dan wajah akan kembali cerah dan bersih.

2. Masker Bawang Putih
Cara yang kedua dalam mendapatkan manfaat bawang putih untukjerawat adalah dengan menggunakannya sebagai masker. Iya masker, layaknya masker dengan bahan minyak zaitun ataupun minyak alpukat. Caranya cukup mudah dengan mengikuti langkah sebagai berikut: Ambil 3 siung bawang putih lalu haluskan, kemudian campurkan dengan beberapa tetesan madu. Aduk hingga merata kedua bahan ini hingga benar-benar siap digunakan sebagai masker wajah. Oleskan bahan masker tersebut ke wajah terutama pada area dimana jerawat muncul, diamkan hingga benar-benar mengering untuk selanjutnya dibersihkan dengan membilasnya menggunakan air dingin.

Penggunaan bawang putih sebagai masker wajah harus lebih berhati-hati. Oleskan secara pelan-pelan saja agar tidak terkena mata. Jika perlu, lakukan pengoleskan masker bawang putih ke wajah menggunakan bantuan orang lain.

3. Bawang Putih Diusapkan ke Wajah
Cara ketiga untuk mendapatkan manfaat bawang putih untuk wajah adalah dengan mengusapkannya ke bagian wajah yang berjerawat. Cara ketiga ini cukup sederhana yaitu dengan mengambil beberapa siung bawang putih, kupas dan cuci sampai bersih. Kemudian iris tipis-tipis bawang putih tersebut menjadi beberapa bagian. Setelah itu, usapkan irisan bawang putih tersebut ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal dimana wajah akan bersih dan bebas jerawat, lakukan perawatan di atas secara rutin setiap malam sebelum tidur.

4. Bawang Putih dan Cuka
Manfaat bawang putih untuk jerawat bisa didapatkan dengan campuran sedikit cuka. Cuka digunakan karena memiliki kandungan zat aktif yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Kombinasi bawang putih dan cuka akan menjadi duo hebat untuk menyingkirkan jerawat dai wajah. Caranya pun cukup mudah dengan mengikuti aturan sebagai beriku.

Cara penggunaan bawang putih dan cuka adalah dengan menghaluskan 2-3 siung bawang putih dan campur dengan 1 sendok teh cuka. Lalu oleskan campuran bawang putih dan sedikit cuka ke bagian wajah yang mengalami jerawat. Kini diamkan hingga beberapa menit hingga mengering yang selanjutnya dibilas dengan air hangat. Untuk mengakhiri perawatan ini, bilas dengan air dingin untuk agar kulit wajah segar. Lakukan perawatan ini secara rutin agar bakteri penyebab jerawat pada kulit hilang.

5. Bawang Putih dan Yogurt
Kombinasi bawang putih dan yogurt menjadi cara kelima guna mendapatkan manfaat bawang putih untuk jerawat. Campuran kedua bahan alami ini mampu memberikan nutrisi bagi wajah sehingga jerawat akan hilang, kulit wajah menjadi lebih sehat dan cerah alami.

Caranya adalah dengan menghaluskan 3-4 siung bawang putih yang ditambahkan dengan 2 sendok teh yogurt ke dalam bawang putih yang telah dihaluskan. Setelah itu, campur dan aduk hingga merata hingga berbentuk seperti pasta. Kini, oleskan pada bagian wajah yang berjerawat dan diamkan hingga 30 menit, bilas dengan air hangat hingga bersih.

6. Bawang putih dan minyak zaitun
Minyak zaitun seperti yang sudah disinggung di artikel sebelumnya memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan kulit termasuk untuk wajah berjerawat. Efek dari penggunaan minyak zaitun dan bawang putih adalah adanya pasokan nutrisi sehat bagi kulit wajah, sehingga kulit wajah akan terjaga kelembabannya dan terbebas dari jerawat.

Cara menggunakan minyak zaitun dan bawang putih untuk wajah berjerawat cukup mudah yaitu dengan menghaluskan 2-3 siung bawang putih yang ditambahkan dengan 1 sendok teh minyak zaitun. Lalu campur kedua bahan alami penghilang jerawat ini hingga merata. Kini, oleskan pada bagian wajah yang mengalami jerawat dan diamkan hingga 30 menit, setelah itu bilas hingga bersih.

7. Bawang Putih dan Putih Telur
Putih telur merupakan bahan alami yang sering digunakan untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Dikombinasikan dengan bawang putih, maka akan memaksimalkan perawatan wajah yang berjerawat. Caranya pun cukup mudah dimana campuran kedua bahan tersebut akan membentuk pasta sebagai masker wajah.

Cara membuat masker wajah bawang putih dan putih telur cukuplah mudah yaitu dengan mengambil 3-4 siung bawang putih yang kemudan dihaluskan. Lalu tambahkan putih telur ke dalam bawang putih yang telah dihaluskan tersebut untuk dicamnpur dan diaduk hingga merata. Adukan ini akan berbentuk seperti pasta yang kemudian dioleskan ke bagian wajah yang berjerawat sebagai masker wajah. Kini diamkan hingga 30 menit guna memberi kesempatan bahan-bahan alami penghilang jerawat tersebut untuk meresap ke dalam pori-pori kulit guna membunuh bakteri penyebab jerawat. Setelah mengering, bilas dengan air hangat hingga bersih

8. Bawang Putih dan Lidah Buaya
Lidah buaya merupakan bahan alami yang sering digunakan dalam perawatan kulit wajah. Bahkan lidah buaya sudah digunakan sejak jaman Mesir kuno dan dianggap tanaman keabadian. Lidah buaya dalam bentuk gel memiliki kandungan zat aktif yang sangat banyak dan kini menjadi bahan primer produk-produk kecantikan.

Guna mendapatkan manfaat bawang putih untuk jerawat, maka dengan mencampur dengan lidah buaya merupakan opsi yang baik karena semua zat untuk memerangi bakteri penyebab jerawat semakin banyak. Lidah buaya berguna untuk menghilangkan komedo, jerawat dan mencerahkan kulit. Dengan penggabungan bawang putih dan lidah buaya, hasil yang diperoleh akan maksimal.

Caranya pun cukup mudah yaitu dengan menghaluskan 2-4 siung bawang putih yang dicampurkan dengan gel lidah buaya. Lalu oleskan ke bagian wajah yangberjerawat. Diamkan selama 10 menit agar masuk ke pori-pori kulit guna membunuh bakteri penyebab jerawat. Setelah mengering, bersihkan dengan cara membilasnya dengan air.

Sebenarnya masih banyak cara mendapatkan menfaat bawang putih sebagai obat alami penghilang jerawat, namun demikian sepertinya sudah cukup membantu dengan memilih salah satu cara di atas. Pastikan memilih jenis perawatan yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan dilakukan secara teratur akan menghasilkan efek yang optimal bagi kesehatan kulit wajah Anda. Sebagai kalimat terakhir, tim penulis berharap artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda.

Manfaat Pasta Gigi Untuk Wajah

Henry
1 min read

10 Manfaat Singkong bagi Kesehatan Manusia

Singkong, pasti kalian tidak heran lagi kan sobat singkong adalah makanan yang sangat erat dengan masyarakat Indonesia, terutama dikalangan 80’ – 90’an , seringkali...
Henry
3 min read