Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

2 min read

Minyak Zaitun atau sering disebut dengan nama Olive Oil merupakan minyak yang dihasilkan dari buah Zaitun (nama latin: Olea Europea). Minyak ini memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh karena memiliki kandungan lemak tak jenuh yang tinggi.

Sebagaimana buah dari tanaman, buah zaitun sebenarnya juga bisa dikonsumsi begitu saja, tetapi nilai ekonomisnya akan berlipat ganda jika diolah menjadi minyak. Lalu bagaimana kaitan minyak zaitun dengan kecantikan kulit?, ternyata banyak sekali sumber yang menunjukkan manfaat minyak zaitun untuk wajah.

Manfaat minyak zaitun telah diketahui sejak ribuan tahun yang lalu, hal ini diperkuat dengan ditemukannya bukti adanya penggunaan minyak ini sebagai bahan pengobatan di jaman Mesir kuno.

Minyak yang ampuh ini tak hanya dimanfaatkan untuk kesehatan saja, namun bisa juga digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan yang aman dan tak ada efek sampingnya. Tak heran jika saat ini manfaat minyak zaitun sudah dikembangkan sebagai bahan utama berbagai produk kecantikan.

Lalu bagaimanakan cara mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk wajah?, ternyata hal ini tidaklah sulit, cukup dengan mengikuti tips kesehatan di bawah ini sebagai langkah awal bagaimana cara menggunakan minyak zaitun untuk merawat kulit wajah sesuai dengan kriteria dari jenis kulit kering, normal, dan berminyak.

Sebagai informasi, jika sebelumnya anda menggunakan berbagai krim pembersih untuk membersihkan wajah dengan produk yang mengandung bahan kimia, maka kini beralihlah dengan menggunakan minyak zaitun murni. Karena minyak zaitun merupakan penyegar dan pelembab kulit yang alami dan tanpa efek samping.

Berikut adalah cara mendapatkan Manfaat minyak zaitun untuk wajah

Cukup dengan menuangkan sedikit minyak zaitun pada telapak tangan lalu oleskan pada wajah. Anda tidak harus mencuci wajah anda terlebih dahulu dengan pembersih atau sabun sebelum menerapkannya. Kini gerakkan tangan anda secara melingkar agar minyak zaitun dapat mencapai semua area wajah, terutama pada bagian lipatan hidung yang biasanya terabaikan.

Lakukan pemijatan pada wajah anda selama sekitar dua menit. Pemijatan ini berguna untuk memastikan minyak zaitun masuk ke pori-pori kulit yang bertujuan untuk membersihkan kulit wajah. Tentunya hal ini dapat membantu untuk melarutkan sisa-sisa minyak, makeup, dan kotoran yang bisa terjebak di dalam pori-pori kulit.

Kini dilanjutkan dengan mengambil kain lap dan masukkan ke dalam air panas. Bilas sedikit dan kemudian taruh pada wajah anda selama 10 menit. Hal ini akan membantu untuk menghilangkan kotoran pada pori-pori kulit yang telah longgar oleh minyak zaitun.

Setelah selesai, cuci pelan-pelan wajah anda dengan air dingin dan bersihkan secara merata sehingga minyak benar-benar hilang. Namun, yang harus diingat adalah tidak menggosok atau menarik kulit wajah anda saat membersihkannya.

Setelah selesai dengan tahapan di atas, kini masuk ke cara mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk wajah dengan menggunakannya sebagai masker wajah. Proses pembuatannya pun cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan beberapa cmapuran bahan-bahan alami lainnya.

1. Kulit kering
Manfaat minyak zaitun untuk wajah dengan kulit berjenis kering adalah dengan menggunakannya sebagai masker. Masker wajah berbahan minyak zaitun merupakan langkah perawatan wajah yang terbaik. Caranya adalah dengan mengambil satu telur kuning, setengah sendok makan minyak zaitun, dan satu sendok makan tepung. lalu kesemua bahan ini dicampur, lalu diaduk merata hingga berbentuk pasta. Kini oleskan secara merata ke semua area wajah dan biarkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu bilas wajah anda dengan air hangat. Terapkan masker wajah minyak zaitun ini secara teratur dengan frekuensi dua kali seminggu guna mendapatkan hasil yang optimal yaitu kulit wajah menjadi cerah dan tetap lembab.

2. Kulit normal
Untuk yang berkulit jenis normal, manfaat minyak zaitun untuk kesehatan kulit wajah adalah dengan membuatnya sebagai masker wajah, dimana setengah sendok makan minyak zaitun dicampur setengah cangkir jus mentimun, dan setengah cangkir yogurt. Campuran ketiga bahan ini diaduk sedemikian rupa hingga berbentuk pasta. Lalu pasta ini dioleskan ke semua area wajah dan membiarkannya selama sekitar 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Kulit normal termasuk kulit yang sehat, maka itu gunakan cara ini hanya seminggu sekali atau lebih untuk perawatan kulit alami.

3. Kulit berminyak
Aplikasi minyak zaitun bagi kulit yang berjenis berminyak juga dengan menggunakannya sebagai masker wajah. Caranya adalah dengan campuran setengah sendok makan minyak zaitun, garam, satu cangkir oatmeal, dan setengah cangkir susu. Terapkan masker tersebut pada wajah selama kurang lebih 15 menit lalu bilas. Masker wajah ini akan membantu dalam membersihkan pori-pori kulit wajah dan mencegah jerawat.

4. Untuk semua jenis kulit
Gunakan satu sendok makan bubuk cendana dan campur dengan setengah sendok teh kunyit. Setelah itu tuangkan susu secukupnya sehingga akan membentuk pasta. Aplikasikan pasta ini secara merata pada bagian wajah dan leher. Biarkan masker ini tetap pada wajah selama sekitar setengah jam, kemudian cuci dengan air hangat. Pada akhirnya, gunakan air mawar untuk wajah anda. Jika diterapkan setiap minggu, masker ini akan membuat kulit lebih bercahaya.

Masker wajah dengan menggunakan minyak zaitun sebagai bahan primer merupakan cara terbaik menjaga kecantikan kulit wajah karena kesemua bahan yang digunakan adalah bahan-bahan alami. Hal ini tentunya tidak menyisakan efek samping dan sangat berguna untuk menjaga kulit wajah tetap lembab dan cerah.