Manfaat Minyak Alpukat untuk Kesehatan Kulit

2 min read

Kesehatan kulit terutama kulit wajah banyak menjadi perhatian para kaum hawa. Hal ini bisa dimaklumi karena wajah merupakan pusat rasa percaya diri. Dengan kulit wajah yang sehat, maka rasa percaya diripun akan meningkat, demikian pula sebaliknya seperti adanya jerawat di dahi atau pipi, tentu hal ini akan membuat rasa percaya diri sedikit berkurang apalagi saat bertatap mudak dengan seseorang.

Untuk merawat kesehatan kulit wajah, salah satunya dengan menggunakan manfaat minyak alpukat.

Alpukat mempunyai manfaat cukup banyak bagi manusia, selain bisa dikonsumsi sebagai jus untuk membantu sistem daya tahan tubuh, ternyata dengan mengekstrak alpukat ke dalam bentuk minyak mampu bermanfaat untuk melembabkan kulit.

Minyak alpukat berasal dari buah alpukat dan merupakan minyak nabati. Selain untuk keperluan memasak, kita juga dapat menggunakan minyak ini untuk berbagai perawatan kulit secara alami. Minyak alpukat mengandung vitamin E, yang membantu untuk menjaga kulit tetap halus dan cerah.

Ini Manfaat minyak alpukat untuk kulit

Manfaat minyak alpukat untuk kesehatan kulit cukup banyak, dari beberapa literatur yang kami kumpulkan manfaat-manfaat tersebut kami rangkum sebagai berikut:

  • Minyak alpukat mempunyai manfaat dalam menenangkan dan melembutkan pada kulit.
  • Minyak alpukat dapat digunakan sebagai minyak pijat dan sering digunakan untuk mengobati kram.
  • Minyak alpukat kaya kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan efek buruk sinar matahari terhadap kulit.
  • Minyak alpukat mengandung vitamin A, D, dan E, dan mempunyai manfaat yang sangat baik untuk mengatasi kulit kering dan penuaan dini.
  • Minyak alpukat yang tinggi kandungan sterolin akan mengurangi membantu dalam melembutkan kulit.
  • Minyak dari ekstrak buah alpukat sangat membantu untuk mengatasi kulit kering dan gatal.
  • Manfaat minyak alpukat juga meningkatkan produksi kolagen dan mencegah penuaan dini pada kulit.
  • Minyak ini dapat digunakan untuk mengatasi kulit bersisik dan merawat kulit kepala.
  • Minyak alpukat sangat baik untuk perawatan secara kulit alami, karena dapat menembus kulit dan membantu untuk melembabkan kulit.
  • Manfaat minyak alpukat membantu dalam penyembuhan luka bakar pada kulit dan menyembuhkan luka lebih cepat.
  • Omega 3 asam lemak juga ditemukan dalam minyak alpukat. Anda akan mendapatkan manfaat dari kandungan omega 3 dengan menggunakan minyak ini untuk keperluan memasak atau dengan aplikasi topikal.

Cara Menggunakan Minyak Alpukat yang Baik

Sebelum memulai dalam menggunakan minyak alpukat, pastikan anda melakukan tes alergi kulit. Ambil 3 tetes minyak alpukat dan oleskan pada tangan anda. Tunggu selama satu hari untuk mengetahui apakah terdapat efek samping. Jika terjadi efek samping, jangan gunakan minyak ini. Namun, jika tidak ada efek samping yang nyata, cobalah untuk menggunakannya.

  • Cara yang pertama ini merupakan cara yang alami untuk membantu dalam merawat wajah. Minyak pada kulit buah alpukat mengandung unsur humectant yang berguna sebagai pelembab. Pijat muka anda dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Anda juga dapat membiarkannya selama semalam, dan mencuci muka anda pagi harinya.
  • Selain di atas, minyak ini juga dapat digunakan sebagai pelembab setelah mandi. Campur minyak alpukat dengan minyak almond dan minyak jojoba. Kemudian tambah dengan beberapa tetes minyak jeruk untuk membuat campuran yang berbau segar. Tuangkan hasil campuran tersebut ke dalam botol dan simpan dalam kamar mandi. Sewaktu anda selesai mandi, terapkan campuran minyak ini seluruh tubuh agar tetap lembab dan lembut.
  • Bagi anda yang mempunyai kulit kepala kering dapat memakai minyak alpukat untuk memijat kepala. Campurkan 2 sendok makan minyak jarak dengna 2 sendok makan minyak alpukat. Hangatkan minyak ini dan pakailah untuk memijat kulit kepala. Biarkan selama semalam dan cuci rambut anda pagi harinya. Gunakan cara ini secara teratur hingga ketombe menjadi berangsur menghilang dan membuat rambut lebih lembut.
  • Bila kulit anda kering dan kasar campur minyak zaitun dengan minyak alpukat. Campuran minyak ini jika digunakan dengan teratur dapat membantu dalam meremajakan kulit. Terapkan campuran ini setidaknya sehari dua kali.

Minyak alpukat yang telah dicampur dengan bawang putih atau juga minyak zaitun dapat anda temukan di toko-toko kuliner karena luasnya manfaat minyak alpukat. Untuk melembabkan kulit terutama kulit wajah, cobalah gunakan minyak alpukat dengan berbagai campuran seperti dijelaskan di atas. Hal ini tentu sangat penting agar kecantikan kulit wajah selalu terjaga dan menambah rasa percaya diri.

Cek Kesehatan Lewat Wajah

Henry
3 min read

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Minyak Zaitun atau sering disebut dengan nama Olive Oil merupakan minyak yang dihasilkan dari buah Zaitun (nama latin: Olea Europea). Minyak ini memiliki beragam...
Henry
2 min read