Cara Root dan Install Recovery TWRP di Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus

2 min read

Cara install twrp dan root di nokia 6.1

Ponsel pintar terutama android telah menjadi pemandangan yang jamak kita temui di sudut-sudut kehidupan. Penggunanya pun sudah merata keberbagai kalangan dan hal ini ditambah pula dengan banyaknya pabrikan ponsel pintar yang merilis produk mereka ke pasaran. Salah satu pabrikan ponsel yang mengusung nuansa lama ke jaman milenia ini adalah Nokia. Nokia sebelumnya dikenal sebagai raksasa ponsel berfitur yang akhirnya tumbang karena tergerus dengan kehadiran android dan di masa-masa awal kehadiran android pun masih keukeh tidak mencoba peruntungan mereka. Kini setelah semua itu terlambat, Nokia mencoba bangkit kembali dengan berbagai model ponsel android yang salah satunya adalah Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus. Namun dalam artikel ini kita tidak membahas performa kedua ponsel tersebut melainkan bagaimana melakukan root dan meng-install recovery TWRP ke kedua ponsel Nokia di atas.

Cara install twrp dan root di nokia 6.1

Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus memiliki versi kernel yang sama dan skema partisi A/B yang mirip dengan Nokia 7 Plus, sehingga recovery TWRP yang akan digunakan berbasis recovery TWRP untuk Nokia 7 Plus. Yang mana artinya, recovery TWRP untuk Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus merupakan recovery tidak resmi yang didukung langsung oleh tim TWRP.

Prasyarat Install Recovery TWRP dan Root di Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus

Sebelum masuk ke tutorial lengkap bagaimana mendapatkan hak akses root dan dilanjutkan dengan memasang kustom recovery TWRP di ponsel Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus, ada beberapa prsyarat yang harus terlebih dahulu dipenuhi, yaitu:

  1. Bootloader Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus telah ter-unlock.
  2. ADB dan Fastboot telah terinstall sempurna di PC atau laptop.
  3. Driver USB Nokia juga telah didownload
  4. Pastikan status USB Debugging dan OEM Unlock telah ENABLE, silakan dipastikan di menu setting developer. Cara untuk mengaktifkan menu opsi developer di Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus mirip dengan perangkat android lainnya yaitu dengan masuk ke menu Settings > About phone > Software information. Lalu tap atau ketuk di menu “Build number” sebanyak 7 kali hingga pop-up “Developer Options” muncul di bawah layar. Kini masuk ke menu developer, lalu tap opsi OEM Unlock dan USB Debugging untuk mengaktifkannya.
  5. Pastikan kondisi baterai Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus di level minimum 70%
  6. Jangan lupa untuk mem-backup semua data di ponsel meskipun proses ini tidak memformat atau menghapus data yang ada di ponsel karena lebih baik berjaga-jaga dari hal yang tidak diinginkan.
  7. Kini download file image recovery TWRP untuk Nokia 6.1 di link ini. Lalu copykan file image tersebut ke folder dimana program ADB dan fastboot berada. Jangan lupa untuk merename file tersebut menjadi twrp.img guna memudahkan saat melakukan flash recovery nantinya.
  8. Sedangkan untuk Nokia 6.1 Plus, silakan merujuk ke link ini untuk mendownloadnya.
  9. Download juga versi terbaru Magisk yang akan digunakan untuk me-root ponsel, silakan langsung ke situs resmi topjohnwu untuk mendapatkan magisk terbaru. Setelah terdownload, copykan ke storage ponsel.

Cara Install Recovery TWRP di Nokia 6.1 & Nokia 6.1 Plus

Kini kita akan masuk ke langkah berikutnya untuk meng-install TWRP dan root di Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Koneksikan ponsel Nokia ke PC atau laptop menggunakan kabel USB. Kini buka program ADB. Silakan masuk ke folder dimana ADB berada, lalu ketik “cmd” di address bar untuk membuka terminal konsol.

2. Dalam posisi ponsel terhubung ke PC, gunakan perintah berikut untuk mereboot ponsel untuk masuk ke mode fastboot.

adb reboot bootloader

Dan jangan lupa untuk memberikan ijin terlebih dahulu di pop-up yang muncul di layar ponsel, biasanya hal ini terjadi di kali pertama ponsel diakses menggunakan program ADB dan fastboot.

3. Kini lakukan proses flashing file image TWRP dengan menggunakan perintah seperti di bawah ini. Jika Anda belum melakukan proses rename di file image, maka pastikan file image yang digunakan sesuai dengan nama filenya.

fastboot flash boot twrp.img

4. Setelah proses flashing selesai, reboot kembali ponsel dengan perintah fastboot di bawah ini.

fastboot reboot

Kini ponsel Nokia 6.1 atau Nokia 6.1 Plus sudah terpasang custom recovery TWRP. Recovery TWRP sendiri memiliki banyak fitur yang sangat banyak dan fungsional dibandingkan dengan recovery bawaan pabrik Nokia. Kini selanjutnya adalah melakukan root di kedua ponsel dengan langkah di bawah ini.

Cara Root Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus

Root untuk Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus menggunakan aplikasi Magisk yang mempunyai fitur lebih baik dibandingkan supers. Prosesnya juga cepat menggunakan flashing file ZIP. Dan kini mari simak bagaimana melakukan root Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus.

  1. Koneksikan ponsel Nokia 6.1 atau Nokia 6.1 Plus ke ponsel, lalu reboot ke mode recovery menggunakan perintah berikut.
adb reboot recovery
  1. Kini ponsel akan reboot ke mode recovery TWRP, silakan ke menu INSTALL lalu pilih file ZIP Magisk yang sudah dicopykan ke storage ponsel.
  2. Swipe tombol ke kanan untuk memberikan konfirmasi guna memulai proses flashing Magisk ke ponsel, lalu tap tombol reboot system setelah proses flashing magisk selesai.

Kini ponsel Nokia 6.1 atau Nokia 6.1 Plus sudah dalam kondisi root dan siap digunakan untuk beragam aplikasi yang membutuhkan hak akses root.

Demikian tutorial singkat bagaimana memasang custom recovery TWRP ke ponsel Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus dan dilanjutkan dengan flashing Magisk guna mendapatkan hak akses root. Hanya saja perlu diketahui, ponsel yang sudah root tidak dapat digunakan untuk aplikasi keuangan seperti Mandiri Online walaupun di menu pengaturan magisk sudah diset hidden untuk aplikasi tersebut.

0