Mi Band Gelang Pintar yang Menyenangkan

Xiaomi akhirnya secara resmi merilis gelang pintar terbaru yang dinamakan Mi Band 4 dengan beberapa perubahan dan fitur baru. Sebagai penggemar teknologi atau disebut juga sebagai technology enthusiast, gelang pintar besutan Xiaomi merupakan perangkat wearable yang sangat mengagumkan disamping harga yang sangat kompetitif.

harga mi band bekas

Kelebihan Mi Band adalah harga yang terjangkau, dimana dapat kita miliki generaqsi pertamanya dengan harga $20 atau sekitar Rp 225.000 dan mungkin sekarang sudah semakin murah. Disamping itu juga tidak menarik perhatian, karena banyak pengguna android yang tidak ingin terlalu mencolok saat menggunakan gadget mereka terlebih perangkat wearable seperti wristband.

Juga ketahanan baterai, dimana cukup sekali sebulan saja kita melakukan charging dan itu pun tidak lebih dari 3 jam untuk mendapatkan kondisi 100% full charge. Dan yang terakhir adalah nyaman dipakai dan terkadang kita lupa kalau ada perangkat gelang pintar di pergelangan tangan.

Yang Baru di Mi Band 2

Dan kini versi terbaru Mi Band dengan fitur baru dan desain yang diperbaharui hadir ditengah-tengah kita. Lalu apa saja fitur di Mi Band 2?, masih perlukah kita membeli perangkat pintar untuk pergelangan tangan?.

Perubahan besar yang ada di Mi Band 2 adalah adanya sensor detak jantung yang secara terus menerus mendeteksi detak jantung kita dalam kondisi apapun. Selain fitur dasar yang sudah ada di versi smart band sebelumnya yaitu sleep tracking, aktivitas dan notifikasi tracking/olahraga, di perangkat terbaru ini juga akan memberikan data detak jantung kita yang biasanya sulit dilakukan.

Perubahan desain pada Mi Band 2 juga ada meskipun minor, dimana adanya perbaikan pada mekanisme locking atau penguncian saat gelang pintar ini disematkan di wrist band-nya. Hal ini dilakukan karena adanya laporan jika kapsul Mi Band mudah terjatuh dari gelang dan akhirnya hilang entah kemana.

Hal ini juga pernah penulis alami, dimana kapsul Mi Band yang penulis pakai terjatuh di pantai tetapi beruntung bisa ditemukan kembali meskipun dikedalaman satu meter. Menurut Xiaomi, kini gelang pintar terbaru menggunakan bahan thermoplastic elastomer yang dipercaya mampu menahan gelang pintar ini lebih baik dari versi sebelumnya.

Perubahan mendasar lainnya juga ada pada kabel charger, meskipun kita tahu jikalau kabel charger perangkat wearable ini menggunakan kabel khusus dan bukan kabel micro USB pada umumnya, desain baru menggunakan tipe kabel flat yang bebas kusut. Juga kepala dari kabel charger tersebut sedikit berbeda dengan tujuan memaksimalkan posisi kapsul gelang pintar saat diisi ulang dayanya.

Mi Band 2 sudah tersedia di toko online Mi.com meskipun di luar sana sudah banyak yang membuka order versi terbaru gelang monitor kesehatan Mi Band 3 dengan harga yang sedikit lebih mahal.

Xiaomi Mi Band 2 Hadir Dengan Sensor Denyut Jantung

Sebuah perangkat gelang pintar diperkirakan sebagai model terbaru dari Xiaomi Mi Band dengan penambahan adanya fitur monitoring detak jantung telah beredar di Internet.  Mi Band generasi terbaru ini dinamakan sebagai Mi Band 2.

Dengan pangsa pasar 24% menjadikan Xiaomi sebagai manufaktur perangkat wearable dengan Mi band sebagai kuncinya dimana telah terjual sejumlah 6 juta lebih, sebuah pencapain yang sangat spektakuler. Dan kini tentunya Xiaomi ingin melanggengkan prestasi tersebut dan bahkan menjadi nomer satu sebagai manufaktur wearable devices.

fitur terbaru mi band 4

Sensor denyut jantung pada Mi Band 2 terlihat dengan jelas di bagian bawah yang tentunya akan bersentuhan dengan pergelangan tangan sehingga sensor mampu memonitor denyut jantung dengan baik. Namun kini yang menjadi pertanyaan adalah apakah dengan penambahan sensor denyut jantung akan membuat Xiaomi menghargai Mi Band 2 dengan harga yang cukup tinggi?, semoga saja meskipun ada kenaikan harga dibandingkan Mi Band generasi awal tetapi tidak terlalu signifikan.

spesifikasi mi band 4

Hanya saja penulis masih kurang sreg jika belum ada panel display LED untuk memberikan tanda notifikasi dan dapat digunakan sebagai jam meskipun akan mengorbankan life time battery, karena jika tidak ada panel display maka penulis lebih memilih zeaplus band yang memiliki LED display yang bisa menampilkan jam.

Menambahkan Teman Pengguna Mi Band di Aplikasi Mi Fit

Kita bisa menambahkan teman penguna Mi Band di aplikasi Mi Fit untuk tampil di -semacam leaderboard- menu Friend, sehingga kita bisa mengetahui aktivitas teman-teman kita saat menggunakan Mi Band. Tentunya hal ini akan memacu diri kita untuk tampil sebagai yang unggul, nuansa kompetisi tentunya akan tercipta.

Informasi yang tertera dan sudah terbagi ke kita pun cukup lengkap layaknya informasi kita sendiri saat menggunakan Mi Band. Dan yang asik adalah adanya fitur “nudge” yang membolehkan kita mentrigger Mi Band teman kita untuk bergetar, semacam poke di facebook atau juga mention jika di twitter.

Hanya saja untuk menambahkan teman-teman kita di aplikasi Mi Fit harus menggunakan versi Mi Fit 1.5.621, dan aplikasi ini belum tersedia di Play Store meskipun yang paling update. Untuk itu kita perlu meng-install aplikasi Mi Fit secara manual dengan mendownload file APK-nya. Hal ini perlu dilakukan untuk mendapatkan versi Mi Fit yang sudah bisa digunakan untuk menambahkan teman pengguna Mi Band di aplikasi Mi Fit.

aplikasi mi band 4

Namun ingat untuk menambahkan teman di aplikasi Mi Fit harus menggunakan versi Mi Fit yang sama. Jadi jika teman pengguna Mi Band masih menggunakan versi aplikasi Mi Fit lama, maka segera saja diinformasikan untuk mendownload file APK Mi Fit terbaru yang sudah bisa digunakan untuk menambahkan teman di menu Friend pada aplikasi Mi Fit.

Aplikasi Mi Fit terbaru yang sudah bisa digunakan untuk menambahkan teman pengguna Mi Band telah dicoba di ponsel Redmi 2 dengan Global ROM versi terbaru, Xiaomi Mi 4i Global ROM versi terbaru dan Mi4 dengan ROM China terbaru juga. Kesemuanya sukses digunakan, namun jika kamu menggunakan versi ponsel Xiaomi lainnya, tidak ada salahnya untuk mencoba juga, toh yang diinginkan adalah menambahkan teman di aplikasi Mi Fit.

Meskipun demikian, penulis masih merasa kurang lengkap dalam menggunakan Mi Band. Semoga di versi Mi Band generasi terbaru akan terpenuhi dengan adanya penambahan layar OLED untuk menampilkan jam digital, sedikit notifikasi baterai dan tentunya masih bisa digunakan untuk 30 hari penggunaan sejak di-charge penuh.

Dengan fitur-fitur tersebut, menggunakan Mi Band akan lebih menantang terlebih ada kemampuan untuk melakukan penhitungan saat bersepeda dan tidak hanya untuk menghitung langkah saat berjalan dan berlari.

Desain Mi Band 2

Desain Mi Band 2 yang beredar luas diinternet resmi dibantah. Dengan sedikit bercanda, CEO Huami yang bertanggung jawab atas produk wearable Xiaomi, berkelakar jika desain Mi Band 2 tersebut hanyalah sensasi media microblogging Weibo belaka. Dalam lanjutan komentarnya, Mr Huang Wang, terbangun dari tidurnya yang nyenyak hanya untuk membaca adanya laporan generasi terbaru Mi Band, desain Mi Band 2 ini hanyalah mimpi dari seseorang untuk diwujudkan tetapi untuk saat ini bukanlah mimpinya.

Meskipun demikian, desain Mi Band 2 ini cukup menarik dan cukup berbeda dengan generasi Mi Band yang sekarang beredar di pasar, Mi Band 2 didesain menggunakan LCD display touchscreen yang mampu menampilkan jam juga notifikasi yang masuk. Dan tentunya akan mengorbankan life time baterai jika tetap menggunakan desain berbasiskan Mi Band generasi pertama.

harga Mi Band 4

Penulis sendiri menggunakan gelang pintar dalam keseharian, tidak pernah lepas di pergelangan tangan kiri meskipun digunakan untuk mandi sekalipun. Kinerjanya lumayan untuk smartband murah karena bisa digunakan untuk melakukan tracking tidur, dan sudah berapa banyak langkah yang dilakukan tiap harinya.

Untuk fitur sleep tracker, cukup akurat, bahkan penulis bisa tahu seberapa lama penulis terjaga saat sahur, dilanjut sholat subuh lalu kembali tidur sejenak sebelum berangkat ke kantor. Sedangkan untuk berapa banyak melangkah, masih bisa diakali dengan hanya menggerak-gerakkan pergelangan tangan kiri dimana posisi gelang pintar berada dan counter di Mi Fit pun bertambah, tetapi hal ini bisa membakar kalori juga khan ya?.

Untuk Mi Band generasi ketiga atau disebut Mi Band 3, tentunya penulis ikut menunggu kehadirannya. Penulis fokus pada harga Mi Band 3 lalu pada spesifikasi yang diusung oleh smartband terbaru Xiaomi, jika Mi Band 3 nantinya sama dengan desain yang kini beredar tentunya akan cukup menyenangkan memilikinya, apalagi harga yang diusung juga kompetitif, naik sedikit dari harga Mi Band generasi pertama dan kedua bisa dimaklumi.

Ternyata sekarang sudah beredar rumor kehadiran Mi Band 4 sebagai kelanjutan dari gelang pintar buatan Xiaomi ini. tentu saja fitur akan semakin banyak termasuk desainnya yang semakin modern dengan bahan material terbaru. kesemuanya tentu bermuara pada kepuasan para fans Xiaomi.