Serba-Serbi Google Play Store

7 min read

download aplikasi play store

Google Play Store adalah toko aplikasi Google yang menyediakan berbagai layanan konten digital milik Google yang terdiri dari toko online untuk aplikasi, musik, buku, game ataupun service cloud atau layanan berbasis awan.

download google play store terbaru

Layanan Play Store dari Google dapat diakses dari berbagai media baik melalui browser, aplikasi android dan juga Google TV.

Google Play Store adalah salah satu aplikasi penting yang harus terinstall di ponsel android ataupun device yang lain saat terhubung ke Play Store guna mengunduh berbagai macam konten digital Google terutamanya aplikasi dan game.

Google Play Store dikenalkan pertama kalinya pada bulan Maret 2012 sebagai aplikasi toko online yang terintegrasi dimana diperlakukan sebagai pengganti dari Android Market dan Layanan Musik Google yang saat itu terpisah.

Baca juga: Aplikasi Chatting Terbaru Android untuk Bisnis

Kini aplikasi Google Play Store sudah memasuki versi 5.5.9 dan akan terus direvisi dan tersedia untuk di download. Versi Play Store terbaru ini membawa beberapa bug fixes juga perbaikan dan adanya speed improvement yang berguna untuk mempercepat loading listing aplikasi di ponsel kita.

Pada umumnya versi update Google Play Store akan dengan sendirinya terupdate secara otomatis melalui over the air dan bahkan untuk beberapa smart phone yang disetting tanpa notifikasi jika ada upgrade software, maka secara diam-diam aplikasi Google Play Store terbaru sudah tersedia untuk ponsel tersebut.

Namun terkadang update dengan OTA tidak berjalan mulus dan akhirnya ponsel android yang kita gunakan tidak bisa mengakses Play Storekarena dibutuhkan versi Play Store terbaru, dan untuk itu silakan download Google Play Store versi 5.5.9 untuk secara manual diinstall di ponsel android yang kita punya.

Baca juga: Cara Mengganti Tema WhatsApp

Penulis sendiri masih menggunakan versi Google Play Store 5.4.12 di ponsel Redmi 2 dan saat di tap di kolom Build version dari aplikasi tersebut masih menyebutkan “Google Play Store is up to date” , ini artinya update OTA belum berjalan di semua region dan operator telco. Masih dibutuhkan waktu untuk bisa sampai ke ponsel penulis jika ingin mendapatkan update aplikasi Play Store secara OTA.

Pilihan update secara manual sepertinya akan penulis pilih untuk diaplikasikan di Redmi 2 dengan Global ROM versi 6.5.0.1 ini. Semoga apa yang dikatakan di change log aplikasi Play Store dengan menghadirkan speed improvements benar-benar terjadi.

Untuk melakukan update secara manual bukanlah perkara sulit. Update secara manual ini tidak membutuhkan akses root karenanya cukup di download Google Play Store APK kemudian tap APK tersebut untuk proses instalasi. Proses instalasi akan meng-overwrite aplikasi Play Store yang sudah ada, jika sukses maka kita bisa langsung terhubung kembali dengan Toko Online Google.

Google Play Store di Xiaomi Mi6

Install Gapps Xiaomi Mi6 – Xiaomi telah resmi merilis ponsel andalan terbaru yang dinamakan Mi 6, ponsel ini merupakan penerus dari Xiaomi Mi5 yang banyak mendapatkan sambutan hangat dari fans android. Ponsel andalan terbaru ini mengusung spesifikasi yang gahar dimana ponsel dibekali dengan layar 5,15 inchi dengan resolusi fullHD 1080×1920 pixel.

Untuk kamera utama mengusung konsel dual kamera dengan resolusi 12 megapixels, sedangkan kamera depan dengan dual-LED flash beresolusi 8 Megapixels. Untuk RAM dibekali dengan 6GB dengan 2 pilihan internal storage di 64GB atau 128GB.

Harga dari Xioami Mi 6 sekarang ini dibanderol cukup tinggi dengan rentang harga di Rp 5jutaan hingga Rp 6 jutaan yang bisa didapatkan di berbagai toko online yang ada di berbagai marketplace. Jadi tinggal pilah dan pilih saja dimana akan membeli dan toko apa yang beruntung yang mendapatkan tanda jadi pembelian Xiaomi Mi6.

Sebagai informasi, hingga saat ini ROM yang tersedia untuk Mi6 hanyalah ROM MIUI 8 vershi China Developer berbasiskan Android 7.1.1 Nougat. Yang artinya secara bawaan, aplikasi Google Apps tidak tersedia, melainkan yang ada adalah Mi Store. Namun hal tersebut jangan menjadi alasan untuk tidak membeli ponsel ini, karena di tutorial berikut ini kita akan mendapatkan tips cara install Google Apps di ponsel Xioami Mi6.

Cara Install Gapps Xiaomi Mi6

Gapps atau Google Apps merupakan aplikasi yang harus digunakan guna terhubung ke Google Play Store dan layanan Google lainnya seperti kalender, phonebook, email, dan lain-lain. Cara install-nya cukup mudah di ponsel Mi6, jika dibandingkan dengan ponsel Xiaomi lainnya, maka instalasi Gapps di Mi6 lebih mudah dan cepat prosesnya. Mari kita simak langkahnya berikut ini:

cara download play store
download play store terbaru
mengunduh aplikasi play store
perbarui play store
download play store gratis
  • Langkah 1. Download file ZIP yang dibutuhkan di link berikut ini atau link alternatif ini.
  • Langkah 2. Ekstrak file ZIP tersebut, jika didownload menggunakan PC atau laptop, maka copy-kan folder hasil ekstrak ke internal storage ponsel Mi6.
  • Langkah 3. Kini pastikan folder “AllBackup” yang merupakan hasil ekstrak dari file ZIP “GApps-Mi6-MiPad3.zip” telah dicopy-kan ke folder Internal storage\MIUI\backup (jika folder ini tidak ada, bikin saja)
  • Langkah 4. Kini buka menu Settings/Additional settings -> Backup & reset -> Local backups
  • Langkah 5. Kini folder backup yang dilakukan pada “langkah 2” terlihat, kini tap folder tersebut untuk memulai proses Restore, tunggu hingga selesai.
  • Langkah 6. Setelah proses install Gapps di Mi6 selesai, maka lakukan proses reboot. Setelah itu buka aplikasi Play Store dan tunggu beberapa saat untuk melakukan proses pengechekan info. Sekarang login menggunakan akun Google, dan kini ponsel siap digunakan untuk terhubung ke Play Store.

Sekarang ponsel Xiaomi Mi6 telah terhubung ke Play Store, untuk mendapatkan layanan Google lainnya cukup dengan melakukan instalasi aplikasi yang dibutuhkan melalu Play Store.

Google Play Error pada Redmi Note 3

Hp Redmi Note 3 sudah dirilis secara resmi oleh Xiaomi di China dengan mengusung berbagai fitur baru dan spesifikasi hardware yang mengundang decak kagum terlebih jika dibandingkan dengan harga jualnya.

Redmi Note 3 terbukti menjadi ponsel Xiaomi yang kini menjadi incaran para penggemar Android. Namun dikarenakan baru dirilis China, aplikasi utama Android seperti Google Play Store seperti biasa tidak diikutsertakan.

Tidak diikut sertakannya Google Play Store tidak menjadikan sebuah hambatan bagi para pengguna Android karena banyak sekali tutorial yang menyediakan cara bagaimana melakukan instalasi Google Play Store pada perangkat ponsel Xiaomi dengan mudah dan bahkan tanpa perlu melakukan flashing file ZIP yang sering kita jumpai di berbagai perangkat android lainnya. Dan kini, penulis mencoba untuk memberikan solusi Google Play Error saat diinstall pada Redmi Note 3.

download play store game gratis

Google Play Error pada Remi Note 3 dijumpai dengan adanya pesan error “Can’t download app, ‘Google’ can’t be downloaded. Try again, and if the problem continues, get help troubleshooting….” Atau seperti gambar error di atas. Jika hal tersebut terjadi, maka yang diperlukan adalah dengan melakukan proses uninstall atau remove aplikasi Google Play Store yang digunakan.

Untuk mendapatkan kelancaran aplikasi Google Play Store saat digunakan, kita perlu melakukan instalasi empat aplikasi Google yang penting yaitu; Google Account Manager, Google Service Framework, Google Play Services dan Google Play Store yang kesemuanya akan didapatkan dari sebuah aplikasi yang dinamakan Google Installer.

Cara Install Google Play Store di Redmi Note 3

Untuk ponsel Redmi Note 3, Google Installer yang sesuai dengan ponsel ini dapat didapatkan dengan mendownload dari link download ini. File Google Installer tidak perlu diinstall melalui recovery atau instalasi dengan melakukan flashing ke ponsel. Cukup dengan beberapa langkah layaknya melakukan instalasi aplikasi biasa dan tidak diperlukan akses root pada Redmi Note 3.

Setelah aplikasi Google Installer terinstall di ponsel Redmi Note 3, kemudian lakukan tap install seperti pada gambar di bawah ini.

instal play store

Kemudian lakukan instalasi yang dianjurkan oleh aplikasi Google Installer. Setelah kesemuanya terinstall, maka tahap akhir untuk instalasi Google Play Store di Redmi Note 3 adalah dengan melakukan instalasi Google Play Services dari link download ini, setelah terinstall dengan benar maka kita bisa mengakses Google Play Store dengan lancer tanpa adanya pesan error seperti di atas lagi.

Dan kini kita bisa menikmati ponsel Redmi Note 3 dengan lebih baik karena sudah mampu menjalankan aplikasi Google Play Store dengan baik yang artinya bisa digunakan untuk melakukan instalasi aplikasi yang kita inginkan langsung dari Google Play Store. Semoga tulisan ini berguna bagi para pemilik Redmi Note 3 yang mencari solusi untuk pesan error pada saat instalasi Google Play Store.

Seting Parental Control di Google Play Store

Google Play Store atau toko Google Play memiliki koleksi yang sangat besar, terdiri dari jutaan aplikasi dan game. Dan dari jutaan koleksi tersebut, ada game yang cocok untuk anak-anak dengan permainan edukasi yang mendidik, tetapi banyak juga dengan mudah ditemui game yang sangat tidak cocok untuk anak-anak.

Dari game permainan yang tidak pantas untuk anak-anak ini, kita akan melihat konten game yang berupa kekerasan, darah, bullying, dll. Dan untuk memastikan hal-hal tidak pantas tersebut jauh dari anak-anak dan juga tidak ter-install di ponsel mereka, maka fitur parental control di Google Play Store harus diseting.

download google play service

Anak-anak jaman sekarang sudah fasih dengan teknologi terutama gadget. Tanpa perlu kita ajari, mereka dengan cepat belajar untuk menguasai gadget di sekitar mereka, dan bahkan untuk kasus tertentu, anak-anak lebih paham tentang gadget dan semua pendukungnya dibandingkan orang tuanya.

Jika anda memiliki perangkat android, maka akan menjadi perjuangan tersendiri untuk memisahkan anak-anak anda dengan gadget tersebut. Bagi banyak orang tua, memberikan ponsel mereka untuk memainkan game merupakan cara yang efektif untuk menghentikan tangisan, rengekan ataupun polah nakal lainnya saat di perjalanan, antri atau sebagai senjata pemusnah bosan. Tentu saja, penulis tidak mencoba untuk menyarankan anda agar menjauhkan gadget dari anak-anak, terutama ponsel pintar.

Memberikan ponsel pintar ke anak bisa jadi sebagai solusi untuk satu masalah, tetapi hal ini akan memicu masalah yang lain. Bisa jadi anak-anak tanpa sengaja menghapus dokumen penting, foto atau mereset level  game yang sedang anda mainkan.

Dan mungkin saja mereka membeli item dalam suatu game atau game itu sendiri akibat ketidak tahuan mereka dan hal ini tentu saja tanpa sepengetahuan anda.

Kegiatan yang tidak sengaja ini tentunya akan sangat berbahaya jika informasi keuangan seperti kartu kredit telah dikoneksikan ke akun google yang digunakan di ponsel, maka tidak heran banyak laporan yang menyebutkan bengkaknya tagihan kartu kredit mereka atas pembelian game atau item game.

Untuk menghindari kejadian-kejadian tersebut di atas, maka orang tua sebaiknya mengetahui bagaimana cara seting parental control di Google Play Store.

Cara Seting Kontrol Orang Tua di Google Play Store

Seting parental control di Google Play store ternyata cukup mudah, dan hal ini bisa dilakukan dalam beberapa langkah yang akan dijelaskan dalam tutorial singkat di bawah ini

  • Buka Play Store, kemudian tap ikon seperti hamburger yang ada di pojok kiri atas
  • Scroll ke bawah untuk di dalam menu lalu pilih Setting atau Setelan
  • Cari Parental Controls yang ada di bawah menu user control atau Kontrol Pengguna
  • Kini aktifkan Kontrol Orang Tua dengan men-toggle lalu berikan PIN untuk mengontrol pengaturan ini
  • Kini anda harus mengatur konten apa saja yang bisa muncul di ponsel. Sebagai catatan, pengaturan ini hanya berlaku di perangkat ini saja. Jadi jika anda menggunakan akun Google yang sama di ponsel atau perangkat yang lain, maka anda harus melakukan hal yang sama untuk pengaturannya.
  • Kini anda bisa menyetel tipe konten apa saja seperti aplikasi, game, film bahkan buku serta layanan lainnya untuk bisa terlihat di Google Play Store

Fitur Kontrol Orang Tua berguna untuk memastikan bahwa konten yang tidak cocok dengan pengaturan yang disimpan tidak akan terlihat di Google Play Store dan karenanya, hal-hal tersebut tidak dapat diunduh. Namun, aplikasi di luar filter yang ditetapkan akan terlihat jika anak-anak Anda mengunjunginya melalui tautan langsung. Tetapi mereka tidak akan dapat mengunduh aplikasi tersebut karena batasan yang telah ditetapkan.

Sebagai contoh adalah aplikasi Tinder, aplikasi ini sangat populer sebagai aplikasi kencan online dan mempunyai rating untuk umur 18+.  Ini berarti dibuat untuk mereka yang berusia 18 atau di atas 18 tahun.

Sekarang, jika Anda menetapkan batasan untuk aplikasi dan game di fitur kontrol orang tua dan hanya mengizinkan aplikasi itu untuk diunduh yang berisi peringkat untuk umur 12+, aplikasi Tinder tidak akan terlihat di Google play store yang ada di perangkat anda.

Hal lain yang dapat Anda lakukan agar tetap aman jika anak-anak Anda memiliki kebiasaan membeli barang-barang dari Google Play Store atau item di suatu game adalah mengatur otentikasi untuk pembelian. Opsi ini tersedia tepat di bawah opsi kontrol orang tua.

Tetapkan otentikasi untuk pembelian seperti biasa. Jadi ketika anak-anak Anda mencoba membeli sesuatu, mereka terlebih dahulu harus memasukkan kata sandi akun Google Anda. Cukup aman bukan.

Lalu bagaimana dengan Apple Store?, tentunya hal tersebut juga berlaku di toko Apple dengan pengaturan yang mirip dan bahasa sedikit berbeda. Pada intinya, pengaturan fitur kontrol orang tua sangat perlu dilakukan agar kejadian-kejadian yang disebut di atas tidak terjadi ke diri Anda.