Cara Install ROM Android One ke Redmi Note 5 Pro

Xiaomi telah merilis Redmi Note 5 Pro sejak Februari 2018 dan sejak itu banyak review positif yang diterima ponsel ini terutama soal isu kapasitas dan manajemen baterai . Di berbagai forum pun banyak tips dan trik untuk meningkatkan performa redmi note 5 pro khususnya meningkatkan performa kamera dengan memasang modul GCam yang dipercaya mempunyai kemampuan yang lebih ciamik dibandingkan modul kamera bawaan. Dengan kata lain, Redmi Note 5 Pro yang mempunya kode sandi whyred ini mempunyai basis penggemar yang cukup banyak karena banyaknya developer yang terlibat dan salah satunya adalah meng-upgrade Redmi Note 5 Pro ke Android 9.0 Pie menggunakan ROM AndroidOne.

Seri Redmi Note secara pelan-pelan menjadi lini produksi ponsel Xiaomi yang memiliki angka penjualan yang sangat bagus sehingga ditasbihkan sebagai perangkat Android level menengah terbaik. Jika sebelumnya penjualan terbaik untuk level menengah dipegang oleh Redmi Note 4, kini Redmi Note 5 meneruskan tradisi tersebut. Dan hal ini makin dikukuhkan oleh Redmi Note 5 Pro.

Xiaomi Redmi Note 5 Pro hadir dengan MIUI terbaru yaitu MIUI 10 dengan Android 8.1 Oreo. Dan pabrikan ponsel Tiongkok juga sudah berjanji akan memberikan upgrade ke Android 9.0 Pie. Hanya saja hal ini masih membutuhkan waktu dan bagi yang tidak sabar, maka sebaiknya menggunakan Android 9.0 Pie yang berjalan di AndroidOne ROM.

Seperti kita tahu, ponsel ini sudah satu tahun sejak perilisannya. Dan Android 9.0 Pie sudah hadir beberapa bulan yang lalu, hal ini akhirnya memacu para pengguna Redmi Note 5 Pro untuk berpaling ke custom ROM yang berbasis Android 9.0 Pie seperti Resurrection Remix, Pixel Eperience dan bahkan menggunakan ROM dari merk ponsel lain seperti OnePlus Oxygen OS 9.0.

ROM AndroidOne Xiaomi Mi A2 untuk Redmi Note 5 Pro

Salah satu developer telah sukses menggunakan ROM AndroidOne di Xiaomi Mi A2 ke Redmi Note 5 Pro. Yang special dari ROM AndroidOne berbasis Android 9.0 Pie adalah kinerjanya yang meningkat dibandingkan menggunakan ROM bawaan MIUI. Chipset Snapdragon 636 yang digunakan Redmi Note 5 Pro masih cukup oke digunakan di tahun 2019. Dan dengan dikombinasikan dengan ROM AndroidOne berbasis Android 9.0 Pie menjadi kombinasi yang pas, kombinasi terbaik diantara custom ROM yang ada.

Keuntungan menggunakan AndroidOne di redmi Note 5 Pro adalah peningkatan kinerja ponsel dalam menangani berbagai proses aplikasi yang digunakan. Kinerjanya pun melebihi ROM Pixel Experience, dan salah satu yang menjadi nilai lebih bagi para gamer adalah game PUBG Mobile mampu dijalankan tanpa isu sama sekali termasuk tidak adanya LAG saat diseting ke pengaturan grafik medium. Jadi jika Anda ingin mendapatkan peningkatan performa di Redmi Note 5 Pro, maka tidak ada salahnya meng-upgrade Redmi Note 5 Pro ke Android 9.0 Pie dengan ROM AndroidOne.

Keuntungan menggunakan Rom AndroidOne adalah Anda tidak perlu lagi mendownload file paket GApps secara terpisah dan men-flash file ZIP tersebut dikarenakan sudah termasuk paket yang disediakan di ROM AndroidOne.

Bug di ROM AndroidOne Berbasis Android 9.0 Pie untuk Redmi Note 5 Pro

Apakah ROM AndroidOne untuk Redmi Note 5 Pro terbebas dari isu bug?, dari informasi yang penulis dapatkan berikut adalah beberapa bug yang muncul saat digunakan, yaitu:

  • Face Unlock belum berfungsi. Hal ini dikarenakan belum menjadi fitur bawaan Android stock. Sebagai penggantinya, gunakan fitur navigasi gesture yang sudah ada di Android 9.0 Pie.
  • Fitur layar penuh gesture MIUI belum tersedia
  • Camera2API belum berfungsi dengan baik, dan jika hal ini diaktifkan akan menimbulkan beberapa isu seperti animasi untuk unlock sidikjari berjalan lambat, melihat notifikasi dengan menscroll ke bawah layar juga terkadang tidak bekerja dengan baik.

Prasyarat Meng-install ROM AndroidOne ke Redmi Note 5 Pro

Dan seperti tutorial upgrade ponsel Android sebelumnya. Sebelum meng-install Rom AndroidOne berbasis Android 9.0 Pie ke Redmi Note 5 Pro, Anda perlu memperhatikan beberapa prasyarat berikut ini, yaitu:

  • Bootloader harus di unlock, jika belum silakan merujuk ke tutorial yang ada di artikel unlock bootloader ponsel Xiaomi di sini.
  • Kondisi baterai ponsel setidaknya di level 65%.
  • Komputer yang digunakan sudah harus terpasang ADB dan Fastboot. Silakan menggunakan seri portable ataupun installer.
  • Jangan LUPA untuk membackup data di ponsel walaupun proses upgrade Android 9.0 Pie ke Redmi Note 5 Pro tidak akan menghapus data yang ada di ponsel.

Cara Upgrade Redmi Note 5 Pro ke Android 9.0 Pie

Untuk meng-upgrade Redmi Note 5 Pro ke Android 9.0 Pie dibutuhkan beberapa file selain prasyarat di atas. Untuk itu silakan download beberapa file di bawah ini:

  • Download file Anti-Rollback bypass untuk redmi Note 5 Pro di sini.
  • Download file Redwolf TWRP recovery sebagai pengganti recovery bawaan di sini.
  • Download file ROM AndroidOne untuk Xiaomi Redmi Note 5 Pro di sini atau mirror.

Setelah kesemua file di atas terdownload maka Anda bisa lanjutkan dengan langkah-langkah selanjutnya yaitu:

  • Ekstrak file zip Anti-Rollback bypass di computer atau laptop, sebaiknya ekstrak di desktop.
  • Kini ekstrak file Anti-Rollback bypass, lalu pindahkan file image (dummy.img) ke folder dimana program ADB terinstall.
  • Juga pindahkan file image TWRP (RedWolf-027-Official-whyred.img) ke folder ADB yang sama.
  • Pindahkan file ROM AndroidOne yang telah terdownload ke storage Redmi Note 5 Pro.
  • Kini matikan ponsel, lalu masuk ke mode Fastboot dengan cara menekan dan tahan tombol Volume Down dan Power secara bersamaan.
  • Koneksikan ponsel ke computer PC menggunakan kabel USB dan buka terminal window dimana folder ADB terinstall.
  • Flash file zip anti-rollback bypass menggunakan perintah sebagai berikut.
fastboot flash antirbpass dummy.img
  • Kini dilanjutkan dengan flash file image recovery dengan perintah sebagai berikut;
fastboot flash recovery RedWolf-027-Official-whyred.img
  • Kini lanjutkan dengan melepas koneksi ponsel ke PC atau laptop dan matikan ponsel kembali. Kali ini, boot ponsel ke mode recovery dengan cara menekan lama tombol Volume Up dan Power.
  • Slide ke kanan yang ada di layar untuk mengijinkan modifikasi saat ditanyakan.
  • Masuk ke Wipe >Advanced wipe, select Dalvik / ART Cache, System, Data, dan Cache lalu geser ke kanan untuk memula proses wipe.
  • Lanjutkan dengan memilih INSTALL, navigasikan ke lokasi dimana ROM telah didownload, lalu swipe ke kanan yang ada di layar ponsel untuk memulai proses flash.
  • Saat ROM telah terpasang, kini Anda bisa melihat tombol reboot system di bawah layar. Tap tombol untuk memulai proses booting.
  • Tunggu antara lima hingga sepuluh menit untuk memberi kesempatan ponsel Redmi Note 5 Pro untuk booting ke ROM AndroidOne berbasis Android 9.0 Pie.

Setelah proses booting selesai, kini Anda bisa memulai proses konfigurasi ponsel layaknya ponsel baru kali pertama digunakan. Jika sudah selesai silakan merujuk ke about phone untuk memastikan ponsel Redmi Note 5 Pro sudah ter-upgrade ke Android 9.0 Pie.