Cara Setting Gaming Mode di Perangkat Android

Game Mobile sudah menjadi trend tersendiri dan banyak dari generasi milenial sangat terpikat untuk memainkannya, tidak heran kini banyak pabrikan hp yang memasukkan gaming mode sebagai fitur tambahan.

Sejak era game mobile yang masih dimainkan sendiri seperti  Angry Birds hingga dimainkan bersama-sama dan membentuk clan seperti Clash of Clans telah membentuk environment tersendiri dan hal ini akhirnya dirilik oleh para developer game yang memunculkan genre battle royale. Yang akhirnya game seperti PUBG Mobile, Apex pun muncul dan mendapatkan sambutan yang sangat baik.

Baca juga: Game offline android terbaik di tahun 2019

Hanya saja ternyata tidak semua ponsel dibekali dengan kemampuan memainkan game dengan baik sehingga banyak ditemukan keluhan ponsel yang lag, ponsel panas, bahkan ponsel tidak mau memainkan game karena sudah terburu “force close”. Untuk mencegah hal ini ternyata cukup mudah yaitu dengan mengatur ponsel ke Gaming Mode, dan semoga tutorial sederhana cara setting gaming mode di perangkat android di bawah ini akan membantu kita semua.

Gaming Mode merupakan aplikasi gratisan dan tersedia di Play Store yang diklaim mampu membawa mode gaming ke semua perangkat android. Saat mode ini aktif, ponsel secara otomatis melakukan konfigurasi pengaturan saat sebuah game akan dimainkan di ponsel.

Dalam sejarahnya, game mobile belum pernah sepopuler sekarang ini, dan hal in ibis aterjadi karena adanya kemampuan CPU dan GPU yang disematkan ke ponsel semakin powerful.

Game menjadi salah satu kategori yang sangat populer di Play Store dan menjadi sumber penghasilan bagi para developer aplikasi. Game seperti Clash of Clans, PUBG Mobile, Asphalt, Mobile Legends merupakan beberapa dari judul game yang populer dan ternyata masih banyak lagi yang penulis tidak bisa sebutkan.

Game mobile memang sangat mengasyikkan tetapi tidak seperti game konsol atau PC, saat memainkan game di ponsel kadang kita akan terganggu dengan adanya notifikasi WhatsApp, SMS, dan telepon.  Tentu saja hal ini wajar terjadi karena sifat dasar ponsel memang digunakan untuk berkomunikasi.

Untuk mengatasi beragam notifikasi tersebut, banyak pabrikan ponsel yang memberikan solusi dengan fitur khusus yaitu Gaming Mode dimana saat diaktifkan akan mengatur secara otomatis ponsel yang kita punya.

Pengaturan konfigurasi ini akan membantu mencegah adanya gangguan seperti yang penulis sebutkan di atas. Intinya, seperti Gaming Mode di ponsel OnePlus akan menonaktifkan semua notifikasi.

Meskipun demikian tidak semua pabrikan ponsel memberikan fitur khusus gaming mode ini, terutama bagi pabrikan ponsel android yang hanya memberikan sistem operasi Android stock seperti androidone atau memang di sistem operasi android yang mereka gunakan belum mempunyai fitur gaming mode sama sekali.

Untuk mengaktifkan Gaming Mode di  ponsel android yang belum memiliki ftur ini bisa dilakukan dnegan banyak cara. Dan cara-cara special ini akan membantu kita semua menikmati game dan tidak hanya itu saja, ponsel android kita pun akan terlihat lebih keren.

Gaming Mode di Ponsel Android

Salah satu aplikasi yang menghadirkan kemudahan mendapatkan semua fitur di Gaming Mode adalah dengan menggunakan aplikasi  yang dibesut oleh Zappcues. Aplikasi ini bisa didapatkan langsung dari playstore melalui link berikut, dan aplikasi ini disebut bisa membawa semua fitur Gaming Mode di semua perangkat android. Ide dibalik aplikasi ini adalah mirip dengan fitur gaming mode yang ada di beberapa perangkat android yang sudah ada. Aplikasi akan secara otomatis menyeting ponsel ke Gaming Mode saat sebuah game akan dimainkan.

Dan salah satu keunggulan aplikasi gaming mode ini adalah, kita bisa menyeting notifikasi dari aplikasi mana saja yang memang harus masih tampil saat memainkan game. Karena tidak keren dong kalau ada telepon dari orang tua atau suami/istri/pacar kita biarkan begitu saja hanya untuk berkutat diri dengan permainan game.

Tidak seperti gaming mode bawaan yang terpasang secara pre-install di ponsel android, aplikasi ini tidak bisa secara otomatis membedakan antara aplikasi dan games. Dan kita harus secara manual menambahkan games apa saja yang saat dimainkan tidak terganggu dengan beragam notifikasi.

Cara Menggunakan Mode Gaming

Saat aplikasi telah terinstall, buka aplikasi dan kita akan melihat halaman kosong dengan tombol + yang melayang di bagian bawah layar. Gunakan tombol ini untuk menambahkan game mana saja yang akan menggunakan fitur Gaming Mode.

Kemudian kamu bisa melanjutkan untuk mengkonfigurasi pengaturan Gaming Mode untuk tiap aplikasi secara individu dengan men-tap ikon roda. Pengaturan global juga bisa diakses dengan men-tap ikon roda di pojok kanan atas layar.

Kini kamu bisa melanjutkan untuk mengaktifkan atau mengkonfigurasi pengaturan yang berbeda, kamu akan dimintakan persetujuan yang diminta agar bisa befungsi. Aplikasi ini akan secara otomatis

Aplikasi akan secara otomatis mengarahkan Anda ke halaman pengaturan yang sesuai di mana Anda dapat memberikan izin yang diperlukan. Adapun pengaturan yang dapat dikonfigurasi adalah sebagai berikut:

Aplikasi Gaming Mode dapat secara otomatis menolak panggilan masuk untuk Anda saat Anda bermain game, tetapi itu akan mengharuskan Anda untuk mengatur Mode Permainan sebagai aplikasi Telepon default Anda.

Aplikasi kemudian akan memungkinkan panggilan masuk melalui aplikasi Telepon pilihan Anda saat Anda tidak bermain. Ini juga memungkinkan Anda membuat daftar kontak tertentu seperti orang tua, boss, pacar atau siapapun sehingga saat ada panggilan dari mereka maka aplikasi Gaming Mode tidak akan menolaknya. Selain itu berikut adalah beberapa fitur gaming Mode lainnya yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan

Fitur Mode Gaming

Mengaktifkan Fitur Gaming Mode Di Smartphone Xiaomi

Gaming Mode mempunyai banyak fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, fitur-fitur tersebut adalah:

  • Menolak secara otomatis adanya panggilan telepon
  • Menambahkan kontak phonebook tertentu untuk dikecualikan dari fitur auto-reject
  • Membolehkan adanya notifikasi panggilan dari nomer yang tidak dikenal saat firut auto-reject aktif, hal ini sangat berguna saat Anda menunggu panggilan kerja atau order pekerjaan
  • Membolehkan adanya panggilan dari nomer yang sama yang sebelumnya telah diterima
  • Blok Notifikasi
  • Mampu membersihkan aplikasi yang berjalan di background agar RAM lega dan tentunya akan menambah performa ponsel
  • Menonaktifkan fitur kecerahan otomatis atau auto-brightness dan membolehkan Anda untuk mengaturnya di level kecerahan yang kita inginkan
  • Bisa mengganti kondisi WiFi
  • Bisa mengganti ringtone dan volume

Permissions yang Dibutuhkan

gaming mode miui 10

Saat menggunakan aplikasi Gaming Mode ada beberapa permission yang dibutuhkan agar bisa bekerja dengan baik, permission tersebut adalah:

  • Modify system settings: Hal ini diperlukan saat akan mengganti ringtone dan volume, menonaktifkan kecerahan otomatis, dll.
  • Usage access: Untuk mendeteksi saat salah satu aplikasi game yang telah dipilih akan dimainkan di ponsel.
  • Notification Access: Untuk menonaktifkan notifikasi saat game dimainkan
  • Telephone, Call logs, & Default Phone app: Dibutuhkan untuk memenuhi kebijakan Google Play terbaru, jadi saat fitur auto-reject bekerja akan mengalihkan game untuk berjalan di latar depan atau foreground.
  • Contacts: Ini digunakan untuk memilih kontak yang akan dikeluarkan dari fitur auto-reject. gaming mode – permissions

Untuk lebih jelasnya dari permission yang penulis sebut di atas, Anda bisa men-tap tombol menu berbentuk hamburger yang ada di pojok kiri atas, di situ Anda dapat membaca penjelasannya secara lebih detil.

Contoh Aplikasi Mode Gaming di Samsung Galaxy S7 Edge

Samsung sebagai pabrikan hp terkenal dari Korea memiliki banyak tipe ponse android. Salah satunya adalah Galaxy S7 Edge, ponsel ini memiliki spesifikasi hardware yang cukup tinggi dimana pabrikan Korea menjejali Galaxy S7 Edge dengan layar edge 5.5 inchi Quad HD Super AMOLED Edge Screen, dengan pilihan processor menggunakan Snapdragon 820 atau Exynos 8890, 4GB RAM dan saat hp ini dirilis sudah menggunakan Android 6.0 Marshmallow.

Dilihat dari spesifikasinya maka tidak heran jika masih banyak fans Android yang mengincar hp ini untuk digunakan sebagai perangkat bermain game. Tapi keluhan masih muncul karena para gamer tersebut terganggu dengan adanya notifikasi. Untuk itu di artikel ini, Anda akan tahu bagaimana cara disable notifikasi sat bermain game di Samsung Galaxy S7 Edge.

Gaming Mode di Galaxy S7 Edge

Bermain game memang menyenangkan apalagi sekarang ini banyak pilihan game yang bisa dimainkan secara bersama-sama dengan berbagai genre. Hanya saja jika saat bermain game terganggu dengan notifikasi tentunya akan menjengkelkan apalagi jika sedang seru-serunya memburu musuh yang sudah semakin terpojok.

Disable Notifikasi di Samsung Galaxy S7 Edge

Ternyata caranya cukup mudah, hanya ada beberapa langkah yang harus dilakukan dan notifikasi pun akan non-aktif. Yuk simak tutorialnya di bawah ini

  • Buka menu Settings atau Pengaturan yang ada di ponsel.
  • Tap opsi Advanced features.
  • Lalu tap opsi Games, yang dilanjutkan dengan tap opsi Game Tools.
  • Kini kembali ke layar Home, lalu dari folder launcher Game, buka Game yang ingin dimainkan.
  • Kini liat ke bagian kiri bawah dari layar dan temukan titik kecil merah, lalu tap titik tersebut.
  • Lanjutkan dengan men-tap tombol titik merah dan Game Tools akan terbuka. Item pertama adalah adanya pengaturan “No Alerts during Game”. Kini pastikan pengaturan ON atau aktif.

Kini tidak ada lagi notifikasi yang menggangu saat memainkan game kesayangan.

Hanya saja untuk pengaturan ini lakukan di hp kedua bukan hp utama, karena jika memainkan game di hp utama dan saat itu ada panggilan telepon atau pesan Whatsapp penting yang harus dibalas tentu hal ini akan merepotkan nantinya. Toh sekarang, harga ponsel Samsung Galaxy S7 Edge sudah semakin terjangkau karena sudah ada versi terbaru yang muncul seperti Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus.

Semoga artikel sederhana cara mengatur Gaming Mode di perangkat Android ini dapat menjadi panduan bagi para gamer mobile yang tidak ingin terganggu saat memainkan game favorit mereka. Tetapi penulis ingatkan untuk bijak menggunakan waktunya agar tidak berlebihan bermain game.