SMS Gateway Menggunakan Windows 7, Gammu dan playSMS

perintahdasar.com – Dalam kesempatan kali ini, penulis berkesempatan melakukan instalasi SMS Gateway menggunakan Windows 7, gammu dan playSMS. Karena kebutuhan akan mobilitas, maka digunakan laptop Dell E6330 yang terinstall Windows 7 64 bit. Gammu sendiri merupakan engine yang bertugas memberikan perintah ke modem untuk mengirimkan SMS dan menerima SMS sedangkan playSMS adalah software manajemen SMS yang memiliki kemampuan yang sangat fleksibilitas sebagai system portal berbasis web dengan memberikan berbagai layanan seperti SMS Gateway, bulk SMS provider, system messaging pribadi, perusahaan dan alat untuk berkomunikasi dalam sebuah group.

Namun penulis hanya menggunakan playSMS sebagai SMS Gateway dimana dalam satu waktu akan mengirimkan SMS ke banyak nomor ponsel yang sudah terdaftar sebagai bagian dari group yang telah ditentukan, tentunya nomor ponsel mereka sudah terkonfirmasi sebagai karyawan atau anggota. Meskipun dalam prakteknya, SMS Gateway bisa saja digunakan untuk mengirimkan SMS ke banyak nomor ponsel secara acak.

Karena berbasiskan web, maka diperlukan sebuah web server di laptop Dell E6330 dengan system Operasi Windows 7 64 bit. Software web server yang digunakan adalah XAMPP yang merupakan software popular untuk menunjang pengembangan PHP dimana sudah termasuk adanya Apache sebagai engine web server, MariaDB sebagai data base, PHP dan Perl untuk Bahasa pemrogramannya. Instalasinya juga cukup mudah dan langsung siap digunakan.
Modem yang digunakan adalah Wavecom Fastrack M1306B dengan port USB. Pemilihan modem ini didasarkan karena tidak adanya port serial di laptop yang digunakan dan juga kehandalannya dalam menangani banyak SMS dalam satu waktu dan sangat mudah digunakan dengan gammu.

Engine yang digunakan untuk berkomunikasi dengan modem adalah Gammu meskipun ada varian lainnya seperti Kannel. Namun Gammu dipilih karena penulis merasa Gammu sangat mudah digunakan berpasangan dengan Modem Wavecom. Gammu sendiri merupakan sebuah project lanjutan dari Gnokii yang memiliki kemampuan untuk mengakses fitur di ponsel dan memiliki dukungan yang banyak sekali terhadap berbagai macam ponsel atau modem. Modem Wavecom Fastrack M1306B merupakan salah satu modem yang didukung penuh oleh Gammu. Tidak banyak opsi perintah yang digunakan nantinya dalam melakukan instalasi SMS Gateway, yang perlu dilakukan hanya melakukan deteksi modem oleh gammu dan test pengiriman SMS oleh gammu.
Jadi untuk melakukan instalasi SMS Gateway kali ini, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan.

  1. Laptop Dell dengan Sistem Operasi Windows 7 64bit
  2. Modem Wavecom Fastrack M1306B port USB
  3. Gammu untuk windows versi 1.33, bisa di download di sini
  4. XAMPP untuk Windows versi 5.5.30-4-VC11 atau yang terbaru, silakan download di sini
  5. playSMS versi 0.9.8, silakan download di sini

Instalasi SMS Gateway di Windows 7

Berikut adalah Tahapan Instalasi SMS Gateway menggunakan Windows 7, Gammu dan playSMS.

  1. Instalasi XAMPP, Instalasi XAMPP cukup mudah, ikuti wizard yang sudah ada. Jika ada peringatan tentang UAC atau User Access Control yang bberhubungan dengan Windows 7 yang digunakan, silakan saja diabaikan terlebih dahulu. Setting UAC untuk XAMPP di Windows 7 berguna jika kita ingin XAMPP secara otomatis melakukan start. Jadi disesuaikan saja dengan kebutuhan.
  1. Instalasi Gammu, Gammu tidak perlu diinstall, cukup dengan melakukan UNZIP di folder root dari direktori C:\ sehingga menjadi C:\gammu
  1. Instalasi playSMS, sama dengan instalasi Gammu, playSMS tidak diinstall tapi cukup di ekstrak ke folder webserver XAMPP di folder C:\xampp\htdocs\ lalu ubah nama foldernya menjadi playsms sehingga akan terlihat menjadi C:\xampp\htdocs\playsms

Kini tahapan berikutnya adalah menjalankan XAMPP, bagaimana melakukan setting modem termasuk instalasi driver Wavecom Fastrack di Windows 7 64 bit, setting gammu untuk berkomunikasi dengan modem Wavecom dengan menjalankan perintah gammu, kemudian bagaimana mengkonfigurasi playSMS sehingga bisa melakukan pengiriman dan menrima SMS melalui engine Gammu dan Modem.

SMS Gateway Menggunakan Windows 7, Gammu dan playSMS |Henry |4.5 | dibaca 2,404 kali

Leave a Reply