Redmi 2 dan Custom ROM Android

Redmi 2 Android 5.1 Lollipop – Baru kali ini merasa puas menggunakan custom ROM berbasiskan Android 5.1.1 Lollipop di ponsel Redmi 2. Custom ROM ini sangat stabil dan bahkan performa-nya melebihi harapan penulis dan setelah pemakaian 24 jam, bisa dikatakan untuk kali ini ROM MIUI7 akan digudangkan terlebih dahulu dan bermain-main dengan Android 5.1.1 Lollipop.

Redmi 2 android lollipop

Ponsel Redmi 2 yang penulis gunakan sudah mendapatkan update terbaru MIUI7 dengan versi terbarunya yaitu v7.0.9.0.KHJMICI dengan beberapa perbaikan bug dan optimalisasi system namun pada kenyataannya masih ditemukan beberap akendala yaitu performa yang masih sedikit lagging meskipun sudah lebih baik dari versi MIUI7 7.0.5.0 dan beberapa kali force close meskipun masih bisa ditolerir saat digunakan bermain game.

Baca juga: Hp Redmi 2 bisa juga lho pake aplikasi chatting terbaru

Dengan kondisi seperti itu akhirnya lirik sana sini untuk menggunakan custom ROM yang aduhai untuk ponsel Redmi 2 yang dimulai dari crDroid hingga akhirnya terpuaskan dengan custom ROM dari Kumajaya yang ternyata developer asli anak negeri.

Bahkan penulis sudah mencoba untuk menggunakan custom ROM Kumajaya yang sudah mendukung Android 6 Marshmallow tetapi masih ada beberapa bug penting yang belum terselesaikan solusinya yaitu dukungan terhadap SIM card atau jaringan seluler operator.

Kondisi ponsel Redmi 2 saat diinstall dengan Android 5.1.1 Lollipop masih menggunakan MIUI7 7.0.9.0 yang merupakan versi mIUI7 terbaru untuk Redmi 2. Untuk bisa menggunakan ROM Android Lollipop, maka ponsel perlu di root terlebih dahulu. Di bawah ini, penulis akan mencoba menuliskan kembali apa saja yang perlu dilakukan untuk meng-install Android 5.1.1 Lollipop ke ponsel Redmi 2.

Cara Mudah Install Android 5.1.1 Lollipop ke Redmi 2

Berikut adalah langkah-langkah yang penulis gunakan untuk meng-install Android 5.1.1 Lollipop ke Redmi 2. Namun sebelum melakukan instalasi, perlu di download beberapa file berikut yang akan digunakan dalam proses instalasi ini.

  1. Download file root.zip yang nantinya berguna untuk melakukan proses rooting Redmi 2.
  2. Download file Rashr.apk atau download via Google Play Store.
  3. Download file custom Recovery TWRP untuk Redmi 2.
  4. Download file ROM CyanogenMod 12.1di link berikut.
  5. Download file Gapps versi Nano di link berikut.

Setelah file-file di atas terdownload dengan baik, maka copy-kan ke microSD yang digunakan di ponsel Redmi 2. Sekali lagi di microSD bukan di internal storage karena nanti di proses wipe kita akan melakukan wipe juga untuk internal storage untuk menyediakan storage yang bersih yang akan digunakan oleh ROM CM12.1 di Redmi 2.

Kini kita akan melakukan instalasi Android 5.1.1 Lollipop berbasiskan Rom CyanogenMod 12.1 pada ponsel Redmi 2. Untuk diingat, instalasi Android Lollipop menggunakan ROM CM12.1 di atas tidak bisa digunakan pada ponsel Redmi 2A variant apapun.

  • Langkah 1 – Lakukan proses root pada Redmi 2 menggunakan Mi Recovery melalui aplikasi Updater yang ada di folder Tool atau silakan merujuk ke tutorial rooting Redmi 2 MIUI7 Global Stable yang telah ada. Pastikan proses root berhasil dan jika ingin memverifikasinya silakan menggunakan aplikasi root checker yang bisa di download melalui Google Play Store juga.
  • Langkah 2 – Melakukan instalasi custom Recovery menggunakan aplikasi Rashr. Silakan download aplikasi tersebut di Play Store atau lakukan secara manual menggunakan file apk. Gunakan tutorial cara instalasi custom recovery di Redmi 2, namun file image yang digunakan adalah file TWRP yang telah di download di atas.
  • Langkah 3 – Masuk ke recovery sesaat proses instalasi recovery selesai atau dengan cara lain yaitu dengan mematikan ponsel lalu tekan Volume Up dan Down secara bersamaan lalu tekan tombol Power.
  • Langkah 4 – Setelah masuk ke TWRP recovery, Pilih Wipe lalu pilih advanced kemudian pilih semua opsi yang ada kecuali wipe microSD, MicroSD tidak di wipe karena disitulah file ROM zip berada.
  • Langkah 5 – Setelah proses Wipe selesai, lalu kembali ke menu awal untuk memilih menu Install. Pilih Storage yang digunakan yaitu microSD lalu pilih file ZIP ROM CM12.1 kemudian pilih file zip Gapps. Tunggu hingga proses instalasi selesai lalu pilih pilihan reboot.

Setelah ponsel selesai melakukan reboot, maka ponsel kini akan menampilkan proses set-up layaknya ponsel kali pertama digunakan. Ikuti saja wizard yang ada dan isikan account Google yang kita punya sebagai prasyarat untuk menggunakan ponsel Android. 

Baca juga: Bikin cepat dan ringan hp Redmi 2 dengan cara singkat ini

Kini Redmi 2 menggunakan Android 5.1.1 Lollipop. Silakan memverifikasinya dengan masuk ke menu setting lalu pilih About Phone untuk melihat kondisi terkini ponsel Redmi 2.

Install crDroid ROM di Redmi 2

Sudah hampir sebulan Redmi 2 menjadi handphone utama menggantikan Motorola Droid Razr Maxx. Kesan pertama adalah, Menyenangkan!!. Yup, itu adalah 1 kata yang tepat menggambarkan bagaimana performa dari Redmi 2.

Dengan kemampuan dual SIM nya, mempunyai versi camera yang lebih baik dari kakaknya si Redmi 1s dan tampilan ciamik ala MIUI 6 menjadikan Redmi 2 betah digenggam. Terlebih di hape ini disematkan juga game-game kesukaan seperti CoC dengan xmod-nya, Candy Crash Soda yang juga ber-xmod menjadikan Redmi 2 betah di tangan apalagi dengan dukungan baterai yang cukup mumpuni di 2200mAH dan performancenya juga lumayan ajib.

Tetapi bagi penulis android itu harus kena oprek seperti hape android penulis yang lalu lalu, ROM dari CyanogenMod adalah sesuatu yang wajib disematkan ke tiap hape android yang penulis gunakan. Nah kali ini di Redmi 2, penulis akan mencoba membagi cara install crDroid ROM yang berbasiskan CyanogenMod 11 ke Redmi 2.

crDroid-image

ROM crDroid ini merupakan versi yang diperkaya fiturnya oleh Cristiano Matos dengan berbagai fitur tambahan yang diambil dari custom ROM besar lainnya seperti dari AOSPA, SlimRoms, OmniROM dan lain-lain. Jika penulis bandingkan dengan versi CyanogenMod 11 yang asli, maka versi crDroid ini memberikan sesuatu yang lain.

Dimulai dari boot animation yang berbeda, icon set yg menarik, wallpaper yang berbeda dan fitur-fitur asyik yang disematkan ke bagian menu Setting. Next, akan penulis coba jabarkan fitur-fitur menarik mana saja yang dipasang di crDroid.Untuk meng-install crDroid ke Redmi 2 tentunya hape tersebut telah di-root, install custom recovery seperti TWRP, CWM atau yang memiliki tampilan indah seperti Philz.

Kemudian download file ZIP crDroid untuk Redmi 2, update crDroid untuk Redmi 2 juga harus di download karena menghadirkan sensasi fitur Dolby untuk menggantikan DSP Manager yang menjadi bawaan ROM CyanogenMod 11, kemudian download juga Gapps untuk mendapatkan layanan Google Play Store hanya saja penulis menggunakan versi nano yang hanya berisi Gogle Play Store dan Goolge Frame Work Services.

Cara Install crDroid ROM ke Xiaomi Redmi 2

  • Step 1 – Download crDroid ROM ZIP Redmi 2
  • Step 2 – Download Update crDroid Zip Redmi 2
  • Step 3 – Download Gapps Redmi 2
  • Step 4 – Copy kan ke 3 file ZIP di atas ke memory card atau internal memory Redmi 2
  • Step 5 – Power Off Redmi 2 untuk masuk ke recovery mode
  • Step 6 – Dalam kondisi hape OFF, tekan tombol Volume-Down-UP bersamaan lalu tekan tombol Power, saat ada getaran dari     hape, lepas jari dari tombol power sedangkan volume-down-up tetap menekan tombolnya hingga masuk ke menu                         recovery
  • Step 7 – Di menu Recovery masuk ke settingan Wipe and Format options
  • Step 8 – Pilih Clean to Install a new ROM
  • Jika menggunakan custom recovery lain, lakukan wipe cache, wipe dalvik, wipe all data
  • Step 9 – Masuk ke menu Install ZIP, kemudian secara berturut-turut install ZIP crDroid, Gapps, kemudian yang terakhir update crDroid ZIP
  • Step 10 – Reboot Redmi 2, tunggu sebentar untuk boot pertama kali.

Sekarang nikmati Redmi 2 dengan crDroid. Free RAM yang didapatkan setelah instalasi crDroid dan updatenya juga gapps nano sekitar 400MB dan ini sangat-sangat memuaskan karena dengan free RAM sebesar itu Redmi 2 menjadi lebih gegas. Jika ingin menggunakan memory SDCard untuk aplikasi, maka gunakan Xposed Framework dengan module XInternal SD yang juga sudah terinstall secara default di ROM crDroid.

Untuk bisa menginstall crDroid ROM seperti di atas, Redmi 2 harus terlebih dahulu di root dan terinstall custom recovery , jika syarat ini belum terpenuhi maka proses di atas bisa dipastikan akan gagal. Di next artikel akan penulis bagi juga bagaimana melakukan rooting di Redmi 2 juga instalasi custom Recovery menggantikan Mi Recovery yang sangat sederhana dan miskin fitur.

Upgrade Redmi 2 ke Android 6 Marshmallow

Menggunakan ponsel Redmi 2 dari Xiaomi sebagai ponsel utama untuk menunjang kegiatan sehari-hari sudah lebih dari cukup termasuk game kesukaan yaitu Ingress dan sedikit berkutat dengan Clash of Clan, namun jika dilakukan dengan menggunakan Android 6 Marshmallow sebagai system operasinya tentu akan menjadi sebuah kesenangan tersendiri meskipun kehadiran MIUI 7.1 telah memberikan pengalaman yang sedikit berbeda.

Redmi2-android-6

Ponsel Redmi 2 sampai sekarang ini masih belum mendapatkan update terbaru lagi setelah dirilisnya MIUI 7.1 yang masih tetap menggunakan Android Kitkat sebagai basis system operasinya, yang bagi penulis dan sebagian besar pengguna ponsel ini ada rasa kecewa karena tidak menggunakan versi android terbaru atau setidaknya android 5 Lollipop.

Penulis sendiri memutuskan untuk melakukan instalasi android 6 marshmallow pada Redmi 2 menggunakan custom ROM yang berbasis ROM CyanogenMod yang sudah terkenal dengan tampilan sederhana, tidak ada bloatware bahkan jika tidak menginginkan layanan dari framework Google bisa menggantinya dengan yang lain atau tidak sama sekali meskipun hal tersebut harus ditebus dengan kerepotan tersendiri saat instalasi aplikasi ke ponsel.

Namun menggunakan custom ROM Android 6 Marshmallow di ponsel Redmi 2 tidak semulus yang dibayangkan, jika MIUI 7 saja masih ada bug yang harus diselesaikan, maka di custom ROM Android 6 Redmi 2 juga demikian. Dari pengalaman penulis berikut adalah berbagai hal yang seru saat menggunakan custom ROM Android di Redmi 2.

  1. Ponsel shutdown saat kondisi baterai masih 15%, Meskipun status baterai masih 15% yang ditunjukan di icon baterai di pojok kanan atas, ponsel Redmi 2 secara tiba-tiba melakukan aktivitas shutdown. Hal ini tentunya sangat mengesalkan, apalagi jika saat itu digunakan untuk mengambil gambar momen yang penting atau membaca informasi yang penting. Solusi amannya jika masih ingin menggunakan Redmi 2 dengan Android 6 adalah dengan mempersiapkan powerbank. Tapi jangan khawatir di versi custom ROM android 6 berikutnya, penulis merasakan ponsel sudah bekerja lebih baik.
  2. Ponsel panas di bagian bodi belakang atas, Ponsel terasa panas diakibatkan penggunaan yang terlalu lama. Karena ponsel ini merupakan ponsel utama, jadi frekuensi penggunaan ponsel sangat intens terlebih saat melakukan kegiatan hacking, smashing, dan capture portal di game Ingress atau saat war di CoC. Solusi sementaranya, ponsel diistirahatkan sebentar saat makan atau kegiatan pribadi lainnya. Namun di versi custom ROM android 6 Redmi 2 selanjutnya hal ini sudah terselesaikan dengan baik.
  3. MicroSD bisa digabungkan sebagai internal storage ponsel Redmi 2. Jika di MIUI 7 hal ini sebagai fitur yang mustahil, maka di custom ROM Android 6 Marshmallow Redmi 2, fitur ini menjadi fitur utama yang harus digunakan. Namun ingat, saat microSD diputuskan menjadi bagian internal storage maka saat digunakan di perangkat lain maka microSD tersebut tidak akan terbaca. Jadi pastikan microSD yang digunakan di Redmi 2 benar-benar menjadi bagian integral dari ponsel Redmi 2. Dan jangan lupa gunakan microSD yang bagus karena jika tidak akan mengganggu kinerja ponsel terutama saat mengakses aplikasi yang sudah dipindahkan ke microSD.
  4. Update ROM Terbaru. Layaknya MIUI 7 yang mendapatkan update dari Xiaomi, maka custom ROM Android 6 Marshmallow Redmi 2 juga mendapatkan update, namun jangan berharap terlalu banyak untuk bisa segera melakukan update dan terlebih update yang diberikan apakah sudah menjadi solusi dari berbagai bug yang ada. Di sini kita dituntut menjadi Quality Control dari ROM tersebut dan memberikan feedback ke developernya. Nasehat dari penulis, gunakan custom ROM yang mempunyai basis pengguna yang banyak dan pastikan kalua versi ROM yang sekarang kamu gunakan bermasalah, jika tidak, urungkan saja melakukan flashing ke versi custom ROM Android 6 terbaru.
Redmi2-CyanogenMod-13

Keempat hal di atas patut menjadi perhatian para pengguna Redmi 2 jika ingin melakukan upgrade ke Android 6 Marshmallow. Namun jika berkeyakinan ingin tetap menggunakan Android 6 seperti yang penulis gunakan, silakan ikuti tutorial Instalasi Android 6 Marshmallow di Redmi 2 tanpa menggunakan PC dengan mengganti versi custom ROM dengan yang terbaru yang bisa diunduh di link berikut.

Upgrade Redmi 2 ke Android 6.0.1 Marshmallow tanpa PC

Ponsel Redmi 2 dengan MIUI 7.1 sudah cukup menggembirakan penulis dengan berbagai penamahan fitur dan tentunya kinerja serta banyak perbaikan pada bug yang lumayan mengganggu pada MIUI 7.0. Namun pada akhirnya godaan untuk menggunakan Android 6 di Redmi 2 cukup kuat.

Meskipun ada keraguan adanya bug yang banyak dan kekhawatiran tidak jalannya fitur dasar Redmi 2 di Android 6.0.1 Marshmallow, namun ternyata setelah proses upgrade dilakukan dan sejak 24 jam pertama digunakan, Redmi 2 dengan Android 6 Marshmallow cukup stabil.

Proses upgrade Redmi 2 ke Android 6.0.1 Marshmallow dapat dilakukan tanpa menggunakan laptop atau PC. Cukup dengan mendownload semua file yang digunakan dan menempatkannya di microSD. Hal ini perlu dilakukan karena nantinya ponsel Redmi 2 akan benar-benar di wipe bersih termasuk internal storage, jadi lakukanlah backup terlebih dahulu sebelum melakukan upgrade Redmi 2 ke Android 6 Marshmallow.

Sebelum melakukan upgrade ada beberapa file yang harus didownload terlebih dahulu, empat file harus didownload secara manual dan satu aplikasi bantuan bernama rashr yang sebaiknya di download melalui playstore. SIlakan download file-file tersebut dari link di bawah ini.

  1. Download file untuk melakukan rooted di Redmi 2
  2. Download Image Recovery TWRP untuk Redmi 2
  3. Download ROM Android 6 untuk Redmi 2 berbasis CyanogenMod
  4. Download Google Apps untuk Android 6 di Redmi 2

Keempat file hasil download secara default akan berada di folder Download di internal storage ponsel Redmi 2, karena kita akan melakukan clean install dengan melakukan wipe secara total termasuk internal storage ponsel, maka keempat file tersebut harus dipindahkan ke directory root di microSD atau silakan saja dimasukkan ke dalam satu folder tersendiri di microSD.

Upgrade Redmi 2 tanpa PC

Kini waktunya melakukan proses upgrade Redmi 2 ke Android 6.0.1 Marshmallow. Untuk kesempatan kali ini penulis lakukan di ponsel Redmi 2 versi standar dengan RAM 1GB.

  • Langkah 1 – Lakukan Root terlebih dahulu pada ponsel Redmi 2. Caranya dengan membuka aplikasi UPDATER yang ada di folder TOOLS, kemudian pilih symbol tiga titik di kanan atas untuk masuk ke menu tambahannya. Pilih “Choose Update Package”, arahkan ke file Root.Zip yang sudah disimpan di microSD. Secara otomatis ponsel akan melakukan reboot dan masuk ke Mi Recovery untuk melakukan flashing root.zip. Saat ponsel selesai booting, maka akan terdapat aplikasi SU (SuperUSer), tap aplikasi tersebut, saat meminta update pastikan memilih Mode NORMAL, aplikasi SU akan mendownload file yang dibutuhkan kemudian setelah selesai akan meminta untuk reboot untuk menyelesaikan proses rooting pada ponsel. Kini ponsel Redmi 2 sudah dalam posisi root. Jika tidak yakin, gunakan aplikasi root checker yang bisa didownload di playstore.
  • Langkah 2 – Instalasi Custom Recovery. Mi Recovery merupakan recovery standar dari Xiaomi di Redmi 2, Recovery ini hanya memiliki kemampuan terbatas dan tidak bisa digunakan untuk melakukan flashing custom ROM ke ponsel. Untuk itu diperlukan custom recovery yang dapat membantu kita melakukan tugas ini. Dalam kesempatan kali ini, penulis menggunakan custom Recovery TWRP di Redmi 2. Caranya dengan menginstall terlebih dahulu recovery TWRP ke ponsel menggunakan bantuan aplikasi bernama RASHR.

    Install Rashr langsung dari playstore, kemudian buka aplikasi tersebut, jika ada pop-up di layar untuk melakukan proses update aplikasi tersebut dikarenakan untuk beradaptasi dengan kernel dan file recovery, pilih saja update. Saat selesai, kini waktunya untuk melakukan instalasi TWRP recovery, namun sebelum hal itu terjadi aka nada pop-up untuk melakukan backup ROM yang digunakan sekarang, jika tidak perlu, pilih “I Know the Risk”.
    Kini pilih “Recovery from Storage”, arahkan ke file image TWRP yang ada di MicroSD. Silakan tunggu sesaat, saat selesai recovery akan menanyakan untuk melakukan reboot ke recovery, pilih pilihan ini untuk memerintahkan ponsel Redmi 2 untuk reboot dan masuk ke menu TWRP recovery. Di langkah ini, custom Recovery sudah terinstall dengan baik menggantikan Mi Recovery.
  • Langkah 3 – Install ROM CyanogenMod 13 Android 6 di Redmi 2. Setelah masuk ke menu TWRP recovery, swipe untuk masuk ke menu utama. Pilih “Wipe” lalu Advanced Wipe dan pilih beberapa opsi berikut untuk di wipe, yaitu: Dalvik/ART cache, System, Data, Internal Storage, dan Cache, lalu swipe untuk memulai proses wipe bersih. Kembali ke menu utama, pilih Install, pilih Storage untuk ke microSD, pilih file ROM lalu Gapps, kemudia Swipe untuk konfirmasi proses flash dimulai. Tunggu hingga selesai kemudian wipe sekali lagi Data,Cache dan Dalvik lalu reboot ponsel.

    Saat proses reboot selesai, ponsel Redmi 2 untuk kali pertama menggunakan Android 6.0.1 Marshmallow yang adapat kita verifikasi dari menu About Phone di folder Settings. Dikarenakan ponsel Redmi 2 mempunya fitur Dual SIM, silakan pilih SIM card yang akan dijadikan akses utama Data selain untuk Telpon dan SMS. Setting ponsel sesuai dengan kebutuhan termasuk melakukan install aplikasi yang dibutuhkan melalui playstore yang sudah tersedia. Mengingat Gapps yang diinstall adalah versi pico, maka untuk aplikasi Gogle lainnya silakan di download satu persatu dari playstore karena versi pico hanya ada Play Store dan Google Framework saja.

Akhir kata, cheer-up kehidupan Redmi 2 mu dengan Android 6 Marshmallow. Tak usah menunggu janji Xiaomi yang sampai saat ini Redmi 2 hanya berkutat di Android Kitkat. Semoga berguna untuk meng-upgrade Redmi 2 ke Android 6.0.1 Marshmallow.