Install crDroid ROM di Redmi 2

CM11 Redmi 2 – Sudah hampir sebulan Redmi 2 menjadi handphone utama menggantikan Motorola Droid Razr Maxx. Kesan pertama adalah, Menyenangkan!!. Yup, itu adalah 1 kata yang tepat menggambarkan bagaimana performa dari Redmi 2. Dengan kemampuan dual SIM nya, mempunyai versi camera yang lebih baik dari kakaknya si Redmi 1s dan tampilan ciamik ala MIUI 6 menjadikan Redmi 2 betah digenggam. Terlebih di hape ini disematkan juga game-game kesukaan seperti CoC dengan xmod-nya, Candy Crash Soda yang juga ber-xmod menjadikan Redmi 2 betah di tangan apalagi dengan dukungan baterai yang cukup mumpuni di 2200mAH dan performancenya juga lumayan ajib.

Tetapi bagi penulis android itu harus kena oprek seperti hape android penulis yang lalu lalu, ROM dari CyanogenMod adalah sesuatu yang wajib disematkan ke tiap hape android yang penulis gunakan. Nah kali ini di Redmi 2, penulis akan mencoba membagi cara install crDroid ROM yang berbasiskan CyanogenMod 11 ke Redmi 2.

ROM crDroid ini merupakan versi yang diperkaya fiturnya oleh Cristiano Matos dengan berbagai fitur tambahan yang diambil dari custom ROM besar lainnya seperti dari AOSPA, SlimRoms, OmniROM dan lain-lain. Jika penulis bandingkan dengan versi CyanogenMod 11 yang asli, maka versi crDroid ini memberikan sesuatu yang lain. Dimulai dari boot animation yang berbeda, icon set yg menarik, wallpaper yang berbeda dan fitur-fitur asyik yang disematkan ke bagian menu Setting. Next, akan penulis coba jabarkan fitur-fitur menarik mana saja yang dipasang di crDroid.crDroid-imageUntuk meng-install crDroid ke Redmi 2 tentunya hape tersebut telah di-root, install custom recovery seperti TWRP, CWM atau yang memiliki tampilan indah seperti Philz. Kemudian download file ZIP crDroid untuk Redmi 2, update crDroid untuk Redmi 2 juga harus di download karena menghadirkan sensasi fitur Dolby untuk menggantikan DSP Manager yang menjadi bawaan ROM CyanogenMod 11, kemudian download juga Gapps untuk mendapatkan layanan Google Play Store hanya saja penulis menggunakan versi nano yang hanya berisi Gogle Play Store dan Goolge Frame Work Services.

Berikut step by step cara Install crDroid ROM ke Xiaomi Redmi 2

Step 1 – Download crDroid ROM ZIP Redmi 2Step 2 – Download Update crDroid Zip Redmi 2Step 3 – Download Gapps Redmi 2Step 4 – Copy kan ke 3 file ZIP di atas ke memory card atau internal memory Redmi 2
Step 5 – Power Off Redmi 2 untuk masuk ke recovery mode
Step 6 – Dalam kondisi hape OFF, tekan tombol Volume-Down-UP bersamaan lalu tekan tombol Power, saat ada getaran dari     hape, lepas jari dari tombol power sedangkan volume-down-up tetap menekan tombolnya hingga masuk ke menu                         recovery
Step 7 – Di menu Recovery masuk ke settingan Wipe and Format options
Step 8 – Pilih Clean to Install a new ROM
Jika menggunakan custom recovery lain, lakukan wipe cache, wipe dalvik, wipe all data
Step 9 – Masuk ke menu Install ZIP, kemudian secara berturut-turut install ZIP crDroid, Gapps, kemudian yang terakhir update crDroid ZIP
Step 10 – Reboot Redmi 2, tunggu sebentar untuk boot pertama kali.

Sekarang nikmati Redmi 2 dengan crDroid. Free RAM yang didapatkan setelah instalasi crDroid dan updatenya juga gapps nano sekitar 400MB dan ini sangat-sangat memuaskan karena dengan free RAM sebesar itu Redmi 2 menjadi lebih gegas. Jika ingin menggunakan memory SDCard untuk aplikasi, maka gunakan Xposed Framework dengan module XInternal SD yang juga sudah terinstall secara default di ROM crDroid.

Untuk bisa menginstall crDroid ROM seperti di atas, Redmi 2 harus terlebih dahulu di root dan terinstall custom recovery , jika syarat ini belum terpenuhi maka proses di atas bisa dipastikan akan gagal. Di next artikel akan penulis bagi juga bagaimana melakukan rooting di Redmi 2 juga instalasi custom Recovery menggantikan Mi Recovery yang sangat sederhana dan miskin fitur.

Install crDroid ROM di Redmi 2 |Henry |4.5 | dibaca 26,948 kali