Cara Mudah Melakukan Root pada Redmi 2

perintahdasar.com – Redmi 2 merupakan salah satu ponsel keluaran Xiaomi yang banyak diminati oleh banyak pengguna android. Harga murah dengan kualitas yang lumayan baik dari segi hardware dan build quality telah membuat banyak orang kesengsem dengan ponsel ini, terlebih lagi dengan adanya dukungan support terhadap software android yang ada di dalamnya. Terbukti hingga sekarang sejak ponsel ini dirilis kali pertama masih terus mendapatkan update ROM MIUI versi terbaru dan semoga saja Redmi 2 juga akan mendapatkan update MIUI 7 yang segera dirilis resmi oleh Xiaomi.

Namun untuk kali ini, penulis bukan ingin membagi artikel bagaimana cara mengupgrade Redmi 2 ke MIUI 7 karena MIUI 7 itu sendiri belum hadir secara resmi tetapi penulis ingin membagi cara melakukan Root pada ponsel Redmi 2 ini.

Proses root pada Redmi 2 sangatlah mudah, bahkan bisa dilakukan tanpa menggunakan computer layaknya proses rooting ponsel android lain. Cukup dengan dua file ZIP yang harus di download kemudian install pada ponsel menggunakan aplikasi UPDATER bawaan yang sudah ada di ponsel.

Proses root ini sangat penting jika ingin menggunakan custom recovery semacam TWRP ataupun PhilzTouch recovery yang berbasis CWM. Proses rooting pada ponsel merupakan gerbang pembuka untuk mengeksplorasi lebih jauh ponsel android termasuk pada Redmi 2, semisal jika kita ingin menginstall ROM CyanogenMod 11 yang dipercaya merupakan ROM sangat ringan, gegas, jauh dari aplikasi bloatware MIUI dan mempunyai performa di atas rata-rata ponsel dengan ROM bawaan.

Cara Root di Redmi 2

Proses Root pada Redmi 2 tidaklah sulit, bahkan bisa dikatakan proses root ini bisa dilakukan pada semua versi MIUI ROM Redmi 2. Dalam kesempatan ini , penulis menggunakan MIUI ROM Redmi 2 terbaru di versi 6.6.7.0 yang merupakan versi perbaikan bug dari versi 6.6.6.0 yang banyak membawa fitur, optimalisasi dan tentunya juga perbaikan pada bug. Oke kita lanjut dengan proses root Redmi 2.

  1. Download file update.zip pada link download ini, lakukan saja langsung dari ponsel Redmi 2 saat mendownloadnya.
  2. Download file RootRedmi2.zip, lakukan juga langsung dari ponsel.
  3. Pindahkan kedua file tersebut ke SD Card melalui aplikasi File Explorer bawaan di Redmi 2. Hal ini bersifat opsional sebagai backup jika nanti diperlukan kembali. Karena berdasarkan pengalaman penulis, terkadang ingin merasakan kembali stock ROM MIUI di Redmi 2, sehingga saat proses mengembalikan Redmi 2 ke stock ROM MIUI maka semua file di folder DDownload pada internal storage akan terhapus terkecuali di SD Card.
  4. Lalu buka aplikasi Updater yang berlokasi di dalam folder Tools
  5. Kemudian tap opsi menu yang berada di pojok kanan atas
  6. Setelah itu pilih Select Package Update atau Pilih paket pembaruan jika menggunakan Bahasa Indonesia
  7. Kemudian pilih file update.zip yang sudah terdownload (gambar dengan no 4)
  8. Ponsel Redmi 2 secara otomatis akan restart untuk melakukan proses instalasi.
  9. Kini lakukan hal yang serupa pada langkah 4 untuk menginstall file RootRedmi2.zip (gambar dengan no 5)
  10. Pilih YES – Root Devices untuk melakukan proses root pada ponsel Redmi 2

Root Redmi 2 without PC

Kini ponsel Redmi 2 sudah dalam posisi root. Kita bisa menggunakan aplikasi Root Checker yang bisa kita download dari Play Store untuk memastikan apakah akses root pada Redmi 2 benar-benar terkonfigurasi dengan baik. Jika semua sesuai dengan prosedur maka aplikasi tersebut akan menampilkan pesan “Congratulations root access is properly installed on this device” yang menandakan Redmi 2 sudah siap digunakan untuk diinstal dengan aplikasi yang membutuhkan akses root atau root-enabled apps seperti Titanium Backup dan Rashr.

Selanjutnya pada artikel berikutnya, penulis akan membagi cara mudah menginstall custom Recovery PhilzTouch pada Redmi 2 sebelum dilanjutkan dengan tutorial instalasi CyanogenMod 11 versi update pada ponsel yang sama.

Cara Mudah Melakukan Root pada Redmi 2 |Henry |4.5 | dibaca 36,750 kali

Leave a Reply