Cara Seting Parental Control di Google Play Store

Google Play Store atau toko Google Play memiliki koleksi yang sangat besar, terdiri dari jutaan aplikasi dan game. Dan dari jutaan koleksi tersebut, ada game yang cocok untuk anak-anak dengan permainan edukasi yang mendidik, tetapi banyak juga dengan mudah ditemui game yang sangat tidak cocok untuk anak-anak. Dari game permainan yang tidak pantas untuk anak-anak ini, kita akan melihat konten game yang berupa kekerasan, darah, bullying, dll. Dan untuk memastikan hal-hal tidak pantas tersebut jauh dari anak-anak dan juga tidak ter-install di ponsel mereka, maka fitur parental control di Google Play Store harus diseting.

Cara Seting Pengaturan KOntrol Orang Tua di Google Play Store

Anak-anak jaman sekarang sudah fasih dengan teknologi terutama gadget. Tanpa perlu kita ajari, mereka dengan cepat belajar untuk menguasai gadget di sekitar mereka, dan bahkan untuk kasus tertentu, anak-anak lebih paham tentang gadget dan semua pendukungnya dibandingkan orang tuanya. Jika anda memiliki perangkat android, maka akan menjadi perjuangan tersendiri untuk memisahkan anak-anak anda dengan gadget tersebut. Bagi banyak orang tua, memberikan ponsel mereka untuk memainkan game merupakan cara yang efektif untuk menghentikan tangisan, rengekan ataupun polah nakal lainnya saat di perjalanan, antri atau sebagai senjata pemusnah bosan. Tentu saja, penulis tidak mencoba untuk menyarankan anda agar menjauhkan gadget dari anak-anak, terutama ponsel pintar.

Memberikan ponsel pintar ke anak bisa jadi sebagai solusi untuk satu masalah, tetapi hal ini akan memicu masalah yang lain. Bisa jadi anak-anak tanpa sengaja menghapus dokumen penting, foto atau mereset level  game yang sedang anda mainkan. Dan mungkin saja mereka membeli item dalam suatu game atau game itu sendiri akibat ketidak tahuan mereka dan hal ini tentu saja tanpa sepengetahuan anda. Kegiatan yang tidak sengaja ini tentunya akan sangat berbahaya jika informasi keuangan seperti kartu kredit telah dikoneksikan ke akun google yang digunakan di ponsel, maka tidak heran banyak laporan yang menyebutkan bengkaknya tagihan kartu kredit mereka atas pembelian game atau item game. Untuk menghindari kejadian-kejadian tersebut di atas, maka orang tua sebaiknya mengetahui bagaimana cara seting parental control di Google Play Store.

Cara Seting Kontrol Orang Tua di Google Play Store

Seting parental control di Google Play store ternyata cukup mudah, dan hal ini bisa dilakukan dalam beberapa langkah yang akan dijelaskan dalam tutorial singkat di bawah ini

  • Buka Play Store, kemudian tap ikon seperti hamburger yang ada di pojok kiri atas
  • Scroll ke bawah untuk di dalam menu lalu pilih Setting atau Setelan
  • Cari Parental Controls yang ada di bawah menu user control atau Kontrol Pengguna
  • Kini aktifkan Kontrol Orang Tua dengan men-toggle lalu berikan PIN untuk mengontrol pengaturan ini
  • Kini anda harus mengatur konten apa saja yang bisa muncul di ponsel. Sebagai catatan, pengaturan ini hanya berlaku di perangkat ini saja. Jadi jika anda menggunakan akun Google yang sama di ponsel atau perangkat yang lain, maka anda harus melakukan hal yang sama untuk pengaturannya.
  • Kini anda bisa menyetel tipe konten apa saja seperti aplikasi, game, film bahkan buku serta layanan lainnya untuk bisa terlihat di Google Play Store

Fitur Kontrol Orang Tua berguna untuk memastikan bahwa konten yang tidak cocok dengan pengaturan yang disimpan tidak akan terlihat di Google Play Store dan karenanya, hal-hal tersebut tidak dapat diunduh. Namun, aplikasi di luar filter yang ditetapkan akan terlihat jika anak-anak Anda mengunjunginya melalui tautan langsung. Tetapi mereka tidak akan dapat mengunduh aplikasi tersebut karena batasan yang telah ditetapkan.

Sebagai contoh adalah aplikasi Tinder, aplikasi ini sangat populer sebagai aplikasi kencan online dan mempunyai rating untuk umur 18+.  Ini berarti dibuat untuk mereka yang berusia 18 atau di atas 18 tahun. Sekarang, jika Anda menetapkan batasan untuk aplikasi dan game di fitur kontrol orang tua dan hanya mengizinkan aplikasi itu untuk diunduh yang berisi peringkat untuk umur 12+, aplikasi Tinder tidak akan terlihat di Google play store yang ada di perangkat anda.

Hal lain yang dapat Anda lakukan agar tetap aman jika anak-anak Anda memiliki kebiasaan membeli barang-barang dari Google Play Store atau item di suatu game adalah mengatur otentikasi untuk pembelian. Opsi ini tersedia tepat di bawah opsi kontrol orang tua. Tetapkan otentikasi untuk pembelian seperti biasa. Jadi ketika anak-anak Anda mencoba membeli sesuatu, mereka terlebih dahulu harus memasukkan kata sandi akun Google Anda. Cukup aman bukan.

Lalu bagaimana dengan Apple Store?, tentunya hal tersebut juga berlaku di toko Apple dengan pengaturan yang mirip dan bahasa sedikit berbeda. Pada intinya, pengaturan fitur kontrol orang tua sangat perlu dilakukan agar kejadian-kejadian yang disebut di atas tidak terjadi ke diri Anda.

Cara Seting Parental Control di Google Play Store |Edwin Geral |4.5 | dibaca 51 kali