Inilah Cara Mudah Melakukan Root pada Smartphone Oppo F3

Dalam beberapa tahun terakhir ini smartphone Oppo makin menancapkan kukunya di kompetisi ponsel pintar tanah air. Hal ini ditunjang dengan bajet iklan yang lumayan besar yang terlihat dari banyaknya iklan Oppo di sudut-sudut pusat perbelanjaan dan juga co-branding dengan konter-konter penjualan smartphone yang ada di setiap kota. Layaknya smartphone yang berasal dari negeri panda, Oppo juga memiliki kelebihan tersendiri dengan harga yang kompetitif. Dan layaknya smartphone android lainnya, smartphone Oppo tidak bisa lepas dari keinginan sebagian penggunanya untuk di-root baik menggunakan bantuan computer PC atau tanpa PC sama sekali.

Dalam kesempatan kali ini, smartphone Oppo yang menjadi “obyek penderita” adalah seri Oppo F3. Smartphone ini merupakan salah satu ponsel andalan atau flagship yang menawarkan kemampuan foto selfie dan group menggunakan dual kamera. Kemampuan kameranya cukup menggiurkan, karena jarang ada smartphone android yang menggunakan kamera depan untuk selfie dengan kemampuan 16 Megapixels. Dengan Oppo F3, bisa dipastikan pengalaman dan hasil poto selfie akan lebih baik dari kamera ponsel yang ada saat ini.

Proses root di Oppo F3 tidaklah sulit, baik menggunakan bantuan PC computer ataupun tidak. Akses root sendiri diperlukan jika Anda ingin menggunakan aplikasi yang membutuhkan akses root, atau ingin melakukan tweaking ke sistem android yang ada di dalamnya. Tweaking atau pengaturan kembali sistem android akan sangat berguna jika Anda mengetahui tujuan dari proses tweaking tersebut, karena jika salah dalam melakukan proses tweaking ponsel akan bekerja tidak normal seperti adanya overheat atau panas yang berlebihan, sinyal operator menjadi kurang sensitive, atau adanya perlambatan kinerja karena kerja CPU yang dipaksa untuk bekerja secara terus menerus.

Jadi untuk melakukan root pada Oppo F3 harus benar-benar dipertimbangkan dengan baik. Namun jika anda ingin benar-benar melakukannya maka Anda berada di posisi yang tepat. Mari kita lanjutkan cara root Oppo F3 menggunakan PC dan tanpa PC.

Sebelum memulai proses root, Anda sebaiknya mengetahui beberapa resiko yang mengikutinya. Resiko Oppo F3 di-root adalah bisa mengakibatkan ponsel mati total dan hilang garansi. Jadi lakukan dengan benar supaya root tidak gagal. Backup semua data penting seperti foto, musik, kontak, video, dan lain-lain sebagainya supaya jika terjadi masalah yang tidak Anda inginkan, data-data tersebut masih ada.

 

Prasyarat Sebelum Melakukan Root Oppo F3

Sebelum melakukan proses root di Oppo F3, ada beberapa prasyarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu guna memastikan proses root ini berjalan dengan lancer dan sempurna.

  • Download file RootKHP terbaru dari link ini, tool ini digunakan untuk melakukan root menggunakan PC.
  • Aktifkan Mode Debugging yang ada di menu pengaturan > Tentang Perangkat > Info Perangkat Lunak, lalu klik Nomer versi hingga 4 kali.
  • Download aplikasi Oppo Tools di link ini atau ini, aplikasi ini berguna untuk melakukan root tanpa PC.
  • Pastikan kondisi baterai Oppo F3 diatas 60%

Kini kita akan lanjut ke proses sebenarnya yaitu melakukan root smartphone Oppo F3 menggunakan PC dan tanpa PC.

Cara Root Oppo F3 Menggunakan PC

  1. Install software RootKHP yang telah didownload ke PC computer atau laptop.
  2. Lalu jalankan program RootKHP.
  3. Kini sambungkan smartphone Oppo F3 ke computer atau laptop menggunakan kabel USB bawaannya.
  4. Kemudian klik tombol root yang ada di program RootKHP hingga terdapat pemberitahuan seperti pada gambar di bawah ini, lanjutkan proses dengan meng-klik OK.
  5. Tunggu proses root yang sedang dijalankan oleh program RootKHP hingga selesai, biasanya proses ini membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Hingga nantinya akan muncul pemberitahuan di layar computer seperti di bawah ini.

Cara Root Oppo F3

Sebagai catatan, tingkat keberhasilan melakukan root Oppo F3 menggunakan computer PC menggunakan tool RootKHP bergantung pada versi firmware yang terpasang di Oppo F3, untuk mendapatkan tingkat keberhasilan yang tinggi, gunakan program RootKHP versi terbaru.

Cara Root Oppo F3 menggunakan PC dan tanpa PC

Cara Root Oppo F3 tanpa menggunakan PC

Untuk cara yang kedua ini bisa dibilang sederhana karena Anda cukup menggunakan aplikasi Oppo Tools yang akan diinstall di smartphone Oppo F3. Langkah-langkah root Oppo F3 tanpa PC dijelaskan sebagai berikut:

  1. Copy-kan file OppoTools-untuk-root-oppo.apk yang telah didownload ke storage Oppo F3.
  2. Install manual file APK tersebut.
  3. Kini jalankan aplikasi tersebut, dan pastikan pilihan di tab menu “Common” kemudian pilih “Root”.
  4. Selanjutnya akan ada permintaan untuk menginstal OppoToolsPlugin, ikuti saja perintah tersebut untuk melanjutkan proses root Oppo F3 tanpa PC. Untuk itu pastikan ponsel terkoneksi ke internet baik menggunakan WiFi maupun mobile data.
  5. Kini setelah plugin terinstall dengan benar, dilanjutkan dengan meng-klik tombol One Key Root, Klik tombol tersebut sebagai konfirmasi bagi tool Oppo Root untuk memulai proses rooting.
  6. Ponsel nantinya akan melakukan proses reboot secara otomatis jika langkah-langkah yang Anda lakukan diatas sudah benar. Saat proses reboot selesai, nantinya di ponsel Oppo F3 akan terdapat aplikasi SuperSU sebagai tanda jika Oppo F3 telah sukses di-root.

Sekali lagi, hak akses pada root diperlukan jika Anda ingin menggunakan aplikasi android yang membutuhkan akses tersebut, atau jika ingin menikmati beragam fitur yang tersembunyi di dalam Oppo F3. Namun jika Anda pengguna ponsel awam yang hanya bisa terima beres, maka sebaiknya diurungkan saja keinginan untuk melakukan root smartphone Oppo F3 menggunakan PC atau tanpa PC.

Inilah Cara Mudah Melakukan Root pada Smartphone Oppo F3 |Edwin Geral |4.5 | dibaca 1,637 kali