7 Fitur Utama Android Marshmallow yang Perlu Diketahui

perintahdasar.com – Google secara resmi telah merilis generasi terbaru Sistem Operasi Android dengan kode Marshmallow atau lengkapnya Android 6.0 Marshmallow. Sebagai perangkat pertama yang menggunakan operasi terbaru ini adalah LG Nexus 5X dan Huawei Nexus 6P. Tentunya beberapa ponsel seri Nexus akan mendapatkan major update ke Android Marshmallow juga. Sistem Operasi Mobile terbaru ini membawa banyak improvement dan juga adanya fitur tambahan yang sangat ditunggu-tunggu dirilis pada tahun 2015.

Berikut adalah tujuh fitur utama Android 6.0 Marshmallow yang perlu diketahui yang mungkin banyak dari pengguna Android tidak mengetahuinya. Mengetahui fitur utama Android Marshmallow akan memberi kita gambaran apakah fitur-fitur tersebut memenuhi kebutuhan kita sehari-hari.

Android 6 Marshmallow

7 Fitur Utama Android 6.0 Marshmallow

  1. Now on Tap, Google Now on Tap adalah fitur baru yang dihadirkan di Android 6.0 Marshmallow. Dalam Bahasa sederhananya, fitur Now on Tap adalah kemampuan Google Now untuk memprediksi apa yang kita inginkan. Dengan fitur baru ini, kita akan mendapatkan informasi apa saja sementara kita masih ada di dalam sebuah aplikasi dengan cara menekan dan menahan tombol HOME. Fitur Google Now on Tap bekerja dengan cara membaca apa yang tampil di layar dan memberikan umpan balik yang relevan ke user.
  2. Doze, merupakan fitur hemat energi terbaru yang ada di Android 6.0 Marshmallow. Fitur Doze pada dasarnya bekerja dengan mengoptimalkan proses yang bekerja secara background. Doze akan melakukan pengecekan pada sensor gerak atau motion detection sensor, dan jika user tidak menggunakan ponselnya dalam waktu yang lama maka Android Marshmallow akan meng-kill beberapa proses yang bekerja secara background guna menghemat sumber daya yang bertujuan untuk memperpanjang hidup baterai. Google mengklaim bahwa dengan fitur Doze yang sudah ditest di Nexus 9, perangkat tersebut memiliki kemampuan baterai dua kali lipat dari sebelumnya.
  3. App Permissions, di versi Android sebelumnya ponsel selalu meminta ijin saat aplikasi diinstal. Kini, di Android 6.0 Marshmallow, permission hanya akan meminta ijin ketika user menggunakan fitur tertentu pada aplikasi yang memerlukan permission khusus. Permission yang akan dimintakan ijinnya adalah saat aplikasi ingin menggunakan fitur kamera, lokasi, mikropon, contact dan semacamnya. Tentu saja hal ini mengingatkan penulis pada MIUI yang sudah menggunakan special permission seperti di atas meskipun pada saat instalasi aplikasi juga dimintakan permission.
  4. Chrome Custom tabs, Fitur ini akan membolehkan kita untuk menggunakan tampilan web saat di dalam aplikasi atau istilah kerennya adalah web-views within the apps. Jadi ketika sebuah aplikasi membawa kita ke sebuah halaman website, maka Android 6.0 Marshmallow akan membuka tab Chrome di dalam aplikasi itu sendiri alih-alih membuka aplikasi browser Chrome. Fitur ini tentunya sangat berguna saat dikombinasikan dengan fitur autofill, saved passwords, automatic sign-in, dan semacamnya. Dan asyiknya juga adalah tampilan tab Chrome seperti font dan warna akan selaras dengan aplikasi yang mentrigger tab Chrome terbuka.
  5. Dukungan Terhadap Teknologi Sidik Jari, kini fitur sidik jari akan menjadi standar baru Android dan hal ini mulai berlaku di Android Marshmallow. Fitur ini akan bekerja di berbagai ponsel pintar berbasis Android 6 dengan mengintegrasikan standar API dengan sensor sidik jari. Dengan metode kemanan sidik jari, user juga bisa dapat melakukan pembelian item atau aplikasi dari Play Store, otorisasi transaksi di Android Pay dan lain sebagainya. Fitur ini akan sangat membantu bagi para orang tua yang ponselnya juga digunakan oleh anaknya, sehingga kini sang anak tidak akan bisa lagi melakukan pembelian aplikasi atau item game secara langsung dari Play Store, perlu otorisasi sidik jari orang tuanya terlebih dahulu.
  6. USB Tipe C, kini USB Tipe C telah didukung oleh Android 6.0. USB tipe ini mempunya kemampuan menggunakan port bi-directional dimana ponsel android 6 kita akan dapat dengan mudah menjadi sebuah charger untuk perangkat ponsel lainnya. Juga, dengan didukungnya USB tipe C di Android Marshmallow, proses charger akan semakin cepat sehingga hal ini menjadi sebuah kerja yang bagus bagi Android 6 untuk mengadopsinya.
  7. Android Pay, fitur Android Pay adalah pengganti fitur Google Wallet, Android Pay akan menggunakan NFC yang bersamaan dengan teknik emulasi host card untuk membuat proses pembayaran semudah melakukan tap. Yang kita butuhkan hanyalah meng-unlock ponsel, menempatkannya sedekat mungkin dengan terminal pembayaran berbasis NFC, kemudian pembayaran akan dilakukan tanpa memberikan informasi secara detail. Proses pembayaran ini tentunya sangat memudahkan dan nyaman. Juga saat digabungkan dengan teknologi sidik jari, maka cukup dengan menggunakan sidik jari sebagai otorisasi pembayaran. Hanya saja kemungkinan besar sebagian pengguna ponsel Android Marshmallow masih takut-takut dengan metode pembayaran seperti ini terlebih jika belum didukung secara luas oleh merchant-merchant dan ditambah masih awamnya pengguna ponsel pintar dengan teknologi ini. Jadi adopsi Android Pay dalam kehidupan sehari-hari bisa jadi akan cukup memakan waktu sampai proses pembayaran Android Pay benar-benar familiar bagi kita semua.

Tujuh fitur hebat yang Google bawa ke dalam Android 6 Marshmallow tentunya bertujuan untuk semakin memudahkan teknologi berbasis Android membantu kehidupan kita sehari-hari, namun user sebagai pengguna utama tetap menjadi tumpuan keberhasilan adopsi fitur dan teknologi yang ada di ponsel berbasis Android Marshmallow, karena selain ketujuh fitur tersebut masih banyak lagi fitur lainnya yang dibawa ke Sistem Operasi Android terbaru tersebut.

7 Fitur Utama Android Marshmallow yang Perlu Diketahui |Henry |4.5 | dibaca 14,754 kali

Leave a Reply