Upgrade Andromax E2 Plus, Unbrick Andromax E2, Root Andromax EC

5 min read

harga smartfren andromax e2

Tidak semua pabrikan ponsel android mau untuk mendukung ponsel lama mereka dengan sistem operasi Android terbaru. Jika hal ini terjadi maka meng-install custom ROM merupakan salah satu cara terbaik untuk melakukan upgrade. Salah satu ponsel android tersebut adalah Andromax E2+ yang kali ini sangat beruntung mendapatkan upgrade dari Android Lollipop ke Android 6.0 Android.

harga andromax bekas

Andromax E2+ merupakan ponsel keluaran operator Smartfren yang sangat fokus bermain di kecepatan data LTE, ponsel ini dibanderol cukup murah dengan harga Rp 999.000 dengan beragam fitur, bonus data, SMS dan telpon. Dengan versi Android 6.0 Marshmallow, tentunya diharapkan kinerja hardware yang ada di ponsel akan semakin optimal. Tentu ini sangat menarik bukan.

Custom ROM yang akan digunakan untuk meng-upgrade Andromax E2+ dinamakan ROM Zenmax yang merupakan ROM portingan dari ASUS Zenfone Go. Maka tampilan dan hampir semua fitur yang ada di Zenfone Go akan dapat kita temui di Andromax E2 plus termasuk menggunakan versi Android 6.0 Marshmallow.

Namun sebelum menginstall ROM Zenmax ini, diharap memperhatikan hal-hal berikut:

  • Do With Your Own Risk yang artinya segala akibat yang mungkin ditimbulkan oleh ROM ini bukanlah tanggung jawab team perintahdasar.
  • Kemungkinan besar garansi dari Smartfren akan hilang saat mengklaim garansi saat menggunakan ROM ini.
  • Sebagai tindakan tambahan, lakukan backup ROM bawaan Andromax E2+, apabila ingin kembali mengunakan rom asli dari andromax E2+ dapat dengan mudah melakukan restore.

Cara Upgrade Andromax E2 Plus

Melakukan upgrade Andromax E2 plus cukup mudah karena ponsel ini sudah mempunyai TWRP recovery yang mempunyai fitur flashing ROM yang bagus. Mari kita simak caranya di bawah ini:

  1. Download ROM ZenMax Marshmallow Andromax E2+ (plus) di link ini atau mirror link ini.
  2. Copy-kan file ZIP ROM tersebut ke storage ponsel Andromax E2 plus.
  3. Kini matikan ponsel, kemudian tekan tombol Volume Bawah dan Tombol Power, tahan ke dua tombol tersebut kemudian lepaskan apabila telah muncul logo Andromax LTE.
  4. Menu TWRP recovery kini akan muncul, kemudian pilih WIPE terus Swipe To Factory Reset.
  5. Setelah proses WIPE selesai, lanjutkan dengan memilih menu Install, kemudian cari dan pilih file ROM ZenMax Andromax E2+ yang telah di-copy-kan ke storage ponsel.
  6. Kini lakukan konfirmasi Swipe to Install, lalu tunggu hingga selesai.
  7. Proses instalasi atau flash untuk melakukan upgrade Andromax E2 plus ke Android 6.0 Marshmallow telah selesai, lakukan proses Reboot ponsel.

Ponsel Andromax E2+ kini telah ter-upgrade ke Android Marshmallow menggunakan ROM Zenmax. Lakukan proses seting seperti biasa layaknya ponsel yang baru keluar dari pabrik, nikmati ponsel Andromax E2+ dengan kemampuan baru, pengalaman baru dengan tampilan antar muka dan fitur yang tentu lebih beragam dibandingkan sebelumnya.

Cara Unbrick Andromax E2

Unbrick Andromax E2 – Smartfren secara berkala merilis ponsel ke pasaran dengan model co-branding, dimana pengerjaan manufaktur ponsel mereka dilakukan oleh pihak lain dengan Smartfren yang memberikan nama model ponsel.

Demikian juga dengan Smarfren Andromax E2, ponsel yang dibandrol cukup murah di bawah harga 1jutaan dan asiknya telah mendukung konektivitas 4G LTE termasuk fitur VoLTE. Namun tidak ada gading yang tak retak, Andromax E2 juga mengalami masalah umum di ponsel pintar yaitu softbrick.

Andromax E2 dikatakan mengalami softbrick saat ponsel tersebut hanya bergetar saat dinyalakan yang artinya ponsel tidak mampu masuk ke system recovery atau juga fastboot bahkan sering dijumpai ponsel seperti mati total tetapi masih terdeteksi di PC atau laptop.

Untuk memperbaiki kondisi softbrick Andromax E2 hanya dapat dilakukan dengan cara flashing ulang dan juga berdoa. Untuk flashing ulang dibutuhkan beberapa tool tambahan serta firmware yang akan dijelaskan di bawah.

Prasyarat Flash Andromax E2

Sebelum melakukan proses install ulang atau flashing ke Andromax E2 perlu diperhatikan beberapa hal berikut di bawah ini termasuk mengunduh software atau tool penunjangnya.

  1. Install ulang atau Flash Andromax E2 dapat menggunakan tool Qualcomm Flash Image Loader atau sering disebut dengan QFIL, tool tersebut bisa didownload di link ini.
  2. Pastikan driver Qualcomm USB benar-benar terinstal dengan baik di PC atau laptop, karena jika driver belum terinstal dengan komplit maka proses Flash tidak bisa dilakukan karena ponsel Andromax E2 tidak dikenali oleh PC atau laptop. Silakan download Qualcomm USB driver di link download ini.
  3. Download Firmware Andromax E2 dari link berikut ini, firmware ini nantinya yang akan digunakan untuk melakukan flash ulang ke ponsel tersebut.

Setelah prasyarat tool software dan firmware telah terdownload di PC atau laptop, maka kini kita lanjutkan dengan cara flashing Andromax E2 dengan PC atau laptop.

Cara Unbrick Andromax E2 dengan QPST Flashing Tool

Harga hp smartfren Andromax E2 bekas
Harga bekas hp smartfren Andromax E2
  • Langkah 1 – Install driver Qualcomm USB di PC atau laptop dengan meng-ekstrak terlebih dahulu file RAR ke folder yang diinginkan. Pastikan terinstall dengan sukses.
  • Langkah 2 – Install tool QPST Flashing di PC atau laptop
  • Langkah 3 – Kini ekstrak file ZIP firmware Andromax E2 yang telah didownload ke root direktori C ataupun D.
  • Langkah 4 – Lepas SDcard atau memory card yang ada di ponsel, masukkan ke card reader lalu hubungkan ke laptop atau PC. Kini copy-kan 4 file yang ada di subfolder “Switch EDL” ke SDcard/Memory card ponsel tersebut.
  • Langkah 5 – Pasang kembali SD card atau memory card ke ponsel Andromax E2, jika tiba-tiba ponsel mati maka efek dari ke 4 file yang tadi di copy-kan ke SD card sudah mulai bekerja, dimana ke empat file tersebut memaksa ponsel Andromax E2 masuk ke kondisi EDM atau Emergency Download Mode.
  • Langkah 6 – Hubungkan ponsel Andromax E2 ke laptop atau PC menggunakan kabel USB dan pastikan di Device Manager, ponsel Andromax E2 terdeteksi sebagai Qualcomm HS-USB QDloader 9008. Jika hal ini tidak terlihat di Device Manager, cek kembali proses instalasi Qualcomm USB driver dan jika perlu lakukan instalasi ulang dengan memastikan registry hasil instalasi sebelumnya telah bersih dari PC atau laptop.
  • Langkah 7 – Kini buka QFIL tool yang ada di software QPST, Klik tombol Browse lalu arahkan ke folder firmware Andromax E2 yang sebelumnya telah didownload. File prog_emmc_firehose_8909_ddr.mbn akan muncul lalu klik Open.
  • Langkah 8 – Kini klik tombol “Load XML” lalu pilih rawprogram_unsparse.xml kemudian pilih Patch0.xml.
  • Langkah 9 – Pastikan kembali pemilihan firmware yang akan digunakan dalam flash ulang Andromax E2, jika dirasa yakin dan benar, klik tombol “Download”. Kini proses flashing dimulai, proses ini memakan waktu sekitar 5-10 menit tergantung dengan kecepatan laptop/PC yang digunakan. Pastikan kabel USB tidak diganggu dan yang paking penting jangan sampai ada kejadian mati listrik terutama bagi pengguna PC.
  • Langkah 10 – Setelah proses flashing selesai, maka kini dilanjutkan dengan melepas kabel USB dari ponsel, lalu lepas kembali SD Card atau memory card dari ponsel untuk menghapus ke-empat file yang tadi di-copy-kan ke SD Card untuk mencegah ponsel masuk kembali ke kondisi EDM atau Emergency Download Mode.

Kini nyalakan kembali ponsel Andromax E2, ponsel akan melakukan proses booting pertama kali dan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dari biasanya. Tunggu hingga benar-benar proses booting selesai sampai akhirnya ponsel diminta untuk disetting ulang mengikuti wizard atau petunjuk yang ada di layar ponsel.

Cara Mudah Melakukan Root Andromax EC C46B2H

Ponsel Andromax EC merupakan salah satu ponsel 4G LTE yang dirilis oleh operator Smartfren dengan harga cukup terjangkau dan fitur yang menggoda.

Ponsel ini mengusung layar 4 inch, QualComm Snapdragon Quad Core 1.2 Ghz, RAM 1GB dengan internal storage 8GB juga dukungan slot microSD hingga 32GB dan dual camera. Tentunya juga seperti ponsel keluaran Smartfren lainnya mendukung dual SIM dengan salah satu SIMnya hanya support GSM.

Namun di sini kita tidak membahas kehebatan fitur ponsel Andromax EC dibandingkan dengan harga jualnya, melainkan bagaimana cara melakukan root yang mudah dan tanpa PC pada Andromax EC C46B2H.

Karena ponsel android tanpa akses root ibarat sayur tanpa garam, dengan mendapatkan akses yang menyeluruh tehadap system android maka kita bisa melakukan sedikit tweak untuk meningkatkan kemampuan ponsel selain tentunya bisa meng-install aplikasi yang membutuhkan akses root yang sering dinamakan sebagai root-enabled apps.

Proses root Andromax EC C46B2H sangatlah mudah dan bisa dilakukan tanpa bantuan PC. Proses rootnya cukup mirip dengan ponsel buatan China lainnya seperti Advan 4K Star Mini yaitu dengan bantuan aplikasi Kingroot dan tentunya akses internet yang stabil dan cukup cepat.

Tentunya dengan kombinasi konektivitas 4G LTE di Andromax EC dan Kingroot maka proses root ponsel ini akan sangat menyenangkan. Mau dicoba?

Namun sebelum melangkah bagaimana melakukan root tanpa PC pada Andromax EC, baiknya perlu diketahui resiko yang mungkin timbul pada ponsel. Resiko tersebut antara lain adalah dapat membatalkan garansi yang berlaku, jika proses root sukses maka akan muncul notifikasi “rooted” di statusbar.

Jadi disarankan untuk tidak melakukan root pada ponsel jika tidak ingin mengalami klaim garansi yang ditolak atau bahkan bootloop atau bricked karena kesalahan dalam proses root. Namun jika ingin tetap melakukan root pada Andromax EC, maka silakan baca artikel ini sampai habis.

Cara Melakukan Root Andromax EC tanpa PC

  • Langkah 1 – Download aplikasi Kingroot 4.1 langsung dari ponsel, install sebagaimana mestinya.
  • Langkah 2 – Buka aplikasi Kingroot lalu klik tombol biru yang bertuliskan “Start Root”. Aplikasi akan memulai proses rooting dengan mendownload berbagai file yang dibutuhkan langsung dari server Kingroot, untuk itu dibutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat untuk mempercepat proses rooting ini. Silakan tunggu hingga selesai proses rooting ini.
Proses-Root-Andromax-EC-dengan-Kingroot
  • Langkah 4 – Jika proses root sudah selesai, ditandai dengan terinstallnya dua aplikasi baru yaitu KingUser dan Purify. Hal ini menandakan ponsel telah ter-root dengan sukses. Namun jika belum merasa yakin, bisa diverifikasi dengan aplikasi Root Checker yang ada di Play Store.

Setelah ponsel Andromax EC di-root dengan sukses, maka kini bisa beralih untuk meng-install custom recovery secara mudah menggunakan aplikasi Rashr dan image custom Recovery yang tepat. Keuntungan menggunakan custom recovery adalah ROM dan Data dapat kita backup yang sewaktu-waktu akan sangat berguna jikalau ponsel mengalami masalah.

Demikian solusi dari beberapa masalah yang muncul dari hp smartfren seri andromax. Semoga beberapa solusi di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua.