Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami

5 min read

cara menghilangkan jerawat batu dalam 1 hari

Jerawat batu merupakan jenis penyakit yang sangat mengganggu rasa percaya diri apalagi jika muncul di sekitar area wajah. Tidak seperti jerawat pasir yang masih bisa disamarkan, jenis jerawat yang satu ini sulit untuk disembunyikan karena ukurannya cukup besar.

Jerawat jenis ini di dunia kedokteran dikenal sebagai cystic acne yang harus segera dihilangkan, jangan dibiarkan menjadi parah bahkan meradang terlalu lama. Untuk itu berikut adalah tips mudah cara menghilangkan jerawat batu dengan cepat dan alami.

Jerawat batu seperti namanya merupakan salah satu jenis jerawat yang disebabkan adanya akumulasi peradangan yang sangat hebat di sekitar jerawat sehingga membuat ukuran jerawat tampak lebih besar dari jenis jerawat lainnya.

Cara Mengatasi Jerawat Batu secara Alami

cara mengeluarkan jerawat batu

Jika jerawat pasir menimbulkan perih dan gatal yang cukup menggangu, maka jerawat jenis ini bisanya berada di pipi dan hidung, dan terasa sangat menyakitkan.

Baca juga: Gunakan pengobatan jerawat secara alami dengan lidah buaya

Rasa sakit ini tanpa sengaja menggerakkan tangan untuk menggaruk, akibatnya akan ada infeksi yang masuk ke jerawat dan akhirnya dapat men-trigger jerawat baru timbul di area lain pada wajah. Jika anda menderita jerawat dengan ciri-ciri seperti disebutkan di atas maka bisa dipastikan anda sedang terkena jerawat batu, bukan jerawat pasir, namun sebelum kita membahas cara menghilangkan jerawat batu tidak ada salahnya kita tahu penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab Terjadinya Jerawat Batu

Seperti pada jerawat pasir, munculnya jerawat jenis ini juga memiliki beberapa faktor penyebab. Bahkan penyebab jerawat pada umumnya mirip-mirip, yang membedakan adalah hasil akhir dari akumulasi faktor penyebab jerawat. Berikut adalah faktor penyebab munculnya jerawat batu:

Kebersihan tubuh yang kurang terjaga

Aspek kebersihan tubuh menjadi faktor utama dan pertama dalam menyebabkan timbulnya jerawat. Bisa jadi pada awalnya hanya muncul komedo-komedo kecil yang banyak, namun karena dibiarkan tanpa ada usaha untuk menguranginya ditambah dengan sering memencet komedo tersebut menggunakan tangan, kuku atau alat bantuan seperti tweezer yang tidak higienis, akhirnya terjadi peradangan dan akhirnya berakibat fatal dengan tumbuhnya jerawat.

Kulit Wajah Sensitif

Kulit wajah sensitif menjadi faktor penyebab lain munculnya jerawat. Sering kita lihat ada orang yang berkotor-kotor dalam bermain maupun pekerjaannya tetapi wajahnya nampak mulus tanpa noda. Sedangkan kita baru berkeringat dan lupa membersihkan wajah sebentar saja sudah terganggu dengan kemunculan jerawat.

Hal ini dikarenakan kulit wajah sensitif atau jenis kulit wajah anda lebih peka terhadap peradangan. Jika kulit wajah yang sensitif terhadap peradangan mengalami penyumbatan pada pori-pori kulitnya, bisa dipastikan tidak akan lama jerawat akan segera muncul. Jadi bagi anda yang mempunyai kulit wajah sensitif terhadap peradangan, lakukan tindakan pencegahan munculnya jerawat dengan bahan-bahan alami.

Pertumbuhan Sel Kulit yang Tidak Normal

Sel kulit selalu beregenerasi menggantikan sel kulit yang lama. Pada kulit yang normal ketika terjadi sel-sel kulit mati maka dengan cepat kulit akan digantikan yang baru. Namun pada kulit dengan pertumbuhan sel kulit yang tidak normal, sel-sel kulit yang mati lebih lamat digantikan oleh sel kulit yang baru sehingga akan terjadi penumpukan. Penumpukan sel-sel kulit yang mati akan menyumbat pori-pori kulit yang akhirnya akan menyebabkan peradangan.

Bagi anda yang mempunyai kulit dengan pertumbuhan sel kulit yang tidak normal, dapat terlihat dari kulit yang agak bersisik ketika digaruk perlahan.

Untuk membantu proses hilangnya penumpukan sel kulit yang lama perlu dilakukan tindakan pencegahan seperti menggunakan masker terbuat dari bahan alami seperti putih telur ayam kampung. Masker putih telur selain membantu menghilangkan penumpukan sel kulit juga dipercaya dapat mengencangkan kembali kulit wajah. Dengan kondisi kulit wajah yang bersih tentunya akan terhindar dari peradangan yang mengakibatkan munculnya jerawat.

Faktor Keturunan

Jika kebersihan badan selalu terjaga, rutin membersihkan wajah dengan masker berbahan alami dan jenis kulit wajah berkategori normal, tetapi jerawat batu masih muncul juga di wajah anda, maka faktor keturunan dapat dipastikan menjadi penyebab jerawat jenis ini.

Coba lihat anggota keluarga atau orang tua anda apakah memiliki sejarah memiliki jerawat batu dan mempunyai kelenjar minyak yang berlebih yang disebut kelenjar minyak over aktif, bisa jadi Gen jerawat menurun ke anda.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami

Setelah penyebab jerawat anda ketahui dari bahasan di atas, maka sekarang perlu anda ketahui juga bagaimana cara mengobati jerawat yang cepat dan alami. Hal ini perlu diketahui sebagai tindakan pengobatan jika atau bahkan saat ini anda sedang menderita akibat jerawat.

Cara mengobati jerawat batu sekilas mirip dengan cara mengobati jerawat pasir, tetapi karena bentuk jerawatnya lebih besar dari jenis jerawat pasir, maka tindakan pengobatannya menggunakan bahan alami yang sedikit keras dalam reaksi namun tetap tidak mempunyai efek samping. Mari kita simak dan bahas satu-satu di bawah ini:

Basmi Jerawat Batu dengan Mengkudu

Buah mengkudu bukanlah buah yang populer disantap segar bahkan tidak ada yang mau dengan sukarela memakannya begitu saja. Namun buah yang mempunyai aroma bau yang khas ini dipercaya sebagai obat alami menghentikan jerawat batu yang ampuh. Caranya juga cukup mudah yaitu dengan cara meminumnya dalam bentuk jus. Cara mengobati jerawat dengan jus mengkudu sering disebut sebagai pengobatan dari dalam.

  • Ambil buah mengkudu yang cukup masak dan tidak mempunyai cacat di kulitnya.
  • Kupas kulit buah mengkudu lalu bersihkan dengan air mengalir.
  • Potong kecil-kecil buah mengkudu lalu masukkan ke blender dan tambahkan sedikit gula batu.
  • Saring hasil blender buah mengkudu dan gula batu, lalu panaskan hingga mendidik.
  • Kemudian minum jus mengkudu tersebut selagi masih hangat.

Mengkudu dan gula batu mempunyai khasiat untuk membersihkan darah kotor dari tubuh terutama pada wajah. Pengobatan alami jerawat ini dapat dikombinasikan dengan pengobatan dari luar seperti menggunakan bawang putih.

Mengobati Jerawat Batu dengan Bawang Putih

Bawang putih banyak tersedia di sekitar kita dan menjadi salah satu bumbu dapur yang sangat penting. Bawang putih dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita termasuk dapat digunakan sebagai obat alami menghentikan jerawat. Mengobati jerawat batu dengan bawang putih ternyata cukup mudah.

Caranya mirip dengan pengobatan alami jerawat pasir menggunakan jeruk nipis ataupun lidah buaya. Tidak ada proses blender untuk menggunakan bawang putih sebagai masker wajah.

Cukup dengan memotong bawang putih kecil-kecil lalu potongan tersebut dioleskan pada seluruh wajah terutama pada bagian yang berjerawat. Bawang putih mempunyai khasiat membunuh bakteri, sehingga pengolesan secara langsung ke daerah wajah yang terjangkiti jerawat diharapkan mampu membunuh bakteri dan kuman penyebab peradangan jerawat.

Sedangkan pengolesan yang dilakukan pada wajah yang belum terkena jerawat batu menjadi sebuah tindakan pencegahan agar jerawat tidak menyebar ke area lain pada wajah. Lakukan proses pengolesan ini secara rutin hingga jerawat sembuh.

Sidaguri sebagai Obat Alami Jerawat Batu

Sidaguri atau sering juga dikenal dengan sebutan sadagori atau saliguri merupakan tumbuhan yang cukup mudah ditemukan di Indonesia dan sering digunakan sebagai obat alami untuk rematik. Namun selain berkhasiat sebagai obat rematik alami, Sidaguri juga dipercaya mampu mengobati jerawat.

Cara mengobati jerawat batu dengan Sidaguri ternyata cukup mudah yaitu melalui proses penguapan pada wajah. Cukup ambil daun Sidaguri secukupnya, bersihkan dengan air mengalir, kemudian rebus daun sidaguri dengan 2-3 gelas air hingga mendidih. Diamkan sejenak, lalu posisikan wajah anda diatas wadah yang berisi rebusan sidaguri dengan hati-hati. Kini biarkan wajah anda terpapar uap dari rebusan sidaguri, untuk mendapatkan hasil penguapan yang efektif, gunakan handuk yang diposisikan sedemikian rupa agar semua uap rebusan sidaguri mengenai wajah.

Lakukan penguapan ini secara rutin setiap 1 atau 2 hari sekali guna mendapatkan hasil yang efektif.

Obati Jerawat Batu dengan Kentang

Kentang adalah tanaman yang memanfaatkan umbi batang nya sebagai makanan dan digolongkan sebagai sayuran oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Kentang mengandung sejumlah vitamin dari A, B-kompleks, hingga C, asam folat, mineral, protein, karbohidrat, karotenoid, dan polyphenol.

Dalam kentang ini, juga terdapat zat yang disebut dengan zat solanin yang dikenal sebagai obat penenang, anti kejang, anti jamur, dan pestisidal. Dengan berbagai kandungan zat bermanfaat tersebut, maka kentang juga bisa digunakan sebagai obat alami menghentikan jerawat.

Cara menggunakan kentang untuk pengobatan jerawat batu secara alami dan cepat adalah dengan menggunakan kentang sebagai masker. Pilih kentang yang kondisinya bagus secara kulit dan tekstur bentuknya, lalu kupas kentang tersebut. Cuci kentang yang sudah dikupas tersebut di air mengalir, lalu potong dadu sebelum dimasukkan ke blender.

Hal ini berguna untuk memudahkan blender menghancurkan kentang. Setelah kentang ter-blender, tuang ke wadah yang cukup datar lalu oleskan sebagai masker ke seluruh area wajah anda. Diamkan beberapa saat hingga masker tersebut mengering, setelah itu bilas dengan air hangat untuk membersihkan masker pada wajah.

Lakukan pengobatan alami jerawat dengan kentang sebagai masker secara rutin setiap hari guna mendapatkan hasil yang maksimal dan efektif. Jika masker kentang digunakan sebagai tindakan pencegahan, lakukan setiap dua minggu sekali.

Mahkota Dewa sebagai Obat Alami Jerawat batu

Tanaman mahkota dewa cukup dikenal memiliki banyak manfaat sebagai obat herba untuk berbagai penyakit. Kandungan zat aktif yang ada di buah mahkota dewa cukup banyak mulai dari zat alkaloid yang berguna menetralisir racun dalam tubuh, anti bakteri, pelancar penyumbatan darah, hingga anti radang yang sangat berguna untuk mengobati jerawat.

Saat jerawat mulai meradang, segera ambil buah, daun atau umbi mahkota dewa untuk dihaluskan lalu ditempelkan pada bagian wajah yang berjerawat. Diharapkan nantinya peradangan yang timbul akan segera sembuh dan tidak menyebar ke area wajah lainnya.

Semoga kelima obat alami di atas mampu menjadi solusi bagi yang ingin mendapatkan pengobatan secara alami dan cepat. Namun karena jenis jerawat batu merupakan salah satu jerawat yang cukup membandel maka perlu juga melakukan konsultasi ke dokter terlebih jika peradangan sudah semakin parah. Semoga segera tertangani dan sembuh dengan segera, namun tidak ada salahnya anda juga tahu bagaimana melakukan tindakan pencegahan agar tidak timbul lagi.

Tindakan Pencegahan

Pencegahan terhadap timbulnya jerawat batu merupakan tindakan yang sangat perlu dilakukan terutama bagi anda yang belum mengalaminya karena efek kerusakan jika sudah terkena jerawat batu yang meradang parah sangat merusak penampilan wajah anda. Apalagi jika dilingkungan keluarga banyak yang menjadi pemicunya. Berikut adalah beberapa tips mencegah jerawat batu timbul di wajah:

  • Kurangi makanan yang berlemak tinggi, dan berkolesterol tinggi seperti cabe, makanan pedas dan berbagai jenis gorengan.
  • Stop minum minuman beralkohol.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang kaya serat seperti buah dan sayuran.
  • Disiplinkan diri untuk selalu membersihkan wajah sebelum dan sesudah menggunakan kosmetik.
  • Minum air putih sebanyak mungkin dan sesekali meminum teh herbal di pagi hari.
  • Lakukan tindakan pencegahan timbulnya jerawat batu lainnya seperti memakai masker dari buah-buahan.

Demikianlah beberapa tips dan cara menghilangkan jerawat batu secara alami dan cepat, semoga bahasan artikel di atas berguna dan anda bisa segera sembuh. Jika suka dengan artikel ini jangan lupa klik Like Facebook, twitter dan Google Plus.