9 Rahasia Wajah Cerah saat Puasa

4 min read

cara memutihkan wajah

Puasa sesungguhnya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan termasuk kecantikan. Memang selama puasa sangat mungkin kelembaban kulit bermasalah.

Pasalnya dalam rentang waktu sepuluh jam lebih distribusi cairan dalam tubuh sebagai pelembab alami berkurang, terutama jika kulit terpapar udara dan sinar matahari.

Tubuh bisa mengalami dehidrasi  karena kehilangan banyak cairan selama beraktivitas. Kondisi ini mengakibatkan kulit kusam, kasar, mudah teriritasi, dan memicu kerutan-kerutan halus.

cara memutihkan wajah

Apa rahasia agar kulit Anda tetap sehat dan cantik di bulan Ramadhan?

Tidak sulit untuk memastikan kulit wajah tetap segar ceria selama berpuasa. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya memanfaatkan bahan yang tersedia di lemari dapur

Sebenarnya cukup mudah menjaga kelembaban kulit, menurut Dr. Ferrel Andy, ahli kulit dari Universitas Southampton, Inggris, dalam jurnal Skinbeauty mengungkapkan, konsumsi buah, sayuran, dan air putih lebih banyak dapat menjadi solusi sederhana untuk menjaga kelembaban kulit. Asupan vitamin dan mineral yang cukup juga diketahui dapat mengontrol cairan tubuh, sehingga kelembaban kulit tetap terjaga dan tersedia cukup cadangan energi (glukosa) selama sehari penuh.

Seperti hari biasa, konsumsi air delapan gelas sehari sangat disarankan tetap dipenuhi dalam puasa. Tinggal bagaimana mengaturnya, konsumsi air ini dapat dilakukan dengan cara memperbanyak minum air putih pada malam hari atau saat sahur guna mencegah dehidrasi. Saat berbuka, konsumsi minuman manis, tetapi hindari minum air dingin atau es karena bisa menyebabkan perut kembung.

Selain itu Anda juga harus tahu beberapa jenis buah dan bahan alami lain yang dapat dijadikan solusi agar kulit tetap segar dan menjadikan wajah tampak “sumringah” meski seharian puasa.

Jeruk Nipis

Buah yang satu biasa digunakan untuk menyamarkan bau amis atau untuk menambah rasa segar pada makanan. Sebenarnya perasan jeruk nipis juga mempunyai banyak kegunaan untuk kesehatan dan kecantikan kulit terutama wajah.

Perasan sari buah jeruk nipis dipercaya mampu mengecilkan pori-pori dan menghilangkan lemak berlebih yang biasanya muncul pada jenis kulit berminyak.

Caranya, ambil daging jeruk nipis, lalu oleskan pada kulit wajah, yang biasanya diaplikasikan pada daerah T di sekitar pipi dan hidung yang pori-porinya lebih terlihat besar.

Madu

Selain sebagai campuran roti atau minuman, madu dapat dijadikan solusi untuk menjaga kulit wajah halus dan cerah. Caranya, bersihkan wajah dengan air hangat agar pori-pori kulit muka terbuka.

Selanjutnya oleskan madu secara merata di seluruh bagian kulit wajah. Biarkan selama kurang lebih 20 hingga 30 menit. Setelah itu bersihkan kulit wajah dengan air segar sampai bersih. Sensasi  langsung kulit lembut dan segar akan Anda rasakan.

Jus Lemon

Jus buah kuning ceria itu akan membuat Anda tampil lebih fresh dan cantik. Buat jus lemon memakai juicer. Jik aperlu campur dengan timun secukupnya agar terasa segar.

Minuman ini bisa dikonsumsi saat berbuka atau sahur. Minum dua gelas jus lemon setiap hari dipercaya mampu mengurangi penumpukan lemak penyebab jerawat di kulit sekaligus menjadikan wajah terlihat lebih cerah.

Kentang

Kentang juga dapat dijadikan solusi untuk menjaga kulit wajah tetap segar selama berpuasa. Kandungan vitamin C yang menjadi sumber antioksidan alami dalam kentang dipercaya mampu mengurangi masalah kulit kering, kusam, dan keriput.

Caranya, ambil lima buah kentang ukuran sedang, kupas dan buang kulitnya, lalu parut. Peras hasil parutan tersebut sampai mengeluarkan air kira-kira sebanyak satu gelas. Gunakan air hasil perasan untuk mencuci muka. Lakukan terapi ini setiap malam hari sebelum tidur.

Pisang

Berbagai penelitian mengungkapkan, pisang terbukti berkhasiat untuk menghaluskan kulit yang sensitif. Caranya, lumatkan setengah bagian pisang ambon dengan air hangat secukupnya. Sebaiknya pilih jenis pisang yang memiliki daging buah agak liat. Kemudian oleskan pasta pisang tersebut agar kulit yang lembab menjadi bersih. Kini biarkan selama 15 menit, lalu dibilas dengan air hangat sembari menepuk-nepuk lembut hingga kulit kering. Lakukan hal ini seminggu dua kali.

Jangan lupa, sebelum menggunakan pasta pisang ini, wajah terlebih dahulu dicuci bersih dengan air hangat.

Timun

Buah satu ini memang favorit untuk merawat kesegaran kulit wajah. Timun kaya akan silicon dan fluor, tetapi rendah kalori. Selain itu, sifatnya yang dingin dan menyegarkan terasa pas sebagai pilihan selama puasa.

Selain sebagai campuran jus, timun juga dapat dijadikan pasta atau cukup diiris tipis lalu ditempelkan di kulit wajah.

Cara lain, ambil dua atau tiga biji timun ukuran sedang, parut lalu peras airnya. Tempelkan parutan timun pada wajah. Sebaiknya lakukan sehari sekali.

Campuran Baking Soda dan Air

Bukan hanya untuk membuat kue, baking soda juga bermanfaat sebagai pembersih kulit muka. Baking soda aman bagi kulit karena tidak beracun dan berbau.

Caranya, campur tiga sendok the baking soda dengan tiga sendok makan air, kemudian oleskan di kulit wajah, terutamanya di daerah T yaitu sekitar hidung dan dahi selama beberapa menit. Bersihkan dengan air hangat dan rasakan kulit Anda akan terasa segar.

Alpukat

Sejak lama alpukat dipercaya memiliki banyak manfaat, terutama untuk kecantikan. Buah ini juga terbukti kaya vitamin, mineral, dan minyak alami. Alpukat banyak mengandung vitamin A, C dan E, zat besi, potassium, niasin, asam pantotenik, dan protein yang tidak biasa terdapat dalam buah. Semua zat ini berguna bagi keindahan dan kesehatan kulit.

Sebagai pelembab bagi kulit wajah yang kering, ambil bagian dalam kulit alpukat yang mengandung humektan. Kemudian gosok perlahan dan lembut pada area seputar wajah, lalu dibiarkan selama 15 menit. Setelah itu basuh wajah menggunakan air dingin.

Baca juga: Jurus alami dan cepat menghilangkan komedo penyebab jerawat di kulit wajah.

Lakukan di malam hari sebelum tidur karena itu waktu yang tepat bagi kulit untuk bekerja. Wajah yang terjaga kelembabannya membuat make-up bertahan lama.

Selain sebagai pelembab kulit kering, alpukat juga mengandung asam lemak yang adapat menjaga kelembaban kulit. Untuk membuat masker penyejuk kulit, lumatkan setebgah buah alpukat segar dengan air hangat secukupnya sampai lembut. Oleskan pasta alpukat tersebut pada wajah dan leher dalam sapuan tipis. Biarkan selama 15 menit, cuci bersih dengan air hangat dan tepuk-tepuk kulit wajah sampai kering, lakukan 2 hingga 3 kali seminggu sesuai kebutuhan.

Lobak

Lobak yang kaya akan kandungan vitamin C dan cairan pemutih alami juga layak dijadikan pilihan untuk menjaga kesegaran kulit. Caranya, ambil beberapa lobak segar kemudian parut. Air perasannya kemudian dioleskan di kulit wajah. Sebelum mengoleskan perasan lobak, sebaiknya cuci kulit wajah dengan air hangat.

Olesan air lobak itu dibiarkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian cuci dengan air segar sampai bersih. Meski tidak memberikan efek langsung, terapi ini jika dilakukan setiap hari akan membuat kulit terlihat cerah.

Selanjutnya untuk menyegarkan dan menghindarkan kekusaman kulit, lakukan peeling atau pengelupasan yang diikuti masker wajah sebagai cara memberikan vitamin ke kulit wajah. Peeling atau masker dapat diperoleh di toko kosmetik. Sebaiknya pilih sesuai jenis kulit dan yang mengandung bahan pelembab alami seperti buah-buahan datau sari tumbuhan.

Cara menggunakan peeling, bersihkan dulu wajah dengan susu pembersih. Bubuk atau pasta peeling  yang telah dicampur dengan air mawar diusapkan merata pada permukaan wajah (kecuali mata dan bibir). Lakukan pijatan ringan dengan gerakan memutar. Biarkan selama 15 menit hingga setengah mengering, lalu bilas dan bersihkan wajah dengan air hangat. Lanjutkan dengan penggunaan masker wajah yang prosesnya hampir serupa dengan peeling.

Untuk membersihkannya, gunakan air segar. Akhiri perawatan dengan mengoleskan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit wajah.