Cara Memperbaiki MicroSD yang Corrupt tanpa Kehilangan Data

2 min read

Kartu memori tambahan MicroSD kerap digunakan di ponsel Android untuk menambah kapasitas storage ponsel yang terbatas. Hanya saja setelah sekian lama digunakan banyak yang mengalami hal tidak menyenangkan dimana kartu memori tidak bisa diakses dan situasinya makin tidak menyenangkan lagi saat koleksi foto dan video juga ada di microSD yang bermasalah tersebut. Dalam banyak kasus, satu-satunya cara adalah menformat kartu memori sebagai solusi untuk bisa menggunakan kembali kartu memori microSD. Hanya saja proses format, akan menghapus semua data yang tersimpan dan hal ini sangat tidak diinginkan. Untuk itu penulis mencoba berbagi tips sederhana bagaimana cara memperbaiki kartu memori microSD yang rusak atau corrupt tanpa kehilangan data apapun.

Cara Memperbaiki kartu microSD rusak

Kartu memori microSD adalah solusi populer yang digunakan di ponsel untuk menambah kapsitas penyimpanan. Hanya saja solusi ini memiliki resiko yang cukup rentan terhadap beberapa masalah. Dan seperti kita ketahui, banyak kartu memori microSD rusak dimana kartu memori tersebut gagal dikenali oleh ponsel dan bahkan ada pop-up yang muncul di layar ponsel untuk melakukan proses format.

Terkadang tanpa alasan tertentu karu memori microSD berubah menjadi jenis RAW dan tentu saja tidak bisa diakses oleh ponsel. Dan saat dicoba di ponsel lainnya malah Anda diminta untuk memformat kartu memori tersebut. Tentu saja hal ini sangat tidak menyenangkan terlebih banyaknya data penting atau foto serta video yang mempunyai nilai dokumentasi yang sangat berharga. Untuk menyelesaikan masalah ini tentu saja tips di bawah ini patut dicoba.

Cara Menggunakan Perintah CHKDSK

Perintah chkdsk kerap digunakan untuk memperbaiki harddisk di PC ataupun laptop yang bisa digunakan pula di kartu memori MicroSD. Perintah ini merupakan perintah yang dijalankan di terminal di PC berbasis Windows yang mana akan membantu Anda memperbaiki microSD yang corrupt dan akhirnya bisa menyelamatkan data penting di dalamnya. Untuk melakukan hal ini, Anda memerlukan microSD card reader atau jika menggunakan laptop silakan mencari apakah mempunyai slot SD Card.

  • Koneksikan karu memori microSD/SD ke PC atau laptop Windows menggunakan card reader ataupun slot khusus.
  • Tekan tombol berlogo Windows (ikon Jendela) lalu ketikan “cmd” untuk mencari Command prompt.
  • Klik kanan pada ikon Command prompt lalu pilih “Run as administrator”.
  • Lalu ketikkan perintah dengan format berikut ini di command prompt yang sudah terbuka. chkdsk /X /f drive_sd_card  sebagai contoh, jika kartu microSD dikenali di PC sebagai drive E, ketikkan perintah chkdsk /X /f E: atau chkdsk E: /f

Kini PC Windows akan memeriksa error pada kartu memori microSD dan memperbaikinya tanpa menghapus data yang ada. Proses ini akan berlangsu beberapa menit tergantung dari besarnya kapasitas kartu memori microSD. Setelah proses selesai dan Windows menampilkan pesan “Windows has made corrections to the file system” di terminal, ini artinya kartu memori microSD Anda sukses diperbaiki oleh perintah chkdsk. Dan segera saja selamatkan datanya terlebih dahulu dengan meng-copy-nya ke PC atau laptop.

Bagaimana jika perintah chkdsk tidak mampu mengembalikan kondisi kartu memori microSD untuk diambil datanya?, maka Anda perlu ke cara kedua yaitu menggunakan tool recovery data.

Cara Menggunakan Tool Data Recovery

Ada kemungkinan memperbaiki microSD yang corrupt menggunakan perintah chkdsk tidak berjalan dengan baik. Hal ini biasanya ditandai dengan pesan permintaan format yang selalu muncul meskipun dikoneksikan ke laptop, PC dan bahkan ponsel yang lain. Jika hal ini terjadi terus menerus, maka mau tidak mau microSD harus diformat terlebih dahulu, kemudian mengembalikan datanya menggunakan software pihak ketiga yang sering disebut dengan data recovery tool.

Ada beragam software pihak ketiga yang menawarkan kemampuan me-recovery data, mulai dari yang gratisan hingga berbayar. Beberapa dari mereka yang populer adalah EasUS, Recuva, dan iSkysoft. Gunakan salah satu tool data recovery sesaat setelah karu microSD Anda format. Hal ini sangat penting guna mengoptimalkan banyaknya data yang bisa dipulihkan kembali. Karen ajika ada data baru disimpan ke kartu microSD, maka proses pemulihan data akan menjadi lebih sulit kembali.

Kesimpulan

Kartu memori microSD meskipun mudah diaplikasikan ke ponsel untuk menambah kapasitas penyimpanan data, juga mempunyai resiko kerusakan data. Untuk itu gunakan fasilitas penyimpanan cloud seperti Google Photos untukmem-backup foto dan video yang akan dilakukan secara berkala dan otomatis.

Jika perlu, hindari penggunaan kartu memori microSD di ponsel dengan membeli ponsel dengan kapasitas internal storage yang cukup lega. Penulis sendiri menggunakan ponsel dengan kapasitas 32GB dan selalu terhubung ke Google Photos, semua foto dan video aman terbackup.

Oh ya, hal ini hanya berlaku pada microSD yang masih bisa dikenali oleh PC Computer ataupun laptop walaupun harus diakses melalui device manager. Jika microSD tidak dikenali sama sekali, maka teknik memperbaiki microSD yang rusak di atas tidak bisa digunakan. Atau gunakan salah satu dari empat tips cara memperbaiki microSD yang tiba-tiba rusak.

0