Update Resmi Android 8.0 Oreo untuk Xiaomi Mi A1

Xiaomi Mi A1 akhirnya secara resmi mendapatkan update ke Android 8.0 Oreo melalui jalur OTA (Over The Air). Mi A1 merupakan lini terbaru dari Xiaomi sebagai jawaban bagi para fans MIUI yang ingin merasakan pengalaman menggunakan Android murni tanpa harus merelakan hilangnya dukungan software dikarenakan smartphone harus di unlock bootloader, install custom recovery, dan memasang custom ROM berbasis AOSP seperti LineageOS.  Di Mi A1, para fans Xiaomi akan mendapatkan keberlangsungan dukungan update terbaru OS Android layaknya ponsel Android One lainnya yang digagas oleh Google. Xiaomi Mi A1 merupakan ponsel Android One yang hadir dengan kualitas premiuim dan dukungan dua kamera sebagai fitu andalan di kamera utama.

Update ke Android 8.0 Oreo di Xiaomi Mi A1 telah menemukan momentum saat dirilis versi Betanya, ditambah lagi adanya tool updater yang membantu banyak pengguna Mi A1 menikmati Android Oreo dikarenakanya adanya keterbatasan undangan sebagai tester yang dirilis oleh Xiaomi. Dan kini, semua pemilik Mi A1 dapat menikmati Android 8.0 Oreo tanpa terkecuali karena versi resmi dan stabil telah resmi dikeluarkan oleh Xiaomi dan dapat diinstall dengan mudah melalui layanan OTA.

Xiaomi sendiri saat merilis Mi A1 dengan Android 7.1 Nougat di dalamnya telah berjanji akan segera merilis versi terbaru dari sistem operasi Android sebagai tindak lanjut dari apa yang dilakukan oleh Google dengan merilis versi terbaru sistem operasi mobile besutan mereka. Perangkat Mi A1 juga mendapat jaminan untuk diupdate sekurang-kurangnya dua kali update major, dengan kata lain Mi A1 akan mendapatkan update ke Android P. Tentunya hal ini sangat menggembirakan karena Mi A1 merupakan jajaran ponsel pintar Android yang masuk di kategori menengah.

Update Android 8.0 Oreo untuk Xiaomi Mi A1 yang dilakukan secara OTA akan dilakukan secara bertahap di Indonesia dan juga seluruh dunia bergantung pada operator yang Anda pakai, tetapi tenang saja giliran update pasti akan menyambangi semua pernagkat Mi A1. Yang perlu dilakukan sekarang adalah, menyiapkan koneksi yang mumpuni dan space yang cukup di ponsel karena besar file update OTA Android 8.0 Oreo untuk Mi A1 sekitar 1,1GB dan hal ini merupakan hal yang wajar terjadi di sebuah update major dari versi Android sebelumnya ke versi yang terbaru yaitu Android Oreo. Di update major terbaru ini juga akan meng-install patch keamanan terbaru yang dirilis oleh Google selain fitur utama Android Oreo seperti mode picture-in-picture, pemilihan kalimat yang makin pintar, ikon yang semakin adaptive, notifikasi bentuk titik atau notification dots yang jamak dijumpai di ROM Android murni. Untuk pemuas dahaga akan tampilan Android Oreo di Xiaomi Mi A1, silakan melihat screenshot di bawah ini.
Update Resmi Android 8.0 Oreo untuk Xiaomi Mi A1
Sekarang ini, update secara OTA telah resmi dimulai oleh Xiaomi ke semua perangkat ponsel Mi A1 di seluruh dunia termasuk Indonesia dan mungkin ponsel Anda akan menjadi yang terdepan mendapatkan update OTA dibeberapa hari kedepan. Jika anda tidak sabar dan ingin memastikan kehadiran update Android Oreo tekah tersedia atau tidak, silakan cek langsung melalui menu Settings -> System Updates and click on “Check for Updates”.

Namun, bagi Anda yang ingin segera menikmati Android Oreo di Mi A1, bisa melakukan update secara manual menggunakan metode flash recovery atau flash fastboot. Harap diingat, metode ini akan menyebabkan hilangnya data di ponsel, jadi sangat disarankan untuk melakukan proses backup terlebih dahulu. Juga segala setting atau pengaturan pada ponsel Mi A1 akan kembali ke pengaturan pabrik yang bagi sebagian orang tentu akan sangat menghindarinya. Untuk itu, jika Anda bukan bagian dari pengguna fanatic Mi A1 yang selalu mementingkan keterbaruan sistem operasi di dalamnya, sangat disarankan untuk menunggu saja giliran mendapatkan update secara OTA.

Silakan merujuk ke link download di bawah bagi yang ingin melakukan update secara manual ke Android 8.0 Oreo untuk Xiaomi Mi A1. Gunakan tool miflash dan pastikan driver USB untuk Mi A1 telah terinstall dengan baik di computer ataupun laptop agar proses flashing bisa berjalan dengan sempurna.

  • File Update ke Android Oreo menggunakan metode Recovery, 1084M, Link Download
  • File Update ke Android Oreo menggunakan metode Fastboot, 1396M, Link DOwnload

Semoga kehadiran Android 8.0 Oreo di Xiaomi Mi A1 menjadi hal yang positif dan mendapaykan tanggapan yang baik pula dari para penggunanya. Hal ini tentu akan menjadipertimbangan bagi pabrikan ponsel android asal China tersebut untuk terus melanjutkan lini ponsel Mi A1 dengan merilis versi selanjutnya menjadi Mi A2, Mi A3 dan seterusnya. Atau Xiaomi mencoba strategi lini bercabang seperti yang mereka hadirkan di lini ponsel sebelumnya seperti Redmi 5, Redmi 5 Plus, dan Redmi 5A. Sehingga nantinya Mi A1 menjadi bercabang menjadi Mi A1 Plus, Mi A1 Prime, dan lain sebagainya.

Update Resmi Android 8.0 Oreo untuk Xiaomi Mi A1 |Edwin Geral |4.5 | dibaca 752 kali