Xiaomi Redmi 2 dan MIUI 7

Redmi 2 MIUI 7 – Akhirnya hari ini penulis berkesempatan mencicipi MIUI 7 di Xiaomi Redmi 2. Proses install ternyata cukup mudah seperti proses update Redmi 2 di MIUI 6. Dari beberapa jam menggunakan Redmi 2 dengan MIUI 7 terlihat banyak fitur baru yang hadir seperti ukuran text yang besar hingga ukuran XXL, fitur Child Mode, fitur Do not Disturb yang baru, dan adanya pemisahan antara System apps dengan Installed apps.

Install MIUI 7 ke Xiaomi Redmi 2

Sedangkan untuk kinerja Redmi 2 dengan MIUI 7 terasa ada perubahan yang signifikan sehingga apa yang dijanjikan oleh Xiaomi jika MIUI 7 membawa perbaikan performa hingga 30% sepertinya benar adanya. Lalu bagaimana dengan kinerja baterai?, untuk sementara ini belum bisa penulis simpulkan karena perlu beberapa hari untuk mendapatkan beberapa cycle charge sebelum bisa mengambil kesimpulan bagaimana baterai bekerja di MIUI 7.

Proses install MIUI 7 di Redmi 2 sebenarnya cukup mudah. Cukup download ROM resmi MIUI 7 dari link yang tersedia di situs MIUI lalu lakukan instalasi melalu aplikasi updater tool yang sudah secara default ada di ponsel Xiaomi. Meskipun demikian, penulis akan coba tuliskan langkah demi langkah bagaimana proses instalasi MIUI 7 ke ponsel Redmi 2.

Untuk informasi awal, penulis menggunakan versi Redmi 2 standar dengan model HM2014811 dimana ROM MIUI 7 yang digunakan adalah versi Global Beta ROM 5.8.22. Meskipun demikian,penulis yakin versi ROM ini juga bisa digunakan pada semua model Redmi 2 termasuk Redmi 2 Prime yang mempunya RAM 2GB dengan internal storage 16GB.

Cara Upgrade Redmi 2 ke MIUI 7

  1. Download MIUI 7 ROM untuk Redmi 2
  2. Copy-kan ke internal storage ataupun SD Card di Redmi 2, jika download secara langsung melalui ponsel, pastikan posisi ROM tersebut disimpan
  3. Masuk ke aplikasi Tools –> Updater lalu pilih menu yang ada di kanan atas, kemudian pilih opsi “Choose update package”
  4. Lalu arahkan ke posisi dimana file ROM MIUI 7 untuk redmi 2 yang telah didownload

Ponsel secara otomatis akan reboot kemudian masuk ke Mi recovery untuk melakukan flashing ROM MIUI 7 tersebut, tunggu hingga selesai saat ponsel Redmi 2 sukses melakukan booting pertama kali maka MIUI 7 sudah terinstall dengan baik di ponsel Redmi 2. Namun perlu diketahui saat posisi flashing di 99%, janganlah panik karena itu merupakan fase terakhir ponsel Redmi 2 untuk mempersiapkan sistemnya menggunakan ROM terbaru.

Proses upgrade di atas tidak akan menghapus data ataupun aplikasi yang telah diinstall. Meskipun demikian karena ini adalah upgrade major, maka disarankan untuk melakukan reset ponsel untuk mengembalikan kondisi ponsel seperti semula. Namun tidak perlu buru-buru, dalam beberapa jam setelah proses upgrade di atas penulis belum merasakan penurunan performa sehingga penulis tetap mempertahankan apa yang sudah diinstal dan disetting.

Upgrade Redmi 2 ke MIUI 7 tanpa PC

perintahdasar.com – Sudah hampir seminggu Xiaomi merilis MIUI 7 untuk ponsel-ponselnya dan selama itu pula Redmi 2 yang menjadi ponsel pegangan penulis menjadikan MIUI 7 versi Global Stable sebagai ROM pilihan. Dan selama hamper seminggu ini, penulis merasakan peningkatan performa dan ketahan baterai serta berkurangnya panas yang berlebihan saat menggunakan MIUI 7 versi developer. Dan asyiknya juga, penulis melakukan update Redmi 2 ke MIUI 7 versi Global Stable tanpa menggunakan PC atau computer.

Proses upgrade Redmi 2 ke MIUI 7 bisa dikatakan sangat mudah, hanya bermodalkan kesabaran, zip ROM versi Global stable, kondisi baterai di 60% ke atas dan sedikit mengetahui bagaimana menggunakan aplikasi Updater yang secara default pasti menjadi bagian dari ROM MIUI.

Bagaimana dengan Redmi 2 Prime?, bisa penulis katakana sama saja. Toh, ROM yang digunakan juga sama. Jadi baik versi standar Redmi 2 maupun Redmi 2 Prime dapat menggunakan tutorial singkat di bawah ini termasuk ROM ZIP yang sama. Menyenangkan bukan?.

Proses upgrade di bawah merupakan proses update atau upgrade secara manual, karena sebenarnya proses update secara OTA sedang berlangsung, namun banyak kawan-kawan yang Redmi 2 nya masih menggunakan versi ROM China sehingga OTA update tentunya akan mendapatkan versi China pula. Jadi, tutorial di bawah merupakan cara terbaik untuk merubah ROM versi apapun di ponsel Redmi 2 atau Redmi 2 Prime menjadi versi Global Stable MIUI 7.

Cara Update Manual Redmi 2 ke MIUI 7

Proses Upgrade Redmi 2 sebenarnya ada dua metode, metode pertama dengan Fastboot ROM dan metode kedua menggunakan ZIP ROM recovery. Kali ini kita gunakan metode recovery saja dengan rasa fastboot. Jadi jangan salah download ROM, download lah ROM zip recovery dari link resmi bigota miui di bawah ini.

Redmi 2_Update_MIUI7

Langkah 1 – Download zip ROM recovery MIUI 7 Global Stable Redmi 2 di link bigota miui.
Langkah 2 – Karena langsung menggunakan ponsel Redmi 2, pastikan mengingat dimana posisi file zip tersimpan. Jika perlu pindahkan file zip tersebut ke direktori root dari microSD. Hal ini tentunya untuk memudahkan proses navigasi atau pencarian file zip tersebut ketika proses flashing dilakukan.
Langkah 3 – Setelah selesai terdownload file zip tersebut. Kini buka aplikasi Updater di folder Tool. Masuk ke opsi menu dari aplikasi updater dengan men-tap symbol tiga titik di pojok kanan atas atau liat gambar di bawah.

Langkah 4 – Pilih opsi “Select Update Package”, arahkan ke file zip recovery yang telah terdownload.

Seketika ponsel akan melakukan reboot dan masuk ke Mi recovery, tunggu sampai benar-benar selesai proses flash ROM Global MIUI 7 Stable ke Redmi 2. Jika kamu menemui proses agak lama di level 99%, jangan panic, tetap tunggu hingga selesai karena ponsel sedang benar-benar melakukan proses akhir dari flashing Redmi 2.

Saat proses flash selesai, ponsel Redmi 2 akan melakukan reboot kembali dan kini langsung muncul logo MIUI kemudian diikuti dengan pesan “Android” di posisi tengah bawah dari layar ponsel Redmi 2. Tunggu hingga benar-benar selesai, setelah selesai maka ponsel Redmi 2 sudah terupdate ke MIUI 7 Global Stable dengan memverifikasinya di bagian about phone di menu setting.

Namun, jika kamu merasa ada kejanggalan saat menjalankan MIUI 7 di ponsel Redmi 2. Maka sebaiknya lakukan reset secara total ponsel. Caranya dengan masuk ke menu recovery melalui aplikasi Updater seperti di atas. Lalu pilih “Reboot to Recovery Mode”. Kemudian saat di menu recovery, lakukan Wipe All Data di menu Wipe & Reset. Proses ini akan mereset ponsel Redmi 2 kembali seperti settingan pabrik dan tentunya resiko kehilangan data akan terjadi.

Root Redmi 2 ROM MIUI 7 Global Stable

Redmi 2 sudah terupdate ke MIUI 7 versi Global Stable dan secara out of the box sudah sangat memuaskan, namun bagi para user yang membutuhkan aplikasi dengan akses root maka proses root Redmi 2 dengan ROM MIUI 7 versi Global Stable sangatlah diperlukan.

Berikut adalah cara root Redmi 2 tanpa menggunakan PC, cukup menggunakan bawaan recovery-nya yaitu Mi recovery., sehingga tidak perlu melakukan instalasi recovery lain semacam TWRP atau Philz recovery di Redmi 2 jika hanya membutuhkan akses root.

Proses root di Redmi 2 ini cukup mudah, dimana nantinya akan terinstall aplikasi baru yang dinamakan SuperSU yang nantinya akan bertugas memberikan permission saat sebuah aplikasi membutuhkan akses root ke ponsel Redmi 2. Dan ternyata ponsel yang telah diroot menggunakan cara ini tidak menghanguskan garansi yang ada.

Proses root Redmi 2 sebenarnya cukup aman, namun meskipun demikian selalu disarankan untuk melakukan back-up data terlebih dahulu karena bisa jadi ponsel mengalami hal yang tidak diinginkan ditengah-tengah proses rooting ini. Juga dengan metode root ini, ponsel Redmi 2 akan tetap mendapatkan update secara OTA. Jadi dengan kata lain, proses root Redmi 2 dengan metode stock recovery ini adalah cara paling aman untuk tetap mendapatkan update melalui OTA dan kemampuan root.

Cara Melakukan Root di Redmi 2 tanpa PC

Cara Root Redmi 2 ROM MIUI 7 Global Stable

Langkah 1 – Download file root.zip langsung dari ponsel, selalu ingat dimana folder hasil download file zip disimpan. Disarankan untuk memindahkannya di direktori root dari microSD.
Langkah 2 – Buka aplikasi Updater di folder aplikasi Tools, sentuh ikon tiga titik di kanan atas untuk masuk ke menu aplikasi Updater, Tap opsi “Choose Update Package”, kemudian navigasikan pencarian ke file root.zip yang sudah didownload sebelumnya. Secara otomatis ponsel Redmi 2 akan reboot dan melakukan flashing secara otomatis untuk menginstall root.zip ke ponsel.
Langkah 3 – Setelah proses reboot selesai, di layar ponsel akan terlihat aplikasi SuperSU. Buka aplikasi tersebut dan lakukan update saat SuperSU memintanya. Kemudian pilih “Normal” saat aplikasi SuperSU menanyakan metode recovery mana yang akan digunakan. INGAT, jangan pilih TWRP/CWM karena akan berakibat Boot Loop.

Langkah 4 – Setelah proses instalasi update SuperSU makan akan terdapat pesan “Installation Success”.  Dan kini ponsel Redmi 2 sudah ter-root dengan baik. Jika ingin memastikan apakah proses root ini benar-benar valid, lakukan verifikasi dengan aplikasi Root Checker yang bisa didownload dari Google Play Store.

Ponsel redmi 2 kini sudah siap digunakan untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan akses root seperti Titanium Backup dan lainnya. Cukup mudah bukan cara root Redmi 2 dengan ROM MIUI 7.

Lalu bagaimana jika kita ingin melakukan UnRoot ponsel Redmi 2?, ternyata cukup mudah dan bahkan tanpa PC juga. Cukup menggunakan aplikasi SUperSU yang sebelumnya diinstal. Buka aplikasi SuperSU, pilih Settings kemudian pilih Unroot. Saat ponsel Redmi 2 selesai reboot, ponsel sudah kembali unroot kembali.

Pembaruan Terbaru Redmi 2 ke ROM 7.0.9.0 Stable

Upgrade Redmi 2 ke ROM Stable – Akhirnya setelah lebih dari sebulan sejak update major ke MIUI7 dengan ROM versi 7.0.5.0, Redmi 2 mendapatkan update kembali dengan versi ROM 7.0.9.0.KHJMICI. Pemabruan terbaru ini jika melihat dari menu What’s New yang ada di aplikasi Updater, hanya memberikan keterangan “Bug fixes and System optimizations” yang artinya update ini hanya bersifat minor dan tentu saja masih menggunakan versi Android Kitkat.

Update terbaru Redmi 2 ini penulis dapatkan secara OTA dimana kondisi ponsel Redmi 2 dalam kondisi unroot alias masih seperti kondisi di saat kali pertama Redmi 2 terupdate ke MIUI7. Jadi jika ponsel Redmi 2 kalian belum menerima update ini, maka pastikan kondisi ponsel unroot dan menggunakan versi stable MIUI7 7.0.5.0.

Lalu bagaimana dengan ponsel Xiaomi lainnya?, dari pengamatan penulis dari beberapa ponsel Xiaomi seperti Redmi Note 4G Single SIM, Xiaomi Mi4, dan Redmi Note 3G Dual SIM belum mendapatkan update kembali namun bisa saja proses update secara OTA untuk ponsel-ponsel Xiaomi tersebut sedang berlangsung atau memerlukan beberapa hari untuk mendapatkan giliran karena proses update secara OTA juga memerlukan koneksi internet yang stabil dan cepat untuk memastikan proses download update ROM tersebut berlangsung dengan lancar.

Cara Mudah Update Redmi 2 ke ROM MIUI7 7.0.9.0.KHJMICI

Redmi-2-ROM-MIUI7-7-0-9-0-Stable

Lalu bagaimana cara update Redmi 2 ke ROM 7.0.9.0.KHJMICI? jika menggunakan metode OTA yang penulis dapatkan sekarang ini maka tidak ada yang perlu dilakukan. Cukup tunggu hingga proses download ROM terbaru Redmi 2 terbaru selesai, lalu ponsel akan meminta kita untuk melakukan reboot.

Tap tombol reboot yang disediakan, lalu ponsel akan memulai proses update secara otomatis dengan pertama kali reboot kemudian masuk ke Mi recovery untuk melakukan flashing ROM Redmi 2 terbaru kemudian akan reboot lagi saat proses flashing benar-benar selesai. Lagi-lagi, di sini saat proses update di posisi 99%, maka ponsel terlihat stuck atau diam saja, tapi diamkan saja tidak usah diganggu dengan melakukan penekanan tombol apapun di ponsel, cukup menunggunya hingga selesai.

Ketika proses flashing benar-benar selesai, maka ponsel sekali lagi melakukan reboot dan untuk kali ini ponsel akan masuk ke system operasi android dengan MIUI7 versi ROM 7.0.9.0.KHJMICI. Untuk mamastikannya, silakan masuk ke menu About phone di menu setting untuk melihat versi ROM yang terinstall atau bisa juga menggunakan aplikasi Updater yang akan langsung menampilkan versi ROM terbaru yang terinstall di Redmi 2.

Redmi-2-ROM-MIUI7-7-0-9-0-Stable-about-phone

Untuk performa dari ROM terbaru Redmi 2 ini, penulis memang merasakannya lebih baik terlebih saat mengakses aplikasi facebook yang biasanya mengalami beberapa kali force close, kini di versi ROM pembaruan terbaru ini pengalaman force close lumayan berkurang. Sedangkan untuk fitur lainnya, penulis masih belum melakukan ekplorasi lebih lanjut dimana ROM Redmi 2 terbaru ini hanya minor update dan keterangan “What’s New” di aplikasi Updater hanya merujukkan kita ke bug fixes dan optimalisasi system tanpa keterangan lebih detil.

Namun meskipun demikian, proses update yang tetap diterima setelah update major di Redmi 2 menjadikan kebahagiaan tersendiri karena Xiaomi sebagai pembuat ponsel ini masih tetap memberikan perhatian meskipun sudah merilis ponsel-ponsel terbarunya seperti Redmi Note 3. Dan semoga saja untuk update berikutnya, Redmi 2 akan mendapatkan update ke Android Lollipop sebagai awal atau pembuka jalan untuk mendapatkan major update kembali dengan Android 6.0 Marshmallow di dalamnya.

Update:
Untuk yang membutuhkan Recovery ROM dan juga Fastboot ROM untuk Redmi 2 versi Stable (Global) V7.0.9.0.KHJMICI, dapat kita download melalui link download berikut ini; dan mohon dicatat jika kedua ROM di bawah tidak bisa digunakan untuk Redmi 2 Enhanced/Prime versi China dengan kode produksi HM2014813.

Changelog lengkap ROM Redmi 2 V7.0.9.0.KHJMICI;

Fix - High battery consumption on standby in Airplane mode (12-01)
System
New - Added Hebrew to system language (11-23)
Fix - Verification messages might be sent automatically (11-23)
Contacts
Fix - Prompt text error in adding new contacts to SIM card when there's no space left (11-23)