Mengatasi Masalah Browser Chrome Lambat dan Tidak Bisa Terhubung ke Internet pada di Windows 10

Browser besutan Google yang dinamakan Chrome telah menjadi pilihan utama banyak pengguna internet. Hal ini juga ditunjang dengan adanya kemudahan sinkronisasi antara chrome versi desktop dengan versi mobile di smartphone android.

Hanya saja dengan beragamnya fitur dan kelebihan browser chrome tersebut, ternyata para pengguna browser ini masih merasakan lambatnya chrome saat memuat halaman. Masalah load page Google Chrome yang Lambat di Windows 10 tentu sangat berpengaruh karena di saat yang sama jika dibandingkan dengan browser kompetitor seperti Microsoft Edge dan Mozilla Firefox tidak mengalami hal yang sama, meskipun berjalan di PC atau laptop Windows 10.

Setelah melakukan riset kecil-kecilan di internet, cara mengatasi masalah load page google chrome yang lambat di Windows 10 bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari selalu menggunakan versi browser Chrome yang terbaru, hingga perlu dilakukan pengecekan apakah jaringan internet yang digunakan saat menggunakan chrome terhubung dengan mesin proxy atau tidak. Jadi ada faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kinerja dan performa mesin browser chrome di Windows 10.

Trik Mengatasi Load Page Google Chrome yang Lambat di Windows 10

Solusi yang bisa dilakukan agar browser Google Chrome kembali kencang di Windows 10 adalah dengan melakukan 3 cara di bawah ini. Caranya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri tanpa perlu beranjak dari meja. Mari kita simak satu persatu.

1. Gunakan Versi Google Chrome Terbaru

Google selalu melakukan update ke browser Chrome guna menghadirkan pengalaman berinternet yang menyenangkan dan hal ini sangat berkaitan bagaimana kode program yang ada di browser Chrome mampu memberikan kecepatan yang mumpuni saat memuat sebuah halaman website. Apalagi dengan perkembangan software di internet yang mempunyai beragam bahasa web program mengharuskan Google untuk selalu meng-update browser bikinan mereka. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh pada browser Google Chrome versi lawas yang memiliki bug untuk kompatibilitas pada Windows 10. Bug ini tentu akan sangat berpengaruh pada kecepatan browser saat memuat halaman web tertentu.

mempercepat Load Page Google Chrome yang Lambat di Windows 10

Untuk itu pastikan browser chrome di Windows 10 telah ter-update ke versi terbaru agar masalah load page google chrome yang lambat bisa teratasi dengan sempurna. Cara updatenya pun cukup mudah yaitu dengan membuka browser chrome lalu ketikkan “chrome://settings/help” tanpa tanda kutip di address bar. Lalu pastikan Chrome telah ter-update ke versi terbaru seperti gambar di bawah ini.

2. Matikan Fitur Akselerasi Hardware di Chrome

Mesin browser Google Chrome dilengkapi dengan kemampuan mengakselerasi hardware yang ada di laptop atau PC. Akselerasi hardware yang digunakan biasanya adalah GPU (Graphic Processor Unit) yang biasanya tersedia di laptop atau PC dengan spesifikasi graphic yang bagus. Hal ini tentu tidak akan berpengaruh jika hardware dimana browser chrome digunakan memiliki spesifikasi yang dimaksudkan oleh fitur akselerasi hardware tersebut. Hanya saja di lapangan, tidak semua PC atau laptop yang menggunakan Windows 10 memiliki kemampuan graphic yang mumpuni sehingga engine browser chrome akan mensubstitusinya ke CPU.

Proses rendering saat memuat halaman atau load page google chrome akhirnya akan diproses oleh CPU yang dalam bebrapa kasus malah membuat masalah lambatnya proses load page. Untuk itu sebaiknya jika google Chrome yang anda gunakan sudah versi terbaru, maka salah satu cara mengatasi masalah load page google chrome yang lambat di Windows 10 adalah dengan mematikan fitur akselerasi hardware.

Cara me-nonaktifkan fitur ini adalah dengan cara masuk ke Settings Chrome (atau dengan jalan pintas dengan mengetik chrome://settings/system di addres bar) > Scroll kebawah lalu cari dan klik pilihan Advanced. Setelah menu Advanced setting terbuka, cari dan disable opsi Use hardware acceleration when available.

Cara Mudah Mengatasi Load Page Google Chrome yang Lambat di Windows 10

Semoga solusi kedua ini mampu untuk mengatasi masalah lambatnya load page google chrome di Windows 10. Namun jika masih dirasa lambat, maka mungkin solusi ketiga dibawah ini mampu mengatasinya.

3. Matikan Opsi Automatically Proxy di Windows 10

Di tiap browser dan tidak terkecuali Google Chrome selalu menyediakan opsi untuk menggunakan proxy. Proxy memiliki berbagai kegunaan seperti menyembunyikan alamat IP yang kita gunakan, atau menjadi jembatan atau penghubung agar anda bisa terhubung ke internet. Di masalah load page google chrome yang lambat di Windows 10, setingan Automatically Proxy yang secara default telah aktif di menu pengaturan Windows 10 menjadi sebab Chrome lambat dalam memuat halaman web.

Trik ini perlu dicoba sebagai salah satu solusi mempercepat proses kerja browser chrome di Windows 10. Untuk bisa menonaktifkan fitur proxy di browser chrome pada Windows 10 bisa menggunakan langkah berikut di bawah ini.

Untuk mematikan fitur ini caranya, di Windows 10 masuk ke menu Settings Windows > Network & Internet > Proxy, lalu pada bagian Automatic proxy setup silahkan disable opsi Automatically detect settings.

Mengatasi Load Page Google Chrome yang Lambat di Windows 10

Tiga trik di atas perlu dilakukan sebagai solusi mengatasi load page browser Google Chrome yang terasa lambat di Windows 10. Lakukan secara berurutan dan setiap mengaplikasikan 1 trik langsung saja dipraktekan dengan menutup terlebih dahulu browser Google Chrome kemudian membukanya kembali. Jika dirasa perlu, lakukan pembersihan cache yang biasanya tersimpan sementara di data cache menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner ataupun WinOptmizer.

Merubah MAC Address

Merubah MAC Address – MAC address adalah singkatan dari Media Access Control yang bertugas sebagai penanda unik atau alamat fisik untuk setiap kartu jaringan termasuk Wi-Fi dan LAN Card. Fungsi dari kartu jaringan atau network card adalah untuk terhubung ke computer lain.

Untuk terhubung ke komputer lain diperlukan sebuah alamat IP untuk mengindentifikasi computer atau laptop di sebuah jaringan atau network. Namun selain alamat IP, yang tak kalah pentingnya adalah MAC address. Di sini kita akan memberikan tutorial singkat bagaimana merubah MAC address di Windows 10.

Kartu jaringan merupakan sebutan yang umum digunakan untuk menyingkat kartu Antarmuka Jaringan yang mana sering kita gunakan istilah dalam Bahasa Inggrisnya yaitu NIC. Setiap NIC atau Network Interface Card mempunyai alamat MAC layaknya alamat pos dimana akan membawa setiap paket data untuk mencapai computer tujuan melalui NIC yang cocok. Alamat IP merupakan bagian dari NIC sedangkan MAC adalah alamat fisiknya.

Cara Merubah MAC Address di Windows 10

  • Langkah 1 – Klik kanan pada logo Jendela di pojok kiri bawah pada Windows 10.
  • Langkah 2 – Pilih menu Device Manager
Right-Click-Windows-10-Menu
  • Langkah 3 – Buka “Network Adapters”, lalu klik kanan pada network adapter target kemudian klik kanan untuk masuk ke properties
Network-adapter-windows-10
  • Langkah 4 – Masuk ke menu properties, kemudian pilih Tab Advanced
Network-adapter-properties
  • Langkah 5 – Klik opsi “Network Address”.
  • Langkah 6 – Klik tombol “Value Radio” yang ada di sebelah kanan
Advanced-tab-network-adapters
  • Langkah 7 – Masukkan nilai MAC address yang baru

Kini kartu jaringan atau network card memiliki MAC address yang baru. Perubahan alamat MAC ini hanya bersifat sementara, jika laptop atau PC di-reboot maka alamat MAC yang lama atau aslinya akan aktif kembali. Jika ingin merubah MAC address network card yang lain silakan mengulangi langkah yang sama seperti di atas. Perlu diperhatikan juga, tidak semua NIC card mempunyai fitur memasukkan nilai MAC alias kartu jaringan tersebut memang disetting fix oleh pabrik pembuatnya.

Modem Tidak Bisa Connect

Modem Tidak Bisa Konek di Windows 10 – Terhubung ke internet sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap orang sehingga perangkat apapun yang digunakan harus mendukung hal ini, termasuk juga pada sistem operasi Windows 10 dari Microsoft.

Namun terkadang update yang terdapat di setiap versi build Windows 10 terkadang membawa masalah tersendiri, seperti perlunya mengatasi modem tidak bisa terkoneksi di windows 10, meskipun dalam kejadian aktualnya hal ini jarang sekali terjadi.

Tetapi meskipun demikian tidak ada jaminan jika setiap update yang Anda terima di Windows 10 akan benar-benar terbebas dari bug, hal ini juga yang menyebabkan raksasa Software dari Richmond, Amerika ini selalu memberikan update bagi para pengguna Windows 10.

Dan kejadian dimana modem tidak bisa konek di Windows 10 akhirnya terjadi pada update Windows 10 Creator beberapa waktu yang lalu, bug ini berhubungan dengan konektifitas dialup yang menyebabkan modem USB eksternal tidak dapat terkoneksi ke Internet. Dan tentu pengalaman ini menjadi hal yang menjengkelkan terlebih jika hal ini terjadi pada Anda yang tidak mempunyai koneksi alternatif melalui WiFi atau jaringan kabel LAN.

Error peringatan 633 merupakan bug yang diakibatkan oleh update Windows 10 dimana saat Anda mencoba mengkoneksikan modem, maka jaringan internet akan otomatis diskonek dengan sendirinya. Masalah koneksi dialup modem yang tidak bisa konek ke internet ini sebenarnya hanya terjadi pada modem yang menggunakan mode RAS, sementara bila pada settingan modem yang menggunakan mode NDIS, kejadian ini tidak muncul dan tidak ada masalah.

mengatasi modem tidak bisa connect di windows 10

Akan tetapi tidak semua modem mendukung mode NDIS, sehingga diperlukan perubahan setting bagi pengguna Windows 10 dengan modem yang hanya mendukung mode RAS. Berikut adalah langkah-langkah sederhana guna mengatasi masalah modem tidak bisa konek di Windows 10.

Mengatasi modem tidak bisa connect di windows 10

Untuk menyelesaikan masalah tidak bisa terkoneksinya modem dial-up ke Internet di Windows 10, maka diperlukan beberapa tweak atau modifikasi registry Windows sebagai berikut:

1. Buka Windows RUN (tekan tombol kombinasi “Windows + R” di keyboard), lalu ketik “regedit” untuk membuka registry.
2. Di registry, navigasi ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\RasMan

Modem Tidak Bisa Konek di Windows 10


3. Rubah key value bernama RequiredPrivileges dengan cara men-double klik untuk mengeditnya
4. Kemudian pada halaman edit string, tambahkan value SeLoadDriverPrivilege kemudian simpan teks tambahan di paling bawah

5. Kini klik Ok untuk memastikan perubahan yang dilakukan di atas akan disimpan (klik ok jika muncul peringantan)
6. Lakukan proses Restart PC atau Laptop guna memastikan settingan registry di atas berlaku, kini coba kembali untuk mengkoneksikan modem untuk mengetahui hasilnya.

Jika langkah pengeditan registry di atas dilakukan dengan benar, maka modem dial-up dapat dipastikan bisa terkoneksi kembali ke Internet. Jika masalah modem tidak bisa konek ke Windows 10 masih terjadi, maka perhatikan kembali langkah-langkah pengeditan registry di atas, perhatikan juga gambar yang disertakan untuk memastikan registry di Windows 10 yang Anda gunakan sudah menggunakan value atau nilai yang disarankan di tutorial di atas.

Windows 10 sebagai sistem operasi terbaru dari Microsoft merupakan sistem operasi yang cocok kami gunakan setelah Windows 7. Karena banyaknya fitur dan perbaikan bug yang akhirnya membuat Windows 10 menjadi pilihan terbaik untuk upgrade pengguna Windows 7 meskipun masih ada beberapa bug yang perlu diatasi oleh tim developernya seperti masalah yang berkaitan dengan konektifitas internet setelah update yaitu Wireless Driver (WiFi) yang tidak langsung terdeteksi, dan tentunya hal ini perlu diatasi dengan segera seperti apa yang kita lakukan dengan modem di atas yaitu dengan mengatasi modem tidak bisa connect di windows 10.

Disable Driver Signature Enforcement di Windows 8 dan Windows 10 64-Bit

Disable Driver Signature Enforcement Windows 10 – Berikut adalah tutorial yang sejak lama tertahan di folder draft penulis yaitu bagaimana cara yang mudah men-disable driver signature enforcement pada Windows 8 dan Windows 10 64-bit. Hal ini sangat dibutuhkan saat kita melakukan proses instalasi beberapa driver yang dibutuhkan saat melakukan proses flash ke ponsel-ponsel Xiaomi generasi terbaru termasuk Xiaomi Mi5.

Proses men-disable driver signature enforcement pada Windows 8 dan Windows 10 64-bit dapat dilakukan dengan dua cara, dimana cara pertama adalah cara yang tidak permanen alias hanya dilakukan saat proses instalasi driver-driver yang kita butuhkan saja, atau cara kedua yang akibatnya adalah permanen yang tentunya akan berakibat pada driver-driver yang terkadang tidak perlu kita install.

Silahkan saja dipilih yang sesuai dengan kebutuhan, yang pasti ditutorial “Cara Mudah Disable Driver Signature Enforcement pada Windows 8 dan Windows 10 64-Bit”, penulis akan menuliskan kedua cara tersebut.

Cara Sementara atau tidak permanen

  • Langkah 1: Masuk ke menu Shutdown/Restart lalu tekan dan tahan tombol SHIFT sembari meng-klik menu Restart yang ada di layar PC atau laptop.
  • Langkah 2: Saat PC atau laptop melakukan proses reboot, kini pilih opsi menu “Troubleshoot” seperti gambar yang tertera di bawah ini:
  • Langkah 3: Pilih opsi Advanced seperti terlihat di gambar berikut:
  • Langkah 4: Pilih “Startup Settings” untuk measuk ke menu seting startup seperti tertera di gambar bawah ini.
  • Langkah 5: Klik tombol Restart yang ada di pojok kanan bawah layar dari menu “Startup Settings” untuk memulai proses reboot PC/Laptop,
  • Langkah 6: Kini saat proses restart “Startup Settings” di windows, tekan tombol F7 key yang ada di keyboard untuk memilih opsi “Disable driver signature enforcement“ seperti terlihat di gambar di bawah :
  • Langkah 7: Kini PC atau laptop akan melakukan proses reboot. Dan kita bisa memulai proses instalasi driver yang dibutuhkan yang masuk kategori “Unsigned Drivers” dengan meng-klik menu pilihan “Install this driver software anyway” seperti yang tampil di gambar di bawah ini.

Cara Permanen Disable Driver Signature Enforcement:

  • Langkah 1: Tekan dan tahan tombol logo Windows yang ada di PC atau laptop sembari menekan klik kanan mouse pada posisi logo Windows yang ada di pojok kiri bawah layar, lalu klik “Command Prompt (Admin)” seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini;
  • Langkah 2: Ketikkan perintah di terminal Command Prompt yang tertera di gambar di bawah ini:
  • Langkah 3: Kini reboot PC atau laptop, setelah proses reboot selesai maka opsi “Signing Enforcement” telah ter-disable.

Lalu bagaimana jika ingin meng-enable kembali “Driver Signature Enforcement” ?, caranya sama dengan langkah 2 tetapi kode atau perintah command prompt-nya adalah seperti tertera di gambar berikut: