Cara Update Redmi 3

Update Redmi 3 cukup mudah dilakukan menggunakan fasilitas OTA yang sudah tersedia otomatis. Namun dari beberapa cerita pengguna hp ini, banyak yang tidak mendapatkan update karena ROM yang digunakan versi abal-abal alias versi distributor.

harga xiaomi redmi 3 bekas

Untuk itu perlu melakukan flash ulang menggunakan ROM resmi dari Xiaomi. Caranya cukup mudah dan bisa dilakukan dengan cepat asal sesuai urutan langkahnya.

Pada saat kali pertama Redmi 3 muncul, ROM yang digunakan adalah MIUI V7.0.8.0 yang mempunyai banyak kelemahan, dan hal ini sudah diatasi di versi ROM berikutnya yaitu V7.1.1.0.LHPCNCK. Jadi jika ROM di hp masih versi lawas, maka sebaiknya kamu update ROM tersebut.

Spesifikasi dan Harga Redmi 3

Redmi 3 kali pertama dirilis pada awal January 2016 yang banyak mengejutkan para fans Xiaomi karena sangat berdekatan dengan peluncuran Redmi Note 3.

Hp ini dirilis dengan harga yang sangat kompetitif dikisaran Rp 1.500.000 meskipun harga ini masih bisa berubah melihat pergerakan kurs dollar dan biaya lainnya. Smartphone ini sudah mendukung konektivitas 4G LTE yang disyaratkan harus memenuhi unsur TKDN yang menjadi kepentingan pemerintah untuk melindungi industri manufaktur ponsel dalam negeri.

Baca juga: Review Redmi 3 Setelah Pemakaian Selama 1 Tahun

Dengan menggunakan processor QualComm Snapdragon 616 MSM8916v2 1.5Ghz octa-core, RAM 2GB dan internal storage 16GB. Telah menjadi poin yang menarik para fans android disamping dengan adanya penggunaan layar 5.2 inch beresolusi 1280×720 pixels dan kamera belakang 13Mega pixels dan kamera depan 5Mega pixels dan baterai yang berkapasitas besar 4100mAH yang cukup digunakan selama 4 hari sebelum di-charge kembali.

Jika versi MIUI yang digunakan di hp yang kamu punya masih di versi V7.0.8.0 maka sebaiknya lakukan proses update ke versi MIUI terbaru. Untuk kali ini yang beredar adalah versi MIUI 7.1.1.0 dengan beragam perbaikan pada kinerja dan performa termasuk performa baterai. Proses update ini juga bisa menggunakan metode OTA, namun jika dirasa proses OTA tidak bisa ditunggu lagi maka silakan download stock ROM MIUI V7.1.1.0.LHPCNCK Redmi 3 dari download link berikut.

Untuk melakukan proses update juga cukup mudah dengan menggunakan aplikasi updater yang sudah tersedia di folder tool. Yang perlu dilakukan hanya mendownload file Rom ZIP recovery di link download di atas ke ponsel, kemudian buka aplikasi Updater ->Masuk ke menu dengan menekan symbol tiga titik di kanan atas, kemudian pilih “Choose Update Package” , arahkan ke file ROM ZIP yang telah didownload.

Tunggu beberapa saat, ponsel Redmi 3 akan secara otomatis reboot untuk melakukan proses flashing melalui Mi recovery. Saat proses flash benar-benar selesai maka ponsel akan reboot kembali secara otomatis untuk melakukan boot-up pertama kali menggunakan versi MIUI terbaru.

Cara Mudah Upgrade Redmi 3 dengan Metode Fastboot

Ponsel Redmi 3 yang beredar di pasaran dengan garansi distributor banyak ditemui bermasalah, mulai dari permasalahan baterai yang boros hingga banyaknya aplikasi tidak jelas yang akhirnya menjengkelkan pengguna.

Hal ini dikarenakan ROM yang digunakan di ponsel ini bukanlah versi resmi yang tentunya tidak didukung oleh Xiaomi sebagai pembuat ponsel. Hal ini tentunya akan berpengaruh besar terhadap kinerja ponsel.

harga redmi 3 pro bekas

Untuk itu perlu dilakukan proses flashing guna menggunakan versi ROM MIUI yang resmi namun kendala bootloader terkunci atau lock bootloader membuat ponsel Redmi 3 tidak bisa diflash dengan metode fastboot ROM pada umumnya seperti pada metode flash Fasboot ROM pada Redmi 2.

Baca juga: Cara Flash Redmi 2 Menggunakan Metode Fastboot

Namun jika melihat kembali proses update Redmi 3 ke ROM MIUI resmi, ternyata hanya berbeda dikondisi ponsel, dimana dalam metode flash fastboot ROM yang biasa kita kenal ponsel harus dalam kondisi fastboot, maka di Redmi 3 bukan dalam kondisi fastboot melainkan dalam kondisi Download.

Di bawah ini penulis akan mencoba memberikan tutorial sederhana cara mudah melakukan flashing Redmi 2 dengan metode Fastboot menggunakan fastboot ROM MIUI yang resmi. Namun sebelum melakukan proses flashing, perlu diperhatikan beberapa hal sebagai berikut;

  1. Untuk sementara ini gunakan Windows 7 64 bit atau Windows 10 64 bit.
  2. Download MiFlash Tools terbaru lalu install, kemudian pastikan driver Redmi 3 terinstall dengan baik. MiFlash Tools terbaru berisi tool dan driver Google ADB, driver Microsoft MTP dan RNDIS, driver Qualcomm USB serial dan program Xiaomi Miflash.
  3. Download Fastboot ROM Redmi 3 yang resmi langsung dari website Xiaomi, ekstrak ke root folder di directory C atau D, disarankan ke directory D.

Setelah tiga hal tersebut diatas terpenuhi, kini kita akan melanjutkan proses flashing Redmi 3 ke ROM MIUI 7.1.3.0.

Baca juga: Mengatasi Masalah yang Muncul di Xiaomi Redmi 3

Cara Mudah Upgrade Redmi 3

  • Langkah 1 – Shutdown ponsel Redmi 3
  • Langkah 2 – Tekan tombol Volume Up + Tombol Power secara bersamaan, tahan hingga muncul menu pilihan. Pilih DOWNLOAD Mode, JANGAN Fastboot Mode. Lalu layar Redmi 3 akan mati.
  • Langkah 3 – Kini sambungkan ponsel Redmi 3 ke laptop atau PC, disarankan menggunakan laptop dengan baterai yang masih oke, menggunakan kabel microUSB yang ada. Di tahap ini, laptop akan mendeteksi Redmi 3 untuk melakukan instalasi driver Qualcomm.
  • Langkah 4 – Kini jalankan MiFlash Tool, Xiaomi Redmi 3 akan terdeteksi di port COM1, jika hal ini tidak terjadi maka cek kembali proses instalasi driver Qualcomm.
  • Langkah 5 – Kini seperti proses flash Fastboot ROM lainnya, tekan tombol Browse di program MiFlash, pilih folder dimana hasil ekstrak Fastboot ROM Redmi 3 disimpan.
  • Langkah 6 – Tekan tombol Refresh untuk memastikan ponsel Redmi 3 terdeteksi di Miflash tool, jika sudah terdeteksi dengan baik, kini lakukan proses flashing denagn menekan tombol Flash. Tunggu hingga proses Flash benar-benar komplit, Jika agak lama di kondisi 99%, jangan panik, tunggu saja hingga benar-benar selesai dimana nantinya tool MiFlash akan memunculkan pesan “Completed”.
  • Setelah pesan “Completed” muncul, kini nyalakan ponsel Redmi 3, saat proses kali pertama booting akan sedikit lama, tunggu saja hingga nanti muncul pesan Welcome di layar. Setelah proses booting selesai, maka aka nada pilihan 2 bahasa, pilih 1 untuk pilihan Bahasa Inggris.
  • Lanjutkan seperti biasa sesuai dengan wizard yang ada di ponsel. Kini ponsel Redmi 3 telah terbebas dari ROM yang tidak jelas dan mulai kehidupan baru dengan versi ROM resmi dari Xiaomi dengan MIUI 7.1.3.0. Kini bisa dilanjutkan dengan melakukan instalasi Google Apps menggunakan Google Installer.

Setelah ini semoga ponsel Redmi 3 segera mendapatkan upgrade ke versi MIUI 7.2 melalui OTA sehingga tidak perlu lagi melakukan proses flashing Fastboot ROM seperti di atas karena sudah menggunakan versi resmi dari ROM MIUI. Di MIUI 7.2 untuk Redmi 3 akan menghadirkan beberapa fitur unggulan seperti :

  • Move files, photos, and apps to your new Mi Phone with Mi Mover.
  • Improved Find device: locate, lock, and erase your phone remotely.
  • Customize Wallpaper Carousel, add images to favorites, and share them with friends.

Demikian tutorial singkat yang bisa saya bagikan, semoga dapat membantu pengguna Redmi 3 yang merasa ponselnya tidak menggunakan versi ROM yang resmi atau ROM abal-abal dan beralih ke versi resmi MIUI 7 untuk menyelesaikan problem baterai yang boros dan banyaknya iklan di Redmi 3.