TV Streaming Gratisan di STB Huawei dan Perfect Player

2 min read

Sudah setahun ini Saya meninggalkan TV satelit untuk berpindah ke TV streaming internet yang lebih banyak jangkauan channelnya. Dimulai dari keterbatasan satelit yang bisa dilock dengan dish parabola berukuran kecil yang saya punya serta mulai macetnya jalur fly TV berbayar, memaksa saya mencari alternatif lain untuk menikmati channel-channel favorit.

Mononton TV online di STB Huawei

Pilihan ke TV internet adalah pilihan yang masuk akal, karena koneksi internet menggunakan Fiber Optic melalu provider plat merah sudah lama dinikmati tanpa ada kendala yang berarti. Hanya saja jika menggunakan laptop dan komputer PC untuk menonton TV internet tentunya akan mengurangi keluwesan dan posisi santai saat menonton TV. Bakal ga asyik hanya untuk menonton TV harus menggunakan laptop yang terhubung ke TV LED 32 inch menggunakan kabel HDMI, sesuatu yang gak praktis dan merepotkan anak istri jika mereka ingin menonton.

Pilihan lainnya dari proses menonton TV streaming adalah menggunakan perangkat Set Top Box. Perangkat ini sebenarnya ditawarkan oleh provider plat merah yang Kami pakai, tetapi sepertinya ada keterbatasan fungsi di STB berbasis Android. Lha hp android aja dioprek-oprek sampe bisa diganti dengan custom ROM, tentu STB yang masih bawaan tidak akan mempunyai kemampuan yang lebih dari seharusnya misalkan bisa digunakan untuk menikmati Kodi, Youtube dan Perfect Player.

Akhirnya labuhan terakhir adalah menggunakan Set Top Box plat merah yang sudah root. Set Top Box TV streaming yang digunakan adalah Huawei STB EC6108V9 yang memiliki desain compact dan sesuai dengan kebutuhan. Kami membelinya di marketplace, maka beli yang sudah root. Kenapa harus root?, karena nantinya akan digunakan untuk menonton TV streaming dari provider swasta yang banyak menawarkan harga murah dengan channel premium yang banyak.

Menonton TV Streaming dengan Perfect Player

Untuk menonton TV streaming banyak software yang bisa diinstall langsung ke STB Huawei EC6108V9 seperti Kodi dan Perfect Player. Hanya saja setelah banyak bertanya sana-sini ke para provider TV streaming swasta, banyak dari mereka menggunakan Perfect Player sebagai player utamanya. Jadi untuk sementara ini, selain aplikasi Youtube untuk menonton streaming video online terdapat juga Kodi dan Perfect Player sebagai aplikasi untuk menonton TV internet.

Perfect Player merupakan player yang cukup sederhana, simple dalam pengoperasiannya, dan yang paling Saya suka adalah support script pastebin. Jadi dengan memanfaatkan gratisan akun pastebin, sudah bisa mendaftarkan banyak channel TV streaming untuk dinikmati bersama keluarga

Cara Memasukkan Link TV Streaming di Perfect Player

Untuk menonton TV streaming menggunakan Perfect Player, Anda harus memasukkan link URL ke menu konfigurasi Perfect Player. Hal ini penting agar Perfect Player tahu darimana dia mengambil daftar channel TV streaming yang akan kita tonton.

Saya sendiri mencoba untuk memasukkan channel TV online Indonesia dan beberapa TV online Luar Negeri yang hingga saat ini masih gratis dan bisa dinikmati. Tetapi jika ada channel yang mati, Saya mohon maaf karena kesibukan dan hal lainnya belum bisa mengupdate daftar TV internet yang dikumpulkan di pastebin. Untuk memulai menikmati TV internet di Perfect Player silakan merujuk ke panduan singkat berikut ini:

  • Pastikan aplikasi Perfect Player telah terinstall di Set Top Box yang Anda punya.
  • Pastikan STB telah terkoneksi dengan internet.
  • Buka aplikasi Perfect Player menggunakan remote.
  • Setelah aplikasi Perfect Player terbuka, kini masuk ke menu setting dengan menekan tombol menu hamburger yang ada di remote.
  • Kini tekan “main Menu”, lalu arahkan ke opsi pengaturan dengan ikon roda.
  • Masuk ke menu General, lalu ketikkan link URL pastebin ke salah satu Playlist yang ada di menu IPTV Data Server (https://pastebin.com/RT612ZBh)
  • Kini tekan tombol  back yang ada di remote untuk kembali ke tampilan utama Perfect Player.
  • Tanda sudah terkoneksinya Perfect Player ke link pastebin adalah munculnya sejumlah channel di aplikasi Perfect Player, pilih satu dari mereka dan tekan tombol OK yang ada di remote STB.

Dari list pastebin yang telah diinput ke Perfect Player, terdapat banyak channel TV streaming seperti tv online Indosiar, tv online rcti, tv online bola, tv online trans7, streaming tv one, tv streaming sctv, tv streaming antv, tv online mnctv, dan banyak lagi channel tv online lainnya. Untuk channel premium seperti live streaming bein sport silakan dicoba saja apakah masih bisa cling atau sudah gelap.

Kesimpulan

TV streaming menggunakan media internet sudah merambah ke ruang keluarga menggantikan TV satelit dan TV terrestrial. Hal ini menjadi sebuah keniscayaan yang harus dihadapi oleh para pemilik stasiun TV. Di pihak lain, banyak provider TV streaming menyediakan tawaran channel TV premium dengan harga terjangkau, dan asyiknya provider ini tidak hanya para provider besar yang berlomba-lomba menggaet pelanggan tetapi juga para provider perorangan yang menjalankan TV streaming menggunakan metode restreaming. Menarik.

0