Tips Hindari Ponsel Meledak

Ponsel pintar sudah kini sudah menjadi salah satu kebutuhan utama terutama bagi masyarakat yang hidup di kota besar. Bahkan hal ini merambah ke desa-desa sebagai saluran komunikasi dan hiburan termasuk bermain game mobile yang makin marak. Tentu saja penggunaan ponsel yang intensif seperti bermain game telah malampui spesifikai wajar dari sebuah ponsel sehingga kini sering ditemui kejadian ponsel meledak. Lalu bagaimana sih cara menghindari ponsel meledak?.

Tips Agar Ponsel Tidak Meledak

Dalam beberapa kasus ponsel meledak ditemukan adanya keterkaitan erat antara ponsel dan baterai yang digunakan. Walaupun dalam kasus tertentu adanya kesalahan pabrikan, tetapi pada umumnya kejadian ponsel meledak dapat dihindari jika pengguna ponsel mengerti batas-batas yang harus dilakukan saat menggunakan ponsel. Dan hal ini tentu saja akan berguna jika tips menghindari ponsel meledak di bawah ini dilakukan dengan baik.

5 Tips Menghindari Ponsel Meledak

  1. Gunakan Charger Bawaan

Setiap membeli ponsel baru pasti disertakan charger yang telah disesuaikan oleh pabrikan pembuatnya, gunakan charger bawaan tersebut karena memiliki kemampuan yang telah disesuaikan dengan kapasitas daya baterai. Tentunya hal ini juga telah menjalani pengontrolan mutu yang ketat yang menjadi SOP pabrikan sebelum merilisnya ke pasar.

Tetapi dalam prakteknya di masyarakat, sering kita temui adanya proses jual beli ponsel bekas tanpa menyertakan charger bawaan. Kerap kita temui istilah “batangan” untuk ponsel yang dijual tanpa ada charger alias ponsel itu sendiri dan hal ini akhirnya menggunakan charger yang ada di rumah atau menggunakan charger keluaran pihak ketiga.

Jika hal ini terpaksa dilakukan, maka cari informasi charger orisinil dari ponsel yang dimiliki memiliki kemampuan pengisian daya baterai di berapa mAH, lalu sesuaikan dengan charger yang akan digunakan. Jangan gunakan charger dengan kemampuan melebihi apa yang disarankan oleh pabrikan pembuat ponsel, jangan karena ingin cepat penuh saat pengisian daya malah menyebabkan masalah lain yaitu ponsel meledak.

Dan pastikan kabel charger dilepas saat ponsel telah terisi penuh walaupun di ponsel pintar terbaru sudah mampu melakukan cut-off otomatis arus yang masuk ke ponsel saat baterai sudah full 100%. Jadi tidak ada salahnya melakukan pencegahan dibandingkan adanya potensi kejadian ponsel meledak karena over-charge atau pengecasan yang berlebihan.

Hal ini dikarenakan saat adanya over-charge, ponsel menjadi panas dan berpotensi menyebabkan hubung singkat atau korslet yang bisa berujung pada ledakan.

  1. Posisikan Ponsel di tempat Aman saat Melakukan Charging

Ada kasus di mana seorang ibu hamil di tahun 2017 silam terluka akibat ponsel Samsung Galaxy S5 nya meledak saat di-charge di dekat Kasur. Untung saja nyawa sang ibu dan kandungannya selamat meskipun telapak tangan terkena lukar bakar yang cukup parah.

Dari kasus tersebut ada pelajaran yang bisa kita ambil hikmahnya, yaitu jangan meletakkan ponsel saat di-charge di tempat yang tidak aman. Hal ini sering ditemui pada orang-orang yang begitu kecanduannya dengan ponsel mereka sehingga saat di tempat tidur pun ponsel tetap dibawa dan akhirnya tergeletak Kasur karena tertidur. Jika ponsel saat tidak digunakan tersebut masih bekerja seperti menonton video lewat youtube atau bermain game dan tehubung ke kabel untuk mengisi daya, hal ini akan berpotensi ponsel menjadi panas dan bisa berakibat fatal yaitu ponsel meledak. Ledakan di tempat tidur yang rawan dengan api tentunya akan sangat berbahaya dan mampu menimbulkan kebakaran.

  1. Usahakan Ponsel dalam kondisi tidak panas

Ponsel yang intensif digunakan secara terus menerus akan mulai terasa panas apalagi secara bersamaan melakukan proses pengisian daya atau nge-charge. Untuk itu sebisa mungkin jangan gunakan ponsel saat di-charge dan jika ponsel sudah terasa panas, isitirahatlah terlebih dahulu dengan meletakkannya agar ponsel mendapatkan kesempatan untuk dingin kembali.

Jika anda benar-benar kecanduan dengan game mobile yang saat ini marak, gunakan ponsel yang memang mempunyai spesifikasi gaming dan tentu saja memiliki bandrol harga yang cukup lumayan menguras dompet.

  1. Jangan Menekan Ponsel

Jamak dijumpai ponsel yang terjatuh mengalami korslet sehingga memperparah efek jatuhnya, hal ini dikarenakan kualitas baterai yang tidak baik. Dan selain karena terjatuh, ponsel yang sering mengalami posisi tertekan seperti tergencet karena berada di saku dapat mengakibatkan baterai bocor yang berpotensi memicu adanya ledakan ponsel.

Untuk itu usahakan untuk menyimpan ponsel di saku baju yang bebas dari tekanan layaknya di saku celana. Hanya saja tetap berhati-hati karena bisa saja jatuh saat tanpa sengaja kita menunduk. Jadi selalu waspada saja saat dimana ponsel berada di saku pakaian kita. Jangan sampai kita menghindari ponsel tergencet tetapi malah terjatuh dan menyebabkan resiko kerusakan juga.

  1. Ganti Jenis Ponsel yang Meledak dengan tipe yang lain

Saat ada berita ponsel meledak, langsung cari tahu apakan tipe ponsel tersebut sama dengan tipe yang anda gunakan. Jika iya, maka sebaiknya ganti dengan tipe yang lain. Hal ini merupakan sebagai tindakan berjaga-jaga adanya kegagalan desain di ponsel yang meledak.

Demikian lima tips menghindari ponsel meledak yang bisa anda pertimbangkan agar terhindar dari resikonya karena keselamatan itu sangat diutamakan. Jangan sampai anda menyesal di kemudian hari dikarenakan anda tidak mengindahkan tips menghindari ponsel meledak.

Tips Hindari Ponsel Meledak |Edwin Geral |4.5 | dibaca 62 kali