Cara Mudah Melakukan Root dan Unroot Redmi Note 3G tanpa PC

4 min read

Ponsel Redmi Note 3G akhirnya mendapatkan giliran update ke MIUI 7 meskipun sedikit terlambat dari Redmi 2 atau Redmi Note 4G, namun hal ini ternyata tidak mengurangi kegembiraan para pengguna ponsel Redmi Note 3G.

Unroot dan Root Redmi Note 3G tanpa PC

Dan seperti di ponsel Redmi lainnya, setelah update ke versi yang lebih tinggi maka selalu para pengguna mencari cara bagaimana melakukan root ke ponsel.

Tentunya yang dicari oleh para pengguna ponsel android dalam melakukan root ke ponsel mereka masing-masing adalah mencari yang termudah dan sebisa mungkin tanpa PC. Dan beruntunglah para pemilik Redmi Note 3G, karena kali ini penulis mencoba membagi pengalaman penulis dalam melakukan root pada ponsel Remi Note 3G tanpa menggunakan PC.

Baca juga: Aplikasi Pembersih RAM

Cara melakukan root Redmi Note 3G tanpa PC tidaklah sulit bahkan cukup mudah. Metode root ini tidak membutuhkan custom recovery seperti yang dibutuhkan saat melakukan root pada Xiaomi Mi4i, atau menggunakan versi MIUI yang spesifik atau prasyarat lainnya.

Di tutorial kali ini, cukup dengan mendownload file Zip untuk root kemudian flashing menggunakan Mi recovery, sehingga rooting pada Redmi Note 3G dapat dilakukan tanpa menggunakan PC.

Proses root Redmi Note 3G tanpa PC dapat juga diaplikasikan pada semua versi ROM standar Redmi Note 3G seperti versi China, Global Stable dan Global Dev.

Yuk baca: Kelebihan Xiaomi Mi 4i, Spek Tinggi Harga Rendah

Yang dibutuhkan hanyalah melakukan flashing menggunakan recovery bawaan Xiaomi yaitu Mi recovery. Namun metode ini hanya benar-benar bekerja pada ponsel Redmi Note 3G yang sama sekali belum dilakukan root dengan metode apapun karena dikhawatirkan akan terjadi konflik dengan aplikasi super user yang telah terinstall sebelumnya dengan metode root tersebut.

Cara Melakukan Root Redmi Note 3G tanpa PC

Berikut adalah cara melakukan root Redmi Note 3G tanpa PC yang bisa kita lakukan secara langsung di ponsel. Ingat, proses ini hanya dapat digunakan pada ponsel Redmi Note 3G. Untuk ponsel lainnya, silakan menggunakan tombol search di kanan atas untuk mencari ponsel android yang diinginkan.

  • Langkah 1 – Download File HM_Note_3G_SuperSU.zip, pindahkan ke directori root pada MicroSD atau internal storage ponsel.
  • Langkah 2 – Masuk ke aplikasi Updater yang ada di folder Tools di ponsel
  • Langkah 3 – Pilih tanda titik tiga di kanan atas untuk masuk ke menu, pilih “Choose Update Package”, kemudian arahkan ke file Zip yang telah di download. Otomatis ponsel akan melakukan reboot dan masuk ke Mi recovery untuk melakukan flashing file xip tersebut
  • Langkah 4 – Setelah proses flashing selesai, ponsel akan reboot kembali. Setelah proses reboot selesai, buka aplikasi SuperSU yang terinstall saat flashing di langkah 3. Aplikasi SuperSU akan meminta untuk melakukan update SU binary, pilih Normal untuk metode updatenya. Jangan pilih TWRP/CWM karena bisa berakibat boot-loop.

Setelah proses update binary selesai, maka ponsel kini telah dalam kondisi root. Untuk memverifikasinya, silakan download aplikasi Root Checker dari Google Play Store.

Cara Unroot Redmi Note 3G

Jika ingin melakukan unroot pada Redmi Note 3G, cukup dengan menghapus aplikasi SuperSU yang ada, setelah benar-benar komplit proses uninstall-nya maka ponsel Redmi Note 3G sudah kembali ke posisi unroot.

Dari berbagai ponsel yang penulis gunakan, proses root dan unroot pada ponsel seri Redmi menjadi yang termudah meskipun tidak semua ponsel keluaran memiliki metode yang sama seperti yang penulis temukan di Mi4i dan Mi3.

Update Manual Redmi Note 3G

Akhirnya update terbaru untuk Redmi Note 3G ke MIUI 6 dirilis oleh Xiaomi. Update ini membawa banyak perbaikan pada bug, optimalisasi fitur dan fitur baru sebagai jawaban dari banyaknya rikues yang diutarakan oleh pengguna Redmi Note 3G.

Perubahan yang sangat mencolok dalam update terbaru Redmi Note 3G ke MIUI 6 V6.6.1.0 adalah adanya fitur baru sinkronisasi tampilan home screen ke Mi Cloud yang juga dapat ditemukan pada versi ROM terbaru pada Redmi 2, lalu adanya fitur baru untuk mensupport notifikasi dari daftar blok yang terkustomisasi dan fitur baru seperti ringtone baru, lampu notifikasi baru yang bisa diatur dalam menu notifications management.

xiaomi redmi note 3 bekas

Update Redmi Note 3G ke versi v6.6.1.0 dilakukan secara OTA dimana ponsel akan mendownload file update berkisar 695MB yang tentunya akan menguras kuota data internet, sehingga disarankan untuk melakukan update menggunakan koneksi Wi-Fi.

Meskipun demikian banyak juga yang tidak berhasil melakukan update secara OTA, sehingga dalam artikel kali ini tim perintahdasar akan memberikan tutorial cara update secara manual dengan menggunakan full ROM MIUI6 versi 6.6.1.0.KHDMICF. File full ROM ini bisa digunakan juga bagi yang baru mempunyai Redmi Note 3G dan ingin menggunakan update ke versi ROM terbaru.

Cara Update Manual Redmi Note 3G ke Versi 6.6.1.0

  1. Download Firmware Redmi Note 3G terbaru di versi 6.6.1.0
  2. Jika mendownload menggunakan computer, maka pindahkan file tersebut ke SDCard atau di Internal storage Redmi Note 3G
  3. Buka aplikasi Updater dan klik menu yang terdapat di kanan atas
  4. Lalu pilih Select Update Package
  5. Kemuadian arahkan ke file yang telah di download di atas.
  6. Secara otomatis Redmi Note 3G akan melakukan flashing ROM dengan mereboot ponsel secara otomatis ke mode recovery.
  7. Tunggu proses flashing hingga selesai.

Saat proses booting selesai, maka kini ponsel Redmi Note 3G telah terupgrade ke versi terbarunya yitu di MIUI6 v6.6.1.0. Untuk memastikan versi MIUI ponselmu, segera saja masuk ke menu setting dan tap About phone menu.

harga bekas xiaomi redmi note 3

Lalu bagaimana dengan yang sudah menggunakan custome recovery tetapi tetap ingin menggunakan versi terbaru ROM Redmi Note 3G ini?, prosesnya sedikit berbeda meskipun pada dasarnya hamper sama. Berikut adalah tutorial cara melakukan upgrade Redmi Note 3G ke versi MIUI6 v6.6.1.0 dengan custom recovery.

Cara Update Redmi Note 3G dengan Custom Recovery

  1. Matikan ponsel Redmi Note 3G dan nyalakan kembali untuk masuk ke menu recovery.
  2. Setelah masuk ke menu recovery, gunakan tombol volume up dan down untuk navigasi naik/turun dan tombol power untuk OK
  3. Lakukan wipe cache dan dalvik cache
  4. Kemudian pilih Install Zip menu
  5. Pilih Choose zip from /sdcard (kalo filenya ada di internal)
  6. Cari dan pilih file ZIP yang sudah di download.
  7. Tunggu hingga proses flashing ROM terbaru Redmi Note 3G selesai
  8. Kembali ke menu awal recovery untuk melakukan reboot system

Dengan adanya ROM terbaru MIUI6 untuk Redmi Note 3G,maka Xiaomi telah memberikan support yang cukup baik meskipun banyak yang bilang sedikit terlambat karena versi Redmi Note 4G telah mendapatkannya jauh-jauh hari. Meskipun demikian lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali menjadi sebuah pepatah yang relevan dengan kehadiran update ROM terbaru Redmi Note 3G.

Redmi Note 3G Upgrade ke MIUI 7

perintahdasar.com – Kini pengguna Redmi Note 3G bisa ikut tersenyum dengan kehadiran MIUI 7 karena sejak kemaren proses update OTA untuk ponsel ini ke MIUI 7 telah dimulai. Hal ini tentunya sangat menggembirakan karena seperti kita ketahui, untuk kali pertama MIUI 7 dirilis, Redmi Note 3G tidak masuk sebagai rombongan pertama.

MIUI 7 untuk Redmi Note 3G belum menggunakan Android Lollipop sebagai basisnya, tetapi masih menggunakan Android Kitkat layaknya yang digunakan pada MIUI 7 di ponsel Redmi 2 dan Redmi Note 4G. Sedikit mengecewakan bagi yang menginginkan Android Lollipop di Redmi Note 3G tetapi kabar MIUI 7 ini tentunya tetap menjadi sebuah kabar gembira.

Xiaomi Redmi Note 3G MIUI 7


Proses update secara OTA sudah berlangsung sejak kemaren dan besar kemungkinan sebagian kecil pengguna Redmi Note 3G sudah menggunakan MIUI 7 di ponselnya. Namun jika kamu bukan bagian dari sebagian kecil pengguna MIUI 7 di Redmi Note 3G, maka untuk mempercepatnya adalah dengan cara melakukan update secara manual dengan melakukan flashing file ROM melalui Mi recovery dengan cara yang sama di Redmi 2, namun tentunya file ROM MIUI 7 yang harus didownload berbeda.

Versi ROM MIUI 7 untuk Redmi Note 3G sedikit berbeda, dimana menggunakan versi V7.0.2.0.KHDMICI, sedangkan untuk Redmi 2 sudah menggunakan versi V7.0.5.0. Namun meskipun demikian, kehadiran MIUI 7 di Redmi Note 3G sudah menjadi bukti akan komitmen dari Xiaomi untuk selalu memberikan dukungan pada ponsel buatannya.

Untuk kesempatan kali ini, hanya terdapat satu versi ROM MIUI 7 Redmi Note 3G yaitu versi ROM recovery sedangkan untuk versi fastboot masih menunggu update terbaru dari Xiaomi. Toh, bagi penulis, ROM recovery sudah cukup menuntaskan dahaga untuk menikmati pengalaman serunya MIUI 7 di ponsel Redmi Note 3G.

Rom recovery MIUI 7 Redmi Note 3G dapat didownload secara langsung melalui link resmi bigota di sini, dan bisa menggunakan tutorial singkat bagaimana cara melakukan upgrade ke MIUI 7 tanpa PC dengan catatan file ROM yang digunakan adalah file ROM Redmi Note 3G MIUI 7.

Demikian informasi yang berkaitan dengan Redmi Note 3G, mulai dari proses root, unroot hingga upgrade ke MIUI 7. Semoga bermanfaat dan menjadikan hp Anda semakin ringan dan cepat saat digunakan.

One Reply to “Cara Mudah Melakukan Root dan Unroot Redmi Note 3G…”

Comments are closed.