6 Obat Gusi Bengkak yang Alami dan Ampuh

3 min read

obat gusi bengkak panas dalam

Hai sobat tahukah kamu, gejala gusi bengkak?, apakah kalian merasakan kenyamanan jika merasakan bengkak pada gusi?, dan apakah kalian tahu apa penyebab gusi bisa bengkak?.

Pada dasarnya, gusi yang sehat tidak akan berdarah ketika kalian menggosok gigi atau jika tersentuh. Gusi bengkak merupakan hal yang umum yang sering kita temui, bisa ditandai dengan pembesaran, meggelembung, menonjol atau nyeri pada bagian khusus.

Pada beberapa kesempatan yang sering kita temui adanya gusi bengkak yang cukup besar, sampai-sampai menutupi gigi secara keseluruhan.

obat sakit gusi belakang bengkak

Gusi bengkak bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi. Umumnya keluhan gusi bengkak bisa diikuti oleh gejala lain seperti munculnya nanah di bawah gusi atau gigi, bau napas yang tidak sedap, dan rasa yang tidak enak di dalam mulut. Gejala-gejala ini merupakan gejala dari berkembangnya suatu kondisi yang bernama periodontitis. Berikut ini beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko terjadinya gusi bengkak.

Penyebab Gusi Bengkak

Gusi bengkak dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lainnya adalah:

  1. Gingivitis atau peradangan pada gusi.
  2. Kurang gizi atau skorbut. Skorbut adalah kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan vitamin C.
  3. Menumpuknya plak pada gigi. Plak mengandung banyak bakteri yang sebagian di antaranya dapat mengganggu kesehatan gusi.
  4. Infeksi virus atau jamur.
  5. Kebiasaan merokok.
  6. Sensitivitas gusi akibat penggunaan pasta gigi tertentu atau cairan kumur.
  7. Obat-obatan, seperti obat anti-epilepsi, kortikosteroid, kontrasepsi hormonal, dan obat penghambat saluran kalsium.
  8. Pemasangan gigi palsu atau perlengkapan gigi lain yang tidak tepat.
  9. Kehamilan.

Gangguan gusi yang sudah parah, membutuhkan penanganan lebih lanjut. Misalnya, kondisi Acute Necrotizing Ulcerative Gingivitis (ANUG), kita bisa mencegah itu semua dengan beberapa langkah yaitu dengan cara menyikat gigi secara teratur dan benar merupakan salah satu langkah yang efektif dalam mencegah berbagai macam gangguan gigi dan mulut salah satu nya yaitu bengkak pada gusi.

Baca juga: 10 Manfaat Singkong bagi Kesehatan Manusia

Namun ada beberapa hal yang mesti kalian ketahui sobat, ternyata menyikat gigi terlalu keras dapat berpotensi merusak jaringan lembut pada gusi. Pakailah sikat gigi dengan bulu sikat nya yang terbuat dari nilon yang lembut atau jika kalian tidak tau biasa nya pada kemasan dari beberapa merk sikat gigi bertuliskan soft yang berartikan lembut.

Ujung sikat gigi yang keras, kemungkinan dapat menganggu enamel gigi atau gusi. Banyak pula seperti yang kita ketahui menggosok gigi dengan cara maju mundur, padahal sebaiknya nya menyikat gigi dilakukan dengan cara memutar. Selain itu ada beberapa cara lain untuk mencegah gusi bengkak , yaitu :

  • Jauhi rokok atau produk tembakau lainnya.
  • Perbanyak minum air putih, hindari makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin.
  • Konsumsi makanan dengan gizi seimbang , termaksud kalsium dan vitamin C.
  • Lakukan relaksasi. Stres berlebihan dapat meningkatkan risiko peradangan, termasuk gusi.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Ganguan ringan seperti gusi bengkak, umumnya dapat ditangani dengan memberikan banyak perhatian lebih pada kebersihan mulut, seperti menyikat gigi secara teratur dan benar, ada pula yang melengkapi kebersihannya dengan menggunakan benang gigi (dental floss) secara teratur. Adapun cara lain yang dapat kita lakukan dengan cara sebagai berikut .

  1. Hidari merokok, minuman beraklohol, dan makanan yang mengandung kadar gula tinggi
  2. Perbanyak konsumsi sayur dan buah
  3. Berikan kompres dingin pada gusi untuk mengurangi bengkak
  4. Prosedur scalling untuk membersihkan plak gigi
  5. Jika gusi bengkak akibat dari produk obat kumur, maka segera hentikan penggunaanya
  6. Ketika merasa tidak cocok pada pasta gigi segera ganti agar tidak menyebabkan bengkak pada gusi akibat gigi sensitif
  7. Root planning untuk membersihkan area akar gigi dan sela gusi, untuk menghilangkan bakteri.

Ketika kita memerlukan obat pereda nyeri, antibiotik, serta obat kumur khusus mengandung klorheksidin, atau hidrogen peroksida, maka segeralah konsultasi ke dokter gigi.

Yuk simak: Manfaat lidah buaya untuk perawatan rambut yang alami tanpa efek samping

Adapun cara mengobati gusi bengkak secara alami adalah sebagai berikut .

Pakai Jeruk Nipis

Jeruk nipis mampu untuk membasmi bakteri dalam mulut agar kesehatan mulut bisa terjaga, sama hal nya dengan buah lemon. Cara mengobati dengan jeruk nipis yaitu, Siapkan 2 buah jeruk nipis. Potong dan peras 2 buah jeruk nipis tersebut Campurkan dengan segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur.

Mengobat Gusi Bengkak dengan Asam Jawa

Berikut nya ialah asam jawa yang sering digunakan sebagai antiseptic alami. Cara menggunakannya ialah dengan menyiapkan biji asam jawa, lalu sangrai, tempelkan hasil sangrai pada gigi yang sakit

Pakai Jahe

Rasa pedas pada jahe ini dapat merangsang enzim di dalam mulut untuk memecahkan zat bau sehingga berubah menjadi segar. Penelitian di University of Munich Jerman menemukan jahe mempunyai zat sulfhidril oksid yang meningkat dalam beberapa detik. Cara menggunakan jahe sebagai obat alami gusi bengkak adalah dengan menyiapkan 1 ruas jahe, kupas kulitnya. Lalu parut dan peras airnya. Gunakan air perasan jahe untuk berkumur. Dan ada juga yang menjadikan nya sebagai teh untuk diminum.

Pakai Garam

Pasti kalian tau kan sobat, garam sudah menjadi rahasia umum untuk biasa digunakan untuk masalah pada gigi. Kalian dapat menggunakan garam sebagai cara mengobati gusi gigi yang mujarab. Hal ini diketahui karna kadar sodium nya yang tinggi mampu membasmi bakteri penyebab plak atau karang gigi. Garam juga mampu dimanfaatkan sebagai antiseptic alami yang digunakan untuk menghilangkan bau dan menjaga kesehatan pada mulut.

Adapun cara menggobati gusi bengkak secara alami dengan menggunakan garam ialah dengan cara: Campurkan 2 sendok makan garam dan segelas air hangat. Aduk hingga larut. Berkumurlah dengan cairan ini, setiap kali selesai menyikat gigi agar dapat membasmi bakteri sampai bersih.

Lemon

Lemon mengandung asam yang berfungsi sebagai alkali alami agar kadar ph dalam mulut seimbang. Selain itu lemon juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Lemon juga dapat menjadi cara alami mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang.

Cara mengobati gusi bengkak dengan menggunakan lemon yaitu: Peras 1 buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang.

Dengan Daun Jambu Biji

Pasti sobat baru tau kan, ternyata daun jambu biji juga berguna sebagai antibakteri yang mampu untuk menjaga kesehatan mulut. Juga efektif untuk mengempeskan gusi yang bengkak. Karena di dalamnya mengandung antibakteri, anti inflamasi, dan analgesi.

Dan cara menggobati nya ialah; Ambil jambu biji, kemudian kunyahlah. Atau rebuslah daun jambu biji dengan segelas air, lalu gunakanlah untuk berkumur.

Begitulah sobat, beberapa cara menggobati bengkak pada gusi dan ketika cara di atas sobat telah dilakukan tapi masih belum ada reaksi lebih lanjut, maka segeralah konsultasi kepada dokter gigi. Semoga artikel singkat tentang bagaimana mengatasi penyebab gusi bengkak dan beberapa cara pencegahannya serta pengobatan secara alami pada gusi bengkak dapat menjadi rujukan bagi kita semua. Semoga bermanfaat. Terimakasih.