Nokia 3310 4G, bisa Wi-Fi dan WhatsApp

3 min read

Spesifikasi Nokia 3310 4G

Setelah menjadi buah bibir di pembukaan MWC 2017, Akhirnya HMD Global secara resmi merilis Nokia 3310 versi baru ke publik.

Di versi reborn Nokia 3310 4G, HMD selaku pemegang lisensi Nokia menyematkan spesifikasi hardware yang cukup berbeda meskipun desain asli Nokia 3310 masih cukup terasa.

Bisa dikatakan HMD Global mencoba untuk membawa kembali pengguna ponsel ke era sebelumnya, bernostalgia sebelum masa ponsel pintar menjadi sebuah keniscayaan.

Spesifikasi Nokia 3310 4G

Tips Nokia 3310 4G

Nokia 3310 versi baru ini menggunakan layar berwarna 2.4inch QVGA dengan resolusi 240×320 piksel, kamera belakang beresolusi 2 Megapixels dengan lampu flash LED, dan adanya dukungan terhadap slot microSD hingga 32GB.

Sistem Operasi yang digunakan tentunya bukan Android, melainkan masih menggunakan system Operasi 30+ buatan Nokia yang mampu digunakan untuk berselancar di internet menggunakan Opera Mini, mendengarkan radio, menonton video, hingga bermain game favorit yaitu Snake.

Memori internal di Nokia 3310 tidak bisa diharapkan banyak karena hanya berkapasitas 16 MB tetapi cukup untuk menampung 2.000 nomor kontak telepon. Asyiknya di Nokia 3310 terbaru ini, HMD menyertakan dukungan fitur Dual SIM yang diversi sebelumnya hanya mendukung single SIM.

Sebagai ponsel minim fitur apalagi jika dibandingkan dengan ponsel pintar android keluaran Nokia juga seperti Nokia 3, Nokia 5 dan Nokia 6. Nokia 3310 versi baru ini ternyata menyita perhatian khalayak banyak, bahkan banyak yang berkata jika Nokia 3310 yang baru ini telah menenggelamkan ponsel android besutan Nokia lainnya, tetapi sepertinya HMD Global tidak galau sama sekali bahkan menikmati peluncuran kembali merk Nokia di dunia ponsel pintar.

Dengan spesifikasi yang berbeda apalagi layar ponsel semakin lebar tentunya akan memakan daya baterai, dan hal ini telah di-antisipasi Nokia dengan meningkatkan kapasitas baterai-nya menjadi 1200 mAH yang pada versi sebelumnya hanya berkapasitas 900 mAH.

Dengan baterai berkapasitas lebih ini maka Nokia 3310 terbaru mempunyai waktu bicara selama 22 jam dan standby selama 1 bulan. Well, tidak begitu mengejutkan namun cukuplah untuk sebuah feature phone.

Harga dan Jadwal Rilis

HMD Global menjual Nokia 3310 pada kuartal kedua 2017 dikisaran harga 50 Euro yang artinya sekitar Rp 700.000. Terus terang saja, kisaran harga ini cukup mengganggu karena dengan uang bernominal yang sama sudah mendapatkan ponsel pintar ber-android bekas yang mempunyai fitur dan kegunaan lebih banyak dibandingkan Nokia 3310.

Namun sekali lagi, terkadang emosi sentimental akan lebih kuat terasa dalam membeli sebuah hape dan sepertinya HMD Global mencoba pertaruhan mereka di Nokia 3310 dan toh mereka tidak menargetkan sama sekali berapa banyak ponsel ini akan terjual seperti belum diketahuinya Nokia 3310 kapan akan dirilis secara resmi di Indonesia.

HMD Global sukses merilis ponsel Nokia 3310 versi reborn dan hal ini berakibat pada sedikit redup-nya ponsel pintar Android Nokia yaitu Nokia 3, Nokia 5 dan Nokia 6. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ulasan tentang Nokia 3310 versi reborn.

Nokia 3310 Bisa Apa Saja

Seperti feature phone lainnya, Nokia 3310 dapat digunakan untuk melakukan telepon dan SMS. Kedua fitur ini adalah fitur utama Nokia 3310 reborn, walaupun untuk era sekarang, kegiatan SMS sudah banyak ditinggalkan dan beralih ke aplikasi chat seperti Whatsapp, Line, dan BBM. Bahkan untuk telepon, sudah mulai beranjak ke aplikasi semacam Whatsapp call, Line call juga BBM call.

Baca juga: Cara mudah ganti tema whatsapp di hp android

Tetapi untuk sebagian orang yang hanya membutuhkan kedua fitur ini, maka Nokia 3310 reborn patut untuk dimiliki karena ditunjang baterai yang lumayan awet dengan kekuatan 22 jam waktu bicara dengan waktu standby sekitar sebulan.

Merekam Video dan Mengambil Foto juga menjadi kegiatan yang bisa dilakukan menggunakan Nokia 3310 reborn, meskipun kualitas dari hasil rekam dan jepret foto bisa dikatakan ala kadarnya saja. Yang penting bisa rekam dan jepret foto dengan kamera 2 Megapixels.

Nokia 3310 reborn juga bisa digunakan untuk mendengarkan Radio FM, tentu saja fitur ini bagi penulis jarang digunakan bahkan di ponsel pintar Android terbaru sekalipun. Namun fitur ini sudah lebih dari cukup untuk menemani membunuh waktu.

Jika sinyal radio FM dirasa  kurang bagus, maka Nokia 3310 reborn bisa digunakan layaknya MP3 player dengan file lagu di slot microSD yang mampu menampung hingga 32GB. Untuk mendengarkannya bisa menggunakan earphone di port 3,5 mm yang juga tersedia di ponsel ini. Diestimasi jika digunakan sebagai MP3 player mampu bertahan hingga 51 jam untuk mendengarkan music.

Bagaimana dengan fitur standar seperti kalender, alarm, notes dan kalkulator?, ternyata di Nokia 3310 reborn masih bisa digunakan dengan baik meskipun tidak se-wah fitur serupa di ponsel android low-end sekalipun. Namun jangan kecewa, karena game legendaris Snake akan setia menemani dengan versi yang berwarna.

Konektivitas Nokia 3310 reborn bukanlah 3G ataupun LTE, maupun WI-Fi. Jadi jangan berharap banyak untuk bisa menggunakan ponsel Nokia 3310 reborn untuk akses internet. Konektivitas hanyalah 2,5G dengan browser bawaan Opera mini, karena hanya jaringan 2,5G maka perbesarlah rasa sabar, kalua perlu Tarik deposito sabar yang selama ini disimpan.

Hal yang Tidak Bisa Dilakukan Nokia 3310 Reborn

Keypad yang digunakan di Nokia 3310 reborn masih model yang lama alias alfanumerik. Jadi kemungkinan untuk generasi muda akan kagok memakainya karena terbiasa dengan keyboard QWERTY. Perlu membiasakan diri, tapi seperti generasi keypad ponsel Nokia sebelumnya, keypad di Nokia 3310 reborn cukup enak digunakan.

GPS?, fitur ini tentunya TIDAK ada sama sekali. Jadi ponsel ini cocok bagi yang tidak ingin diketahui posisinya.

Sosial Media?, ga usah berlebihan berharap di ponsel ini. Nokia 3310 reborn tidak memiliki aplikasi seperti  Facebook, Instagram, dan Twitter. Cocok banget yang ingin jauh dari hiruk pikuk social media yang semakin hari semakin menyesakkan dada.

Demikian juga dengan aplikasi chatting modern seperti WhatsApp, Telegram, Facebook Messenger sampai Snapchat. Yang ada untuk chat hanyalah SMS.

Dengan kata lain, Nokia 3310 4G adalah ponsel dengan fitur dasar yaitu Telepon dan SMS. Tidak usah berharap banyak selain adanya romansa, nostalgia menggunakan ponsel yang di jamannya dulu menjadi hp berjuta umat.