10 Manfaat Singkong bagi Kesehatan Manusia

3 min read

manfaat singkong untuk kanker

Manfaat singkong bagi manusia tidak hanya berperan sebagai bahan makanan, kegunaannya juga banyak untuk kesehatan. Beberapa diantaranya adalah bisa dimanfaatkan untuk penyembuhan kanker, pencegah penuaan dini dan serangan stroke.

Namun, tahukah sobat kalau singkong ini sebenarnya bukanlah tumbuhan asli Indonesia?, singkong sebenar nya berasal dari Amerika Selatan tepatnya Brazil dan Paraguay. Sejak tahun 1810-an bangsa Portugis membawa dan memperkenalkan singkong ke Nusantara.

Ketenaran singkong sempat meredup digerus modernisasi sehingga banyak kalangan dari sobat sekalian menganggap singkong ini makanan kampung, namun beberapa tahun belakangan ini, singkong mulai naik lagi ke permukaan.

Banyak kita temukan di pasar dan warung-warung kecil mulai dari olahan-olahan yang dibuat secara kreatif dan akhirnya stigma singkong sebagai makanan kampung tidak lagi melekat di masyarakat, lalu apakah ada manfaat yang ditawarkan singkong bagi kesehatan tubuh kita?. untuk itu mari kita bahas.

Singkong merupakan makanan rendah lemak dan kolesterol, tetapi tinggi kalori. Kandungan kalori pada singkong bahkan hampir dua kali lipat dibandingkan kentang. Per 100 gram-nya singkong mengandung sekitar 160 kalori, utamanya berasal dari sukrosa yang membentuk sebagian besar gula pada umbi-umbian.

Baca juga: Cara Menghilangkan Iklan Di Browser

Selain itu singkong juga diindikasikan sebagai jenis umbi-umbian tropis yang kaya pati dengan kandungan kalori tertinggi. Oleh karena itu singkong dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti nasi karena singkong mampu untuk memenuhi kebutuhan kalori tubuh sebagai sumber enegi pada saat melakukan aktifitas sehari – hari.

Manfaat Singkong bagi Tubuh Manusia

Selain itu singkong yang tinggi serat dan rendah lemak ini aman untuk dikonsumsi tanpa harus khawatir obesitas, karena singkong bermanfaat bagi kesehatan tubuh untuk menurunkan tekanan darah, menjaga kadar kolesterol dan membantu memperlancar pencernaan.

manfaat singkong rebus untuk diet

Ada lagi manfaat singkong yang ternyata banyak mengandung vitamin, seperti vitamin K yang membantu membatasi kerusakan saraf di otak yang berguna untuk pengobatan bagi penderita alzheimer, apa itu Alzheimer?.

Alzheimer merupakan penyakit progresif yang menghancurkan memori dan fungsi mental penting lainnya. Lalu singkong juga mengandung vitamin B kompleks dan beberapa kelompok vitamin seperti riboflavin, folates, thiamin, piridoksin (Vit B6) dan asam pantotenat.

Riboflavin inilah yang bermanfaat untuk dalam proses pertumbuhan serta membantu proses produksi sel darah merah guna menghindari anemia. Selain itu singkong juga mengandung vitamin B17 atau disebut amygdaline yang berfungsi membantu menghancurkan enzim penyebab kanker.

Gak nyangka kan sobat ternyata singkong juga mengandung vitamin B17. Adapun sumber alami yang mengandung vitamin B17 yakni seperti biji – bijian, buah – buahan, kacang, rebung, daun – daunan, serta pula umbi – umbian seperti singkong.

Singkong adalah salah satu jenis  makanan yang bebas gluten. Makanan bebas gluten adalah makanan yang aman dikonsumsi pada penderita celiac atau intoleransi gluten. Celiac adalah kondisi medis yang ditandai kerusakan pada usus halus yang menyebabkan hilangnya kemampuan untuk mencerna beberapa nutrisi tertentu.

Kerusakan pada usus halus ini  disebabkan oleh reaksi terhadap konsumsi gluten, tanda – tanda dan gejala mengkonsumsi gluten bagi penderita celiac dapat memicu beberapa efek samping seperti diare, perut kembung, sering buang gas, kelelahan, turunnya berat badan, anemia dan sembelit serta dapat menyebabkan komplikasi seperti osteoporosis, berat badan bayi dibawah angka normal dan risiko kanker usus.

Gak cuma singkong , daun nya pun banyak manfaat nya sobat, pasti sobat gak percaya deh , yuk langsung saja kita bahas manfaat daun singkong

Daun Singkong

Siapa yang tidak tahu dengan daun singkong?, jikalau kita tengok ke rumah makan padang seringkali kita melihat ciri khas tersebut, pasti sudah tidak asing lagi kan. Selama ini kita cuma tahu daun singkong itu sangat enak dinikmati dalam olahan sayur.

Namun apakah kalian tahu daun singkong juga mengandung banyak manfaat?, tentu nya daun singkong memiliki protein yang lebih tinggi dibanding sayuran lainnya. Selain tinggi protein daun singkong adalah makanan yang tinggi serat. Pasti kalian ingin mengenal nya lebih dekat kan dengan makanan yang satu ini, mari kita cari tau manfaat daun singkong dan kandungan didalam nya.

Manfaat Daun Singkong

Protein di dalam daun singkong dibutuhkan oleh tubuh untuk menggantikan protein yang hilang lewat rambut, kulit, dan jaringan tubuh. sedangkan serat dibutuhkan untuk menyerap air untuk memperlancar saluran penceraan. Untuk mengetahui lebih lanjut mari sobat kita bahas beberapa manfaat dari daun singkong tersebut.

manfaat daun singkong untuk ibu hamil

1. Membantu Mengatasi Stroke

Menurut hasil penelitian dari para ahli, daun singkong dapat mengatasi beberapa penyakit stroke. Karena dalam kandungan daun singkong ini terdapat isoflavon yang dipercaya mampu meredakan penyakit stroke, sehingga stroke dapat teratasi.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Salah satu kandungan dalam daun singkong adalah vitamin C, maka dari itu salah satu manfaat yang diberikan daun singkong itu adalah apa yang terkandung dalam vitamin C salah satu nya untuk daya tahan tubuh.

3. Mencegah Osteoporosis

Kandungan yang baiik dalam daun singkong adalah fosfor dan kalsium, dimana salah satu dari kandungan tersebut adalah untuk mencegah Osteoporosis, terutama bagi mereka yang menjelang tua maupun pada usia muda.

4. Menyehatkan Mata

Selain vitamin C daun singkong juga mengandung vitamin A, dimana vitamin A tersebut sangat baik terhadap kesehatan mata.

5. Mencegah Penuaan Dini

Bukan hanya dengan antioksida, dengan adanya kandungan dari vitamin A dan vitamin C  yang terdapat pada daun singkong juga bagus untuk mencegah penuaan dini.

6. Mengatasi Luka Luar

Pada dasarnya daun singkong juga memiliki kandungan kaya serat dan zat besi, dimana kandungan tersebut mampu untuk mengatasi luka luar lebih cepat.

7. Menambah Darah

Kekurangan darah dalam tubuh dapat menyebabkan badan lemas dan pusing pada kepala, oleh sebab itu mengkonsumsi daun singkong adalah hal yang tepat proses untuk menambah darah secara alami.

8. Menambah Energi

Bukan hanya karbohidrat ajah yang dapat menambah energi, ternyata dengan kita mengkonsumsi daun singkong juga dapat menambah energi, pasti sobat baru tahu kan?.

9. Membantu Diet

Pasti sobat tidak tahu kan protein dan serat yang baik yang terdapat pada daun singkong dapat juga dapat membantu diet.

10. Regenerasi Sel

Kandungan yang terdapat pada daun singkong salah satunya adalah asam amino esensial, tentu pada asam amino esensial ini dapat membantu tubuh kita ini untuk meregenerasi sel sel dalam tubuh sehingga dapat membentuk metabolisme tubuh yang baik pula.

Dan masih banyak lagi beberapa manfaat dari pada daun singkong seperti, mengatasi diare, anti oksidan yang tinggi, mengatasi rematik, dan membantu metabolisme tubuh.

Itulah beberapa penjabaran dari manfaat singkong beserta daunnya. Beberapa manfaat tersebut dapat dikonsumsi dengan beberapa olahan seperti sayur maupun jamu, dan daun singkong sangat mudah ditemukan, terutama yang tinggal di pedesaan tentu sangat mudah untuk menemukan tanaman yang kaya akan manfaat tersebut.