Makanan Yang Menyebabkan Jerawat

3 min read

Makanan Penyebab Jerawat di Wajah – Jerawat merupakan salah satu penyakit tidak berbahaya tetapi efeknya sangat berbahaya karena bisa mempengaruhi rasa percaya diri seseorang.

Penyebab jerawat pada umumnya dikarenakan penumpukan kelenjar minyak yang berlebih di pori-pori kulit. Lalu muncul komedo sebagai akibat dari adanya benjolan kecil dalam jumlah yang banyak.

Penumpukan kelenjar minyak terjadi karena adanya perubahan hormon yang disebabkan oleh konsumsi makanan, untuk itu perlu diperhatikan saat mengkonsumsi makanan. Karena pada dasarnya, tidak ada satu pun manusia di dunia ini yang melewati masa hidupnya tanpa memiliki jerawat pada kulitnya.

Pertumbuhan jerawat bisa dikatakan sebagai sebuah siklus yang normal di dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu kita harus tahu apa saja makanan yang menyebabkan jerawat sebagai langkah pencegahan agar perubahan hormon tetap bisa terkendali.

Siklus normal ini dapat berubah menjadi masalah besar jika pertumbuhan jerawat tersebut tidak terkontrol. Ada beberapa faktor penyebab jerawat muncul di wajah, diantaranya karena faktor hormon, kebersihan dan bisa juga karena makanan yang dikonsumsi.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas beberapa jenis makanan penyebab jerawat yang sebaiknya dihindari atau dikurangi.

8 Jenis Makanan yang Menyebabkan Jerawat

Makanan memiliki peranan yang besar dalam pertumbuhan jerawat di kulit. Pasalnya, makanan yang masuk bisa dianggap sebagai racun oleh tubuh.

Kondisi ini kemudian direspon oleh tubuh dengan mengeluarkan keringat yang jika menumpuk tanpa dibersihkan, maka akan terjadi peradangan di pori-pori kelenjar minyak yang akhirnya akan menyebabkan jerawat.

Agar terbebas dari jerawat, maka hindarilah untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang menyebabkan jerawat di bawah ini:

1. Fast food atau Makanan Cepat Saji
Fastfood atau dikenal sebagai junk food di dunia barat merupakan makanan yang cepat disajikan, dan hal ini telah menjadi pilihan favorit masyarakat modern. Hal ini bisa terlihat dari ramainya gerai-gerai makanan yang menyajikan makan jenis ini. Tetapi dibalik rasanya yang enak dan mudahnya penyajian, ternyata makanan cepat saji sangat tidak baik bagi tubuh.

Hal tersebut dikarenakan makanan cepat saji tidak memiliki kandungan gizi yang cukup, dan memiliki lemak serta minyak yang berlebih. Makanan cepat saji merupakan jenis makanan pertama yang harus dihindari jika kamu tidakingin berjerawat.

2. Semua Produk Susu
Susu dan semua produk olahan berbasis susu seperti keju, es krim, cokelat, dan yogurt dapat mempengaruhi hormon di dalam tubuh. Perubahan hormon tentu menjadi pemicu akan timbulnya jerawat. Hal ini dikarenakan produk-produk seperti ini memiliki kandungan lemak yang tinggi. Apalagi susu itu diproduksi dari sapi yang sedang hamil sehingga mengandung banyak hormon.

Kelenjar kulit manusia sendiri memiliki enzim yang bisa mengubah hormon tersebut menjadi DHT, kemudian memicu peningkatan sebum pada kelenjar kulit. Saat produksi sebum ini meningkat, maka bisa mengarah pada munculnya jerawat jika wajah tidak secara rutin dibersihkan.

3. Makanan Tinggi Protein
Makanan yang kita santap biasanya mengandung protein hewani. Dimana pada umumnya, protein hewani memiliki sifat yang asam. Sifat asam ini berpotensi menimbulkan jerawat karena akan merangsang pertumbuhan bakteri dan parasit disaat kandungan asam di dalam protein diserap oleh kulit.

Untuk itu hindari konsumsi daging merah secara berlebihan, konsumsi secukupnya agar kandungan asam yang dihasilkan tetap dalam level yang wajar atau jika harus konsumsi sedikit belebihan, pastikan untuk mengimbanginya dengan makanan yang mengandung basa agar kandungan asam dan basa di dalam tubuh tetap seimbang. Dengan menjaga asupan makanan daging tidak berlebih maka kamu bisa menghindari timbulnya jerawat di wajah.

4. Makanan Tinggi Gula
Jenis makanan penyebab jerawat selanjutnya adalah gula. Hal ini dikarenakan gula bisa meningkatkan hormon insulin yang kemudian menyebabkan inflamasi di tingkat selular. Keadaan ini kemudian akan menurunkan fungsi imun sehingga tubuh sangat rentan terhadap infeksi bakteri.

Perlu dipahami bahwa bakteri merupakan penyebab utama munculnya jerawat. Selain itu, makanan yang bergula juga bisa menurunkan tingkat elastisitas kulit.

5. Makanan Tinggi Karbohidrat
Karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan diolah menjadi glukosa dan diproses kembali menjadi glikogen sebagai cadangan di tubuh. Manusia pada dasatnya hanya membutuhkan glukosa dalam jumlah tertentu, sehingga jika konsumsi karbohidrat ini berlebihan, maka dapat menyebabkan jerawat bahkan diabetes sekalipun.

6. Kafein
Kafein dalam kopi dan minuman penyegar lainnya adalah jenis makanan penyebab jerawat yang sebaiknya dikurangi konsumsinya. Kafein mampu merangsang kelenjar adrenalin yang membuat kadar stres menjadi meningkat sehingga kulit cenderung berjerawat.

Selain itu, kafein juga bisa menyebabkan gangguan tidur. Ketika seseorang kurang tidur, maka proses pemulihan kondisi dan pembuangan racun di dalam tubuhnya akan terhambat sehingga cenderung memiliki jerawat.

7. Zat Iodium
Zat Iodium merupakan kandungan yang sering ditemukan di dalam ikan dan jenis makanan laut lainnya. Hal ini dikarenakan air laut memang memiliki kandungan iodium. Saat konsumsi iodium berlebihan, maka bisa mempengaruhi kelenjar minyak sehingga membuat kulit rentan terhadap iritasi dan berujung pada jerawat.

Selain pada ikan laut, kandungan iodium ini juga bisa ditemukan pada garam beriodium, bumbu mi instan, makanan kaleng, dan penyedap rasa yang juga merupakan makanan penyebab jerawat di wajah.

8. Alkohol
Mengkonsumsi alkohol secara terus menerus akan menurunkan fungsi hati. Apabila fungsi dari hati ini menurun, maka berdampak pada kesehatan kulit. Seseorang yang memiliki kesehatan kulit buruk akan rentan terhadap jerawat.

Selain itu, alkohol juga bisa menjadi stimulan bagi hormon testosteron. Hormon inilah yang dapat mempengaruhi produksi minyak yang ada pada jaringan kulit. Jika produksi minyak di kulit ini terjadi secara aktif, maka pori-pori kulit akan ikut tersumbat sehingga memicu pertumbuhan dari jerawat.
Menghilangkan Jerawat Akibat Makanan

Tindakan pencegahan sangat disarankan untuk dilakukan karena jika sudah tumbuh jerawat di wajah terkadang jadi susah disembuhkan apalagi jika sudah membentuk jerawat batu.

Beberapa orang memilih memencet jerawatnya dengan tangan yang adalah tindakan yang harus dihindari sebab dapat menyebabkan infeksi dan melukai kulit wajah, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang pas karena setiap manusia memiliki jenis kulit yang berbeda-beda.

Perbedaan jenis kulit inilah yang akan membedakan obat jerawat dan berapa lama masa penyembuhannya.

Mengurangi atau lebih ektrimnya dengan berhenti mengonsumsi makanan yang menyebabkan jerawat di atas merupakan cara terbaik menghilangkan jerawat akibat makanan yang dikonsumsi. Perubahan pola makan juga sangat diperlukan seperti jika tidak cocok dengan protein hewani maka cobalah mulai dengan mengonsumsi protein nabati yang lebih sehat dan banyak ragamnya.

Pencegahan jerawat secara alami dengan mmenggunakan berbagai bahan alami juga patut dicoba karena pengobatan secara alami ini tidak memiliki efek samping yang buruk. Toh, caranya pun cukup sederhana dan tidak mahal. Pengobatan jerawat secara alami terdiri dari ramuan tradisional seperti kunyit, pisang, pepaya dan lain-lain. Obat tradisional ini terbukti ampuh menyembuhkan jerawat secara alami.

Mulai sekarang rawatlah kulit dan wajah anda secara teratur dan hindarilah sebisa mungkin beberapa jenis makanan yang menyebabkan jerawat. Wajah yang bersih, sehat dan cerah merupakan aset pribadi yang harus dijaga dan dilindungi sebaik mungkin sebagai bagian dari menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cek Kesehatan Lewat Wajah

Henry
3 min read

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Minyak Zaitun atau sering disebut dengan nama Olive Oil merupakan minyak yang dihasilkan dari buah Zaitun (nama latin: Olea Europea). Minyak ini memiliki beragam...
Henry
2 min read