Pilih Lenovo A6010 atau Vibe C

2 min read

harga bekas hp lenovo terbaru

Lenovo gencar menghadirkan ponsel anyar di Indonesia dengan menyematkan berbagai fitur untuk menarik pasar, namun sedikit bingung antara pilih Lenovo A6010 atau Vibe C.

Lenovo A6010 bekas

Hp lenovo merupakan penerus dari seri Lenovo A6000 dan A6000 plus. Demi meneruskan hegemoni pasar terhadap kelas ponsel di kelas ini, Lenovo mencoba untuk merilis ponsel baru yang ditenagai dengan prosesor QualComm Snapdragon MSM8916 64-bit Quad Core 1.2Ghz.

Ponsel Lenovo A6010 sudah tersedia dipasar Indonesia dengan harga saat pertama kali dirilis berkisar diangka Rp 1.990.000 dan tentunya bergaransi nasional. Ponsel ini cukup responsive untuk memberikan pengalaman multimedia, Lenovo A6010 juga menggunakan RAM sebesar 2GB dan bentang layar 5 inch dengan kepadatan layar 294 dpi dengan baterai 2300mAH tipe removable.

Spesifikasi Lenovo A6010

Secara default, Lenovo A6010 sudah menggunakan Android 5.0 Lollipop dan dijanjikan mendapatkan Android 6.0 Marshmallow. Cukup menggiurkan dengan janji upgrade software dan juga kapasitas ROM yang lega dengan 16GB juga bisa diexpand dengan slot microSD hingga 32GB yang dapat digunakan untuk file semacam music, film dan tentunya photo.

Lihat juga: Mudahnya Mengatasi Masalah Bootloop di Lenovo A369i

Yang kudu diperhatikan juga adalah adanya teknologi Dolby ATMOS dan twin speaker yang sangat dibutuhkan oleh para pecinta music karena kedua fitur di atas akan memberikan pengalaman suara music yang lebih jernih terutama saat menggunakan headphone.

Untuk penggila selfie dan photografi juga dimanjakan oleh ponsel Lenovo A6010 karena mempunyai fitur kamera utama dengan kekuatan 13 Megapixels CMOS dengan fitur Auto focus, Digital Image Stabilization dan LED Flash yang akan membantu proses photo di ruangan yang minim cahaya.

Sedangkan untuk kamera sekunder alias kamera depan atau kamera yang sering digunakan ber-selfie ria dibekali dengan kekuatan kamera 5 Megapixels yang akan memberi pengalaman selfie dan Video call ke tingkatan yang lebih lanjut.

Baca juga: Begini Cara Mudah Mengaktifkan Fitur “Double Tap to Wake” di Lenovo A6000

Lenovo A6010 juga memiliki fitur Dual SIM dengan tipe micro SIM yang semakin popular dan konektivitas 4G LTE yang makin membuat ponsel ini makin berdaya dengan dukungan internet super cepat jaringan LTE 4G yang makin mengasyikkan saat streaming music, mengunduh film dan memainkan game multi-player. Namun belum diketahui apakah dukungan konektivitas 4G LTE ada di kedua slot microSIM seperti di Redmi 2 atau hanya salah satunya saja seperti di Lenovo A6000.

Dengan harga kurang dari 2 Juta dan fitur LTE 4G dan RAM yang cukup besar di 2GB menjadikan ponsel Lenovo A6010 sebagai salah satu pilihan yang tepat sebagai ponsel Android pilihan selain ponsel keluaran Xiaomi seperti Redmi 2, Redmi 2 Prime dan Redmi Note 4G Dual SIM.

Namun Lenovo memiliki dukungan support service center yang semakin banyak dan hadir di berbagai pelosok tanah air menjadikan nilai jual tersendiri bagi ponsel Lenovo terlebih jika terjadi kerusakan hardware maupun software pada ponsel Lenovo.

Karena seperti kita ketahui bersama, ponsel Android tanpa di root terasa kurang lengkap dan juga adanya custom ROM yang menghadirkan fitur lain dari ponsel Lenovo akan membuat banyak pengguna ponsel ini tertarik untuk mencobanya untuk melakukan instalasi custom ROM pada Lenovo A6010.

Lenovo Rilis Vibe C, Ponsel dengan Layar 5 inchi

Lenovo dikenal secara luas sebagai pabrikan ponsel yang menjual produknya dengan harga terjangkau dan kualitas yang cukup mumpuni. Pabrikan ponsel dari China ini juga berusaha merangsek ke berbagai segmen pasar ponsel pintar dengan merilis berbagai model yang disesuaikan dengan kocek pengguna. Hal ini lah yang mendorong Lenovo untuk merilis varian ponsel pintarnya yang dikenal dengan lini Vibe ke pasar.

Dikenal sebagai Vibe C, ponsel pintar terbaru dari Lenovo ini mencoba untuk mengambil posisi di ceruk entry-level alias kelas pemula pengguna ponsel pintar. Meskipun demikian, Vibe C cukup menarik dengan mengusung layar lebar di 5 inchi dan RAM 1GB dan harga dikisaran USD $105 atau kurang dari Rp 1,5juta.

Layar Vibe C sudah berkualitas HD dengan 720 pixels, dan seperti ponsel entry-level lainnya, body ponsel ini menggunakan plastik dengan dimensi ponsel di ukuran 143.5 × 71.8 × 8.95 mm, yang mana tentunya hal ini akan membuat ponsel terlihat sedikit tebal . Ponsel Vibe C juga memiliki tampilan yang cukup sederhana karena difokuskan sebagai ponsel pintar dengan fitur dasar.

harga Lenovo Vibe C bekas

Untuk processor, masih belum diketahui jenisnya apakah akanmenggunakan chipset Snapdragon atau MediaTek, namun yang pasti Lenovo akan menggunakan processor quad-core sebagai tenaga ponsel entry-level ini. RAM 1GB dengan internal storage 8GB menjadi paket yang melengkapi kinerja dapur pacu Vibe C ditunjang dengan kemampuan dukungan internal storage yang bisa ditambahkan melalui microSD sampai dengan 32GB.

Sebagai ponsel entry-level tidak banyak yang bisa diharapkan dari fitur kamera yang diusungnya, ponsel ini hanya mempunyai kemampuan 5MP di kamera utama sedangkan untuk berselfie hanya bisa menggunakan kamera depan denga kekuatan 2MP.

Baterai yang digunakan mempunyai kapasitas 2300 mAh yang cukup digunakan untuk beraktivitas seharian bersama Android 5.1.1 Lollipop yang menjadi otak ponsel Lenovo Vibe C. Ponsel ini hanya support single SIM dengan dukungan koneksi 4G.

Sebagai ponsel entry-level tidak banyak yang bisa diharapkan dari Vibe C, namun hal ini bisa menjadi alternative ponsel android. Namun dengan range harga yang sama, penulis sarankan untuk melihat juga ponsel android bekas yang mulus karena direntang harga tersebut banyak pilihan ponsel bekas dengan kemampuan dan fitur di atas Lenovo Vibe C.

Jika menilik dari spesifikasi hardware kedua hp lenovo di atas, maka pilihan jatuh pada A6010.