Kode Rahasia Android

3 min read

kode rahasia hp android

Perangkat Android memiliki banyak informasi yang berkaitan dengan hardware dan system secara keseluruhan, hanya saja untukmengaksesnya perlu kode rahasia android. Dan tidak semua pengguna umum android bisa mengakses menu tersebut.

kode rahasia android samsung

Hanya saja mungkin beberapa kode tidak berfungsi dikarenakan faktor operator telco yang digunakan, jadi jika kita mencoba secret code android dan tidak ada hasilnya artinya kode tersebut tidak berfungsi, tidak perlu mencari jawaban lainnya, cukup kita coba secret code lainnya.

Prosedur untuk mengakses secret code android sangatlah simple dan hanya membutuhkan akses dari keypad dialer dengan memasukkan kombinasi angka yang sesuai.

Hal ini bukan dikarenakan tidak adanya kode tertentu sebagai pembuka informasi tetapi dikarenakan ketidaktahuan secret code yang bisa digunakan untuk melihat informasi-informasi tersembunyi di sebuah perangkat android.

Dengan mengetahui secret code Android, maka kita bisa mengakses hidden menu yang memungkinkan kita untuk melakukan perintah-perintah seperti melakukan factory reset, mengakses menu tersembunyi dari kamera, membackup personal data di ponsel dan lain sebagainya.

Universal Android Secret Codes

Berikut adalah secret code android yang bersifat universal dan biasanya dapat digunakan pada banyak perangkat android tanpa melihat faktor pabrik pembuatnya.

Hanya saja mungkin masih ada beberapa kode yang tidak bekerja dikarenakan factor restriksi dari carrier, jadi tidak ada jaminan bahwasanya kode rahasia android di bawah bisa bekerja semua.

  • *#06# – Ini adalah untuk menampilkan nomer IMEI (International Mobile Station Equipment Identity) yang berguna jika perangkat android hilang atau tercuri dan kita ingin membloknya untuk tidak bisa digunakan dalam suatu network. Faktanya ini tidak bisa digunakan di Indonesia karena tiap-tiap carrier memiliki kebijakan sendiri-sendiri tentang hal ini.
  • *#*#7594#*#* – berguna untuk mematikan perangkat android tanpamasuk ke menu shutdown.
  • *#*#4636#*#* – Menu ini biasanya bekerja di semua perangkat android, menu ini mengijinkan kita untuk mengakses informasi tentang perangkat android yang kita gunakan, informasi baterai, informasi penggunaan dan Wi-Fi.
  • *#*#7780#*#* – Berguna untuk melakukan Factory reset. Hati-hati saat mengakses secret code ini karena akanmenghapus semua data dan aplikasi yang telah didownload.
  • *2767*3855# – Menu ini untuk melakukan wipe perangkat android secara menyeluruh termasuk firmware. Hati-hati saat menggunakan secret code ini.
  • *#*#273283*255*663282*#*#* – Berguna untuk melakukan bac- up semua photo dan video
  • *#*#1472365#*#* – Ini adalah secret code android untuk melakukan pengetesan GPS
  • *#*#1234#*#* – Menampilkan informasi firmware dan PDA dari perangkat android yang digunakan
  • *#*#232338#*#* – Menampilkan WiFi Mac address
  • *#*#8255#*#* – Untuk mengakses monitoring layanan GTalk
  • *#*#36245#*#* – Untuk mengakses menu debug Email
  • *#*#225#*#* – kode ini berguna untuk menampilkan Events calendar
  • *#*#426#*#* – Menampilkan informasi debug dari layanan Google Play
  • *#*#759#*#* – Mengakses menu setup untuk Google Partner

Demikianlah secret code android yang secara generic atau universal bisa kita gunakan untuk mengakses menu-menu tersembunyi di perangkat android yang kita gunakan.

ekali lagi, gunakan secara bijak karena ada menu yang sangat tidak dianjurkan digunakan ke perangkat android yang sehat. Meskipun demikian, kode rahasia android ini mungkin tidak bekerja di perangkat android yang sedang kita gunakan dikarenakan adanya pembatasan dari operator telco dan juga pabrik pembuat android.

Kode Rahasia Android Xiaomi

Berikut ini adalah secret code untuk Redmi 2 yang perlu kita ketahui dimana sangat berguna untuk memastikan kondisi hardware ponsel jika ada kerusakan atau jika kita ingin membeli ponsel tersebut dalam kondisi bekas. Dengan test sederhana dari kode rahasia Redmi 2, dapat memberikan gambaran bagaimana kondisi ponsel Redmi 2 secara keseluruhan.

Untuk menggunakan secret code Redmi 2, tidak perlu meng-install file APK tetapi cukup dengan menggunakan USSD code melalui dialpad ponsel. Untuk informasi, secret code hanya bisa digunakan saat ponsel Redmi 2 menggunakan stock ROM, jika mengunakan custom ROM maka secret code ini tidak bisa menampilkan menu pengetesan hardware layaknya yang terjadi saat menggunakan stock ROM.

Secret code Redmi 2 bisa diakses dengan dua acara yaitu melalui kode *#*#64663#*#*  atau *#*#6484#*#*. Kedua kode tersebut akan menghasilkan menu yang sama yaitu menu engineering mode seperti terlampir di bawah. Untuk kode *#*#6484#*#* merupakan kode angka untuk kode *#*#MIUI#*#*, coba perhatikan baik-baik di dialpad ponsel Redmi 2, huruf MIUI jika diterjemahkan ke kode angka di dialpad adalah angka 6484.

kode rahasia android xiaomi

Menu Engineering Mode di Redmi 2 memberikan kita cara melakukan pengetesan sederhana terhadap hardware redmi 2. Terdapat 5 tombol menu yang bisa diakses yang memiliki fungsi masing-masing dimana di tiap-tiap tombol tersebut ada yang memiliki tombol sub-menu.

Secret Code Test Redmi 2

Berikut adalah menu test pada mode engineering di Redmi 2.

  1. Automatic test, fitur untuk melakukan pengetesan hardware secara berurutan dan dilakukan secara otomatis oleh ponsel. Semua hardware yang terdapat di ponsel akan dilakukan pengetesan mulai dari keypad test sampai dengan magnetic sensor test.
  2. Single Item test, fitur ini merupakan versi manual dari pengetesan hardware Redmi 2, kita bisa memilih test mana saja yang mau dilakukan tanpa perlu menunggu test hardware yang lain selesai. Jika ingin langsung ingin melakukan test pada baterai maka sentuh saja tombol menu battery untuk melakukan pengetesan.
  3. Test Report, ini merupakan summary dari hasil pengetesan hardware Redmi 2 yang kita lakukan. Jika ada yang dirasa belum dilakukan test atau ingin memastikan kembali hasil pengetest-annya, maka perlu dilakukan manual test kembali dengan masuk ke menu “Single Item Test”
  4. SW add HW version, menampilkan versi software dan hardware dari ponsel Redmi yang kita test. Di menu ini terdapat informasi IMEI, SN ponsel, SN PCBA yang dipakai dan versi software dan hardware yang digunakan.
  5. Device View, berisi informasi hardware apa saja yang terdapat di ponsel Redmi 2. Mulai dari informasi hardware LCD, Kamera depan dan belakang, Bluetooth, Wi-Fi, dan SoC yang digunakan.

Informasi hasil secret code ini sangat berguna untuk menentukan apakah hardware di ponsel Redmi 2 masih baik atau tidak terutama saat kita akan membeli pnsel Redmi 2 yang bekas. Semoga informasi secret code Redmi 2 ini berguna bagi kita semua.

Sebagai informasi,penulis melakukan secret code test di Redmi 2 menggunakan stock ROM 6.5.0.1 versi global dengan ponsel Redmi 2 versi 20140811.

Penulis juga pernah mencoba melakukan test hardware dengan secret code Redmi 2 di atas di ROM crDroid dan CyanogenMod 11, hasilnya tidak menampilkan menu test. USSD code bisa digunakan tetapi tidak ada menu yang muncul, sehingga penulis berkesimpulan, test code *#*#64663#*#* atau *#*#6468#*#* tidak berfungsi selain di ponsel Redmi 2 yang menggunakan stock ROM MIUI.

Demikian informasi kode rahasia android yang bisa saya bagi disini. Semoga informasi tersebut berguna disaat ingin melakukan troubleshoot atas suatu masalah di hp.