15+ Khasiat Daun Binahong bagi Kesehatan Manusia

7 min read

pantangan minum daun binahong

Tanaman Binahong dipercaya berasal dari negeri ginseng, Korea, kemudian menyebar ke seluruh dataran Asia. Dimana di tiap-tiap daerah, binahong mempunyai nama lokalnya sendiri. Tanaman ini mempunyai nama latin Bassela rubra linn, dan di dunia Internasional dikenal dengan nama yang cukup panjang yaitu Heartleaf maderavine madevine.

Ciri-ciri dari tanaman binahong cukup mudah diidentifikasi dimana tanaman ini menjalar, berumur panjang, dan jika diukur dapat mencapai lebih dari 6 m. Mempunyai batang lunak, saling membelit, berbentuk silindris, dan berwarna merah. Tanaman ini juga mempunyai tekstur permukaan yang halus, terkadang membentuk seperti umbi yang menempel pada ketiak daun dengan bentuk tidak beraturan dan bertekstur kasar.

Binahong mempunyai daun tunggal, dengan tangkai sangat pendek yang tersusun berseling dan berwarna hijau. Daunya berbentuk jantung, dengan panjang 5-10 cm, lebar 3-7 cm, helaian daun tipis lemas, ujung runcing, pangkal berlekuk, tepi rata, permukaan licin, bisa dimakan.

pantangan minum daun binahong

Mahkota bunga berwarna krem keputih – putihan, memiliki bentuk tandan, tangkai yang panjang, muncul di ketiak daun, panjang helai 7 mahkota 0,5-1 cm, berbau harum. Buah dan biji jarang ditemukan. Akar berbentuk rimpang berdaging lunak.

Baca juga: 10 Manfaat Lidah Buaya bagi Kesehatan Manusia

Binahong mudah ditemukan dan tumbuh subur di dataran rendah ataupun dataran tinggi yang mempunyai temperature dingin dan lembab. Sehingga tidak heran, tanaman ini banyak ditemukan di Indonesia. Bahkan di Vietnam, tanaman ini dikonsumsi sebagai sayuran pada masa perang Vietnam melawan Amerika Serikat di sekitar tahun 1950 hingga 1970-an.

Khasiat Tanaman Binahong

Di Indonesia, tanaman ini mendapatkan kepopulerannya karena banyaknya manfaat dan khasiat yang terkandung di dalamnya. Hal ini menjadi alasan Binahong dibudidayakan menjadi tanaman obat untuk mengurangi atau menyembuhkan berbagai sakit ringan atau berat secara alami.

Pengobatan alami menggunakan Binahong dipengaruhi oleh teknik pengobatan China yang telah menggunakan tanaman ini sebagai salah satu unsur pengobatan tradisional  dengan mengambil batang, umbi dan daunnya sebagai bahan obat.

Binahong mudah didapatkan dan dibudidayakan di Indonesia, hal ini menjadi daya tarik tersendiri karena pasokannya yang melimpah juga khasiatnya yang banyak sekali. Sudah banyak orang yang merasakan manfaat dari Binahong terutama bagian daunnya, untuk itu berikut adalah kumpulan khasiat daun binahong yang berguna untuk kesehatan Anda.

Mengatasi Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit yang sering dialami pada bagian persendian tubuh. Di persendian akan muncul semacam “kristal” yang jika dibiarkan membesar akan terasa menusuk nyeri yang hebat. Tentunya membuat aktivitas terganggu akibat rasa tidak nyaman saat bergerak.

Daun binahong dipercaya mempunyai zat aktif yang bermanfaat mengatasi asam urat pada persendian. Zat aktif yang ada di daun binahong akan menetralkan kandungan asam urat tinggi pada sendi tubuh, yang akhirnya akan mengurangi rasa tidak nyaman.

Caranya dengan mengonsumsi rebusan daun binahong secara rutin setiap hari. Untuk yang menderita asam urat parah bisa dipercepat proses penyembuhannya dengan mengambil umbi binahong sebanyak 3 potong yang telah dicuci bersih. Lalu direbus dengan 5 gelas air, dan disaring. Kemudian minum sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.

Mencegah Diabetes

Diabetes Melitus bukan penyakit ganas tetapi efeknya sangat berbahaya karena bisa mempengaruhi mental dan kualitas hidup seseorang hingga akhirnya berujung pada kematian.

Penyakit yang sering disebut juga dengan nama kencing manis ini sebenarnya penyakit atau gangguan akibat meningkatnya kadar glukosa serum dalam tubuh manusia atau disebut dengan hiperglikemi. Peningkatan kadar glukosa sendiri disebabkan adanya gangguan pada sekretin insulin dan kerja insulin, atau keduanya.

Disinilah daun binahong bisa membantu penderita penyakit diabetes karena adanya zat aktif alkaloid yang bersifat hipoglikemik yang mampu menurunkan kadar glukosa secara maksimal. Dengan turunnya kandungan alkaloid, level gula darah bisa terjaga stabil sehingga kesehatan dan kualitas hidup penderita penyakit ini pun akan berangsur-angsur membaik.

Cara mengonsumsinya pun cukup mudah yaitu dengan membuat ramuan daun binahong dengan cara merebus 11 lembar daun, kemudian air rebusannya diminum setiap hari sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

Mengatasi Anemia

Rebusan daun binahong mempunyai khasiat yang baik untuk mengatasi dan mencegah gejala anemia. Anemia sendiri merupakan kondisi dimana sesorang kekurangan darah atau sering disebut dengan darah rendah.

Gejala anemia biasanya ditandai dengan kondisi tubuh yang sering lemas dan lelah, dan disertai dengan pusing sehingga berakibat pada menurunnya daya tahan tubuh. Jika hal ini terjadi, potensi terserang penyakit akan besar karena faktor imunitas tubuh tidak bisa bekerja dengan optimal dan maksimal saat bakteri maupun virus datang.

Caranya adalah dengan merebus 5 hingga 10 lembar daun binahong dengan 1,5 gelas air. Rebus hingga mendidih dan air tersisa 1 gelas. Minum 2 kali sehari dan setiap minum dengan takaran 1/2 gelas.

Membersihkan Paru-paru

Paru-paru merupakan organ vital yang sangat berperan dalam sistem pernafasan manusia. Jika organ ini kotor maka kondisi sistem nafas berpotensi menurun kinerjanya, hal ini tentu akan sangat berpengaruh ke sistem tubuh secara keseluruhan seperti potensi terganggunya sistem penyebaran oksigen, zat nutrisi yang kurang optimal dan jaringan pusat otak.

Rebusan daun binahong bisa menjadi solusi untuk mengatasi paru-paru kotor karena senyawa aktif di daun ini mampu menetralkan racun dan kotoran di paru-paru.

caranya pun cukup mudah yaitu dengan merebus 5 hingga 10 lembar daun binahong dengan 1,5 gelas air, rebus hingga mendidih dan air tersisa 1 gelas air. Tunggu hingga hangat untuk bisa diminum, lakukan 2 kali sehari dan setiap minum dengan takaran 1/2 gelas.

Menyamarkan Bekas Luka

Tanaman binahong bisa digunakan untuk menyamarkan bekas luka, caranya dengan menumbuk daun binahong yang masih segar, lalu tempelkan ke luka.

Kandungan zat antiseptik yang ada di binahong akan membantu proses penyembuhan luka secara cepat dan kandungan anti-flamasinya akan mengurangi efek nyeri akibat memar yang memerah atau bengkak.

Sebagi Obat Maag

Maag merupakan sakit pencernaan yang dikarenakan tubuh memproduksi asam lambung yang berlebih. Kondisi ini akan menyebabkan munculnya rasa nyeri dari dalam perut atau bisa juga dari dinding otot bagian luar. Rasa nyeri bergantung pada setiap kondisi tubuh seseorang sehingga efek maag ada yang hanya ringan dan sementara, hingga jika efeknya sudah berat butuh penanganan darurat.

Daun binahong bisa digunakan untuk menormalkan kembali asam kambung yang berlebih, selain itu adanya zat antioksidan dapat menangkal radikal bebas pada tubuh yang akan membuat tubuh menjadi lebih sehat, daya imun tubuh meningkat dan mampu menjaga tubuh terjaga dari penyakit yang berbahaya.

Ramuan daun binahong untuk mengatasi maag cukup mudah, caranya dengan merebus 5 hingga 7 lembar daun ke dalam 2 gelas air, tunggu hingga mendidih dan air tersisa 1,5 gelas. Lalu minum sebanyak 3 kali sehari dengan tiap takaran minum adalah 1/2 gelas.

Mengatasi Kolesterol

Kolesterol tinggi dapat berakibat buruk pada tubuh manusia karena memicu penyakit lain seperti stroke dan serangan jantung. Hal ini dikarenakan kolesterol akan meninggalkan plak pada pembuluh darah yang jika dibiarkan terus menerus akan menyumbat aliran darah menuju jantung.

Daun binahong berkhasiat untuk mengatasi kolesterol jahat dengan cara menetralisir kandungan kolesterol jahat pada pembuluh darah. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan rutin meminum air rebusan daun binahong setiap hari.

Untuk Anak yang Susah Makan

Ramuan air rebusan daun binahong ternyata bisa digunakan untuk mengatasi anak yang susah makan. Tapi tolong diingat, kondisi ini hanya untuk anak 7 tahun ke atas, sedangkan untuk balita masih belum direkomendasikan.

Anak susah makan biasanya disebabkan oleh banyak faktor, seperti menderita sakit pencernaan atau sariawan. Sakit seperti ini, biasanya anak-anak tidak bisa mengungkapkannya dengan jelas ke orang tua. Sehingga efek tidak mau makan menjadi efek akhir dan akibatnya mempengaruhi perkembangan si anak.

Rebusan daun binahong yang banyak berkhasiat untuk sistem percernaan tubuh manusia menjadi salah satu faktor guna mengobati sakit tersebut. Jadi, saat sakit pengganggu pencernaan dan sariawan sembuh, maka secara otomatis anak-anak akan dengan mudah melahap setiap makanan karena fase perkembangan mereka yang banyak bermain membutuhkan asupa energi yang banyak dan itu berasal dari makanan.

Masalah haid

Untuk para wanita yang sering mengeluhkan rasa nyeri saat haid datang bisa dibantu dengan ramuan rebusan daun binahong. Hal ini dikarenakan senyawa aktif zat besi yang ada di tanaman binahong secara efektif melancarkan haid dan membantu menetralkan zat besi yang dibutuhkan saat fase menstruasi.

Caranya cukup mudah untuk mendapatkan khasiat daun binahong untuk mengatasi masalah haid, yaitu dengan merebus 3 lembar daun dengan air sebanyak 2 gelas. Lalu rebus hingga mendidih danmenyisakan air sebanyak 1 gelas. Saring dan minum air rebusan tersebut setiap hari.

Haid lancar dan tanpa rasa nyeri merupakan pertanda kesehatan tubuh wanita cukup bagus. Karena jika hal ini berlangsung terus menerus saat haid akan berakibat cukup serius seperti berdampak munculnya keputihan dan mempengaruhi kualitas hidup karena tidak bisa beraktivitas dengan normal.

Menambah Stamina dan Vitalitas

Daun binahong merupakan kabar baik bagi para pria yang mengalami masalah stamina dan vitalitas. Tidak perlu membeli obat kuat untuk menjaga vitalitas, cukup dengan meminum air rebusan binahong yang akan melancarakan peredaran darah sehingga akan membuat anda selalu kuat dan tahan lama.

Hal ini dikarenakan adanya senyawa aktif alami pada daun binahong yang dapat mengembalikan stamina dan tenaga. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan merebus 1 lembar daun dengan 2 gelas air hingga mendidih dan menyisakan air 1 gelas. Minumlah setiap hari.

Untuk yang ingin vitalitasnya tetap terjaga, caranya dengan merebus 3 hingga 10 lembar daun binahong dengan air sebanyak 2 gelas. Rebus hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas air. Minum setiap hari. Terapi ini akan mengobati para pria yang lemah syahwat.

Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah merupakan kondisi tidak normalnya tubuh yang berakibat badan menjadi lemas, dan jika dibiarkan terus menerus akan berpotensi membuat pingsan. Tentu saja kondisi ini tidak menguntungkan karena akan mengganggu kegiatan sehari-hari.

Hal ini biasanya karena tubuh mengalami kekurangan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Rebusan daun binahong dipercaya mampu menjaga asupan mineral ke tubuh karena banyaknya khasiat yang ada did alamnya seperti senyawa zat besi, anti-oksidan, dan lain-lain.

Caranya pun cukup mudah yaitu dengan merebus 8 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas. Minum setiap hari secara rutin agar tekanan darah rendah menjadi normal.

Untuk Stamina yang Hilang

Tanaman binahong memiliki khasiat yang cukup banyak, hal ini dikarenakan adanya zat aktif yang sangat ampuh untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah Cathecin, yang sangat berguna untuk membantu mengurangi efek peradangan otot setelah digunakan untuk aktifitas berat. Jenis oksidan ini juga sangat ampuh melawan kanker dan sernagan jantung.

Kandungan zat aktif Cathecin sangat berguna bagi kamu yang sering menjalani aktivitas berat seperti pekerja berat, olahragawan, pekerja lembur, atau pekerja keras.

Caranya cukup mudah dengan merebus 7 hingga 10 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air. Rebus hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas. Minum setiap hari untuk mengembalikan stamina. Jangan lupa, tetap makan dan istirahat yang cukup ya.

Sebagai Obat Batuk

Khasiat daun binahong bisa juga untuk mengobati batuk. Hal ini dikarenakan adanya kandungan senyawa aktif antibakteri yang sangat berguna membunuh kuman atau bakteri yang menjadi penyebab batuk.

Diharapkan dengan meminum air rebusan daun binahong, maka batuk berdahak, batuk kering, dan batuk basah bisa diatasi dengan segera.

Caranya juga cukup mudah yaitu dengan mengambil 5 hingga 7 lembar daun kemudian merebusnya ke dalam 2 gelas air hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas. Kemudian saring, lalu minum setiap hari hingga batuk hilang.

Mengobati Sesak Napas

Selain paru-paru yang bersih, dibutuhkan juga saluran pernafasan yang bersih pula. Karen ajika hal ini tidak tercapai, maka gangguan sesak napas berpotensi besar akan muncul.

untuk itu merawat sistem pernafasan sangat penting dilakukan dengan cara tidak mengkonsumsi bahan-bahan pencetus kotornya paru-paru dan saluran pernafasan seperti rokok, atau lingkungan yang tidak sehat seperti sering terpapar dengan dengan asap pembakaran sampah.

Rebusan air daun binahong dipercaya mampu membersihkan saluran pernafasan seperti lendir yang disebabkan oleh peradangan. Caranya dengan merebus 7 hingga 10 lembar daun dengan air 2 gelas hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas. Minum setiap hari hingga sesak napas hilang.

Mengatasi Masalah Kulit

Tanaman binahong mempunyai zat aktif kolagen yang cukup tinggi sehingga bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit seperti mengatasi komedoa, menyembuhkan jerawat dan flek hitam.

Tetap cantik saat berjerawat merupakan salah satu cara untuk tetap percaya diri dan bisa beraktifitas sehari-hari, yuk simak caranya.

Hal ini dikarenakan adanya senyawa aktif antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan menggunakan daun binahong muda sebagai masker dengan cara menumbuknya terlebih dahulu.

Lakukan perawatan masker wajah setiap hari hingga jerawat sembuh, tetapi terapi masker ini tetap bisa dilakukan karena dipercaya mampu membuat kulit menjadi halus dan cerah

Efek Samping Daun Binahong

Tanaman binahong memang cukup banyak berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit, hanya saja efek samping dari konsumsi rebusan daun binahong juga harus diperhatikan, sebagaimana juga pada pengobatan menggunakan herbal lainnya.

Dari beberapa literatur yang ada, berikut adalah efek samping yang perlu diwaspadai.

  • Saat menjalani terapi meminum rebusan daun binahong harus diimbangi pula dengan meminum banyak air putih untuk mencegah air rebusan binahong mendominasi cairan di dalam tubuh.
  • Saat meminum rebusan daun binahong tidak boleh dicampur dengan mengkonsumsi bahan makanan atau minuman lain seperti kopi, teh, dan kacang kola. Hal ini dikarenakan binahong mempunya zat aktif efedrin yang jika dikonsumsi dengan mencampurnya dengan bahan makanan lain bisa menimbulkan gejala gelisah, mual, muntah, pusing, insomnia dan jantung berdebar. Jadi usahakan, ada jeda setelah meminum rebusan air daun binahong, dan selalu lakukan setelah makan.
  • Pengobatan menggunakan daun binahong sangat tidak disarankan dilakukan untuk ibu hamil dan menyusui karena tidak aman.

Menggunakan daun binahong sebagai terapi pengobatan herbal perlu memperhatikan beberapa hal seperti selalu pilih daun binahong yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Ambil daun di urutan 4 hingga ketujuh dari pucuk.

Hal ini sangat berguna untuk mendapatkan hasil yang maksimal karena daun binahong yang tua sudah berkurang kadar zat aktifnya. Juga mohon diperhatikan saat menyimpan air rebusannya, dimana air ini jangan disimpan di kulkas atau dihangatkan kembali karena kandungan senyawanya berpotensi rusak.

Simpan air rebusan daun binahong pada suhu kamar dan tertutup serta jauh dari jangkauan anak-anak. Dan jangan overdosis saat mengkonsumsinya walaupun mempunyai banyak manfaat karena seperti pengobatan herbal lainnya juga, jika tidak sesuai takaran akan memiliki efek samping seperti mengganggu fungsi hati dan ginjal.