Manfaat Jeruk Nipis untuk Jerawat

3 min read

Bosan dengan jerawat yang membandel?, atau dengan jerawat yang selalu muncul di tempat yang sama?, atau jerawat yang muncul di wajah sudah meradang parah menjadi jerawat batu.

Jerawat dalam bentuk apapun pasti menjengkelkan dan ingin segera rasanya mengusir dengan berbagai cara. Hanya saja anda harus berhati-hati karena jika menggunakan cara yang salah, maka hasilnya tidak maksimal dan menimbulkan bekas. Bekas ini bisa disamarkan dengan mengambil manfaat jeruk nipis untuk jerawat yang caranya akan dipaparkan di artikel ini.

Jeruk nipis merupakan buah yang mudah ditemukan di negeri yang mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Memanfaatkan jeruk nipis untuk mengatasi jerawat yang membandel dan bekasnya adalah salah satu cara cerdas dan murah serta alami.

Kandungan vitamin C yang ada pada jeruk nipis yang membantu mengatasi jerawat dan bermanfaat untuk menyamarkan flek hitam dan juga mencerahkan wajah dengan alami.

Merawat Wajah dengan Menggunakan Manfaat Jeruk Nipis untuk Jerawat

Merawat wajah menggunakan jeruk nipis bisa dilakukan dengan berbagai cara, pahami berbagai cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis yang dipaparkan di bawah ini. Dan lakukan secara reguler sesuai dengan yang disarankan agar mendapatkan hasil yang optimal. Karena menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis merupakan cara yang alami, maka efek samping dari metode pengobatan jerawat ini bisa dikatakan aman dan tentunya cukup murah.

1. Menghilangkan Jerawat hanya dengan Jeruk Nipis
Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis yang pertama adalah dengan menggunakan jeruk nipis saja. Lakukan dengan mengambil satu buah jeruk nipis yang sudah matang namun belum terlalu kuning. Potong kecil kecil jeruk nipis tadi lalu oleskan potongan jeruk nipis tadi pada wajah yang berjerawat. Tahan sebentar karena proses ini akan menimbulkan rasa yang agak perih pada wajah. Ulangi sebanyak 2 sampai 3 kali dalam satu hari.

2. Menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis dan madu
Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis yang kedua adalah dengan menggunakan campuran jeruk nipis dan madu. Caranya dengan mengambil satu sampai dua sendok teh jeruk nipis. Lalu campurkan jeruk nipis tadi dengan 1 sendok teh madu. Kemudian aduk-aduk hingga tercampur merata, gunakan campuran tadi untuk dioleskan pada wajah yang terdapat jerawat maupun bekas jerawatnya.

3. Menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis dan putih telur
Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis yang ketiga adalah mencampurnya dengan putih telur. Metodenya oun cukup mudah dengan mengambil perasan jeruk nipis kemudian campur dengan putih telur. Lalu aduk kedua bahan tersebut hingga berbentuk seperti pasta. Gunakan pasta ini sebagai masker wajah dan tunggu sekitar 10 sampai 15 menit. Terakhir bilas dengan menggunakan air hangat dan bilas lagi dengan menggunakan air dingin atau cukup dengan membilas menggunakan air dingin saja.

4. Menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis dan air hangat
Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis berikutnya adalah dengan mencampurkannya dengan air hangat untuk membantu mengatasi jerawat. Campurkan perasan jeruk nipis kedalam air hangat. Kemudian gunakan air tadi untuk membasuh wajah, diamkan hingga beberapa saat. Setelah itu bilas kembali dengan menggunakan air bersih dan pastikan pada bilasan terakhir sahabat menggunakan air dingin.

Manfaat jeruk nipis untuk jerawat sudah terbukti ampuh dan banyak disarankan oleh berbagai pihak sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami. Selain itu, jeruk nipis mudah didapatkan sehingga ongkos untuk pengobatan jerawat cukup murah. Yang perlu dilakukan adalah segera melakukan tindakan saat jerawat yang muncul di wajah masih dalam skala kecil. Karena jika jerawat sudah meradang parah, terkadang diperlukan pertimbangan dokter untuk mengatasinya dan pada umumnya dokter akan menuliskan resep obat jerawat yang tersedia di apotik.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Wajah

Selain manfaat jeruk nipis untuk jerawat, ternyata manfaat lainnya untuk wajah juga cukup banyak. Hal ini perlu anda ketahui sebagai metode pengobatan alami untuk kesehatan wajah. Manfaatnya yang sudah diketahui adalah sebagai berikut:

1. Untuk Menyamarkan Kantung Mata
Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan wajah yang pertama adalah berguna untuk menyamarkan kantung mata. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengambil perasan jeruk nipis. Kemudian gunakan cutton bud untuk mengoleskan air perasan jeruk nipis tersebut ke kantung mata. Diamkan sekitar setengah jam atau 30 menit, lalu bersihkan kembali menggunakan air dingin. Hati hati jangan sampai terkena mata.

2. Untuk Mencerahkan Wajah dan Kulit
Bagi yang ingin mencerahkan kulit wajah juga bisa dilakukan dengan menggunakan jeruk nipis. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan membuat campuran jeruk nipis dengan yogurt. Campuran kedua bahan ini digunakan sebagai masker dengan mengoleskannya pada wajah atau pada bagian tubuh lain yang diinginkan seperti pada siku yang hitam dan bersisik. Penggunaannya cukup dengan nmengoleskan dengan gerakan melingkar. Lalu diamkan sekitar 20 menit sebelum dibilas sampai bersih.

Masker campuran jeruk nipis dan yogurt ini sangat bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kulit menjadi kusam.

3. Memutihkan ketiak
Kaum hawa biasanya yang berpakaian sedikit terbuka pasti sangat memperhatikan kondisi ketiaknya. Jika ketiak terlihat gelap dan kusam, bisa jadi akan merasa rendah diri saat harus berpakain terbuka. Hal ini bisa dihindari dengan mengambil manfaat jeruk nipis untuk kulit. Penggunaan jeruk nipis akan membantu memutihkan ketiak. Caranya oun cukup sederhana yaitu dengan mengambil potongan jeruk nipis lalu oleskan langsung pada ketiak. Diamkan sekitar 10 menit, untuk kemudian dibilas hingga bersih.

Mengusir jerawat yang membandel dan menahun terutama di wajah menjadi tindakan yang harus dilakukan karena sangat mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri. Kulit wajah yang cantik tentunya sebagai tanda jika kesehatan kulit secara keseluruhan di tubuh telah berjalan dengan baik. Sebelum jerawat menyerang, sebaiknya lakukan tindakan pencegahan terlebih dengan kondisi lingkungan dan gaya hidup di kota yang menjadi pencetus timbulnya jerawat. Semoga dengan mengetahui manfaat jeruk nipis untuk jerawat mampu membantu anda untuk mencegah serta mengobati jerawat yang ada.

10 Manfaat Singkong bagi Kesehatan Manusia

Singkong, pasti kalian tidak heran lagi kan sobat singkong adalah makanan yang sangat erat dengan masyarakat Indonesia, terutama dikalangan 80’ – 90’an , seringkali...
Henry
3 min read