Mengaktifkan Fitur “Double Tap to Wake” di Lenovo A6000 dan Bootloop di Lenovo A369i

Kini sudah tidak jaman lagi menghidupkan layar dengan menekan tombol power, cukup dengan menyentuh 2 kali layar hp maka smartphone akan aktif kembali. Di hp lenovo A6000 harus terlebih dahulu diaktifkan, fitur ini dinamakan “Double Tap to Wake. 

Lalu bagaimana caranya menggunakan fitur canggih ini?, di tutorial terdahulu pernah kita singgung cara mengaktifkan fitur Double Tap to Wake di ponsel Xiaomi dan kini giliran ponsel Lenovo A6000. Namun, fitur Double Tap to Wake di Lenovo A6000 bukanlah fitur standar, perlu sedikit usaha.

Sebelum melangkah lebih jauh untuk menikmati fitur Double Tap to Wake di ponsel Lenovo A6000, perlu diperhatikan hal-hal berikut ini;

  1. ROM yang digunakan adalah Stock ROM Dual 4G berbasiskan Android Lollipop 32-bit.
  2. Lakukan Backup data yang ada di ponsel
  3. Custom Recovery telah terpasang di ponsel, disarankan TWRP recovery

Jika ponsel Lenovo A6000 kamu masih menggunakan stock ROM dan recovery, maka disarankan untuk tidak mencoba tutorial di bawah guna mengaktifkan fitur Double Tap to Wake. Dan jika ada yang menanyakan bagaimana performa baterai setelah fitur Double Tap to Wake diaktifkan, silakan disurvei sendiri dengan ponsel yang ada dan sekiranya dibagi pengalaman tersebut di sini.

Penulis sendiri belum bisa memberikan kesimpulan karena terbatasnya akses penulis terhadap ponsel tersebut. Kini kita lanjutkan dengan tutorial cara mudah mengaktifkan firut Double Tap to Wake di ponsel Lenovo A6000.

Cara mengaktifkan Fitur Double Tap to Wake

Double Tap to Wake Lenovo A6000

Untuk mengaktifkan fitur ini diperlukan sebuah aplikasi tambahan yang dinamakan Kernel Auditor yang diinstall ke ponsel melalui custom recovery TWRP.

  • Langkah 1 – Download file ZIP Kernel Ed300 dari link ini
  • Langkah 2 – Download file APK aplikasi Kernel Auditor dari sini
  • Langkah 3 – Copy-kan kedua file tersebut ke ponsel, tempatkan di microSD untuk mempermudah navigasi saat proses instalasi
  • Langkah 4 – Install Kernel Ed300 melalui custom recovery, kemudian reboot ponsel
  • Langkah 5 – Install aplikasi Kernel Auditor setelah ponsel selesai booting
  • Langkah 6 – Buka aplikasi kernel auditor =>pilih Wake Control => Klik DoubleTap2Wake => pilih Halfscreen
  • Langkah 7 – Kemudian aktifkan settingan secara otomatis ketika ponsel booting kembali dengan mengaktifkan opsi “Apply on Boot”.

Reboot ponsel dan kini nikmati fitur Double Tap to Wake di ponsel Lenovo A6000. Fitur ini sangat berguna untuk mengurangi frekuensi penggunaan tombol power yang sering berakibat pada kerusakan tombol power. Dan juga memberikan pengalaman baru bagaimana mengaktifkan layar ponsel dengan cara yang berbeda, cara yang digunakan oleh berbagai ponsel Android papan atas alias premium.

Mengatasi Masalah Bootloop di Lenovo A369i

Ponsel pintar android sudah menjadi sebuah kebutuhan namun dalam penggunaannya sering dijumpai ponsel pintar ini bermasalah. Mulai dari masalah hardware hingga masalah software yang membutuhkan cara perbaikan tersendiri.

Dan di sore hari yang cerah ini, penulis mendapatkan sebuah ponsel Lenovo A369i yang hanya menampilkan logo Lenovo tanpa mampu masuk ke menu utama layaknya sebuah ponsel Android pada umumnya. Kondisi ini sering dinamakan sebagai kondisi bootloop.

Bootloop merupakan suatu keadaan dimana sebuah ponsel saat dinyalakan tidak bisa booting sehingga menu utama pada layar tidak bisa diakses. Solusi sederhana pada masalah bootloop di ponsel Android termasuk di Lenovo A369i adalah dengan cara melakukan hard reset di menu recovery.

Namun jika solusi awal tersebut tidak mempan, maka cara yang paling ampuh adalah dengan melakukan flash ulang, dimana dengan bantuan laptop atau PC, ponsel android di flash dengan firmware termasuk firmware terbaru, hasil dari proses flash ulang akan menghasilkan sebuah ponsel android layaknya baru keluar dari pabrik alias semua data akan hilang kecuali yanga ada di miscroSD.

Solusi Flash ulang tidak hanya digunakan untuk mengatasi masalah bootloop, namun bisa juga digunakan untuk mengatasi masalah aplikasi error, aplikasi yang sering berhenti sendiri, ponsel terasa lemot, hang-up dimana layar sentuh tidak berfungsi, dan lain sebagainya.

Seetelah melakukan flash ulang pada smartphone Lenovo A369i, nantinya ponsel akan kembali bekerja secara normal atau seperti pada saat anda membeli dari pabrik.

Namun sebelum melakukan proses flash ulang smartphone Lenovo A369i, ada beberapa bahan yang harus dipersiapkan seperti toolkit flash, driver untuk ponsel Lenovo A369i, dan tentunya firmware ponsel Lenovo A369i yang sesuai dengan tipenya.

Untungnya, bahan-bahan tersebut dapat kita dapatkan secara gratis melalui link download di bawah.

Prasyarat Melakukan Flash pada Ponsel Lenovo A369i

  1. Download SPFlash Tool di link ini
  2. Download Driver MTK USB VCOM untuk Lenovo A369i di link berikut ini
  3. Download Firmware terbaru Lenovo A369i di sini

Setelah kesemua file tersebut di atas terdownload dengan baik di PC, maka lakukan langkah-langkah cara mudah melakukan flash pada ponsel A369i di bawah ini

Tutorial Cara Mudah Melakukan Flash pada Lenovo A369i

  • Langkah 1 – Ekstrak file RAR MTK USB VCOM Driver, kemudian lakukan instalasi di pc atau laptop.
  • Langkah 2- Ekstrak file ZIP SPFlash Tool, letakkan di folder root dari direktori C atau D, hal ini guna memudahkan pencarian lokasi software SPFlash Tool Lenovo A369i tersebut.
  • Langkah 3 – Ekstrak file RAR firmware Lenovo A369i yang sudah di download dan letakkan juga root direktori.
  • Langkah 4 – Buka folder hasil ekstrak SPFlash Tool, jalankan flash_tool.exe sebagai Administrator dengan cara meng-klik kanan kemudian pilih Run as Administrator.
  • Langkah 5 – Setelah software SPFlash Tool terbuka, klik tombol scatter-loading lalu arahkan ke folder hasil ekstrak dari firmware Lenoco A369i, pilih file MT6572_Android_scatter, kemudian klik Open dan tunggu hingga fimware termuat sempurna ke SPFlash Tool.
  • Langkah 6 – Masih berada di software SPFlash Tool, pilih Tab Option yang ada di kiri atas, kemudian pilih opsi Download, lalu kasih tanda check pada kotak DA DL All With Checksum.
Download SPFlash tool untuk lenovo
  • Langkah 7 – Matikan ponsel Lenovo A369i, kemudian lepas baterai-nya.
  • Langkah 8 – Ini adalah langkah krusial atau penting. Sesaat tombol Download di-klik maka secra cepat (sekitar 1.5 detik) langsung koneksikan ponsel dengan laptop/pc. Jika timing-nya pas, maka SPFlash Tool akan segera memulai download file ke ponsel dengan ditandai adanya progress warna kuning di bawah tool SPFlash. Jika bar kuning tidak tampak di SPFlash, maka ulangi kembali langkah 6 sampai 8 ini.
Flash tool lenovo
  • Langkah 9 – Tunggu proses flashing Firmware ke ponsel Lenovo A369i hingga benar-benar selesai yang ditandai dengan adanya logo check warna hijau di layar pc atau laptop.
download flash tool untuk lenovo
  • Langkah 10 – Lepaskan ponsel dari laptop/pc kemudian pasang kembali baterai-nya. Kini nyalakan ponsel, dan jangan khawatir saat kali pertama ponsel booting yang membutuhkan waktu sedikit lama.

Ponsel Lenovo A369i kini sudah bisa booting dengan sempurna dan kita dipersilahkan untuk mensetting ulang ponsel tersebut dengan mengikuti wizard yang ada. Lalu sudah selesaikan proses flashing ini?, ternyata masih ada satu prosedur lagi guna mengembalikan ponsel android Lemovo A369i bekerja secara sempurna yaitu memasukkan kedua IMEI ke ponsel. Tanpa IMEI ini, ponsel tidak bisa digunakan dengan kartu SIM karena tidak dikenali oleh ponsel.

Demikianlah dua masalah yang muncul di hp lenovo yang berbeda. Problem tersebut cukup umum ditemukan di smartphone merk ini, semoga bermanfaat dan berguna bagi Kita semua.