Cara Merawat Wajah Secara Alami

2 min read

Merawat Wajah Secara Alami – Kulit yang cerah, segar dan indah adalah dambaan setiap orang khususnya para wanita. Sehingga tak heran jika banyak orang mencari berbagai tips cara merawat wajah untuk dibahas dan dipelajari.

Namun tidak bisa dipungkiri, banyak wanita mengeluarkan uang yang lumayan banyak guna menjaga kesehatan kulit wajah, dan bahkan sebagian wanita mengambil resiko dengan menggunakan produk-produk kosmetik berbahan kimia berbahaya atau yang belum mendapatkan sertifikat aman uji klinis, hanya karena mengejar hasil yang cepat.

Untung tak dapat diraih, malah bencana yang didapatkan karena kulit malah seperti mengelupas, melepuh dan mengalami gejala keracunan.

Untuk menjaga kesehatan kulit terutama wajah, tidak perlu menggunakan bahan-bahan yang mahal atau produk kimia berbahaya yang tidak memiliki sertifikat lulus uji klinis. Cukup dengan mematuhi beberapa persyaratan guna menjaga kesehatan kulit, maka kulit yang indah secara alami akan terwujud tanpa menggunakan produk-produk kosmetik yang mahal. Cara merawat wajah bisa dilakukan secara alami.

4 Prinsip Merawat Wajah Secara Alami

Merawat kecantikan wajah tanpa produk kosmetik mahal tidak perlu dilakukan jika para wanita selalu mengingat 4 prinsip utama dalam perawatan wajah, yaitu:

  • Selalu terlindung dari sinar UV.
  • Kulit selalu terjaga kelembabannya dari dalam dan luar.
  • Nutrisi yang baik untuk kulit.
  • Disiplin dan rutin membersihkan kulit

Jika keempat prinsip utama di atas selalu dipenuhi, maka para wanita cukup menggunakan produk-produk kosmetik yang dijual bebas di apotik ataupun supermarket biasa disamping menggunakan bahan-bahan alami untuk merawat kesehatan kulit.

Namun dengan gencarnya promosi produk kosmetik yang tayang di televisi, suratkabar, media online dan iklan, banyak wanita akhirnya tergoda untuk mengabaikan prinsip-prinsip di atas. Lalu, kesehatan kulit mereka pun mulai menjadi korban. Banyak kita lihat wanita-wanita muda yang memiliki kulit yang sudah tampak menua, sehingga uang dan waktu mereka dihabiskan guna melakukan perawatan kecantikan yang mahal. Kondisi seperti ini tentunya sangat merugikan, karena sebenarnya kondisi kesehatan kulit bisa dirawat secara optimal meskipun tanpa produk-produk perawatan kulit yang mahal.

Tips Merawat Wajah Secara Alami

Dalam bahasan berikut adalah tips cara merawat wajah secara alami dengan menganut keempat prinsip utama perawatan kecantikan kulit yang telah disebutkan di atas:

1. Rutin dan Disiplin Membersihkan Kulit. Saat membersihkan kulit dengan sabun wajah, gunakan yang kandungannya sesuai denganjenis kulit. Lakukan paling sedikit 2 kali sehari yaitu saat pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Jika kulit anda berjenis kulit kering, lakukan pembersihan muka dengan air hangat di pagi hari guna menghilangkan minyak serta krim wajah. Saat anda tidur dengan wajah yang kotor, maka ini adalah satu langkah mendekatkan kulit wajah anda menjadi kusam dan berjerawat.

2. Jaga kondisi kulit selalu lembab. Ruangan ber-AC meskipun terasa dingin, jika berada terlalu lama di dalamnya akan menyebabkan kulit menjadi kering. Untuk itu gunakan krim pelembab merk apapun yang harganya terjangkau dan oleskan ke kulit guna menjaga kelembaban kulit dari luar. Untuk melembabkan kulit dari dalam, perbanyak minum air putih.

3. Lindungi kulit dari sinar UV. Penuaan dini merupakan kondisi yang selalu dihindari karena kulit terutama kulit wajah akan tampak menua meskipun usia masih relatif muda. Hal ini dikarenakan salah satunya adalah sinar UV. Namun sinar UV tidak bisa kita hindari, gunakanlah krim wajah dengan SPF minimal 15, jika perlu tambahkan sapuan bedak ke wajah yang juga mengandung SPH sekitar 8. Dan jangan lupa untuk mengoleskan krim secara merata ke kulit yang tidak tertutup lalu tunggu hingga 15 menit sebelum keluar.

4. Konsumsi nutrisi yang baik untuk tubuh. Hal ini perlu sebagai perlindungan kecantikan kulit dari dalam tubuh. Konsumsilah makanan yang memiliki sumber vitamin A, vitamin C, vitamin B3 dan kaya serat. Semua ini bisa didapatkan dengan memakan buah dan sayur segar yang beraneka warna, nasi merah, dan sereal gandum serta roti guna mendapatkan asupan zat karbohidrat kompleks.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan semua tips merawat wajah di atas secara rutin setiap hari. Jadikan sebagai kebiasaan pola makan sehat untuk mendapatkan kulit yang sehat dan kulit yang indah terutama kulit wajah yang terbebas dari timbulnya beragam jerawat seperti jerawat pasir maupun jerawat batu.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang mencari tips cara merawat wajah secara alami. Jika anda suka, jangan lupa untuk di share agar teman-teman anda juga mendapatkan manfaat dan inspirasi dari artikel ini. Terimakasih.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Minyak Zaitun atau sering disebut dengan nama Olive Oil merupakan minyak yang dihasilkan dari buah Zaitun (nama latin: Olea Europea). Minyak ini memiliki beragam...
Henry
2 min read

Obat Gusi Bengkak

Henry
3 min read