6 Cara Memerahkan Bibir Hitam secara Alami dan Permanen

2 min read

cara memerahkan bibir dengan gula

Memerahkan bibir adalah salah satu cara wanita untuk tampil cantik selain merawat wajah tetap bersih dan cerah. Jadi tidak heran, bibir yang hitam dan pecah-pecah menjadi hal yang dihindari oleh para kaum hawa. Untuk itu berikut adalah cara jitu merawat bibir tetap merah secara alami dan permanen.

Ada dua masalah yang sering dialami oleh bibir, yaitu pecah-pecah dan menghitam. Dua hal ini dapat mengurangi keindahan bibir sekaligus kecantikan Anda. Bibir yang pecah-pecah dan menghitam tidak akan tertutup sempurna walaupun sudah menggunakan lipstik.

Bibir merupakan bagian yang paling rentan mengalami kekeringan dibandingkan bagian tubuh lainnya. Mengapa?, karena bibir tidak mempunyai kelenjar minyak. Jika tidak dirawat, kekeringan tersebut akan membuat bibir menjadi pecah-pecah. Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti cuaca panas, dehidrasi, kebiasaan menjilat bibir, atau mengonsumsi obat-obatan tertentu.

cara memerahkan bibir dengan odol

Bibir juga mempunyai lebih sedikit lapisan dibandingkan kulit wajah. Oleh karena itu bibir menghasilkan pigmen melanin lebih sedikit. Jika bibir pecah-pecah dan terkelupas terus menerus, lama kelamaan bibir akan menghitam. Tidak hanya itu, kebiasaan menggigit bibir, mengonsumsi kopi dan teh, serta merokok juga menyebabkan bibir menghitam.

Baca juga: Tips mencegah timbulnya jerawat di wajah secara alami dan murah. Lakukan hal ini dan jangan sampai terlambat karena jerawat sangat mengganggu rasa percaya diri.

Berikut ini adalah beberapa cara jitu untuk memerahkan bibir dan terhindar dari kondisi pecah-pecah yang bisa Anda lakukan secara alami dan mudah.

Gunakan Pelembab Bibir

Pelembab bibir atau lip balm dapat membantu merawat bibir yang kering dan pecah-pecah. Namun Anda harus hati-hati dalam memilih pelembab bibir. Pelembab yang mengandung salicyl acid, fenol, atau menthol harus dihindari karena akan membuat bibir semakin kering dan pecah-pecah.

memerahkan bibir dengan pelembab bibir alami

Pilihlah lip balm yang mengandung emmolient, synthetics ceramides atau zinc oxide. Emmolient berguna untuk melembabkan, melembutkan, dan menjaga kesehatan bibir. Zat ini dapat ditemukan dalam beeswax, petroleum, shea, dan cocoa butter, serta minyak jojoba. Sedangkan synthetics ceramides dan zinc oxide berperan dalam melindungi bibir dari sinar ultraviolet.

Pijat dan Hilangkan Kulit Mati

Memijat bibir bisa menjadi salah satu solusi dalam mengatasi warna bibir yang menghitam, dengan dipijat, otomatis aliran darah ke bibir akan meningkat dan mencerahkan warnanya. Untuk hasil yang maksimal pijatlah bibir menggunakan minyak almond atau es batu.

Yuk simak: Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang sangat menggangu rasa percaya diri karena berbentuk batu-batu kecil. Baca tips ini untuk menyembuhkan jerawat batu.

Bibir pecah-pecah dan menghitam juga bisa diatasi dengan cara menghilangkan kulit matinya. Untuk keamanan proses pengelupasan kulit mati pada bibir, gunakan bahan-bahan alami. Oleskan campuran bubuk gula dengan madu atau minyak zaitun, lalu diamkan selama satu menit. Bersihkan dengan kain basah, lalu gunakan lip balm. Lakukan cara ini sebanyak dua kali seminggu.

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Agar bibir tidak lagi pecah-pecah dan tetap merah, perbanyaklah konsumsi buah dan sayur, terutama yang mengandung vitamin C. Vitamin C bisa membantu melembabkan bibir dan membuat warnanya menjadi lebih merah cerah. Beberapa jenis buah yang mengandung vitamin C adalah jambu biji, jeruk, lemon, tomat, dan wortel.

Tidak hanya dikonsumsi, buah-buahan ini juga bisa Anda oleskan pada bibir. Contoh aplikasi dioleskan seperti ampas wortel, dengan mengoleskan ampas dari perasan wortel pada bibir agar warnanya menjadi lebih cerah. Anda juga bisa memakan jeruk dengan cara dihisap dengan bibir. Hal ini akan membantu bibir Anda tetap lembab dan merona.

Lindungi Bibir dari Sinar Matahari

Paparan sinar matahari berlebih dapat membakar bibir dan membuat warna merah aslinya menjadi lebih gelap. Selain itu, sinar matahari juga dapat membuat bibir menjadi kering dan muncul pecah-pecah. Hal ini tentu berbahaya terutama bagi Anda yang sering melakukan aktivitas di luar rumah.

Anda bisa melindungi bibir dari sinar matahari dengan menggunakan lip balm yang mengandung Sun Protection Factor atau lebih dikenal dengan disingkat SPF. Pilihlah lip balm yang mengandung lebih dari SPF 15. Dengan begitu, rona merah dan kelembagaan bibir Anda tetap terjaga. Anda juga bisa mengompres bibir dengan air hangat sebanyak 2-3 kali sehari.

Jaga Tubuh dari Dehidrasi

Dehidrasi ternyata tidak hanya berpengaruh pada kulit tubuh, tetapi juga pada bibir. Ketika Anda kurang minum air dan mengalami dehidrasi, bibir akan menjadi kering. Hal ini akan memicu pigmentasi pada bibir dan menjadi lebih gelap. Oleh karena itu, konsumsilah air minum secara teratur setiap harinya dengan takaran 2 hingga 3 liter per hari.

Hindari Menjilat Bibir dan Menggigit Bibir

Mungkin Anda berpikir jika menjilat bibir akan menjaganya tetap basah dan lembab. Padahal praktek semacam ini malah menghasilkan efek sebaliknya, di mana saat Anda menjilat bibir, air liur Anda akan membuatnya menjadi semakin kering. Sementara menggigit bibir akan menyebabkan pigmentasi warna merah pada bibir akan berangsur-angsur menjadi lebih gelap dan menghitam. Untuk itu mulai sekarang, berhentilah dari dua kebiasaan di atas agar kondisi bibir tidak menjadi lebih buruk.

Itulah tips cara memerahkan bibir secara alami dan permanen yang direkomendasikan oleh tim perintahdasar. Tips tersebut tidak hanya berlaku untuk bibir wanita, tetapi bisa juga digunakan untukmemerahkan bibir pria. Hanya saja untuk penggunaan pelembab bibir semacam lip balm, gunakan secara bijak dengan tidak menggunakannya di depan umum. Semoga tips kali ini berguna dan bermanfaat bagi kita semua.